Gambaran Neraka Jahannam

Yazid Arraqqasyi dari Anas bin Malik ra. berkata:

Jibril datang kepada Nabi saw pada waktu yg ia tidak biasa datang dalam keadaan berubah mukanya, maka ditanya oleh nabi s. a. w. “Mengapa aku melihat kau berubah muka?”

Jawabnya: “Ya Muhammad, aku datang kepadamu di saat Allah menyuruh supaya dikobarkan penyalaan api neraka, maka tidak layak bagi orang yg mengetahui bahawa neraka Jahannam itu benar, dan siksa kubur itu benar, dan siksa Allah itu terbesar untuk bersuka-suka sebelum ia merasa aman daripadanya.”

Lalu nabi s. a. w. bersabda: “Ya Jibril, jelaskan padaku sifat Jahannam.”

Jawabnya: “Ya. Ketika Allah menjadikan Jahannam, maka dinyalakan selama seribu tahun, sehingga merah, kemudian dilanjutkan seribu tahun sehingga putih, kemudian seribu tahun sehingga hitam, maka ia hitam gelap, tidak pernah padam nyala dan baranya. Demi Allah yg mengutus engkau dengan hak, andaikan terbuka sebesar lubang jarum niscaya akan dapat membakar penduduk dunia semuanya kerana panasnya. Demi Allah yg mengutus engkau dengan hak, andaikan satu baju ahli neraka itu digantung di antara langit dan bumi nescaya akan mati penduduk bumi kerana panas dan basinya. Demi Allah yg mengutus engkau dengan hak, andaikan satu pergelangan dari rantai yang disebut dalam Al-Qur’an itu diletakkan di atas bukit, niscaya akan cair sampai ke bawah bumi yg ke tujuh. Demi Allah yg mengutus engkau dengan hak, andaikan seorang di hujung barat tersiksa, niscaya akan terbakar orang-orang yang di ujung timur kerana sangat panasnya, Jahannam itu sangat dalam dan perhiasannya besi, dan minumannya air panas campur nanah, dan pakaiannya potongan-potongan api. Api neraka itu ada tujuh pintu, tiap-tiap pintu ada bahagiannya yang tertentu dari orang laki-laki dan perempuan.”

Nabi s. a. w. bertanya: “Apakah pintu-pintunya bagaikan pintu-pintu rumah kami?”

Jawabnya: “Tidak, tetapi selalu terbuka, setengahnya di bawah dari lainnya, dari pintu ke pintu jarak perjalanan 70,000 tahun, tiap pintu lebih panas dari yang lain 70 kali lipat.”

Tanya Rasulullah s. a. w.: “Siapakah penduduk masing-masing pintu?”

Jawab Jibril: “Pintu yg terbawah untuk orang-orang munafik, dan orang-orang yg kafir setelah diturunkan hidangan mukjizat nabi Isa a. s. serta keluarga Fir’aun sedang namanya Al-Hawiyah. Pintu kedua tempat orang-orang musyrikin bernama Jahim, pintu ketiga tempat orang shobi’in bernama Saqar. Pintu ke empat tempat Iblis dan pengikutnya dari kaum majusi bernama Ladha, pintu kelima orang yahudi bernama Huthomah. Pintu ke enam tempat orang nasara bernama Sa’eir.” Kemudian Jibril diam segan pada Rasulullah s. a. w. sehingga ditanya: “Mengapa tidak kau terangkan penduduk pintu ke tujuh?” Jawabnya: “Di dalamnya orang-orang yg berdosa besar dari ummatmu yg sampai mati belum sempat bertaubat.”

Maka nabi s. a. w. jatuh pengsan ketika mendengar keterangan itu, sehingga Jibril meletakkan kepala nabi s. a. w. di pangkuannya sehingga sadar kembali dan sesudah saedar nabi saw bersabda: “Ya Jibril, sungguh besar kerisauanku dan sangat sedihku, apakah ada seorang dari ummat ku yang akan masuk ke dalam neraka?”

Jawabnya: “Ya, yaitu orang yg berdosa besar dari ummatmu.”

Kemudian nabi s.a. w. menangis, Jibril juga menangis, kemudian nabi s. a. w. Masuk ke dalam rumahnya dan tidak keluar kecuali untuk sembahyang kemudian kembali dan tidak berbicara dengan orang dan bila sembahyang selalu menangis dan minta kepada Allah.

Dari Hadith Qudsi: Bagaimana kamu masih boleh melakukan maksiat sedangkan kamu tak dapat bertahan dengan panasnya terik matahari Ku. Tahukah kamu bahawa neraka jahanamKu itu:

1. Neraka Jahanam itu mempunyai 7 tingkat
2. Setiap tingkat mempunyai 70,000 daerah
3. Setiap daerah mempunyai 70,000 kampung
4. Setiap kampung mempunyai 70,000 rumah
5. Setiap rumah mempunyai 70,000 bilik
6. Setiap bilik mempunyai 70,000 kotak
7. Setiap kotak mempunyai 70,000 batang pokok zarqum
8. Di bawah setiap pokok zarqum mempunyai 70,000 ekor ular
9. Di dalam mulut setiap ular yang panjang 70 hasta mengandungi lautan racun yang hitam pekat.
10. Juga di bawah setiap pokok zarqum mempunyai 70,000 rantai
11. Setiap rantai diseret oleh 70,000 malaikat

Wallahu alam.

Dari berbagai sumber yang bermula  dari sini 
About these ads

80 comments

  1. Allah Hu Akkbar,, Allah mh bsar!!!! ya Allah brkanlh kecrahan hati kpdq, ampunlh sgla dosa2 yg pnh hmb lkukan yg dsengja mwpun tdk dsngaja.. jauhknlh hmba dr siksa kubr dan sksa neraka!!! dan brkanlah prlndungan bgi smw umatmu… AMIN ya ALLAH

  2. ini peringatan bagi umat Baginda Nabi Muhammad SAW bahwa ternyata tidak gampang masuk surga itu. Maka mulai sekarang perbanyak amal baikmu dan segera bertobat setiap selesai berbuat dosa serta jangan diperbuat lagi dosa tersebut.

  3. Gambaran Neraka Jahannam
    Yazid Arraqqasyi dari Anas bin Malik ra. berkata:
    Jibril datang kepada Nabi saw pada waktu yg ia tidak biasa datang dalam keadaan berubah mukanya, maka ditanya oleh nabi s. a. w. “Mengapa aku melihat kau berubah muka?”
    Jawabnya: “Ya Muhammad, aku datang kepadamu di saat Allah menyuruh supaya dikobarkan penyalaan api neraka, maka tidak layak bagi orang yg mengetahui bahawa neraka Jahannam itu benar, dan siksa kubur itu benar, dan siksa Allah itu terbesar untuk bersuka-suka sebelum ia merasa aman daripadanya.”

    Lalu nabi s. a. w. bersabda: “Ya Jibril, jelaskan padaku sifat Jahannam.”
    Jawabnya: “Ya. Ketika Allah menjadikan Jahannam, maka dinyalakan selama seribu tahun, sehingga merah, kemudian dilanjutkan seribu tahun sehingga putih, kemudian seribu tahun sehingga hitam, maka ia hitam gelap, tidak pernah padam nyala dan baranya. Demi Allah yg mengutus engkau dengan hak, andaikan terbuka sebesar lubang jarum niscaya akan dapat membakar penduduk dunia semuanya kerana panasnya. Demi Allah yg mengutus engkau dengan hak, andaikan satu baju ahli neraka itu digantung di antara langit dan bumi nescaya akan mati penduduk bumi kerana panas dan basinya. Demi Allah yg mengutus engkau dengan hak, andaikan satu pergelangan dari rantai yang disebut dalam Al-Qur’an itu diletakkan di atas bukit, niscaya akan cair sampai ke bawah bumi yg ke tujuh. Demi Allah yg mengutus engkau dengan hak, andaikan seorang di hujung barat tersiksa, niscaya akan terbakar orang-orang yang di ujung timur kerana sangat panasnya, Jahannam itu sangat dalam dan perhiasannya besi, dan minumannya air panas campur nanah, dan pakaiannya potongan-potongan api. Api neraka itu ada tujuh pintu, tiap-tiap pintu ada bahagiannya yang tertentu dari orang laki-laki dan perempuan.”
    Nabi s. a. w. bertanya: “Apakah pintu-pintunya bagaikan pintu-pintu rumah kami?”
    Jawabnya: “Tidak, tetapi selalu terbuka, setengahnya di bawah dari lainnya, dari pintu ke pintu jarak perjalanan 70,000 tahun, tiap pintu lebih panas dari yang lain 70 kali lipat.”
    Tanya Rasulullah s. a. w.: “Siapakah penduduk masing-masing pintu?”
    Jawab Jibril: “Pintu yg terbawah untuk orang-orang munafik, dan orang-orang yg kafir setelah diturunkan hidangan mukjizat nabi Isa a. s. serta keluarga Fir’aun sedang namanya Al-Hawiyah. Pintu kedua tempat orang-orang musyrikin bernama Jahim, pintu ketiga tempat orang shobi’in bernama Saqar. Pintu ke empat tempat Iblis dan pengikutnya dari kaum majusi bernama Ladha, pintu kelima orang yahudi bernama Huthomah. Pintu ke enam tempat orang nasara bernama Sa’eir.” Kemudian Jibril diam segan pada Rasulullah s. a. w. sehingga ditanya: “Mengapa tidak kau terangkan penduduk pintu ke tujuh?” Jawabnya: “Di dalamnya orang-orang yg berdosa besar dari ummatmu yg sampai mati belum sempat bertaubat.”
    Maka nabi s. a. w. jatuh pengsan ketika mendengar keterangan itu, sehingga Jibril meletakkan kepala nabi s. a. w. di pangkuannya sehingga sadar kembali dan sesudah saedar nabi saw bersabda: “Ya Jibril, sungguh besar kerisauanku dan sangat sedihku, apakah ada seorang dari ummat ku yang akan masuk ke dalam neraka?”
    Jawabnya: “Ya, yaitu orang yg berdosa besar dari ummatmu.”
    Kemudian nabi s.a. w. menangis, Jibril juga menangis, kemudian nabi s. a. w. Masuk ke dalam rumahnya dan tidak keluar kecuali untuk sembahyang kemudian kembali dan tidak berbicara dengan orang dan bila sembahyang selalu menangis dan minta kepada Allah.
    Dari Hadith Qudsi: Bagaimana kamu masih boleh melakukan maksiat sedangkan kamu tak dapat bertahan dengan panasnya terik matahari Ku. Tahukah kamu bahawa neraka jahanamKu itu:
    1. Neraka Jahanam itu mempunyai 7 tingkat
    2. Setiap tingkat mempunyai 70,000 daerah
    3. Setiap daerah mempunyai 70,000 kampung
    4. Setiap kampung mempunyai 70,000 rumah
    5. Setiap rumah mempunyai 70,000 bilik
    6. Setiap bilik mempunyai 70,000 kotak
    7. Setiap kotak mempunyai 70,000 batang pokok zarqum
    8. Di bawah setiap pokok zarqum mempunyai 70,000 ekor ular
    9. Di dalam mulut setiap ular yang panjang 70 hasta mengandungi lautan racun yang hitam pekat.
    10. Juga di bawah setiap pokok zarqum mempunyai 70,000 rantai
    11. Setiap rantai diseret oleh 70,000 malaikat

  4. Ya Allah sungguh manusia memiliki keterbatasan membaca semua ayat-ayat Mu. bintang-bintang matahari, bumi dan sebagainya adalah ayat mu, sungguh kami tak berdaya tanpa pertolongan Mu, Tak mungkin kami masuk surga tanpa ampunan Mu. Ya Allah ampunkan semua dosa hamba Mu yang se iman dengan Rasul Mu Muhammad. Sungguh pedih neraka itu, Tak sangguh kami di dalamnya.
    Astaufirullahal adzim. Jangan Allah Kiamatkan dunia ini dan berikan panjang umur kami sehingga kami sempat bertaubat, dari dosa-dosa Aminnnnnnnnnnnn

  5. astagfirullah halazim……..

    ya Allah aq tlh bnyk brbuat dosa….

    hmb mhon ampun dn taubatan nasuha ya Allah….

    briknlh ptnjuk dr mu k jln yg bnar ya Allah……..

  6. ya Allah sungguh byk dosa yg telah hamba perbuat baik yg hamba sadari ataupun tidak,,,berilah hamba petunjukMu ya Rabb,,,ampunilah dosa2 hamba,,,kuatkanlah hamba dalam menjalani agamaMu yg lurus,,,jangan Kau biarkan hamba terjerumus k dalam lembah kenistaan hy krna k’nikmatan dunia yg sesaat,,,Amin YA Robbal’alamiin

  7. subhannaloh….memang hambamu ini banyak melakukan dosa jauhilah hambamu ini dari siksa api neraka jahanam…ampunilah dosa2 ini….dan jauhilah godaan setan yang terkutuk…AMIN

  8. subhanallah…………..!

    rpa_a sprti itu keadaan neraka…!ya allah ampunilah dosa
    -dosa Q,insya allah hamba tidak akan meninggalkan perintahmu..!

    “AMIN”

  9. begitu besar dosa yang sudah saya perbuat di dunia ini …semoga masih ada kesempatan untuk ku bisa kembali kejalan-Mu yang Lurus amiin

    jwb: amien, selalu ada kesempatan

  10. ya Alloh hamba adalah se”orang yang sering melakukan dosa dengan sadarnya.hamba juja tau apa yang hamba lakukan tue adalah hal yang engkau larang, YA ALLOH YA TUHAN KU Ampuni aku atas dosa yang t’lah aku perbuat sesungguh nya aku takut akan Neraka Jahannam, berikanlah pintu maaf untuk hambamu ini dan tuntun hambamu ni menuju jalan mu Kembali sehingga terajauh dari neraka jahannam, dan seluruh umat islam semoga terjauh dari neraka jahannam AMIN!!!!

    jwb: amien

  11. Ya Rabb…hamba bukanlah ahli syurga, namun tak sanggup menahan siksa neraka…
    Ampunilah sgala dosa hamba,, dan wafatkanlah kelak hamba dlm keadaan khusnul khotimah…Amin Amin YA Robbal’alamiin

  12. ya…Allah sungguh Engkau maha pemberi ampun ampunilah semua doas2 hambaMu ini
    Aku takut saat d kuburmu sendirian …aku pun takut dengan siksamu yang sangat pedih..?/

  13. SUBAHANNALLAH….,Ya ALLAH aku takut bila Syujudku Pada Mu slama ini hanya karna ketakutanku atas Neraka Mu itu Ya ALLAH? Ya ALLAH Sesungguhnya aku bersyujud hanya Karena Mu, karna kewajiwanku menyembah Mu, aku hanya takut pada Mu Ya ALLAH? namun jangan biarkan aku menjadi salah satu dari golongan mereka (Penghuni pintu2 Neraka Jahanam itu) Ya ALLAH? namun apa aku pantas menjadi penghuni Surga Mu Ya ALLAH?ALLAHU AKBAR….

  14. Salam.Tahniah di atas bahan tulisan anda yang bagus.. izinkan saya copy untuk saya masukan dalam blog saya, demi berdakwah di jalan Allah. slam ukhuwah daripada saya.

    jwb: persilahkan

  15. jgnlh kau mnyekutkn yg tlh mncptkn slruh smsta ni!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ocayyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy cozzzzzz qt jg bnyx dosaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!! so tobatlh sblm ajal mnjmputmu…………..lek kw rtai

  16. Penduduk pintu ke tujuh?” Jawabnya: “Di dalamnya orang-orang yg berdosa besar dari ummat nabi Mohammad yg sampai mati belum sempat bertaubat.”

    Kita umat Nabi Mohammad SAW…ingat2 apa kah dosa besar yang kita telah lakukan…marilah kita bertaubat nasuha sekarang juga.. Dosa besar umpamanya..SHIRIK, BERZINA, MINUM ARAK, apa lagi ya..cuba tambah??

    Taubat nasuha tu ..taubat yang bersungguh2, minta ampun dan tidak buat lagi hal yang itu sama sekali…

    Siapa tahu hal kemunchlan nabi isa??? Nabi Mohammad SAW pengsan mendengar cerita ini drp JIBRIL…kenapa kita tidak bersungguh mendengarnya????

  17. Ya ALLOH YANG MAHA PENGAMPUN..Berikanlah HIDYAHMU padaku dan kelurgaku Ya ALLOH..Supaya aku dan Keluarga selalu dalam lindunganM,Agar aku dan Keluargaku dalam bimbinganMU ya ROSUL ALLOH,bUkanlah Mata Hati Kami Ya ROBBI..amien ya robbal alamin

  18. Menurut gwe sih yang penting itu orang harus orang baik maka dia layak masuk kedalam yang namanya surga, terlepas dari apa agama yang dia anut. karena apa? karena Tuhan mempunya sifat Maha adil.
    Klo cuma orang islam yang bisa masuk surga berarti Tuhan gak adil iya gak?. contoh: ada orang beragama nonmuslim tapi dia baik banget, trus mati tapi kok di masukin neraka? apa itu adil? berarti Tuhan gak adil donk.
    Kesimpulannya jadilah orang baik terlepas dari apa agama yang kamu peluk, niscaya kamu akan masuk kedalam tempat yang namanya surga.

    1. cintalaura….sesungguhnya Allah mengutus para nabi dari jamannya nabi Adam hingga nabi Muhammad tidak lain dan tidak bukan hanyalah untuk menyembah kebadanya….sesungguhnya ajaran yang di turunkan kepada para nabi tersebut (termasuk Isa almasih) adalah satu ajaran…yaitu Islam. Agama yang di akui oleh Allah adalah agama islam (addin). Orang baik tapi dia menyekutukan Allah dengan yang lainnya bakalan jadi intipnya (kerak nasi) neraka. Allah akan mengampunin seluru dosa2 manusia walaupun dia itu sebanyak buih KECUALI dosa orang yang menyekutukan ada Tuhan atau ada yang Kuasa selain ALLAH…semoga kita semua di bukakan pintu hatinya dan di berikan hidayah oleh Allah….amiennn

  19. Pingback: Onnay Okheng
  20. ya . Sy beruntung sekali punya seorang utusan ALLAH NABI MUHAMMAD S.A.W. yang selalu mementingkan kaepentingan umatnya .yang selalu banyak dosa, hanya ingat iman kalau lagi menderita , kalau bergelimang harta ,lupa segala dosa . ya, Allah tempatkan lah NABI KU TEMPAT YANG SANGAT MULYA dari segala kemulyaan yang telah KAU berikan kepada seluruh mahluk. sehingga hamba kecepretan walau setetes kemulyaan , lantaran keindahan budipekerti dan kasih sayang kepada hamba yang gembira berbuat dosa.jarang berbuat dan berjuang demi agama ALLAH, YA MUHAMMAD S.A.W. kau adalah Favoritku, idaman ku DUNIA apalagi akheraat dari pada micle jakson

  21. Astagfirlah haladzim
    astagfirlah haladzim
    astagfirlah haladzim

    Ya …. allah ampuni dosaku

    ma’af kan lah aku yg tlh berbwt bnyk dosa

    s’moga enkau mengampuni dosaku

    amien ……………….!

  22. untuk semua yang membaca…………………………………………………………………………………….janganlah sekali2 kamu membantah ke dua orang tuamu,terutama seorang ibu,karena sesungguhnya surga berada di telapak kaki ibu,dan dapat menjauhkan dari pada siksa api neraka

  23. Subahanallah saya merinding membaca kisah ini,saya juga sangat terharu sampai mau nangis,ternyata betapa nabi kita Muhammad S.A.W sangat menyayangi kita semua sebagai umatnya,padahal beliau hanyalah manusia juga,tetapi betapa mulianya hati nabi kita.. sudah sepatutnya kita bersalawat baginya dan berjuang di jalanya agar kelak kita mendapat syafaatnya.. kalau membaca kisah tentang neraka itu benar2 tak terbayang,itu baru ilustrasi,bisa jadi aslinya lebih duahsyat lagi naudzubillah semoga kita selalu di lindungi dari siksa api neraka,terutama neraka jahatman..
    eh jahannam.. amin

  24. Banyak orang yang percaya bahwa neraka itu ada,tapi mereka itu tidak yakin mulut nya aja yang percaya tapi hatinya tidak……..karena mereka tidak pernah menjalankan perintah allah,,,,,,,,,,,hanya percaya aja.

    MARILAH KITA JALANKAN SHOLATTTT…………………………….!
    kalau kita percaya NERAKA ada.

  25. hmmm…merah->putih->hitam, …kalau begitu neraka seperti black hole atau suatu tempat seperti matahari…ah ‘dah resiko kalau saya BEJAD maka ukuran GRAVITASI saya (dosa) bakal lebih berat sehingga berpotensi tersedot black hole/neraka lebih besar (hal yang alamiah)…Alhamdulillah karena atas petunjuk-Nya agar kita selalu beribadah adalah untuk sekaligus memahami ilmu-ilmu Allah, dan jika saya nanti tersedot black hole/neraka juga nggak apa-apa, kenapa musti takut,…berarti nanti terbukti apa yang saya lakukan sekarang sungguh tolol, merusak keseimbangan alam dan diri sendiri. Buat saya sedikit demi sedikit dengan keterbatasan yang ada untuk memahami ilmu Allah dan kesimbangan alam itu lebih baik daripada mengharapkan surga karena bias.

  26. Ya ALLAH. . .
    Sungguh dosa hamba sebanyak buih dilautan,,
    berkali2 hamba berjanji untuk tidak mengulangi dosa itu kembali,,tapi seringkali hamba mengingkari janji hamba itu..
    Ya ALLAH. . .
    Masih adakah pengampunanMU untukku?? Masih adakah hariMU untukku tebus dosa2ku itu dngan taubatku..ku mhon ya ALLAH,, kuatkanlah hamba dalam keteguhan iman. Amin ya ALLAH…

  27. jika semua umat melihat gambaran nerka,maka yang terjadi adalah rasa penyesalan dan ketakutan,sebaliknya jika semua umat melihat gambaran surga maka yang terjadi ingin berlomba lomba untuk menempatinya.andai saja NERAKA dan SURGA tidak ada,apa yang harus kita/umat perbuat ( ?

  28. Wahai sahabat,,persoalan nya kenapa kiraan 70,000 semua nya didalam tafsiran neraka jahanam????fikir-fikir moga-moga kita sempat betaubat semoga kita dijauhi daripada gulungan yang ketujuh…itulah betapa untung dan indah nya kita dijadikan di bawah umat NABI MUHAMMAD SAW…Lihat betapa kasih nya Nabi kepada Ummat Nya sahingga Beginda Pengsan ketika mendengar pesanan Jibril kepada ummat Beginda…Apakah kita wahai umat Islam tidak Kasih Sayang kepada Nabi kita SAW..Kalau kita sayang kita ucapkan lah sayang kita dengan kalimah Salam kepada Nabi kita ALLAH_HUM_MASALLI’ALA….nya dan tunaikan lah segala suruhan nya dan berbaik-baik lah kita semua di seluruh dunia ynag fana ini…Ingat lah 100 tahun itu kita hidup bukan lah lama…..ini adalah hakikat..

    jwb: terima kasih atas komentarnya pak, tapi maaf saya agak kurang faham bahasa Melayu

  29. Astaghfirullah!!!!
    , betapa menakutkan apa yang disebut neraka, walaupun aku takut, tapi aku masih suka untuk berhbuat munafek…..
    T q Bro, paling tidak kamu sudah menyadarkanku kembali…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s