Kenapa Pria Selingkuh

meenx-smallNah, ada yang pernah selingkuhin pasangan? kenapa hayo? Pasti Anda punya alasan sendiri. Dan,,,,, menurut sebuah tulisan, ada beberapa sebab pria selingkuh. Berikut ini tulisan yang saya kutip dari wolipop detik.

Perselingkuhan dalam sebuah hubungan memang sangat menyakitkan. Namun ketika pria berselingkuh, bukan hanya disebabkan karena ia tergoda dengan wanita lain. Menurut pakar, ada beberapa faktor yang membuat pria melakukan perselingkuhan.

1. Faktor Genetik
Para ilmuwan menemukan adanya gen reseptor vasopresin dalam tubuh pria. Gen ini memang sudah dijuluki sebagai ‘gen penipu’. Pria yang memiliki gen reseptor vasopresin yang berbentuk panjang, cenderung tidak suka berselingkuh. Sedangkan pria playboy, memiliki gen yang lebih pendek. Hormon juga berpengaruh atas perselingkuhan pria.

Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan timbulnya perasaan percaya, bahagia dan saling membutuhkan antar pasangan. Hubungan yang kuat tercipta atas hormon ini, pria dengan oksitosin rendah cenderung akan melakukan perselingkuhan dikarenakan ia tidak memiliki ikatan emosional. Pada akhirnya, hal itu berdampak pada retaknya hubungan.

2. Kondisi yang Buruk
“Pria selingkuh bisa jadi karena ingin lari sejenak dari masalah. Bisa jadi masalah keuangan, tekanan di tempat kerja atau hubungan asmara yang kurang baik. Dengan berselingkuh, pria merasa mendapat tambahan energi walau tahu sifatnya hanya sementara,” ujar konsultan percintaan Keren Smedley.

Menurut Keren, banyak pria lebih memilih menaikkan egonya dengan cara cepat daripada merenung dan berusaha mencari jalan keluar dari permasalahannya.

3. Faktor Kekasih
Menurut psikolog Roslina Verauli, M. Psi., pasangan yang berbohong dan selingkuh tentu ada penyebabnya. Salah satu sikap wanita yang bisa memicu pasangan selingkuh adalah sering marah-marah. Coba koreksi diri Anda, apa sering marah-marah tanpa alasan kepada pasangan sehingga dia merasa tidak nyaman?

“Sebenarnya yang mesti di-review dari kedua belah pihak. Pertama apa Anda terlalu galak? Mudah meledak-ledak? Dan secara emosional tidak stabil sehingga bisa memicu pasangannya untuk berbohong?” tutur Vera kepada Wolipop.

Selain itu, pria bisa menyukai wanita lain karena kekasihnya yang terlalu posesif dan suka mengatur. Sikap tersebut tentu membuat pria tidak nyaman dan lebih memilih wanita lain.

4. Faktor Masa Lalu
Selain beberapa faktor di atas, kisah di masa lalu juga memberikan pengaruh kepada kecenderungan seseorang untuk berselingkuh. Hal itu, bisa disebabkan oleh kisah masa lalu hubungan rumah tangga orang tua. Apa yang terjadi di masa lalu biasanya akan sedikit banyak berpengaruh terhadap perkembangan masa depan seseorang. Jika seorang ayah berselingkuh maka perilaku tersebut pun bukan tidak mungkin akan diikuti oleh si anak.

sumber: wolipop detik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s