Istri Yang Di Anggap Durhaka Kepada Suami

Apakah Anda termasuk Istri yang dianggap durhaka? apakah istri Anda termasuk istri yang dianggap durhaka kepada suami?

Apabila dipanggil oleh suaminya ia tidak datang.
Sabda Rasulullah SAW yang bermaksud:“Apabila suami memanggil isterinya ke tempat tidur. ia tidak datang nescaya malaikat melaknat isteri itu sampai Subuh.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Membantah suruhan atau perintah suami.
Sabda Rasulullah SAW: ‘Siapa saja yang tidak berbakti kepada suaminya maka ia mendapat laknat dan Allah dan malaikat serta semua manusia.”

Bermuka masam terhadap suami.
Sabda Rasulullah SAW: “Siapa saja perempuan yang bermuka masam di hadapan suaminya berarti ia dalam kemurkaan Allah sampai ia senyum kepada suaminya atau ia meminta keredhaannya.”

Jahat lidah atau mulut pada suami.
Sabda Rasulullah SAW: “Dan ada empat golongan wanita yang akan dimasukkan ke dalai Neraka (diantaranya) ialah wanita yang kotor atau jahat lidahnya terhadap suaminya.”

Membebankan suami dengan permintaan yang diluar kemampuannya.

Keluar rumah tanpa izin suaminya.
Sabda Rasulullah SAW: “Siapa saja perempuan yang keluar rumahnya tanpa ijin suaminya dia akan dilaknat oleh Allah sampai dia kembali kepada suaminya atau suaminya redha terhadapnya.” (Riwayat Al Khatib)

Berhias ketika suaminya tidak disampingnya.
Maksud firman Allah: “Janganlah mereka (perempuan-perempuan) menampakkan perhiasannya melainkan untuk suaminya.” (An Nur 31)

Menghina pengorbanan suaminya.
Maksud Hadis Rasulullah SAW: “Allah tidak akan memandang (benci) siapa saja perempuan yang tidak berterima kasih di atas pengorbanan suaminya sedangkan dia masih memerlukan suaminya.”

Mengijinkan masuk orang yang tidak diijinkan suaminya ke rumah
maksud Hadis: “Jangan ijinkan masuk ke rumahnya melainkan yang diijinkan A suaminya.” (Riwayat Tarmizi)

Tidak mau menerima petunjuk suaminya.
Maksud Hadis: “Isteri yang durhaka hukumnya berdosa dan dapat gugur nafkahnya ketika itu. Jika ia tidak segera bertaubat dan memint ampun dari suaminya, Nerakalah tempatnya di Akhirat kelak. Apa yang isteri buat untuk suami adalah semata-mata untuk mendapat keredhaan Allah SWT”

sumber asli ada di sini

About these ads

143 comments

  1. ass,,,ibuku sangat dekat dengan paranormal kalau ayah saya g adapun ibu tetep menerima paranormal itu masuk,,,saking seringnya paranormal itu ke rmh kalau lg g ada ayah sampe ayah cemburu,tp ayah yg cemburu kenapa ibu yg minta cerai?,,,aku tdk mngerti dengan semua ini,ibuku bersikeras minta cerai sedangkan ayah tidak mau

    1. selingkuh itu ada banyak, selingkuh dlam hal apa terlebih dahulu, apabila suami selingkuh nya berhubungan badan dengan wanita lain maka minta di talak saja, namun bila masih sayang perbaikilah, ibaratnya hub itu sperti kita pnya langganan trhdap sbuah warung makan, stiap hari masakan dan playanan slalu enak namun ad suatu ketika msakan dan playanan kurang enak hingga bbrpa kali dan dsitulah planggan akan mencri tmpt langganan bru

  2. as”lmu”laikum…….saya mw nxa” apabila suami mnyuruh istrix untuk mengerjakan sholat ,dan istrix selalu membantah kepada suamix \ tidak mw sholat , apakah suami ikut berdosa karna istri tidak sholat padahal suami sudah menyuruhx ??????????????????????????????? terima kasih .

    1. Alangkah baiknya jikalau bpk mengajak istri bpk sholat bkn menyuruh tpi baiknya mengajak dengan cara memberikan contoh, sabar pal sgala sesuatu adalah ujian dan gudang pahala jika kita cermat menyikapinya, slalu minta ptunjuk yg terbaik dari Alloh SWT. InsyaAllah akan diberikan ptunjuk-Nya.

  3. Jangan biarkan kita jadi laki-laki yang dibutakan cinta dan menjelma jadi manusia bodoh. Kita sdh melaksanakan tugas kita yaitu memberikan kasih sayang kepada istri kita, kita juga wajib mendapat hak kita mendapatkan kasih sayang dari istri kita. Selama dalam batas wajar kelakuan istri kita, coba nasehati dengan berlandaskan agama. Tapi kalau kelakuannya sudah seperti setan, lebih baik ceraikan saja. Kita sebagai laki-laki harus berpikir realistis!

  4. Allah punya rencana baik dengan menjodohkan setiap mahluknya. Tinggal kita yang menjalankan buat menemukan rencana baik itu. Selama kesalahan itu bukan selingkuh, coba istri kita dikasih nasehat secara lemah-lembut. Ibarat batu kalau kena tetesan air lama-lama jadi berlobang! Sabar kunci utamanya!

  5. Keterbukaan akan lebih baik. Bukan jalan yang benar mencari solusi dengan cara yang salah. Selingkuh bukan jalan yang benar hanya karena ingin punya anak. Kita harus ngaji rasa, seandainya kita sebagai istri mandul, suami kita selingkuh, bagaimana perasaan kita. Bukan hanya kepada suami kita harus mempertanggung-jawabkan perbuatan kita tapi kepada Allah SWT. Berapa lama kita hidup didunia ini. Apakah kita bangga dengan banyak melakukan dosa besar selama hidup di dunia. Kita bisa membicarakan dengan suami kalau masalah ingin punya anak. Apakah adopsi anak atau cerai secara baik-baik!

  6. Sebagai pasangan suami-istri, kita wajib saling menutupi kekurangan satu sama lainnya. Dalam menjalani rumah-tangga pasti banyak menemukan masalah. Kita harus banyak komunikasi pada saat dan kondisi yang tepat. Pasti akan ditemukan jalan keluar yang terbaik. Kekerasan tidak menyelesaikan masalah bahkan akan menambah masalah.

  7. Jangan biarkan kita sebagai suami jadi manusia bodoh terus. Seolah-olah wanita di dunia cuma dia aja. Wanita jumlahnya lebih banyak dari laki-laki! Seharusnya pada saat pertama kali dia selingkuh, ceraikan saja karena akan memberi pengaruh buruk kepada anak-anak kita. Wanita seperti itu sudah tidak waras otaknya!

  8. saya mau pendapat semuanya, saya sorang suami 30 th, memiliki 2 anak, dan istri saya pernah selingkuh, lewat phonsex sama temen fb nya, dan jugan pernah kirim foto bugil nya, dia mengakui nya, dan meminta maaf, saya sudah memaaf kan nya, tapi kadang teringat terus, dan membuat sakit hati terus.

    1. Kesalahan diluar perselingkuhan masih boleh dimaafkan. Tapi kalau sudah selingkuh, sudah tidak bisa dimaafkan. Saran Saya ceraikan saja istri seperti itu. Dia sudah tidak menghargai sucinya sebuah pernikahan.

  9. Saya menikahi istri saya tahun 2002. Hanya 5 tahun rumh tangga kami bahagia. Awal perubahan istri saya saat istri saya meminta ijin untuk pergi ke kalimantan. Aku ijinkan karena memang ada yg mau di selesaikan di sana. Betapa kagetnya aku begitu di sana, istriku mengatakan tidak akan kembali pulang. Dengan berbagai daya upaya akhirnya aku berhasil membujuk istriku kembali pulang. Tak kusangka setelah kembali pulang aku mendapati di handphone istri saya sms dari seorang pria yg tinggal di kalimantan. akhirnya istriku mengaku bahwa di ketemu dengan lelaki tersebut di kapal dan sempat melewatkan beberapa hari bersama di kalimantan. Karena cinta aku memaafkan istri saya. Tidak berselng beberapa bulan istri saya turun rumah tanpa pamit selama 6 bulan. Istri saya kembali dengan perut hamil 4 bulan dengan salah satu teman saya. Karena cinta, aku masih menerima istriku kembali. Aku kawini istri saya untuk kedua kalinya. Belum genap setahun istri saya turun rumah lagi selama 8 bulan. saat lebaran aku menjemput istri saya untuk ke empat kalinya. Istri saya akhirnya mau kembali namun istri saya telah berhubungan dengan seorang lelaki di kampungnya selama kurang lebih 5 bulan. Namun kali ini belum sempat hamil. Karena cinta aku masih memaafkan istri saya dan menikahinya lagi. Belum dua Ramadhan tepatnya tgl 4 maret 2014, istriku turun rumah tanpa pamit dan hanya mengirim sms agar aku jangan mencarinya lagi dan ingin pisah. saat saya menulis ini, istriku sudah 8 hari turun dari rumah tanpa pamit. Jujur aku sangat mencintai istri saya dan ingin agar istri saya bertobat dan menjadi istri yg soleha. namun apapun yg saya katakan selalu menjadi tidak baik di matanya. Aku sudah capek mengemis cinta pada istriku. aku mau tak mau harus menydari bahwa istriku tidak pernah mencintaiku. Kalau cinta bukan seperti ini. Kalau ada yg bilang aku ada yg kurang, aku sama sekali tidak kekurangan. Walaupun tidak berlebihan. Sebagai suami aku mampu dan telah memberikan apa yg seharusnya seorang suami berikan kepada seorang istri. namun semuanya sia-sia. Istriku tetap turun rumah tanpa pamit. Kalau bilang pertengkaran, memang kami sering bertengkar karena semua yg tertulis di postingan atas, semuanya istri saya lakukan kepada saya. Saya sendiri saat membaca postingan di atas kaget. Kagetnya adalah karena ternyata istri saya melakukan itu semua kepada saya. Saya sekarang mencoba menyadari bahwa lelaki baik untuk wanita yg baik, dan aku tahu aku baik. Saya mencoba menyadari bahwa Allah SWT mengambil sesuatu yg kita cintai untuk di ganti dengan yg lebih baik yg pantas untuk di cintai. Sakit memang, sakit sekali. Sebagai seorang pria aku menangis dalam kamarku. Menangis karena di tinggalkan istri yg teramat saya cintai. Namun apa dayaku…??? Istriku ternyata tidak pernah mencintai saya. Satu yg saya syukuri adalah, sebagai suami, aku telah berupaya dan berhasil memberikan kewajiban2 saya sebagai suami. Aku tidak gagal, aku hanya salah menjadikan dia menjadi istri saya. Semoga Allah SWT memberikan hukuman kepada istri saya karena berulang-ulang meninggalkan saya dan anak-anak dan selalu melakukan zinah dan tidak pernah mau bertobat. Saya jadi ngeri, membayangkan istri saya yg tidak takut pada Allah SWT.

  10. Assalamualaikum..sya pengen sharing.sya hrus bgmna kalo suami sya tidak pernah mmbela sya sdkitpun ddpan org tua nya.skalipun sya slu di tuduh bbuat slah sma mertua sya.tp suami sya slu mmihak ibu ny.malah lbih baik sya bermusuhan lama2 dgn ibu mertua dri pd d sruh akur.ibu mertua sya jg sgt jhat sx sm sya.sya slu d bentak2.trs di omongin yg jlex2 sm ttnga.msa cuma krna prabotanya ada yg rusak atau hilang.selalu aja menyalahkan saya.dan suami sya hny bisa diam.dan trkdang lama2 suami sya balik ikut2n mmsuhi sya jg.anak sya msh balita n slu nangis klo liat kita btgkar hbat.sya tidak tga.sya ingn brpisah.tp sya tkut.bgtupun adik prempuan suami sya.dia selalu mencampuri urusan rmh tga saya.pdhl dia sdh mnkah.seperti adik suami dan ibu nya mmbenci sya dan klrg sya.kalo ada m2 saya brknjung pun.ibu mertua saya acuh.mngucapkan salam pun tak pernah di jawab.apalagi menyuguhi minum.saya jg sering di caci maki suami dan trkdang di pukuli.sya ska melawan.tp ap sya drhaka wlpun saya mw di pukuli sya mlawan lg.ap saya hrs diam sj

  11. Umur saya 21 thn saya pubya suami umur 34th.

    Saya mau cerita sedikit tntg kluarga krcil saya.saya menikah udah 2 thn.saya belum juga di karuniai anak dikarenakan suami saya mandul.saya pernah selingkuh dengan orang saya punya alasan kenapa saya selingkuh karena sayabingin sekali punya anak dan menutupi kekurangan suami saya di mata keluarga saya dan keluarga suami saya.saya cinta sama suami saya tapi kadang saya bosan dengan tingkahnya yang suka marahi saya di depan umum kan saya malu.saya pernah ada niat untuk cerai tapi saya gak tga karena selama ini dia slalu mencukupi kebutuhan saya dan keluarga saya.

    Saya tersiksa dengan pernikahan ini meski itu pilihan daya ut menikah dngan laki laki yang jauh lebih tua dari saya.saya ingin sekali hamik tapi saya sudah mencoba berbagai cara tapi blm jga bisa.
    Nah dari cerita saya ini saya minta pendapat teman teman apa yg harus aku lakukan.

  12. Aku punya istri hamil. . .waktu aku sakit drumah sakit. . dia meminta aku menceraikan nya tnpa alasan yg jelas . . .sekarang aku mau nurutin apa permintaan nya. . .
    Apa aku slah pak

  13. Asalamualaikum wr.wb.
    Tmn2 yg baik hati apa yg hrs saya lakukan ktika istri makin lama makin durhaka..
    Istri tdk prnh mensukuri pemberian dr suami..gak prnh menghargai kebaikan suami,sering menolak ajakan dan perintah suami..keluar rumah tanpa ijin suami..
    Apakah allah akan meng adzab istri2 yg sprti itu,baik didunia atau akherat..
    Tolong kasi solusinya dong

  14. Assalamualaikum..

    Kalau dilihat dari ciri2 nya, sepertinya saya termasuk istri yg durhaka.
    Dan sekarang sedang proses perbaikan diri.
    Sepertinya Allah masih sayang, jadi saya masih ditegur.

    1. assalamualaikum ….saya adalah lelaki yang mempunyai istri sangat pencemburu bagaimanakah cara mengatasi istri yg sangat pencemburu yg terlalu?Aq sangat cinta sama istriku.sehingga terkadang aq bisa di katakan kalah terhadap istriku.sering dalam khidupan kami terjadi pertengkaran.terkadang aq juga berpikir istriku itu terlalu berani sama aq.

      1. walaikumsalam.wr.wb
        tidak seharusnya bersikap mengalah dikalah memang seorang istri bersalah atas tingkahnya,harusnya sebagai suami menasihati menjelaskan tanam rasa kepercayaan kepada si istri karna hal yang mempertahan bahtera rumah tangga adalah rasa saling percaya.jelaskan dengan baik dan tegas tapi tidak membentak.

  15. اَلْحَمْــــــــــدُ لِلّــــــــــهِ klrga kcil kami sllu bs mnyelesaikn mslh scra baik tnpa ªϑª pertengkaran yg brkepnjangan……krn saya sbgai seorang istri msih sngat membutuhkn suami yg bs mngrti dan bs mnjdi tauladan d klrga kcil kami. آمِّينَ‬… آمِّينَ يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّ

  16. Assalamu’alaikum teman2 sekalian,,saya mempunyai istri dan mertua yang senang bergaul dengan orang yang sudah menghina ibu dan keluarga saya,bahkan orang tersebut pernah meludah ke hadapan ibu saya,,,,tolong masukannya,setiap kali saya menasehati istri saya dia selalu disertai emosi dengan membentak saya dan kesan selalu memancing emosi saya.

  17. Asslamualaikum buat semua teman2 di sini… Mudah2an ada yg bisa kasih masukan ke saya atas masalah yg sedang menimpa saya…

    Saya menikah 9 thn yang lalu dan dikaruniai seorang anak. Alhamdulillah secara materi keluarga kami dilimpahi rizki yg melimpah oleh Allah… Saya seorang expatriate, istri & anak saya juga ikut dan tinggal dengan saya..

    Cerita saya hampir sama dengan teman2 lainnya, typical istri yang durhaka, tidak taat dan acuh tak acuh terhadap suami..

    Saya sudah berbuat segalanya buat dia.. tapi sepertinya sudah tidak ada cinta lagi…Bahkan, saya pernah diselingkuhi oleh dia… walaupun akhirnya saya maafkan..

    Memang sekarang dia sudah tidak berselingkuh lagi dengan laki2 lain… Tapi sikap dan tindakan dia masih mencerminkan kedurhakaannya sebagai istri…Berkali2 saya nasehati tapi dia tidak pernah menggubris… Dia juga tidak pernah mau melayani saya di tempat tidur…

    Sebisa mungkin saya ingin menyadarkan dia.. demi anak saya dan demi keluarga saya… tapi saya punya limit… kesabaran orang ada batasnya…

    Menyadari kondisi hubungan kita yang seperti ini, dia menawarkan solusi ke saya untuk menikah lagi dan dia siap dimadu…

    Saya siap menikah lagi…mempunyai istri yang baik dan taat dan juga untuk menghindari zina… Tapi masalahnya bukan di situ… Kalau saya menikah lagi… dan istri saya tetap dalam kondisi seperti sekarang, maka pernikahan saya dengan istri pertama saya hanya seperti boneka… karena pada dasarnya istri pertama saya sudah tidak mau melayani saya….itu artinya sama saja saya membiarkan kemaksiatan dalam rumah saya dan justru istri saya akan tambah berdosa.. disisi lain saya juga mendapat dosa karena membiarkan kemaksiatan yg dilakukan istri saya….

    Mohon masukan apa yang sebaiknya saya lakukan…Saya sedang dalam pengambilan keputusan antara menceraikan dia dan menikah lagi atau tetep menikah dengan dia dan punya istri lagi…

    Terima kasih sebelumnya atas masukan dan sarannya

    Wassalam…

    1. apa anda msh cinta istri anda wlau anda di sakiti ? jk masih,maka tugas anda adlah menyadarkan istri anda dg sabar dg do.a dg petunjuk Allah. Namun jk anda tdk cinta lg dg istri anda ,mka anda hrs menikah ,krn percumah anda brsama istri anda namun anda tak pnya cinta lg. saat kalian berpisah INGAT KAH SAAT KALIAN PERTAMA BERTEMU DAN SALING MENCINTAI ? INGAT KAH TENTANG JANJI YANG KALIAN UCAPKAN ? Alla tk suka perceraian,..anda adlh imam,pimpin lh saat ma’mum anda slh jln jk anda tinggal mka biar lh anda kelak brhadapan dg ALLAH SWT. mkasih dan maaf jk ada slah kata,smga Allah mberi kan petunjuk.barokallah.Assalamu’alaikum.wr.wb ferda.

    1. siapa yg jd imam dlm kluarga ? anda atau suami anda ? jk anda tak pcya dg pemimpin anda bgaimana surga pcya dg anda ? Assalamu’alaikum.Wr,Wb

  18. bagaimana kalo suami nya ga pernah menjalankan perintah Allah SWT,seperti solat,puasa,mencri nafkah dengan ikhlas,selalu berkata dan berbuat ksar pada istri
    Apakah harus d’truti juga

    1. imam salah ya di ingat kn …jk anda tAk mampu / mnta lh prtolongan pd Allah,agr Allah mengingatknnyaa…mnta lh prtlngan ALLAH dg sholat dan sabar.

    2. Lapor mertua dan haram baginya menyentuh isteri. Laki laki tidak sholat adalah ibarat sarang kencing anjing……… najis berat, anak darinya kalau lahir akan jadi anak durhaka, maling, kafir, seperti kurang ajar bapaknya, segera cerai dari laki laki demikian

  19. assalamualaikum wr.wb
    @> apakah cuma perempuan /istri yang selalu dibilang durhaka… selalu ada keseimbangan,..adil selalu ada adil,…… percayalah,..
    jika anda merasa suami terjajah,…bukan kah lebih cenderung banyak nasihat, dan anjuran untuk istri,…kenapa demikian ?//????
    itulah…….. kelemahan ,…satu satunya para laki-laki jika banyak perempuan yang ,….. demikian hidup ,, terasa indah dan bahagia …terasa seperti ciptaan nya ,…..mukzizatnya,…..
    setuju…dan sepakat,… jika,… sesuai
    :::>>conto kami ; sudah lah beda agama,.alias lintas ,…..beda pendapat,,…ga pernah komunikasi,…kurang nya tobat,… walau sering bertobat,..karna selalu merasa kurang jadi manusiawi,…rumah tangga jarang komunikasi, hub,… kekeluargaan pun jarang komunikasi,… fatal,….,,..semoga dalam rubrik ini tobat para …. pendosa diterima … aminnnn

    1. Kan sekarang tema nya tentang istri,kalau menurut saya,anda selalu mengeluh,namun anda beruntung mempunyai istri yang bagus karakternya serta etika nya.Namun berhati hati jika menjadi suami durhaka kepada Istri

  20. ibu anda tidak salah jika menginginkan cucu laki2,,tetapi ibu anda hrs tetap bersyukur kpda allah krna telah diberi cucu wanita,jgn membeda bedakan…
    Ibu mertua anda sudah tidak wajar karena pada hakekatnya dya sudah menyerahkan tanggung jawab kpda anda sbg suaminya saat dinikahkan,,dan membiarkan masalah yg seharusnya dapat diatasi…
    Itu sangat jelas menjadi istri durhaka,karena dya telah mendahului kpentingan ibunya dari pada suaminya,rosulullah pernah bersabda,surga seorang istri ada pada suami,surga seorang suami ada pada ibunya….
    Masih layak utk mempertahankan rumah tangga,ingat perceraian bukan sesuatu yg haram tpi dibenci oleh allah swt…
    Klo masalah mengasuh anda berhak,anda kan bapaknya

  21. Asalamualaikum Wr. Wb. Saya sampai sekarang msh bermasalah sm istri saya krn saya sudah tdk tau lg harus berbuat apa. usia pernikahan kami msh berjalan 1tahun 9bulan. Ni bermula dari kami memiliki putri, ibu saya menginginkan cucu laki2 krn saya anak laki2 satu2nya (hanya dengan omongan, tapi saya tau pasti kalaupun putri saya wanita ibu saya tetap menyayangi Putri saya, Insya Allah saya jamin itu). Saat itu istri saya sakit hati dan selalu memendamnya, jd semenjak saat itu setiap ibu saya ingin menggendong anak saya dy melarangnya, walaupun diizinkannya tu pun tdk boleh lama2. Jadi pada suatu hari tepatnya acara Aqiqah Putri kami yg baru berusia 2bln 2minggu tepatnya acara diadakan dirumah mertua saya, anak saya menangis digendongan istri saya dan ibu saya meminta untuk menggendongnya dy menolak sambil membalikkan badannya, kejadian itu persis didepan mata saya. Setelah malamnya saat kami berdua saya memarahi istri saya dengan nada yang tinggi krn saya kecewa atas sikapnya kepada ibu saya. setelah itu karena saya masih kesal saya pulang sendiri kerumah kami dan saya biarkan istri dan anak saya tidur dirumah mertua saya. ternyata setelah saya pulang sendiri kerumah kami, istri saya menangis dan mengadukan kepada ibunya tentang semua masalah2 kami selama berumah tangga. sebenarnya selama kami berumah tangga tidak pernah ada masalah yg serius tp yang diadukannya klo saya marah selalu memanggil istri saya dengan sebutan “KAU” dengan nada yg tinggi selebih itu tidak ada, Lillahi taala saya tidak pernah memaki dengan kata2 kasar kepadanya apalagi tuk memukulnya. keesokan harinya ibu istri saya mendatangi saya kerumah kami dan langsung memvonis klo saya selama kami menikah saya menyiksa istri saya, selalu memarah-marahinya dan menindasnya, saya terkejut karena itu tdk mungkin saya lakukan karena saya sangat menyayangi dan mencintai istri saya semenjak kami pacaran 5tahun. Keesokan harinya saya mendatangi rumah mertua saya tuk menjemput istri-anak saya, tetapi istri saya menolak dan ibunya pun melarangnya (jadi seolah2 saya dan istri saya masih berpacaran). karena saya tidak merasa dihargai sebagai suami jd saya jatuhkan Talak 1 (tanpa saksi), lalu dia pun sambil menangis dan mengadukan kepada ibunya. Setelah beberapa hari saya datang bersama kedua org tua saya dan saya membawa saksi Ustad dan Ustadzah dengan niat mau ngajak Rujuk. Tapi hasilnya sia2 krn ibu mertua saya melarang istri tuk menerima Rujuk saya dengan alasan biarkan istri saya tinggal dengannya tuk sementara. Setelah kurang lebih 2minggu saya kembali kerumah mertua saya dengan menjatuhkan harga diri saya dengan bersujud dikaki ibu istri saya sambil minta maaf karena udah menyakiti hatinya, tetapi ibu istri saya malah pergi kedapur dan menolak maksud saya, tetapi istri saya hanya bisa diam. Saya coba bicara berdua dengan istri saya diluar dengan cara menjemput dia pulang kerja dan saya tanyakan kepadanya apakah masih mau memperbaiki rumah tangga kami lalu dia menjawab dia masih mau tapi saya harus bersabar sampai ibu istrinya dapat menerima saya kembali dan dia menyuruh saya melakukan pendekatan2 kepada ibunya layaknya kami pacaran seperti dulu. Yang dipikiran istri saya sekarang dia tidak mau duhaka sama ibunya. Yang menjadi pertanyaan saya sekarang :
    Apakah ibu saya salah kalau kepingin cucu laki2 ??
    Apakah ibu istri saya melakukan semua hal itu masih wajar ??
    Apakah istri saya termasuk istri yg durhaka ??
    Apakah saya masih layak tuk mempertahankan rumah tangga kami ??
    Apakah saya tidak berhak mengasuh anak saya ??

    NB : Saya dan istri saya masih berkomunikasi walaupun jarang tapi melalui via SMS dan dari sana saya tau kalau kami saling menyayangi dan mencintai.

    1. Memang kita wajib menghormati orang tua kita. Kita juga berdosa kalau membiarkan orang tua kita melakukan kesalahan. Dia juga manusia tidak lepas dari kesalahan. Kita wajib meluruskan orang tua kita dengan cara yang santun agar orang tua kita tidak tersinggung.

    1. utarakan isi hati anda ke suami…suami anda pilihan anda…dan konsisten dalam kehidupan rumah tangga saling berbagi dalam segala hal Insya Allah..suami anda bikin kesal anda cari penyebabnya lalu utarakan ke suami anda itu jauh lebih baik…saling terbuka…menurut saya kasus anda tidak bisa dibilang istri durhaka….terima kasih…butuh konsultasi lebih lanjut 021-7294836…(berdasarkan pengalaman pribadi & teman2) free

  22. Saya telah berusaha untuk membahagiakan istri saya dengan berbagai macam cara sampai cara2 yg sebenarnya aku tidak sukai aku turuti demi melihat istri saya bahagia. Melihat senyuman istri saya saya sudah dapat merasakan angin syurga, begitu senangnya hatiku melihat istriku senang walaupun apa yg saya rasakan tidak saya perlihatkan kepada istri saya namun saya bahagia melihat istri saya bahagia. Tapi semua yang aku lakukan tidak ada gunanya buat istri saya, karena istri saya kembali melakukan perbuatan yang sama yang saya tidak sukai, bahkan hampir membuat saya gila. Kini istri saya melakukannya lagi dan hampir merengut nyawa saya. Dan sepereti biasanya Istri saya tidak perduli dengan apa yang terjadi dengan saya. Sebenarnya sudah terlalu hina saya kalau masih mengharapkan cinta dari istri saya karena apa yg di perbuat istri saya kepada saya benar2 menunjukkan betapa istri saya tidak pernah mencintai istri saya. Saya seorang suami yg bodoh, mencintai seorang istri yg tidak mencintai saya. Kalau cinta bukan begini ceritanya. Berulang kali aku di khianati berulang kali aku memaafkan istri saya. Mungkin kali ini adalah yang terakhir. Aku mencintai istri saya namun tidak terlihat sedikitpun niat dari istri saya untuk kembali namun jika istriku kembali pulangpun aku takut istriku tidak akan berubah dan akan kembali melakukan perbuatannya yg tidak aku sukai. Apa yg harus aku lakukan?
    Aku tidak ingin pisah karena aku sangat mencintainya dan juga karena anak2. Sementara istri saya dan keluarganya sudah tidak sejalan dengan aku. Apakah memang ada manusia seperti istri saya? Meninggalkan saya dan anak2 yg sgt mencintainya, hampir tidak ada yg kurang dalam rumah tangga kami. Kalaupun istri saya mau mencari lelaki lain, istri saya tidak akan mendapat lelaki seperti saya, suaminya yg mencintainya setulus hati. Suami yg hampir selalu menuruti semua keinginan nya sesuai dengan kemampuan yg ada. Mungkin kadang aku lebih memakai akal sehat dalam memutuskan sesuatu tapi ujung2nya aku akhirnya mengalah juga kepada istriku karena aku tidak mau menyakiti hatinya. namun itulah manusia, saat semua yg tersimpan dan akhirnya keluar karena sudah tidak tempat lagi untuk menyimpan, apa yg terjadi? keluar semua perkataan yg tidak seharusnya di katakan dan akhirnya jadilah seperti ini. Kau di sana dan aku di sini, entah masih adakah rasa di hatimu seperti apa yg aku rasakan? semua blank.

    1. Pa yang sabar …istri anda dalam pengaruh or kecanduan org ketiga dalam arti selingkuh…siapapun manusia jika iman tidak kuat…pasti menganggap selingkuh itu indah dan dirinya mempunyai hak untuk hal itu….apalagi melihat istri bapak sudah overdosis…coba skrg bapa tidak melihat keadaan istri bapak sekarang….coba2 inget bagaimana indahnya waktu awal bapak mengenal dia…skrg bapa yang berubah rubah penampilan, perhatikan lebih ke diri bapa dan anak2…beli semua keinginan bapa misal pakai parfum termahal misal issay miyaki kalau bisa parfum perempuan bikin dia sangat cemburu..setel musik seakan2 bapa lagi mencintai seseorang…jgn lupa juga banyak zikir surat al ikhlas…Insya Allah istri bapa berubah 180* Amiiinnn…butuh konsultasi lebih lanjut hub saya di 021-7294836…free…sekedar sharing permasalahan mudah2an maslaah bapa tuntas

  23. Assalamualaikum…

    Saya ingin sekali memberi pendapat secara Islami,Insya-Allah. Mohon maaf jika ada kata2 yg tidak berkenan di hati teman2 yg membaca nya… Afwan jiddan

    Sebagai seorg Muslim…
    Ciri2 Istri yg perlu ada dalam seorg wanita telah pun di sabda kan oleh Rasulullah s.a.w.

    Dalam sabda Baginda:

    “Seorang wanita dinikahi karena empat hal; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya. Maka pilihlah yang taat beragama niscaya kamu akan beruntung.” (HR. bukhari, Muslim)

  24. saya tidak mau banyak bicara kalo kehormatan suami diinjak injak apalagi diselingkuhin dan istri sdh tidak bisa menghargai lagi kasih pelajaran aja sebelum anda memutuskan untuk berpisah. ya..tentunya jangan dibacok dong kasian anda masuk penjara nga bs liat anak2 tumbuh dewasa. kita laki2 kepala kelurga. tulang punggung rmh tangga apakah bgt cara istri memperlakukan kita. diajak bicara melotot diajak berhubungan badan seperti mau memperkosa orang aja. doakan aja istri spt itu NERAKA JAHANAM BAGI ISTRI …BUMI DAN LANGIT MENUTUP REZKINYA SAMPAI AJAL DATANG SAMPAI NAFAS DITENGGOROKANYA TIDAK DAPAT BERUCAP LAFADZ TUHAN KECUALI NAMA SUAMI DAN ANAKKNY. berdoa aja semoga tuhan menunjukkan kekuatanya kepada istri yang durhaka dgn azab tuhan tanpa kenal ampun sampai keluar darah setiap celah jasadnya. amiin semoga Allah mengabulkan. yakin dgn berdoa dan bnyk zikir serta dibarengi kekuatan batin anda ckp hitungan wkt singkat itu akan terbukti azab tuhan akan turun.
    itulah kalo anak TIDAK DIAJARKAN DENGAN AGAMA MAKA ANAK ITU kelak menjadi pembangkang dan pantas mati spt crita Nabi Khidir As bersama Nabi Musa As.

  25. Saya seorang suami yang baru menikah 3 Juni 2012 kemarin, baru 4 hari menikah istri saya sudah minta diceraikan cmn gara2 hal sepele sama sekali tdk prinsipil. Setelah itu kami baikan lagi walaupun sering sekali istri marah2 gara2 hal sepele, kebetulan saya tinggal di rumah mertua saya , di rumahpun istri jarang melayani suami walaupun untuk hal2 kecil seperti menyiapkan makanan, dll. bahkan saya merasa saya selalu disuruh2 oleh istri di rumah untuk semua hal termasuk mengambilkan remote TV yg ada di depannya persis. Terakhir tanggal 10 Juli kemarin istri marah2 lagi ke saya gara2 ada salah satu handuk kecil yg seharusnya jadi peningset dipakai oleh nenek saya, dia marah2, bentak2 saya, menunjuk2 muka saya dan memanggil saya dengan nama saya. awalnya saya peringatkan dia untuk tidak membentak dan memanggil nama tetapi dia masih saja melakukan itu hingga akhirnya saya bentak balik dia lalu dia bales memukuli saya, saya tidak membalas memukul karena saya tidak biasa memukul wanita, akhirnya dia mengusir saya keluar dari rumahnya. Saat itu juga saya pulang ke rumah orang tua saya dan dinasehati untuk kembali ke rumah mertua, akhirnya malam itu juga saya kembalik ke rumah mertua akan tetapi saya tidur di kamar lain. Sampai sekarang istri masih tdk mau bicara dengan saya, ranjang pun telah dia atur posisinya bantal2nya untuk tidur 1 orang. Saya sendiri juga masih mendiamkan dan tidak mau membahas itu karena saya merasa dia sudah sangat keterlaluan, berani pada suami, dan bahkan memukul suami. Yang ada sekarang seakan2 mertua saya juga bersikap dingin kepada saya, mereka pasti sudah mengetahui masalahnya (plg tidak dari versi istri) akan tetapi tidak mau turut campur. Apa yg harus saya lakukan? benarkah tindakan saya membiarkan dia tdk mengajak omong (hajr), apa dia termasuk istri yang durhaka kepada suami? Kami baru saja menikah 1.5 bulan tetapi istri sudah berkali2 minta diceraikan tetapi saya tdk pernah mengindahkan. Mohon pentunjuknya…

    1. Menurut ceritamu, bibit jelek sudah ditampakkan oleh istrimu. Sembahyanglah, mohon petunjuk, karena kalau menurutku cepat atau lambat kamu harus ambil keputusan pisah. Sampai tua nanti istrimu tetap tidak akan bisa berubah. sudah karakternya yang suka mengatur, dan minta dilayani..

      1. Semalam kami bertengkar hebat lagi sampai dia menghina2 orang tua saya dengan kata2 “kere” dan “tdk punya duit” memang ini sudah kesekian kalinya dia menghina keluarga saya tapi saya diamkan saja, tapi semalam saya seperti sdh mentok sama dia sampai2 saya curhatkan semuanya ke org tua saya. Memang istri berasal dri keluarga yg berada, sedangkan saya dari keluarga biasa dan istri sering mengungkit2 faktor ekonomi saya dan keluarga saya dengan kata2 yg tdk pantas..

        Setelah saya curhat ke ortu saya, beliau langsung marah dan berniat untuk menghubungi istri saya tetapi saya larang,,, akan tetapi tanpa sepengetahuan saya org tua saya sudah menelpon istri dan menghardik istri karena sudah menghina2 keluarga.. Setelah kejadian itu saya dipanggil oleh mertua dan benar2 “dihabiskan” karena saya dianggap tidak mampu melindungi istri dan suka mengadu ke org tua saya….. Saya pun mencoba menjelaskan bahwa saya berbuat begitu karena sudah berkali-kali istri bila marah selalu menyangkut ke harta dan ujung2nya menghina keluarga saya,, tetapi mertua bilang bahwa sudah sewajarnya bila istri marah2 ke suami dan seharusnya saya diam saja dan bukannya marah balik ketika keluarga saya dihina2 seperti itu.

        Pertanyaan saya,,, saya memang sadar bahwa tindakan saya melapor ke orang tua memang kurang pantas,,, tapi apakah bila istri bertindak menghina2 orang tua saya lalu saya seharusnya diam saja ?? bila istri mulai main tangan apa seharusnya saya diam saja? saya mohon sarannya dari saudara2 yang sudah berpengalaman, dan dari segi agama juga,

        1. Maaf sebelumnya Saya mau ikut campur. Karena masih baru menikah, berarti masih muda. Emosinya belum stabil, masih meledak-ledak. Nasehatin aja pelan-pelan.

        2. Terima kasih banyak kepada saudara2 yang sudah memberikan saran kepada saya. Saya hanya ingin melanjutkan cerita saya di atas. Semenjak saya terakhir posting disini keadaan semakin memburuk. Kami memang alhamdulillah langsung diberi keturunan oleh Allah yang lahir 1 thn setelah kami menikah. Tapi perilaku dr istri saya semakin parah. Hampir setiap hari kami bertengkar, istri minta cerai, memaki2 dan bahkan main tangan kepada saya. Sudah berkali2 saya diusir dr rumah tapi tidak saya dengarkan, saya msh bergeming tidur di teras ataupun tidur di mobil. Saya sdh tidak bisa menasehati istri saya sampai2 saya sudah mengizinkan istri apabila mau memaki2 saya atau ortu saya asal tidak di depan anak.

          Sampai pada suatu ketika pulang kerja saya langsung solat maghrib dan memohon ke Allah untuk diberikan petunjuk dan seketika habis solat itu pula kami bertengkar lagi karena perkara sepele dan saya benar2 diusir dr rumah dengan hanya mengenakan sarung dan tanpa bawa barang apapun. Tas beserta dompet saya yang merupakan pemberian dr istri saya disuruh untuk tinggalkan di rumah sehingga saya hanya bawa barang2 isi dompet dengan sarung saya.

          Setelah kejadian itu kami pisah rumah, dan sempat terjadi kericuhan dimana om dan tante istri saya tau2 melabrak dtg ke rumah dengan mendobrak pintu dan diakhiri rumah saya dilempari batu dan pot hingga pecah semua kaca jendelanya.

          akhirnya saat ini kami sudah resmi bercerai, saya tidak diperbolehkan menemui putra saya oleh mantan mertua saya. Sedangkan hubungan dengan mantan istri saat ini sdh membaik. Istri skrg sdh tdk berani lg memaki2 saya ataupun berbicara kasar. Apabila ada kesempatan istri akan mempertemukan saya dengan anak saya secara sembunyi2 tanpa diketahui orang tuanya. Hingga akhirnya 2 minggu lalu istri saya ketahuan keluar diam2 membawa anak saya untuk ketemu saya. Hasilnya ibu dia marah2 dan memaki2 mantan istri saya ditelp. Lalu saya juga ditelp oleh mantan mertua dan tdk luput oleh makiannya.

          Mantan istri saya lalu meminta saya untuk menemaninya menghadapi mamanya, saya iyakan karena mungkin sudah ini resikonya bisa ketemu dgn anak. Yang terjadi di rumah itu kemudian, istri saya dipukuli mamanya di depan saya. Begitu saya bela dia mamanya langsung memukuli saya sampai bibir saya sobek kemudian dia mengambil pisau dan berniat membunuh saya. Akhirnya istri saya menyuruh saya untuk pergi keluar rumah dan selanjutnya setelah saya pulang bisa dibayangkan. Mantan istri saya dihajar oleh ibunya sendiri, kepalanya dipukuli dengan alat masak dalam keadaan masih menggendong anak kami hingga kepalanya bocor dan butuh 4 jahitan. Sedangkan anak kami yang msh dalam gendongan terkenan cipratan darah ibunya pada bajunya.

          inti cerita, saat ini pernikahan kami sudah berakhir, palu sudah diketok. Akan tetapi hubungan dgn mantan istri msh terjalin baik. Saya masih bingung, mantan istri meminta untuk rujuk tapi saya belum yakin. Saat ini sdh memasuki akhir bulan ke 2 masa iddah. Saya tidak yakin apabila saya rujuk, situasi tdk kembali seperti dulu. Apalagi skrg sdh ada anak umur 13 bulan yg sedang lucu2nya. Saya takut apabila kami sering bertengkar lagi maka akan berdampak buruk buat psikologis anak.

    2. mumpung belum ada anak, di ceraikan saja mas. istri seperti itu nggak layak di jadikan istri. mumpung belum terlambat. jangan seperti saya, sudah terlambat. Mau di cerai sudah ada anak, mau jalan terus, saya sudah hampir mati karena perbuatan istri dan itupun saya di biarkan. Jadi mas, ceraikan saja istri seperti itu mumpung belum punya anak, anggaplah suatu kesalahan. Masih banyak wanita baik2 dan umur mas pasti masih muda. Cari baru saja yg bisa menghargai kita lelaki sebagai suami mereka.

      1. coba mas tunjukan dulu dengan cara agama.. ajaklah istri ketempat pak ustad yg mngetahui hukum2 nikah. biarkan ustad itu memberi masukan2 dan pembelajarn kepada istri mas…jangan lupa dibantu dengan mendekatkan diri pada allah mas.. minta dan berdoa kepada allah agar mas dn istri mas dibukakan pntu hidayahnya… dari i mas nya dulu jdilah imam yg baik buat istri,, inya allah jika kita selalu mendekatkan diri pd allah, dya akan menyadarinya mass… jgn mengambil keputusan secepatnya untuk menceraikannya… semogaaa saran saya bermanfaat mas… dan semoga allah selalu memberi hidayah kepada mas dn orng2 yg mas sayangii.. amiinn yarobalalamiinnn….

    3. Sabar aja mas, dulu aq juga pernah mengalami hal yang sama, itulah ujian dari pernikahan, maaf dulu, Mas nikahnya karena apa? Agama, kecantikannya, melakukan sunnah Rasulullah SAW, atau hartanya?
      Kita sudah memilih dia dan dia juga memilih Anda, seharusnya tidak ada masalah jika dia sadar, maaf. Sadar karena butuh teman hidup. Keputusan untuk menikah sudah diambil keduanya, seyogyanya harus berusah untuk membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah. Tujuan pernikahan itu dapat tercapai bila keduanya sama-sama berusaha agar tujuan pernikahan tercapai.
      emang sih, yang namanya kehidupan pasti ada rintangan, dan percayalah Rinatangan tersebut untuk menguji keimanan kita. Aku sendiri sudah lama tidak diuji, dibiarkan aja oleh Allah, baru sekarang aku diuji. tapi yakinlah, Allah tempat bersandar, tempat berlindung, dan tempat mohon pertolongan. Insya Allah dengan bekal itu kita diberikan yang terbaik di dunia ini, sukses menghadapi rintangan, dan mendapatkan jannah-Nya. Amin

    1. jangan kebawa emosi istigfar kepada allah agar smua di mudahkan …kalau api di lawan dengan api jd tambah panas….mungkin istri anda lg ke pengaruh setan klo kita sebagi suami yang baik kita harus sabar dan mengala demi kebaikan..secelek celeknya isri.tetap dia yang terbaik untuk kita dan anak kita…smua pasti ada balasan dan hikmahnya…ammiiiinnnn

  26. apakah saya termasuk istri yg durhaka kepada suami sya jika saya hanya mengingin sll ada kabar dikala dia sedang kerja keluar kota kadang saya telp & sms ngak dibls saya menuntut dia untuk sekedar memberi kabar tentangnya karna seorang istri takut suaminya knp2..sudah 3tahun saya menikah dengan suami saya &saya merasa saya sll menurut semua apa yg dikatakan sm disuruh oleh suami saya..1 thn setelah saya menikah suami saya dipecat dr pkerjaan nya setelah dia blm dapat kerja saya yg menggantikan nya bekerja dia nganggur hampir 1 thn saya bekerja dr pagi hingga sore dan kini suamiku sudah bekerja kadang dia musti keluar kota klo dia diluar kota saya telp & sms dia jarang dibls telp jg ngak pernah diangkat saya masih maklumin mungkin dia sedang sibuk,tp dikala dia telp saya dan sms saya telat bls atau telp nya ngak saya angkat karna saya sibuk lg kerja dia marah sm saya apakah saya termasauk istri yg durhaka kepada suami saya jika saya menuntut nya untuk sekedar memberikan kabar sm saya jika dia diluar kota??saya merasa selama ini saya tdk pernah membantahnya saat dia menganggur pun saya bekerja untuk meringgankan beban nya,dikala senang & susah aku sll ada didekatnya sll bersamanya kadang aku berfikr jelak tentang suamiku disaat dia diluar kota ngak ksh kbr & jarang angkat telp saya ,apakah aku trmasuk istri yg durhaka kepada suami jika aku menuntut nya untuk sll memberikan kbr dikala dia kerja diluar kota??

    1. menurutku sih tidak ! memang harus kita pahami bahwa cinta atau sayang seorang perempuan terhadap suaminya kadang-kadang berlebihan, yang akhirnya akan membuat suami seakan akan tidak dipercaya oleh istrinya. kata temanku dulu yang bekerja sebagai tenaga marketing, istrinya seperti teroris karena sebentar sebentar hp berbunyi dan sangat menggagu dirinya waktu bertransaksi. untuk itu cobalah lebih sabar, dan gunakan waktu istirahat sms / bercanda dengan mesra, semoga berhasil ! rumahku adalah sorga kecilku

  27. Alhamdililah saya bisa lampiaskan unek2 saya.
    Saya nga nyangka istri saya yang dulu baik dan syank kesaya berubah 180 Drejat.Hari minggu tngal 3 juni 2012 adalh hari yang nga akan saya lupakan.Istri ku yang dlu cinta dan sayank berubah menjadi istri yg durhaka pada suami nya.Istri ku ketauan selingkuh lagi,ini yang ke 2x nya.yang pertama dan kedua dah aku mafkan,aku bilang ke istri ku sebejat bejatnya km aku mafkan,yang bikin aku sakit hati di bohong atas nama Allah dan berlinang air mata nya.Memang dia blum dikasih azab atau hidayah nya dari Allah,Ke 3x nya dia membawa Atas nama Allah dan berlinang air mata nya pembohong.Saya udah nga tau lg sebrapa besar nya dosa2 nya kepada Allah.memang selingkuh nya nga sampai luar batas,tapi tetap aja saya sakit hati teramat dalam.Di malm senin nya Istri saya,anak saya,mertua saya dan adik nya yang jaht sedang jalan2 ke mall.Kala itu aku sendiri dirumah<tiba2 setelah saya solat magrb tiba2 sya sakit mungkin karna kaget istri saya berulah kembali.Saya merasa kesakitan sendiri namun tidak ada orng 1 pun yg datang,akhir nya saya coba miscll teman dan dia balik telpon saya,saya menyuruh dia tolong sms ke istri saya atau adik saya,menit demi menit sms tidk dibas di telpon tidak di angkat,akhirnya saya kasih ke temen say no telpon kk tiri sya.Nga lama kk saya datang beserta seorang teman nya,memang kk saya bisa ngobatin orng,nga lama kemudian tetanga2 rumah sya berdatangan kerumah untuk melihat kondisi saya,saudara2 istri sya dan kk ipar sya yang baik datng,kk ipar sya langsung tlpon istri sya dan ter nyata istri sya lg jala2.sambung besok ke 2.

    1. maaf sya pernah mengalam semua hal diatas…coab mas sholat hajat dengan bacaan al ikhlas 10,20,30 40 disetiap rakaatnya…setiap malam…Insya Allah lambat laun hati mas akan ikhlas dan lebih tenang…coba pikirkan lebih memilih dicintai istri atau Allah SWT…biarkan masa lalu mas melangkah kedepan dengan hati selalu cinta kepada Allah SWT…sya bisa dihub.081388667717…dibawah jam 5 sore untuk konsultasi free

    2. Kalau kesalahan karena selingkuh itu sudah diluar batas kesalahan yang bisa dimaafkan. Kita harus bertindak tegas! Saran Saya lebih baik ceraikan saja. Bahaya kalau dibiarkan. Dia sudah tidak waras otaknya.

  28. sepandai-pandainya istri,
    sekaya-kayanya istri dan secantik-cantikya istri tidak akan masuk syurga jika dia durhaka kepada suaminya.
    karena “ridho Allah ridho suami” kecuali wanita tersebut belum menikah “ridho Anak ridho Orang tua”.

  29. Buat kwn2 sya mau mta saran dan nasehat nya.Tentang apa yg sudah tertulis di atas,persis sekali dgn keadaan rumah tgga ku. Tiap hari it pasti ada mrah nya istri sy it,kalu sy nasehati malah blix mrh ma sya.Istri sy orang kalbar dan bru pindah ma sy 5 bln, istri sy tdk thn tggal d jawa,pdahal alhmdulh rumah dah ada.Sy pun ada krja,biar pun tak sberap penghasiln,masalh nya kalu sy pulang krj bwa uang sikit,muka pasti masam smbil marah,dia bilang KERJA APA MACAM ITU.BISA2 MATI GAK MKN.KPN BISA MAIN KE TEMPAT KAKEK NY( KALBAR) suami mana yg gak sakit ,bru plg krja di omelin.Hny kpd yg kuasa ak mgadu.

    1. Mas saran dari saya coba kalau mas pulang kerja lsg mandi dan melaksanakan sholat….istri bicara apapun n=gak usah didengarkan anggaplah itu penyemangat hidup….banyak zikir dan wirid…Insya Allah hati mas joyo lebih tenang

  30. cerita kisah hidup rumah tggaku.kami menikah sdh 12 thn,kami di karuniai seorg ank cw,kini du”k di banku kls 1smp,pd awlnya prnkhn kami di dsri ats suka sama suka dan tdk ada paksaan dari pihak manapun.brhubng kami ber’2′ank org yg tdk mampu stlh istriku ku tggl mranto ke m’sia,ketika jd wali murid tk istriku slingkuh sesamabpknya tmn sklh anku,aku jg dngr kbr brng wlo ht ini marah tp aq tdk bgtu mengindahkn kbr trsbt,stlh q plng dr m’sia kamipun akur,trs istriku blng pah gantian dong aku yg cr dwt ke ln,pd akhirnya ku ijnkan jua,sbb gubug yg saya buat dr hasilku mranto blm ckp rapi bkn rmh,akhirnya aq ijinkan,allhamdulillah slma 2 thn kja di hk rmh kami rapi&pantas.istriku pulang cuti,swaktu itupun gk ada mslh,berhubng msh punya bnyk rencana tuk ms dpn,istriku pergi lg ke hk,slma 3 bln kepergianya msh kmnksi tp stlh itu,ada isu bahwa istri menjalin hubungan via fb sama indo yg bkrja di korea,aq juga tdk langsung mempercayainya,tp lama kelamaan terbukti dgn putusnya komnksi,nmr tlpn sllu berganti2 klo ktahuan ganti,pokoknya susah di hubngi.pd akhirnya aq mengalah ku biarkan tnpa kmnksi slma 1thn stgh.nah kurang 1 bln… tumben istriku sms yg isinya mau plng tp mau pross cerai,@sdra’ ….betapa hancurnya hati q,tp q hnya psrh mungkin khndk Allah,kpulangan istriku tidak mau di jemput baik aq,anak,maupun kluarganya,ku peralat anaku pngn jmpt mama tp ttp aja gk,dia bilang ke anaknya mm blm tau kpn plngya.ats kehendak Allah dn berkat org pintar aq tau hari kpulangnya,dgn pakaian lusuh aq ke bandara jogja,sprti pd um”nya q berdiri di dpn pitu keluar,yah emang bener istri pulang.dia melambaikan tangannya yg melambai ke q gk taunya sama cwo di dpnku,trs dia berpluk2an saking gk tahannya aq,cwo trsb aq tenang dr blakang,dia bilang apa”an mas,dn aq berbalik tnya u yg apa”an,biar jelek ky gini mas aq msh smi sahnya dia,dia nanya ke istriku kamu knl lki”ini yank…,isriku bilang NGGk KENAL,dan akhirnya bukti yg ku”h aq keluarkan yaitu srt nikah cos aq dah siapin dr rmh.itu jg istriku msh mmprcykan cwonya ampe sumpah sgla bhwa q bkn sminya,pd akhirnya aq blng mo lapor ke polisi,bahwa anda mau melarikan istri org,tp akhirnya dia lari…..yg ku herankan lg istriku msh menghubungi dia dn trs mempercayakan bhwa aq bkn apa apanya.keeeeeeeeeeejam.singkat crita akhirnya mau di ajk plng slma dlm perjlnan kami berdua membisu,ktika sampi di purworjo,aq aq buka koper istriku dgn cr paksa ku mbil tiket pp pswtnya dn trs ku buang.hpnya jg ku ambil pksa/sita.smpe di rmh minta maaf wlo brt rsaya mmafkn klo ngliat ank aq jd kshn,akhirnya aq mfkan.slma 1 thn kami hdp brsma lg.kami jualan bakso,stlh 1 thn dia bilang minta ijin mau prgi lg,dgn jji2nya yg manis,aq ijinkan lagi,tapi ternyata janji tinggal janji sekarang kambuh lagi penyakitnya seprti dulu dah gk komunikasi dan di fb klo aq intai sdang asyik berpacaran,dan sdh menghubungi lawyer untuk prosess cerai.tp utk kali ini aku sudah siapp bos

  31. Mohon saran /advice,saya seorang suami sdh berkeluarga selama hampir 20 th,saya sdh berusaha bertanggung jawab dlm hal memberikan nafkah kpd anak istri,yang sebelumnya spt tdk ada masalah ketika ekonomi keluarga kami masih stabil,saya menenempati rumah tinggal milik ibu saya,dan semenjak saya berkeluarga,ibu saya hampir tidak pernah singgah dirumah ,suatu ketika ,terjadi sedikit persellisihan didlm keluarga ibu membahas tentang warisan,krn ibu saya kecewa dgn perlakuan saudaranya,memutusKan tinggal dirumah yg saya tinggali,dikarenakan ibu jg habs sakit opname dirumah sakit,krn pertimbangan kontrol dirumah sakit dgn jarak yg relatif dekat dengan rumah , ibu berfikiran untuk singgah dirumah,dan pada akhirnya meminta tempat untuk bs istirahat, tapi karena semenjak saya kawin sdh berlangsung selama 18 th ,istri merasa tidak direstui /tdk disetujui tentang keberadaan istri, tp semua itu hanya fitnah dr istri ,saya akui ketika pernikahan kami ,memang kami tdk disetujui dr masing 2ortu kami,tetapi dengan perjalanan waktu,semua seakan sdh berubah,menjadi baik, singkat cerita dengan keberadaan ibu dirumah istri merasa tidak nyaman dan tentram ndan suatu ketika terjadi keributan yang pada akhirnya istri mengatakan perkataan yang saya sangat tdk terima mengatakan , ibu telang mengganggu rumah tangga anaknya,dan mengatakan “aku tidak sudi dan tdk akan pernah mengakui keberadaan ibu,dan aku dendam sampai aku bawa mati,yg lbh parah mengatakan. Bahwa aku sdh tdk sudi mengakui keberadaan ibu dan bersumpah lahir batin dunia akherat aku tdk akan pernah mengakui ibu,,mohon pendapan jalan dan keputusan apa yang baik dan bijaksana ketika menemukan kasus seperti ini….

    1. wah sama dong dengan ku! aku menikah 20 thn nanti bulan juli 2012, menurutku sih 80 % wanita, seperti yang anda ceritakan! sedangkan 20 % tidak, karena wanita tidak menginginkan pihak ketiga dari suaminya, aku juga tdk tahu apa sebabnya, tetapi yang aku lakukan selama ini ialah aku cetak tentang istri yang soleh, suami yang soleh, surga dan neraka baik itu dari internet atau dari mana saja dan aku letaknya dirumah, tapi jangan asal meletakkan nanti dia tersinggung ! dan nanti membuat dia marah ! jadi letakkan pada meja anda maka dia seakan akan tidak digurui ! oke semoga berbahagia ! sebab rumah merupakan surga kecil buat kita !

    2. Istri bapak bukan manusia lagi! Dia sudah menjelma sebagai setan yang sudah tidak mengenal kebenaran. Lebih baik ceraikan saja! Buat apa memelihara setan di dalam rumah. Ibu adalah segala-galanya bagi kita. Ingat surga ada di telapak kaki ibu! Dengan sikap istri seperi itu sama aja kita sebagai suaminya dijebloskan ke neraka! Tidak ada pengampunan bagi perempuan seperi itu!

  32. saya menikah karena Alloh, tetapi ternyata dalam perjalanan pernikahan kami, suami suka membanding-bandingkan saya dan apa yang kami miliki. saya anggap normal kalau dia suka melihat yang cantik-cantik..saya juga dulu banyak yang suka, tetapi karena keluarganya dari keturunan baik-baik say apilihlah dia. ternyata, agamanya tak sebaik awalnya, dia banyak menceritaklan kejelekan saya di hadapan teman-temannya setelah menikah, saya tahu dari reaksi teman-temannya pada saya. suami mudah tersinggungan, maunya serb ainstan…maunya gaya hidup wah..dia menuntut saya bekerja, tapi demi alloh, saya ingin anak-anak dididik oleh saya..dia malku memperkenalkan say akepada teman-temannya..sayapun menjadi emosi dan mengusirnya..apakah saya durhaka???

  33. zaman sekarang memang susah mencari istri yg soleha,tpi bagaimana pun kita harus intropeksi diri dulu dan berusaha berbuat baik terhadap istri kita agar istri kita mengerti bahwa kita membuat yg terbaik untuknya.dan apabila istri kita tidak mau mengerti dan mengacuhkan kebaikan kita sebagai suami maka bilang kepadanya neraka mana yg kau pilih wahai istriku tercinta,biar abang daftarkan.syaratnya mudah wahai istriku,abang hanya cukup bilang dasar istri durhaka kauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu.

  34. pakh sy juga ter masuk istri durhaka. sy yang sudah ber thun2 kerja di taiwan demi menafkahi suami dn ank2 sya dn suami yg bsa nya hnya meminang yg kiriman uang yg gk perdli itu aung dri mn dn apa itu melebihi gaji sya yg hanya berkerja jdi pembantu di taiwan sya yg juga hrus menanggung beban keluarga mertua ku dri merhap rumah sampk se isi nya sedang ank2 ku yg besar aku titip di rumah ibuku krna kelurga suamiku gk mau aku titipk anku . yg ingin saya tnyakn apa aku slh bila aku membagikn hasilku sedikit untk anku yg sy titp di rumh ibuku dn suamiku tdk menjinkn aku rkm uang sepeserpu .dn dengan diam2 aku mengimkn uang buat biya2 anku yg aku titip di rmh ibuku? tpi berhubung aku orng nya ceplas ceplos dn gk bsa menyimpan rahasia ahirnya aku bilng juga ke suamiku dn dia mrh besar dn memki2 aku dn berkat2 yg sangat tu suami ku menyakitkn dn dri stlh masalh itu suamiku sellu memrsku untk mengimkn uangku semua krna gjiku hnya sdikit dn mersa dia gk puas suamuku sellu mengcamku bila setiap menyuhku krm uang aku gk bsa krna aku sellu ambl gji malampaui btas gji bln yg blum aku kerjkn pun udh aku ambil duluan suamiku mengancmku akn menjual anku krena anku yg kecil di asuh suamiku di tempt mertuaku .setiap aku tlp tnya kbr mertuaku sellu bilng uadh gk sanggup ngurusin anku aku jdi bingung hrus gmn sedang aku mau ke taiwan pun atas paksaan suami saya saya sudh menyembah2 ki kaki suami sya supya jngn kirim sya kejra keluar krna wktu itu ank sy masih berumur 7 bln sya gk tega tpi krna tkut dosa menolak perintah suami ahirnya sya nurut aja..senrnya msih pnjng crtaku tpi bla aku tils mungkin bsa memkn wktu bnyak

  35. walau cadangan saya kecil cuba hayati. Lagu2 nasyid semua berunsur nasihat. tunjuk jln, berbudi. takwa. insaf. amal. hidup insan. hakikat kehidupan. ketuhanan. kerohanian. perigatan. jihad. sedekah amal., tentang solat. syukur. taubat. anak derhaka. tentang alam. asal kejadian. kadak kadar. rasul. selawat nabi. kasih ibu bapa. tentang solat , alam akhirat. ibadah. rajin, tentang malaikat. alam roh kubur, balasan baik buruk. mahsyar. alam kubur . syurga nuraka. perhitungan dan pembalasan.hingga pedoman isteri suami dan anak2 pun ada. CUBA SIARKAN LAGU2 NASYID CONTOHNYA el Suraya. Almizan . AL WATAN .ALJAWAHEER. SINAR MURNI DAN TERLALU BANYAK KUMPULAN LAGI DARI MALAYSIA DAN Indonesia. kUMPULAN NI JUGA BERDAKWAH UTK UMAT TAPI lagu pop rap cinta dandut balada tradisional yg di banjiri alat bunyian bukan berunsur nasihat SAJA DPT TEMPAT DI TV DAN CORONG RADIO 24 JAM. Cuba hidupkn kembali lagu2 dakwah Ingat dulu tv haramkan lagu Selimut putih konon nya menakutkan sedangkan mereka tek mahu bertaubat,,,, betapa bodohnya mereka …. Bila umat disumbat dgn unsur nasihat insyallah siuman sedikit akhlak mereka…..LAGU2 DAKWAH HIDUP SEPANJANG ZAMAN SEBAB MEMBAWA WADAH MENYEDARKAN UMMAHHHH…..JADI ILMU KEPADA PENDENGAR,,, CONTOH CUBA anda dengar lagu HASMADI HASSAN tajuk nya GODAAN DUNIA ATAU buka 2 saja dulu lagu ELSuraya bertajuk ANAK DERHAKA dan MOHON DOA RESTU,,,,ALLAHUAKBAR.. Beli CD lagu dakwah dengar dlm kereta bsama anak isteri …

  36. apakah istri yg menolak dan tidak sanggup dipoligami, terhitung durhaka kpd suami??? padahal sang istri sdh dpt memenuhi sgala kewajibanya sebagai istri dan ibu dlm rumah tangga yg harmonis.
    keadaan keluarga menjadi kacau krn sang suami ingin berpoligami dgn alasan jatuh cinta lagi pd wanita lain. dan sang suami merasa berhak mencintai wanita lain dan berpoligami krn diperbolehkan dalam agama….
    mohon penjelasan
    terima kasih.

    1. saya seorang guru di cameron highlands, malaysia. punya anak 4 dan sudah 18 tahun berumahtangga. saya selalu merasa tidak dapat melayan suami dengan sebaik-baiknyanya dan selalu menyuruh suami berkahwin lagi tetapi dia tidak mahu. pada saya lelaki boleh kahwin 4 maka apa salahnya kita sebagai isteri redha dan ikhlas menerimanya. saya berfikir jika suami punya isteri lain saya mahu jadikan isteri baru sebagai kawan baik dan boleh jadi tempat bertukar fikiran. cuba jangan berfikiran sempit. ikhlaskan apa saja yang berlaku. kita manusia biasa yang mudah berubah hati dan perasaan. allah maha berkuasa dan maha mengetahui. saya memang tidak mewah di segi material tetapi hati saya tenang dengan cara saya berfikir dan dengan prinsip yang saya pegang. sudah puas saya menyuruh suami mencari isteri baru yang lebih bagus dari saya tetapi beliau tidak mahu kerana mungkin tidak mampu di segi kewangan. apa yang saya mahu saudari tahu ialah kasih sayang itu amat luas dan kita sebagai manusia biasa tidak dapat membataskannya. biarlah berlaku apa yang akan berlaku, ada berjuta juta perkara lain yang boleh kita buat dan fikirkan. berfikiran positif insyaallah hidup lebih tenang

    2. Kembali ke ibu sendiri, jika suami mau poligami dan memaksa ya di biarkan saja bu. Ibu bertanya ke hati ibu sendiri, mampukah ibu di madu? Kalau nggak mampu gimana caranya supaya suami nggak kawin lagi? Banyak cara yg bisa di pakai tergantung kesungguhan ibu. tapi kalau semua cara sudah di lakukan tapi tetap saja suami ingin poligami, ya ibu minta cerai saja. Tapi ingat cerai adalah perbuatan halal yg paling tidak di sukai oleh Allah SWT. Satu lagi yg perlu di ingat, Istri yang sabar dan soleha bebas memilih pintu syurga mana yang akan ia pilih.

    1. asslm wwb.
      .Mf , blh istri mnghlg up yg hrs q&a lkkn, sdh 3bln go desa kbrnxa, q&a dngr kbr, ia tlh mnkh lg.. Tlgn srn yg tba”k, sblmnxa trmksh
      Dr.Mz warnoto nkrumah brebes

  37. mana yg dosa istri atau suami saya sebagai seorang istri sdh menuruti kata’ suami dan saya bekerja dari pagi pulang petang setiap saya ada masalah saya lngsung bilang ke suami tpi apa jawaban suami terserah kmu itu urusan kmu dan setiap cecok dia selalu mengeluarkan kata-kata yg tidak pantas dan sekarang apa yang harus saya lakukan…..

  38. Ass.
    Entahlah, apakah sudah tepat atau keliru tindakan saya menulis di sini. Selama ini saya tidak pernah menceritakan apapun mengenai rumah tangga saya. Namun, ketika saya membaca tulisan di blog ini, membuat saya ingin sedikit bercerita mengenai rumah tangga saya.
    saya menikah sembilan tahun yang lalu. Dia seorang pegawai toko, lulusan SMU saja. Dari keluarga yg sederhana. Ketika itu saya sudah punya pekerjaan tetap dan jabatan lumayan. Ketika pacaran, saya menawarinya untuk kuliah, dan dia mau. saya membiayainya kuliah hingga selesai dan menjadi sarjana ekonomi. Menjelang tugas akhirnya, kami menikah. Awal pernikahan suasana manis. Suasana agak berubah ketika anak pertama hampir lahir. Mungkin karena akan kedatangan penghuni baru. setelah anak pertama lahir, mulialah kelihatan, betapa malasnya istri saya, bahkan shalat pun nyaris tak pernah, kalau diingatkan malah meradang. Kalau dinasehati selalu lebih banyak sanggahannya.
    Jika saya di rumah semua urusan anak beban saya. Bahkan sampai sekarang, setiap pagi, saya lah yg menyediakan sarapan dan susu anak anak saya, setelah shalat shubuh, sementara istri saya masih menikmati dinginnya AC dalam selimutnya. Namun saya ikhlas.
    Pertengkaran mulai marak pada usia pernikahan 3 tahun. dan lebih marak lagi setelah anak ke 2 lahir. Hampir setiap pertengkaran saya tak mengerti apa sebabnya. dan setiap bertengkar selalu saja istri berkata-kata kasar, dan tak jarang meminta cerai. Saya tak pernah menanggapinya. Saat ini, dia mengandung 4 bulan. Inipun melalui pertengkaran panjang, karena sebenarnya saya tak ingin lagi punya anak, mengngingat anak pertama dan kedua saya nyaris kehabisan waktu buat istirahat malam. Namun istri ingin anak perempuan. Apalagi mertua selalu mendukungnya. Saya takut punya anak perempuan, karena takut sifatnya akan sama dengan ibunya yg tidak pernah mau menurut apapun nasihat suami.
    dalam pekerjaan, istrei saya ingin jadi PNS, namun belum juga berhasil, dan 2 th terakhir saya menyewa toko untuk dia kelola, namun selalu saja merugi, bahkan sejak mengandung, toko terbengkalai. Alhasil dari pada nganggur saya mrnta teman mengelolanya. Disini muncul lagi masalah. Yg mengelola toko adalah perempuan ipar teman saya, sudah berkeluarga, entah siapa yg hasut, diotak istri saya main pat gulipat. padahal, sudah lebih dari 15 tahun, saya tidak pernah main perempuan. dan sejak menikah, hanya istri saya yang saya gauli. akhirnya dengan penuh malu, saya meminta pada teman saya agar toko ditutup saja. saat saya menulis ini pun, istri saya menelpon dan mngirim terus sms yang isinya sangat tidak berperikemanusiaan. Kata-kata kasar entah dari kamus manapun dia miliki. saya tidak penah menjawab karena menurut saya percuma saja.
    Dalam mengelola keuangan, seluruh gaji saya masuk kerekeningnya. Saya tak tahu untuk apa saja pemakaiannya. Yg saya rasakan, uang berapapun selalu kurang, mungkin untuk keluarganya, dan ini saya tak peduli, tak saya permasalahkan.
    Kebutuhan Susu, uang sekolah, biaya kalau sakit, uang jajan, cicilan rumah dan semua pengeluaran saya tidak menggnaggu serupiahpun gaji saya yg dia terima. jadi gaji hanya untuk belanja bulanan, belanja masak (lebih sering saya beli makan di luar, krn istri malas masak, paling juga nasi putih dan telor, atau lauk seadanya), telpopn rumah yg dia sendiri pemakainya,listrik dan belanja pulsa hp nya. Sebenarnya, gaji saya sudah lebih dari cukup karena kebutuhan yg lebih besar saya semua yg tanggulangi, karena saya punya banyak obyekan diluar kantor, sebagai broker dll.
    Soal keuangan saya nyaris tidak pusing, karena kondisi kami lumayan. Namun, entahlah, kelihatannya istri tidak cukup saja. padahal setiap ada obyekan, dia selalu mendapat bagian.
    yang saya tulis hanya sebagian kecil saja, dan sudah saya perlunak, kejadian sebenarnya sungguh menyakitkan. Namun apa boleh buat, anak2 ku masih kecil, paling juga saya hanya bisa memohon agar Allah swt menyadarkan istri saya yang kufur itu.
    Saya jadi teringat, dulu om (om saya orang sulawesi) dan orang tua saya (org jawa) sudah mengingatkan, jangan kawin dengan orang sulawesi, masih banyak gadis jawa.
    saya hanya curhat, untuk meringankan beban pikiran saya, semoga hanya saya yang memiliki istri langka ini. dan saya meyakini, inilah jalan panjang saya menuju pintu surga.

    1. Maaf mas cuma 1 jln keluarnya,klo andaa sanggup & ikhlas ya jalani trus dgn sabar & ikhlas, tp klo mas sdh tdk sanggup lg hrs dgn cara apa membuatnya berubah, ya sudah tinggallin aza, mungkin lbih baik hidup sendiri drpd berumah tangga tp hanya utk menyiksa lahir & bathin diri anda sendiri, itu sama aza anda dzalim thdp diri sendiri, diluar masih byk wanita yg jauh lebih sholeh,.
      Skali lg maaf ini cuma saran krn anda lah yg lbih tw jln hidup anda kmn akan dibawa ke depannya,
      Wassalam.

    2. ya mas. kalau sudah banyak masalahnya tinggalin aje. cari isteri lain ya kan masih ramai lagi perempuan yang boleh dijadikan isteri. masalah jangan difikirkan sangat. berfikiran positif dan jangan zalimi diri sendiri. saya punya abang yang mertuanya dan isterinya suka pakai bomoh dan bodohkan abang. ibu saya suruh abang lepaskan aja isterinya tapi abang tidak mahu katanya sayang. tapi sehingga sekarang sudah 28 tahun masalah tak selesai . malahan kakak ipar sudah jadi isim kerana banyak pakai bomoh. Pengajarannya ialah sebelum masa berlalu lebih baik putuskan aja. mudah mudahan ada jalan dan sinar baru menanti

    3. Mas Faisal, banyak yg seperti mas tapi tidak berani mengungkapkan karena mungkin malu ya, lelaki itu seorang pemimpin dll..masa di perintah oleh istri?..bla bla bla. Saya bisa membayangkan apa yg terjadi pada mas karena saya juga merasakan hal yang sama walaupun ada sedikit beda tapi tetap sama, kita adalah suami2 yang ingin mempertahankan rumah tangga kita dari kehancuran. Kadang org bilang kita adalah suami yg takut istri, mereka hanya tidak tahu saja apa yang sebenarnya kita inginkan. Istri sayapun langka mas, saya sempat mikir hanya istri saya yg seperti ini. Kelebihan yg mas miliki adalah istri mas masih di samping mas, dengan kata lain istri mas masih bisa di nasehati oleh mas atau siapa saja yg istri mas hormati orangnya, apakah itu orang tua istri mas atau keluarga yg lebih tua. Sementara saya, istri saya sudah meninggalkan saya selama 8 bulan dan skrg tinggal bersama kedua orang tuanya. org tuanya malah sudah menyuruh saya untuk menceraikan istri saya. Komunikasi hampir tertutup. bersyukurlah mas masih terbuka komunikasinya. Walau bagaimanapun istri mas adalah seorang manusia yang mempunyai hati, terjang terus hatinya dengan agama, insyaAllah hatinya akan luluh dan insyaAllah dia akan menghargai mas sebagai suaminya. Mas juga harus ingat bahwa istri suka dengan suami yg tegas yg bisa memegang kontrol. Jangan seperti saya mas, saya korban karena sudah terlanjur mencintai istri saya apapun jadinya istri saya. jangan jadi seperti saya. Buka komunikasi yg baik dgn istri, selipkan ajaran2 agama di telinga dan hati istri. Buka rumah dan masukkah cahaya islami dalam rumah. Mas pukul hati istri mas dengan ajaran Allah SWT, saya percaya istri mas pasti akan luluh hatinya. Itu yg akan saya lakukan jika istri saya kembali pulang mas. wass.

  39. Ass wr wb

    Mohon pencerahannya, saya sudah menikah 7 bulan dan istri sedang menggandung 6 bulan, masa pacaran kami 5 tahun. tapi semenjak kami menikah alangkah kagetnya saya mengetahui sifat istri saya seperti itu, bicara pada suami kasar, ditanya baik-baik marah dan sering keluar kata2 setan,kebun binatang dll, disuruh maupun diantar belanja pun sudah tidak mau lagi,sudah sering juga meminta cerai dengan alasan yang gak jelas,sudah tidak sayanglah atau cintalagi.. semenjak 3 bln dari sekarang dipegang saja sudah marah apalagi lebih dari itu padahal sewaktu masa pacaran dia adalah wanita penurut yang lemah lembut dan baik hati.Tetapi kata orang tua itu hanya bawaan bayi semata
    Mohon penjelasan dan sarannya apa yang harus aku lakukan terhadap isteri yang seperti itu.

    Wss

    1. mungkin istrinya ngidam ya mas… sabar adja mas sampai anaknya lahir, insyaAllah. kalau masih seperti itu sikapnya setelah melahirkan baru kita saling share lagi, wass

  40. Malam ini sy jg merasakan hal demikian. . . Capeknya kerja d luar, tak menjadikan istri sy faham dgn keadaan sy. . Tetap apapun yg terjadi, alasan dn pendapat dia yg terbaik menurut dia. .memang dia skrg lg hamil muda kurang dari 4 bln. Pagi hari, sepulang dari masjid buat taklim sampai kadang jam 7. ,lalu k warung belanja, buat sarapan, lalu berangkat k perusahaan, itupun kadang telat.pulang kerja kadang malam,,habis makan lalu istirahat. . Begitu lah esok harinya, . . Hanya Allah sajalah yg maha mengetahui keadaan hati sy yg sebenarnya. . .setiap ngambek pasti perkara yg sepele, , . Seolah2 memang dialah yg sempurna..tak ada salah, tak lalai waktunya, otaknya tak beku, pikiranya yg paling cemerlang, yg merasa paling capek,paling susah untk keluarga. . . Dan kelalaian, tdk dpt mengatur waktu dn semua kekurangan semuanya adalah punya saya. . . Astagfirullah halazim. . . Dia tak sadar bahwa menyakiti hati suami dosanya besar. .laknat Allah atasnya, bermakna neraka menantinya apabila saat itu juga ia meninggal dunia. . Setan sekarang senang dan ketawa ketiwi melihat kami uring-uringan. .berhasil dia menguasai otak istri sy dgn bisikan 2 protes logis tentang saya, yg dia tdk sadar bahwa iblis bercokol d kepalanya. . Dan neraka tujuannya. , ego (nafsu) yg kuat tapi bodoh, telah d tunggangi iblis laknatullah. . D tambah dgn bacaan majalah syirik misteri yg merasuki saraf otaknya. . , . Ya Allah hanya kepadamulah tempat hambamu mengadu. .. .pasti d akherat tempat penyesalan yg tiada gunanya. ,

  41. Pantes aja Neraka kebanyakan penghuninya kaum perempuan. Dari mulai Nabi Adam yang dibujuk oleh Hawa sampai dengan Nabi Yusuf yang digoda Zulaikha…. Wanita memang sumber masalah… Tapi Gobloknya ya laki-laki suka cari masalah jadi wanita = masalah, pria = tolol…

  42. BHN
    Assalamualikum

    Bagi saya secara peribadi memanglah sang isteri mudah masuk syurga asalkan mentaati sang suami, akan tetapi juga sang isteri juga mudah masuk neraka, nahujubilahiminjalik.

    Memanglah tidak dapat dinafikan, begitulah panggung sendiwara dalam kehidupan berumah tangga, apa yang penting masing-masing hendaklah memahami dalam mengharungi kehidupan ini.

    sekian, wassalam

  43. saya pernah marah2 sm suami sering bahkan,hal itu trjd bila suami menyakiti hati sy,suami sy klo sy ajak bicara tdk mendengarkn tp klo wanita lain bicara lgsg direspon,suami sy sngt perhatian dg wanita lainyg sdg hamil pdhl dl ketika sy hamil g prnh diperhatikan mlh sering dimarahi,suami sy sll menuntut ini itu,menyalahkan,dan menyakiti hati sy,suami sy lbh memperhatikan klg besarny dr pd rumah tanggany sndri,ap0akah sy trmsk istri yg durhaka? suami sy g prnh merasa berdosa/bersalah krn menyakiti sy. mohon doany agar sy diberi kesabaran amin

  44. mohon petunjuknya…
    Saya seorang istri, suatu hari sy mengetahui klo suami sy selingkuh dgn perempuan lain dan suami sy blng sdh tdk mencintai sy lg, ap yg hrs sy lakukan?? Bagaimana mungkin saya bs hdp dg orng yg sdh tdk mencintai sy lg

    1. mba yang ikhlas yah laki2 biasa seperti itu … mba isi hari mba dengan sosialisai tapi jangan kebablasan nanti malah dosa…misalnya ikut pengajian,arisan or cari uang sendiri gawe maksudnya…Insya Allah kelar

    2. Coba anda intropeksi diri apakah ada yang tidak disukai dari diri anda oleh suami anda? Ajak bicara suami anda dari hati ke hati. Saling perbaiki diri! Hilangkan egois masing-masing! Semoga kebahagiaan bisa dirasakan secepatnya!

  45. assalamualaikum..
    Istri saya selalu merasa tidak bersalah, apabila sesalu menolak untuk berhubungan dengan alasan sholat dan puasa, memang istri saya punya cita-cita kepengen jadi PNS. Pernah saya coba tidak ajak istri saya berhubunggan, dari 3 hari sampai 1 bulan, tp dia juga tidak ada respon / butuh saya, padahal saya selalu mendukung penuh cita-citanya.
    Mohon sarannya,,,trimakasih.

    jwb: apa sudah coba dibicarakan berdua?

  46. apakah saya dianggap istri durhaka bila suami saya sudah bertahun-tahun tidak lagi memberikan nafkah sama sekali. justru sy yg menanggung semua beban selama ini. memang sy sudah jarang ngomong dngan suami saya karena sudah berulang kali saya coba. tapi dia coba kasih saya pengertian bahwa karena uangnya habis dengan judi. dan sering kali kalo dia kalah judi, selalu yg jadi sasaran adalah saya. apapun penghasilan saya emang saya sudah tidak pernah kasih tau lagi tapi yg pasti itu murni semua dengan hasil keringat saya sendiri dan halal. namun, kadang2, dia masih membebankan saya dengan kadang katanya dia kehabisan duit dan dia bilang saya tidak menolong dia. dalam pikiran saya, saya sudah pengen ceraikan suami saya tapi karena saya mikirkan anak saya yg masih berumur 6 tahun. dan selama ini, suami saya tidak pernah membimbin kami dalam agama. .saya tidak pernah minta apapun dengan suami saya, hanya saja saya pengen dia hapuskan yg namanya judi. karena saya sudah bilang berkali-kali dengan suami saya, apapun ceritanya judi adalah perilaku yg diharamkan oleh agama. tapi sampe sekarang dia tidak mau terima… apa yg saya harus lakukan. mohon saranya..trims.


    Saya ikut prihatin, semoga tetep diberi kesabaran dan mampu segera menyadarkan suami, mnrt saya anda istri yg mulia dengan tetap berusaha menyadarkan suami. Sabar dan berdoa

  47. untuk yang sadar durhaka bagus, minta maaf dan tidak mengulanginya lagi.
    tapi ada yang tidak sadar sadar dan sering kata kata jahat itu keluar dari mulut istri saya, saya masih inget kata kata itu :
    1. tidak punya otak
    2. keblangsak saya ikut kamu
    3. percua saya punya laki

    Padahal saya termasuk orang yang bekerja pagi sampe malem, bantu bantu nyuci pakean setiap 2 hari sekali.
    mao cari lagi kemana yang solehah

  48. saya saat ini sedang dirundung duka, istri saya naaudzubillah kelakuannya, bikin hati saya neg hampir setiap hari, masalahnya karena hal-hal sepele. dia selalu mencari-cari kesalahan kecil saya trus dijadikan alasan untuk marah, mogok bicara, dipanggil tak menyahut dll.intinya saya tidak lagi dianggap sebagai seorang suami, padahal saya yang selama ini merawatnya bila sakit, saya yang memberi makan tiap hari, saya yang memijitinya bila ia tak enak badan tapi apa balasannya? ingin saya bunuh istri yang tak tahu terimakasih ini, tapi saya takut dosa, akhirnya saya bermaksud menceraikannya setelah lebaran ini, bila ia masih mencintai ego nya dari pada suamninya.semoga ia mendapat hidayah selama bulan ramadhon ini dan sadar untuk menjadi isteri yang sholihah.semoga…..

    suami yang sedang menjerit hatinya

    Jwb: turut prihatin dengan apa yg dialami mas, mudah2an mendapatkan solusi terbaik

    1. Jangan cerai mas itu dibenci sama Allah SWT, mas tetap seperti biasa pengalaman saya istri seperti itu artinya dia sangat takut kehilangan mas…coba mas banyak habisin waktu diluar atau menyalurkan hobi …misal ikut kegiatan agama, belanja tapi buat diri sendiri yah mas beli parfum yang paling oke, beli baju ber merk intinya untuk diri sendiri…Insya Allah istri berubah aamiiinnn

  49. bagaimana cara sy meminta maaf kpd suami sy yang telah meninggal?karena semasa beliau hidup sy selalu melakukan perbuatan yang tidak baik terhadap beliau.saat beliau sedang menemui ajalnya sy tdk ada d sampingnya,bahkan saat beliau sedang menghadapi sakaratul maut sy sedang pergi berziarah ke daerah tasik sebab ketika sy pergi beliau masih dalam keadaan sehat wal’afiat.apakah dengan saya memohon ampun kepada Allah itu bisa menghapus segala dosa-dosa sy terhadap suami?dan dengan mengirimkan doa kpd alm suami?

    jwb: minta maaf dengan cara andam, tapi harus tulus, meminta kepada Allah. Insya Allah

  50. Assalamualaikum Wr. Wb
    Ikut berbagi cerita kehidupan saya pak.. Saya seorang kepala rumah tangga, walaupun masih berusia sangat muda 22 tahun, tapi saya sudah memutuskan untuk berkeluarga. Disamping untuk menghindari hal-hal yang negatif, tujuan saya agar kelak jika buah hati saya sudah memasuki sekolah, Insya Allah saya masih sanggup membiayainya dengan umur saya kelak yang sudah 40 tahunan. Istri saya berasal dari keluarga yang sederhana, begitupun saya. Sejak kecil dia ikut dengan nenek keponakannya, tapi entah karena sifat atau watak nenek istri saya tersebut orangnya sangat2 berlebihan. Suka iri dengan tetangga, jarang2 untuk bersyukur, tapi kalau untuk mengumpat dan memarahi istri saya semangat 45. Bahkan ketika suaminya masih hidup saja kelakuan dia sebagai seorang istri sudah melampaui batas. Saya cukup prihatin dengan suaminya, dengan umur 65 tahun tapi masih di bentak2 disuruh untuk kerja, bahkan sangat menderita batinnya, karena sebagai seorang laki-laki dia sudah seperti tidak dianggap lagi. Sudah 2 tahun ini saya berkeluarga, untuk sekedar mencukupi kebutuhan sehari-hari bersama istri dan anak saya Alhamdulillah sudah lumayan tercukupi, tapi kalau untuk membangun rumah, saya kira belum mampu. Nah, keluarga istri saya tersebut sudah tidak mau tahu. Istri saya terus saja dibilangin kalau suruh cepat2 membangun rumah. Sampai-sampai sifat dan sikap dia sebagai seorang istri sudah luntur seiring berjalannya waktu dan karena dibujuk terus oleh keluarganya. Dia sekarang adanya curiga melulu, saya mau kerja kadang2 dilarang, mau ikut, gak boleh kerja, dst. Saya benar2 heran dengan masalah seperti ini. Dengan permintaan yang begitu tinggi dan banyak, kenapa saya sebagai seorang suami mau kerja saja dilarang. Bahkan sering dia datang ke kantor. Terus terang saya sangat malu dengan teman2 maupun bos saya. Karena setiap dia ke kantor, pasti saya disuruh pulang. Entah istri macam apa bisa seperti itu. Berbagai cara telah aku lakukan, mencoba tuk bersabar, tapi juga belum ada hasilnya. Dulu saya sangat menyanjung istri saya, bahkan ketika keluarga saya melarang untuk menikahinya, saya sudah tidak peduli lagi. Sungguh, benar-benar menyesal dengan keputusan saya, tapi saya juga sadar. Untuk apa saya menyesal, semuanya sudah terjadi, dan saya sangat bersyukur diberi anugrah buah hati yang cantik dan pintar…
    Saya sering mencuci pakaian sendiri, bahkan memasak hampir setiap hari… Sudah begitu setiap kali saya berkata baik2 sering dibantah.
    Cukup itu saja dulu cerita saya, yang sebenarnya belum semuanya saya ungkapkan. Saran2 yang baik dari saudara2 sangat saya harapkan. Demi terselesaikannya masalah saya, semoga menjadi amal yang baik dan mendapat pahala dari Allah SWT. Amin
    Wassalamualaikum Wr. Wb

    jwb: saya turut prihatin, mari ama-sama berdoa agar semua mendapat hidayah-Nya. Amien

    1. wah istri anda terlalu sayang … jangan dibuat pusing mas…lebih baik bahan candaan misalnya waktu istria anda dateng suruh2 aja misalnya beli makan…coba waktu dateng disambut dengan hati senang…misalnya alahamdulilah bidadariku datang hehehe…kerjaan beres semua trus…terus untuk pekerjaan rumah jgn mas yg mengerjakannya masak dan cuci…kalaupun dikerjakan lebih untuk pribadi mas aja….saran saya yg paling manjur…coba mas lebih perhatikan diri mas sendiri misalnya beli baju …jaga penampilan seakan2 mas lagi puber…Insya Allah istri anda berubah…untuk konsultasi 021-7294836 denny

  51. Saya bekerja di luar kota/luar Pulau terpisah jauh dari anak dan istri, komunikasi hanya melalui HP/SMS/dan email. Selama berpisah saya tetap berusaha untuk istiqomah menjaga kehormatan saya sebagai kepala keluarga dan keluarga saya juga tentunya. Untuk itu saya sibukkan diri dengan beribadah, mendekati masjid, bergaul dengan orang-2 yang sholeh di lingkungan masjid. Suatu ketika, di saat saya kesepian dan sakit, saya menelpon istri dan mengungkapkan isi hati saya dengan ucapan “kangen” kepada istri saya, tapi jawaban dia sungguh menyakitkan dengan mengatakan bahwa perasaan dia tidak seperti apa yang saya rasakan. Akhirnya saya putuskan untuk tidak berkomunikasi dulu dengan dia, krn saya merasa bahwa istri saya sdh tidak sayang lagi/perhatian thd saya lagi..? Mohon saran dan doanya. Apa yang harus saya lakukan…? Terima Kasih

    jwb: mungkin lebih baik jangan berburuk sangka, saya hanya bisa ikut berdoa untuk keutuhan keluarganya. semangat

    1. bukan tidak ada perhatian or rasa sayang,kemungkinan ada orang ketiga …Allah SWT sedang menguji anda…coba anda baca surat yg paling mudah Al fatihah sebanyak2nya bukan hanya istri yang kangen Insya Allah orang lain juga kangen dengan anda…tapi jangan sampai lupa…dan terhindar dari gangguan orang ketiga ( Setan )

  52. Saya pernah mengucapkan kata2 yg menyakitkan hati suami,, apakah saya termasuk istri durhaka? Bgmn saya meminta maaf kpd suami?

    jwb: mngkin lebih baik segera minta maaf, pada saat suasana sedang enak

  53. istri sya juga meniggalkan say dissat say sedang sakit pada waktu,itu udah tiga bulan sampai sekarang tidak ada kabarnya,dia lebih patuH ortunya(ibunya)dr pada say suaminya.tapi saya malah senang karena rumah say lebih damai dantenang…Allah sedng menguji saya,semoga saya lulus…dan segera akan Saya talak Tiga isteri say.

  54. Saya termasuk salah seorang korban dari seorang istri yg menginginkan kebahagiaan dunia semata (materi) walau berat sekarang saya telah lepaskan dia dari ikatan pernikahan karena sifatnya dan orang tua dia yg mendukung hancurnya bahtera rumah tangga yg telah dibina selama 6 tahun……… saya berharap apa yg diungkapkan sdr. Bill Argadinata menimpa mereka dan mudah2an dasarnya bukan karena sakit hati yg mereka buat tapi saya ingin mereka menyadari akan kesalahannya….. amin

    jwb: ikut prihatin mas, semoga dapat diambil hikmahnya dan merupakan jalan terbaik buat semuanya

    1. Rosuulloh bersabda: “Istri yang menolak ajakan suami utk menggauli istri, akan di laknat Allah & malaikat ALLAH” segeralah minta maaf pada suami & jangan mengulangi lagi. Semoga menjadi keluarga yang sakinah mawa’dah warohmah amin

  55. semoga Allah SWT, memberikan azab baik di dunia sebagai pelajaran agar sadar, dan kembali taat kepada suaminya, dan azab akhirat yang sangat pedih, karena tetap durhaka pada suaminya.

  56. semoga Allah menurunkan azab kepada istri yg durhaka kepada suaminya dan semoga Allah menghukum serta memintakan pertanggung jawaban kepada kedua orang tua si istri durhaka tadi karena bagaimana ia mendidik anaknya sampai menjadi seorang istri yang durhaka kepada suaminya. saya yakin Allah pasti juga menyalahkan orang tua yang gagal mendidik seorang anaknya untuk menjadi seorang istri yang menghormati kepada suaminya.

    jwb: amin. semoga begitu. yg penting suami tidak henti membimbing sang istri. makasih atas kunjungannya.

    1. tidak selalu begitu.. memang terbentuknya suatu kepribadian seseorang sangad bergantung pada didikan orang tua nya.. namun jaman sekarang kebanyakan terbentuknya suatu kepribadian karna terjerumus oleh pergaulannya.. tidak jarang omongan orang tua diabaikan.. sampai nantinya dia merasakan akibatnya dan menyesal.. jadi tidak semua orang tua disalahkan.. kalau anaknya suda dewasa atau baligh.. ya tetap anaknya yang salah.. mata orangtua terbatas.. gak bisa selalu ngawasi anaknya..

      1. apakah saya termasuk istri yang durhaka jika saya berbicara sedikit lebih keras guna mengingatkan dia untuk berhenti mencaci maki saya??? setiap hari yang keluar dari mulutnya adalah kata2 kasar.. saya sungguh tidak tahan.. bukaN begini pernikahan yang saya inginkan.. saya tidak menuntut macam2.. hanya ingin pernikahan yang santun.. padahal dia seorang yang berpendidikan tapi cara bicaranya.. menyakitkan hati.. kayak preman pasar ..sungguh saya g’ sanggup

        1. assalamualaikum bu ayu???bu yang sabar y?smua kepengen pernikahan yang sakinah mawadah warahma..biarkn suami ibu seperti itu mgkin dia lagi kebawa emosi..insya allah akan baik lagi…smua rumah tangga pasi ada ujiannya…klo ibu sabar tenang insya allah ibu istri yang baik di mata allah..amiiiiinnn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s