Nasi Kucing

Nasi Kucing alias Sego Kucing

Dulu disebutnya sego (nasi) kucing. Saya dan temen-temen saya lebih sering menyebutnya “nasi ser” alias”nasi seret”. Sedangkan beberapa temen menyebutnya warung “hik” (dibaca: hek). Gak tau deh maksudnya apa itu. Nasi ini cuma dibungkus kertas, sekepal tangan dan isinya kalo gak teri ya orek tempe. Harganya Rp.100/200 per bungkus. (itu jaman saya kuliah di Jogja). Minumnya ada teh tawar panas, teh jahe dan jeruk panas. Yang jualan pasti laki-laki, kalo gak asalnya dari Cawas (Klaten) atau daerah sekitar situ. (Yang ini langganan saya). Jadi sebagai anak kost, cukup punya duit Rp.500 sudah bias makan nasi, minum dan rokok sebatang. Saya biasa menikmati ini di lingkungan tempat kos saya di daerah Warungboto, Umbul Harjo.

Sekarang lebih dikenal “nasi angkringan” dengan menu bervariasi, penjual juga banyak tidak dimonopoli oleh orang laki saja. Gak seperti dulu lagi meskipun tetep nyaman tapi ada sesuatu yang “beda”.

Jaman kuliah di Jogja juga ada warung padang yang harganya Rp.500/porsi. Pake lauk ayam juga segitu, pake telor juga segitu. Dulu adanya di Jln. Kusumanegara deket Taman Makam Pahlawan Jogja.

Hayoo siapa yang merasakan dan menikmatinya seperti saya? Sorry mau pasang fotonya udah gak ada yang seperti “aslinya” dulu.

2 comments

  1. Menurut buku pedoman yang saya beli dari Gramedia, harga makanan di Malioboro cukupan nonjok. Jadi kalau pengen makanan yang agak murah mending cari di tempat lain. Kebetulan saya nemu yang jualan nasi campur di Jl. Mataram. Untuk ukuran PKL, rasa kuah Jangan-nya bener-bener sedap. Dan tahu saya habis berapa untuk sepiring nasi campur dengan telur, plus dua gelas es teh? Enam ribu lima ratus. Murah biiangettt.

Leave a Reply

