Nutrisi Wajib Buat Si Kecil

Cuma pengin kasih mamam si dede dengan makanan bermutu dan bergizi, cari-cari deh. Kayaknya ini adalah nutrisi wajib buat si kecil dan keluarga. Halo ibu?

1. Kalsium
Pertumbuhan tulang biasanya terjadi di antara usia 10 hingga 20 tahun, oleh karena itu kalsium merupakan nutrisi yang terpenting untuk pada masa pertumbuhan anak. Selain itu, kalsium juga membantu fungsi jantung dan otot.

Banyaknya kalori yang dibutuhkan anak-anak berbeda-beda setiap usianya. Anak-anak yang berusia diantara satu sampai tiga tahun membutuhkan kalsium kurang lebih 500 miligram. Sedangkan anak-anak yang berusia antara empat sampai delapan tahun membutuhkan 800 miligram kalsium. Anak yang berusia diatas sembilan dan dibawah 18 tahun membutuhkan sekitar 1.300 miligram kalsium tiap harinya.

Mulailah membiasakan anak untuk mengonsumsi sereal di pagi hari atau yoghurt untuk cemilan sore hari. Untuk makanan lainnya, Anda bisa menyediakan keju, jus jeruk dan sayur bayam dirumah.

2. Magnesium
Magnesium memiliki fungsi sebagai pelindung sistem saraf anak. Asupan kalsium pada anak juga berbeda-beda, bayi yang berusia dibawah enam bulan hanya memerlukan 30 miligram, usia enam bulan sampai satu tahun hanya 74 miligram dan anak-anak usia satu hingga tiga tahun setidaknya harus mendapatkan sekitar 80 miligram magnesium tiap harinya. Makanan seperti alpukat, almond, kacang mede, bayam, oatmeal dan kismis adalah sumber magnesium yang baik.

3. Vitamin D
Tahukah Anda sebuah penelitian di Amerika menunjukkan bahwa vitamin D sangat penting untuk pertumbuhan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah peradangan dalam tubuh. American Academy of Pediatrics baru-baru ini mengatakan bahwa dosis harian vitamin D yang tepat untuk anak-anak adalah sekitar 400 miligram untuk segala usia. Jadi, mulailah membiasakan si kecil untuk mengonsumsi makanan seperti ikan, susu dan sereal.

4. Vitamin E
Nutrisi dapat membantu mengobati segala penyakit mulai dari jantung sampai infeksi mata. Selain itu, vitamin E juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki kulit yang rusak karena sinar matahari. Anak-anak akan membutuhkan sekitar 4 sampai 5 miligram vitamin E setiap hari, sementara pra-remaja akan membutuhkan sekitar 11 miligram. Sedangkan remaja yang berusia diatas 14 tahun membutuhkan sekitar 15 miligram per hari. Bawakan si kecil cemilan seperti kacang-kacangan seperti almond dan kacang tanah atau buah kiwi dan zaitun.

5. Serat
Serat dapat membantu membersihkan usus dan juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Direkomendasikan bahwa anak-anak bisa mengonsumsi serat sekitar 20 sampai 26 gram setiap harinya. Berikan si kecil sayuran, roti gandum, sereal, buah dan oatmeal.

(Sumber: 5 Nutrisi Paling Penting Untuk Si Kecil, Eya Ekasari : Wolipop)

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s