Masih Banyak Penipuan Lewat SMS

KOMPAS IMAGES/FIKRI HIDAYAT

Ternyata modus penipuan dengan memanfaatkan fasilitas pesan pendek (SMS) telepon seluler, masih marak terjadi di masyarakat.

Kepada Kompas.com, Rabu (25/8/2010), sejumlah warga mengeluhkan munculnya SMS gelap yang tiba-tiba masuk ke telepon seluler mereka.

Umumnya, isi pesan SMS tersebut adalah permintaan dikirimi pulsa senilai Rp 50.000 ke nomor pengirim yang tidak mencantumkan nama. Untuk meyakinkan calon korbannya, pengirim SMS itu menuliskan kata-kata yang bernada terburu-buru, sebagai berikut:

“Tlg belikan dulu Mama pulsa 50 ribu di nomor baru mama. Ini nomornya: 081284775492 skrg ya. Penting. Mama skrg di rumah sakit. Nanti mama ganti uangnya.”

SMS tersebut dikirim oleh seseorang dengan nomor 083897798414.

Boleh jadi karena modus sebelumnya (di rumah sakit) kurang mempan, pengirim SMS itu diduga mengubah taktik dengan mengaku sedang berada di kantor polisi. SMS ini diterima Rabu, isinya sebagai berikut:

“Ini mama lg pinjam HP org, tolong beliin pulsa 50rb ke nmr baru mama 08128814222. Mama lg ada masalah di ktr polisi, jgn dulu sms/telp, nanti mama yg telp, penting.”

SMS tersebut dikirim oleh seseorang dengan nomor 083139022995.

Ada juga yang mendapat e-mail dari seseorang yang mengaku bernama Firdaus Cahyadi. Dia mengaku sedang berada di Madrid, Spanyol, dan kehabisan uang lalu minta dikirimi uang 2.000 dollar AS.

Bagi yang mendapat kiriman SMS berisi permintaan pengiriman pulsa, sebaiknya jangan buru-buru mengirim pulsa seperti yang diminta. Jika Anda malas mengeceknya, sebaiknya abaikan saja. (JAKARTA, KOMPAS.com)

3 comments

  1. Benar aq juga pernah mengalami. Tapi aq g percaya dan aq biarkan aja cos aq g merasa ikut acara atau undian apa kek. Jadi jangan mudah terbuai dengan iming-iming manis. Hati-hatilah

  2. aku juga dpt,tgl 27 agustus
    tp aku bilang aja anda salah sambung,e ternyata suamiku juga dpt,langsung tlp aku,aku bilang ga sms itu bohongan kataku…
    intinya dia bilang mama lagi dirumah sakit,minta kiriman pulsa 20rb,katanya mama sakit penting…
    hari gini masih nipu,mana nanggung banget minta pulsanya hehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s