Mengajari Anak Berenang

Lagi pengen ngajari anak berenang, nemu artikel pas banget.

Mengajari buah hati berenang bukanlah hal yang sulit. Yang dibutuhkan hanyalah keahlian, kesabaran, dan dukungan. Dan, karena tak semua anak memiliki keberanian atau ketertarikan yang sama terhadap dunia air, maka beberapa langkah berikut ini diharapkan bisa membantu Anda.

1. Pegang tubuh anak pada bagian ketiak dan bawa mereka keliling kolam agar mereka mengenal lingkungan air sekitarnya. Tersenyumlah dan katakan bahwa dunia air adalah tempat yang menarik dan menyenangkan.

2. Minta anak mulai mengepakkan kedua kakinya. Anak bisa diminta untuk memegang tepi kolam sehingga Anda bisa membimbing ‘kaki’nya. Lalu pegangi anak agar ia mendapat kesempatan untuk merasakan gerak dari kakinya. Untuk anak usia lebih besar, gunakan papan pelampung.

3. Beri contoh bagaimana membuang cara nafas dalam air selagi anak belajar memasukkan kepalanya ke dalam air. Berangsur-angsur celupkan anak ke dalam air agar dia melatih pernafasannya. Temani anak saat berada dalam air dan mainkanlah permainan dalam air agar dia mau membuka matanya.

4. Mulai pegang anak pada bagian pinggang atau dada, dan minta mereka menggerakkan tangannya. Beri contoh gerakan tangan yang benar dan latihlah itu pada tangan anak. Lalu, biarkan dia melakukannya sendiri sementara Anda terus memeganginya. Minta kaki anak tetap bergerak.

5. Minta anak berenang dalam jarak pendek, misal dari tepi kolam pada posisi Anda berdiri. Setelah itu baru tambah jaraknya sedikit demi sedikit.

6. Peragakan kepada anak cara bernafas yang tepat, yaitu dengan mengangkat atau memiringkan kepalanya saat jarak antara Anda dan tepi kolam sudah semakin jauh.

7. Latih anak untuk melompat dari pinggir kolam dan tangkap dia pada mulanya, lalu kemudian tambah jarak, sehingga dia bisa melompat dan langsung berenang.

Catatan:

1. Butuh waktu (masing-masing anak berbeda) untuk mengajari buah hati berenang. Di hari pertama, latih anak untuk langkah pertama saja. Hari ke-2, ulangi langkah pertama lalu masuklah ke langkah ke-2. Selalu mulai langkah baru dengan pengulangan langkah sebelumnya dan beranjaklah ke langkah selanjutnya hanya saat anak sudah benar-benar siap.

2. Faktor paling penting agar anak bisa mahir berenang adalah seberapa nyaman dia berada dalam lingkungan air. Anda bisa mengajak anak bermain aneka permainan dalam air. Pelan-pelan saja. Jika anak menikmati, maka kemampuan berenang mereka akan berkembang secara alami.

3. Jangan pernah biarkan anak sendirian dalam kolam, bahkan saat Anda tak bersamanya dalam kolam, mata Anda harus selalu mengawasinya. Bahkan untuk anak yang sudah bisa berenang pun tetap perlu pengawasan. Bagaimana bila kakinya tiba-tiba kram?

4. Meski percaya diri adalah hal penting, namun ingatkan diri (dan beri pengertian anak juga) bahwa terlalu percaya diri juga bisa berbahaya.(kpl/*)

metrotvnews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s