Udah dapat pekerjaan baru yang lebih bai…

Udah dapat pekerjaan baru yang lebih baik? Pengin berhenti/pindah/mengundurkan diri/resign? Jangan asal, jatuhnya bisa-bisa meninggalkan kesan buruk buat perusaan.

Berikut sejumlah langkah apik untuk mengundurkan diri:

1. Kerja keras sampai tuntas
Jika telah ada pekerjaan baru yang menanti, Anda mungkin tergoda untuk menghabiskan beberapa minggu terakhir di kantor sekarang dengan duduk-duduk santai. Anda jadi mengerjakan tugas secara ogah-ogahan.

Akan tetapi, jangan biarkan diri bermalas-malasan karena tahu ada kesempatan baru yang terbuka lebar. Sebaliknya, pastikan untuk meninggalkan kesan positif di perusahaan tempat Anda terakhir bekerja.

2. Bersikap sopan dan ramah
Terlepas dari seberapa siap Anda untuk melaju ke pekerjaan selanjutnya, tetap penting menjaga sikap sopan dan ramah terhadap atasan lama. Tunjukkan rasa terima kasih dan penghargaan atas kesempatan yang selama ini telah diberikan kepada Anda.

Jika perlu, tulis catatan khusus yang mengungkapkan rasa terima kasih kepada atasan dan rekan kerja. Bukan tak mungkin suatu saat Anda akan bertemu lagi dan membutuhkan mereka.

3. Hindari pemberitahuan mendadak
Masa dua minggu mungkin terlihat sebagai jangka waktu standar untuk memberitahukan niat Anda berhenti dari pekerjaan. Akan tetapi, kebijakan tersebut biasanya berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lain.

Pastikan Anda mengetahui berapa lama tenggang waktu yang diberikan perusahaan bagi karyawannya, untuk memberitahukan rencana mengundurkan diri sampai tanggal keluar. Jika mungkin, tawarkan kesediaan untuk bertahan di posisi tersebut demi proses transisi efektif.

4. Bijak mengungkap alasan
Ketika membicarakan alasan pengunduran diri dengan atasan dan HRD, pastikan untuk memberikan alasan berdasarkan apa yang terbaik bagi masa depan Anda. Alasan itu bukan karena Anda tak berbahagia di perusahaan itu.

Sampaikan pula rasa terima kasih atas kesempatan yang telah mereka berikan. Ungkapkan sejumlah alasan betapa pekerjaan baru tersebut akan mampu membuat Anda semakin berkembang. Dengan demikian, meski pun Anda setengah mati benci terhadap pekerjaan yang akan ditinggalkan itu, para kolega akan memberikan dukungan terhadap keputusan Anda.

5. Melatih tenaga pengganti
Jika Anda hendak keluar dari pekerjaan, pastikan proses transisi berjalan semulus mungkin bagi orang yang akan menggantikan Anda. Jika sudah ada tenaga lain yang direkrut untuk mengisi posisi yang akan Anda tinggalkan, tawarkan diri untuk memberikan pelatihan singkat selama beberapa hari tentang hal-hal penting. Sehingga, proses perubahan akan berjalan lebih mudah bagi penerus Anda.(MI/***) – metrotvnews.com

3 comments

  1. Benar” malu sya setelah tau bagaimana cara resign yg baik,dr dulu sy tdak pernah meninggalkan kesan g baik d tempat krja yg lama,,kurangnya didikan orang tua memang berpengaruh besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s