18 Manfaat Lain Cuka

Cuka,  selain sebagai bumbu dapur ternyata mempunyai banyak manfaat yang “aneh-aneh”. Cairan bening ini bekerja sebagai pembersih, menghilangkan bau dan menghilangkan karat.

Beberapa kegunaan cuka di antaranya:

1. Menghilangkan bau wastafel: Campur satu cangkir baking soda, dengan satu cangkir cuka panas. Siram di atas permukaan wastafel dan diamkan lima menit, Kemudian bilas dengan air panas.

2. Menghilangkan bau pembuangan sampah: Buat es batu dari cuka dan siramkan air dingin bersama potongan cuka beku dalam tempat sampah.

3. Bersihkan kulkas dan lemari dapur: Gunakan campuran air dan cuka dan seka permukaan, rak dan bagian bawah.

4. Hilangkan sisa sabun dari mesin cuci piring: Sekali sebulan, tuangkan satu cangkir cuka ke dalam mesin cuci piring yang kosong dan nyalakan mesin.

5. Menghapus kotoran di oven : Jika terdapat bintik lemak di pintu oven, tuangkan cuka langsung pada noda, biarkan duduk selama 15 menit, dan lap  dengan spons.

6. Membuat kilau gelas antik: Untuk menghilangkan efek berawan pada gelas, bungkus gelas dengan handuk yang telah direndam cuka. Biarkan beberapa menit, buka dan bilas dengan air hangat.

Pada waktu luang atau saat stress, sebel, kesel, saya sering “ngamuk” bersih-bersih rumah. Kadang sebel juga melihat barang-barang yang tadinya bagus, dibeli pake duit, kadang ada yang harganya mahal bagi saya, menjadi kotor tidak bersih lagi. Tanpa sengaja iseng browsing nemu tulisan tentang manfaat cuka. Nah buat nginget dan biar gampang di cari lagi, re-post deh di blog sendiri.

7. Menghilangkan kapur dan memperbaiki warna ketel teh: Isi ketel dengan cuka dan biarkan hingga dingin. Kemudian bilas dengan air.

8. Hapus noda di cangkir kopi: Buat pasta dengan bagian yang sama cuka dan garam. Gosok dengan lembut dan bilas

9. Noda dan kusam pada wadah makanan:  Lap tempat penyimpanan makanan dengan kain yang dibasahi cuka.

10. Hapus noda di panci aluminium: Didihkan satu cangkir cuka dan satu cangkir air.

11. Mencegah semut berkerumun: Semprotkan cuka di luar pintu dan jendela di dekat jalur yang biasa didatangi semut.

12. Melepas stiker atau label: Tutupi stiker dengan kain yang telah dibasahi cuka. Biarkan semalam dam lepaskan pagi harinya.

13. Membersihkan porselin: Gosok porselin dengan kain lembut yang dibasahi cuka membuat porselin kembali berkilau.

14. Membersihkan pintu kamar mandi dan shower: Semprot dengan cuka dan diamkan beberapa saat 30 – 60 menit, kemudian sikat dengan sikat gigi bekas.

15. Membersihkan toilet: Tuang satu cangkir cuka dalam toilet dan biarkan semalaman. Kemudian gosok dengan sikat toilet.

16. Membersihkan aksesori kulit: Gosok kulit dengan lap halus yang dibasahi cuka. Setelah itu, lap lagi dengan kain kering kering.

17. Membersihkan  microwave: Isi mangkuk microwave dengan 2 cangkir air dan setengah cangkir cuka. Panaskan dalam kekuatan penuh selama 3-4 menit sampai mendidih. Diamkan microwave selama beberapa menit hingga kotoran terlepas sendiri, angkat mangkuk dan lap dengan spons.

18. Menyucihamakan talenan kayu: Lap bagian bawah papan kayu dengan cuka. (umi)

 •VIVAnews
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s