Kisah Nyata Hachiko | Anjing Setia

HachikoKadang kita manusia memang harus belajar dari keadaan sekeliling dan apa yang kita lihat. Bahkan mungkin dari seekor binatang.

Belum lama ini nonton film bagus, judulnya HACHIKO. Film yang dibuat berdasarkan kisah nyata, yang kali ini menurut saya ruarr biasa.

Ini adalah kisah tentang seekor anjing yang lahir tahun 1923 di Jepang, bernama Hachiko. Ia milik (dipelihara) oleh seorang professor bernama Hidesaburo Ueno. Sang professor selalu pergi dan pulang kerja menggunakan kereta dari sebuah stasiun bernama Shibuya.

Pak professor selalu rutin menjalankan kegiatan ini. Berangkat jam 7 pagi, pulang jam 5 sore. Setiap berangkat kerja Hachiko selalu mengantar majikannya dari rumah sampai ke stasiun dan kemudian ia pulang ke rumah sendiri. Sore harinya, Hachiko akan menjemput professor di depan stasiun, pada jam 5 sore. Hal ini berlangsung terus menerus hingga tiga tahun lamanya.

Suatu hari, tanggal 23 Mei 1925, seperti biasa Hachiko mengantar majikannya ke stasiun kereta. Namun pak professor rupanya meninggal dunia saat mengajar, mungkin terkenan serangan jantung. Hachiko tidak mengerti jika majikannya sudah meninggal dunia, dia tetap menunggu di depan stasiun. Ia terus menunggu hari demi hari, musim demi musim, hingga 9 tahun lamanya.

Semua orang di sekitar stasiun mengenal betul Hachiko. Banyak orang yang mencoba mengadopsi dan ingin merawat Hachiko. Namun rupanya hachiko tidak mau, dia selalu kembali ke stasiun. Ia lebih memilih tinggal di stasiun, di bawah gerbong kereta rusak, untuk kemudian duduk di tempat yang sama, pada jam yang sama, jam 5 sore, menunggu sang majikan.

Hingga akhirnya, pada tanggal 8 Maret 1935 tubuh Hachiko ditemukan membujur kaku di pinggir jalan statsiun Shibuya. Ya, ia sudah tua.

Hingga kini, di depan stasiun Shibuya terdapat sebuah patung Hachiko yang terbuat dari perunggu.

Hachiko
Patung Hachiko
Hidesaburo Ueno
pemakaman Hachiko

Bagaimana komentar Anda? Adakah pelajaran dari kisah nyata ini?

photo diambil dari: semut-angkrang.blogspot.com 

31 thoughts on “Kisah Nyata Hachiko | Anjing Setia

  1. anjing nya setia bangget ya sampai menunggu 10 tahun lamanya enggak dikasih makan selama 10 tahun.10 tahun jg untuk menunggu majikan nya tapi tiba-tiba majikan nya meninggal dunia dia pun enggak tau kalau majikan nya itu meninggal ohhh makin sedih niiii wekwekwek

  2. Amazing ! Hebat bget hachiko q pengen jg punya anjing kxk gt..
    Kpan y ?mahkluk yg dcptakan semua memiliki rasa dn cinta ..kata ini brlaku jg utk anjing stia sperti hachiko..*_*

  3. I’M SO SAD…. Hachiko setia banget,nuggu sang majikan sampai meniggal dunia……..aku pengen banget punya anjing kayak Hachiko……..hhuuuuuu……..hiks…,hiks…..

  4. btul banget, hachiko asli sdih…
    kapn lgi bisa liat sesuatu yg setiax abadi sampai akhir hayat…
    ni film bkin z nangis terus,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    luv u all hachi………………

  5. sumpaaaah aslii, . .
    Sedih bgt ne film. . .
    Bisa2ny anjing stia kyk gtu. . .
    Aq aj ntn ne film mata smpe bengkak. . .
    Top abis ne anjink. . .
    Ad gk y manusia kyk gt. . .
    Love u hachi. . .

  6. Belum 5 menit yg lalu sy tonton filmnya..dan lgsng syg search di web.sumpah seumur hdup ne film yg paling menguras emosi yg pnh sy tntn…blesd u hachiko !

  7. Aq yg dlu tkut bngt ma yg nm na anjng,,tpi stlah mnnton film na. Aq jdi ngrsa lu2h,stdak na aq gx tkt anjng lgi. Mlah q blajr ri hachiko tntang arti ksetiaan sjati…

  8. Klo gtu orang2 yang selalu menghina orang dengan kata2 “anjing” tu salah……..!!!!
    Karena anjing tuh lebih stia dari pada manusia……!!!!!
    Tuh Hachi mo nungguin tuanya pulang ampe mati….!!!!!
    Bayangin kecewa dalam 10 tahun nunggu tuanya yang tak kunjung datang………!!!!!
    Tpi tetep nunggu, dengan sabar dan setia, gak kyak kta kecewa 1 kali aja udah marah2………………!!!!!!!!!!!!!!
    tiru tuh sifat anjing jangan hanya mengharamkanya……..!!!!!!!!

  9. saya sdh melihat film ini..dan..hmm..luar biasa! saya pecinta anjing, tdk ada kata yg lebih tepat utk menggambarkan betapa kesetiaan dan rasa cinta dr Hachiko pada tuannya senantiasa ditunjukkan sampai menutup mata….terharu bangett sampai nangis saya lihatnya. Kadang manusia hrs belajar dr yg dilihat oleh mata dan dialami oleh hati….bahkan dr seekor anjing sekalipun.

  10. huhuhuhu…
    gw ntn ma temen2 gue … ampe smua nangis coy….
    gw gx nyangka ada anjing yg begitu setia kaya gini …
    LUAR BIASA !!!!!!!!!!!!!!

    jwb: betul,,,,, betul,,,,,,, betul,,,,,

  11. emang bener nih film bagus banget ..
    mpe temen” gue pada nangis bombay .

    kadang manusia aja gak bisa setia sama pasangan nya , tapi hachiko bisa .
    cinta hachiko ke tuannya murni banget kan ???

    jwb: iya, setuju

    • gw yg blm ntn film’a aja liat cerita sekilas udah terharu bgt.. anjing emank teman yg plg setia daripada tmn” manusia, kadang teman ada maksud tertentu, tapi anjing, MURNI!, menemani sampai akhir hidup’a..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s