Selintas Tentang Wakaf

Pahala bagi orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah swt sebagaimana yang tercantum di dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 261 yang berbunyi:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluar-kan oleh) orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir,  seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran)bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi MahaMengetahui.” 

Begitu besarnya pahala yang Allah swt sediakan bagi orang yang dengan ikhlas menginfakkan hartanya, sehingga bagi kita yang memiliki harta tidak harus ragu untuk berinfak (baik zakat, infaq maupun shadaqah). Wakaf merupakan bagian dari shadaqah, yang membedakan wakaf dengan jenis shadaqah yang lain adalah harta wakaf bersifat kekal dan pahala bagi yang mewakafkan hartanya juga bersifat abadi selama harta wakaf tersebut memberikan manfaat walaupun orang yang mewakafkan hartanya sudah meninggal dunia tetap saja orang tersebut akan mendapatkan pahala, hal ini disinggung oleh Rasulullah saw dalam sebuah Haditsnya yang berbunyi:

Dari Abu Hurairah, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah saw : “Apabila mati anak Adam , maka putuslah amalnya kecuali tiga perkara : Shadaqoh jariah, ilmu yang bermanfaat atau anak shaleh yang mendoakannya.” (HR. Muslim) 

Shaaqah yang dimaksud dalam hadits ini adalah wakaf. Bagi kita yang memiliki kelebihan harta atau berharap memiliki tabungan kebaikan untuk akhirat sudah seyogyanya berwakaf.

Wakaf tidak mesti berupa tanah bahkan saat ini wakaf bisa berupa uang dengan nominal yang tidak dibatasi, keabsahan wakaf uang ini telah termaktub di dalam kitab-kitab para ulama dan terkhusus di Indonesia telah ada Fatwa MUI yang dikeluarkan pada tanggal 11 Mei 2002. 

Wakaf memberikan manfaat bagi kedua belah pihak baik wakif (yg berwakaf) maupun penerima manfaat wakat itu sendiri, dan manfaat yang dirasakannya pun lebih panjang sehingga pemanfaatan wakaf ini tidak hanya untuk hal-hal yang bersifat keagamaan tetapi juga bisa menyentuh sisi sosial serta sisi ekonomi yang memiliki dampak terjadinya perbaikan ekonomi masyarakat lemah/miskin. 

(Forwarded email dari Rumah Wakaf Indonesia, sebagai sebuah lembaga yang di inisiasi oleh Rumah Zakat Indonesia untuk mengelola harta wakaf sehingga lebih amanah dan profesional dalam pengelolaannya.)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s