Bujug, laki gue mana?

Lebaran Haji alias Hari Raya Idul Adha jadi saat-saat yang menyibukkan bagi Pok Iyom (bukan nama sebenernya), yang tinggal di daerah Pamulang.

Pegimana kagak? Hari itu dia dapet jatah daging dari panitia kurban lantaran lakinya, Bang Juki, adalah tukang potong hewan kurban dalam 10 tahun terakhir.

“Buat ngurangin kerjaan lu besok, mending sekarang kita belanja bumbu, dah,” usul Bang Juki, sehari sebelon Lebaran Haji.  

“Emang Abang enggak capek?” tanya Pok Iyom.

“Capek sih capek, tapi gua kagak punya pilihan laen. Sekarang nganter lu belanja, nanti nganter lu belanja juga. Mending sekarang aja dah, biar capeknya sekalian,” kata Bang Juki, karyawan rendahan di intansi pemerentah yang hari Kemis kemaren kerja setengah hari.

Pok Iyom segera bergegas. Berbekal duit ampir seratus rebu, perempuan semok itu pun nyemplak motor kreditan lakinya. Sesampenya di Pasar Ciputat, Pok Iyom belanja sedangkan Bang Juki nunggu di tanjakan Jl Aria Putra, ngumpul ama tukang-tukang ojek. Bedanya, Bang Juki markir motor dengan pantat menghadap jalan sedangkan tukang ojek pala motornya menghadap ke jalan.

Karena berangkat mendadak, Pok Iyom kagak bawa catetan. Padahal, biasanya dia catet dulu daftar belanjaannya. Dengan begitu, dia belanjanya tertib, artinya dia belanja sesuai catetan, kagak beli sesuatu yang di luar catetan.

“Bumbu sop udah, kecap udah, tusukan sate udah, tinggal areng doang nih,” batin Pok Iyom sembari ngebayangin besok dia dan keluarganya bakalan nyate.

Setelah dapetin areng, Pok Iyom nyamperin lakinya. Bang Juki gembira liat bininya belanjanya cepet karena biasanya lama. Tetapi, kegembiraan Bang Juki sirna waktu Pok Iyom balik bakul masuk pasar lagi.

“Bentar, daon seledri ama daon bawangnya kelupaan,” kata Pok Iyom setengah tereak.

Perempuan berumur 40-an itu balik masuk pasar. Kagak lama kemudian, dia buru-buru keluar pasar dan nyemplak motor lakinya. Semua belanjaannya dia pangku dan dia pegang pake tangan kiri sedangkan tangan kanannya megang pinggang ‘lakinya.’
“Ke mana kita Bu?” tanya ‘lakinya’.

“Bujug! Pake nanya lagi, pulang!” jawab Pok Iyom, rada ketus.

“Iya, pulangnya ke mana Bu?” tanya ‘lakinya’ lagi.

Denger pertanyaan seperti itu, Pok Iyom negesin ‘lakinya’.

“Hoi, setop, setop, setop! Gua salah naek, kirain laki gua!” kata Pok Iyom sembari nepok-nepok pundak lelaki yang ternyata tukang ojek lantaran tuh tukang ojek pake baju, motor, dan perawakannya mirip banget ama Juki.

Pok Iyom turun dan terpaksa bayar ojek dua rebu perak walaupun baru menempuh jarak seratus meteran. Baru juga dia bayar, tau-tau Bang Juki berenti di deketnya.

“Lah, romannya mesra amat lu ama Kang Ojek? Ampe gua ditinggalin?” sindir lakinya.
“Bukan gitu, kirain itu elu. Liat ngapa, semuanya sama!” jawab Pok Iyom sembari nunjuk tukang ojek yang udah balik arah ke pasar lagi.

Laki-bini itu pun pulang sembari ketawa-ketawa ngomongin kejadian barusan. O jebod

bujug buneng | beritakota.co.id 

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s