Mengapa si Kecil Menangis?

Saya punya baby usia 9 bulan pas hari ini. Biasa kadang nangis rewel, “nakal”, dsb. Tapi lepas dari itu semua sesungguhnya saya sedang menikmati hidup bersamanya. Kadang sepulang saya kerja, dia langsung mengangkat tangannya menandakan dia kepengin ikut (digendong) hendak menceritakan bagaimana ia melewati sepanjang hari tadi.

Tanpa pikir panjang langsung saya dukung ia, hilang semua letih dan lelah serta segala kepenatan. Lalu ia saya dudukkan di sebelah saya. Sambil mata beningnya menatap saya seolah dia berkata: ” Berat ya yah?.

Ah, tidak nak, justru semuanya akan menjadi berat kalau kamu tidak ada di samping ayah.

Saya kadang bertanya-tanya dalam hati saat putri saya menangis. Kenapa nak? Mau apa?  Ternyata

Bagi bayi berusia 1-3 tahun (batita), menangis merupakan hal yang wajar jika keinginannya jika tak dituruti. Batita memiliki keterbatasan untuk menyampaikan keinginannya secara komunikatif dengan orang tua. Dan, ketika orang tuanya tidak mengerti apa yang mereka inginkan, tidak ada cara lain selain menangis bagi si bayi.

Tangisan batita disebabkan oleh beragam hal, seperti rasa lapar, sakit, atau putus asa. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan, jangan ajak anak tiga tahun Anda bermain atau beraktivitas lain di saat jam tidurnya. Pada jam-jam berikut si kecil bisa lebih rewel karena mengantuk.

Lantas, bagaimana cara Menghentikan Tangis Batita? Aturan pertama meredakan tangis si tiga tahun adalah bersikap sabar. Anda bisa memberinya perhatian ekstra selama lima menit jika batita Anda mulai merengek. Meski hanya lima menit, batita akan merasa dihargai dan bisa melakukan apa yang diinginkannya.”Bahkan, beberapa batita tidak tahu mengapa mereka menangis,” kata Sheila Oliveri, guru St Louis.

Karena itu, Anda bisa melakukan satu hal yang tepat. Membuatnya tertawa dengan melakukan hal yang bisa membuatnya lupa akan rengekannya. Atau, rekam tangisan anak Anda. Saat si tiga tahun menangis, dengarkan suara tangisan itu kembali, sehingga dia tahu bagaimana suaranya saat menangis. Alhasil, si tiga tahun bisa belajar meminta dengan lebih baik. • VIVAnews

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s