Cari Kerja Lewat Facebook

Saya posting ini tidak bermaksud mendukung facebook atau nyuruh orang punya facebook namun sekedar memberikan informasi untuk memanfaatkan peluang.

Jaringan media sosial seperti Facebook dan Twitter rupanya bukan hanya media yang bagus untuk mencari teman, tetapi manfaat jaringan ini juga semakin tinggi untuk mencari lowongan kerja dan merekrut pekerja.

Kedua jejaring sosial itu, menurut John A. Challenger, CEO Challenger, Gray & Christmas, Inc, sekarang menjadi media penting bagi para pencari kerja. Perusahaan yang bergerak di bidang sumber daya manusia ini sebelumnya memberikan saran kepada pencari kerja untuk membuka account di LinkedIn.

Namun, dia mengingatkan saat ini semakin banyak pekerja yang memakai jaringan Facebook dan Twitter. Diperkirakan sekitar 51 persen orang dewasa pemakai internet menggunakan kedua situs tersebut. Hanya dalam dua tahun, jumlahnya meningkat jadi separoh.

“Pertumbuhan terbesar terjadi di Facebook, khususnya untuk pengguna internet berusia 35 tahun atau lebih,” kata John seperti dikutip All Headline News, 17 November 2009.

Bahkan, dia mencermati semakin banyak perusahaan yang menggunakan media sosial untuk mencari pekerja. Dalam sebuah survei mencari kerja sekitar 80 persen dari perusahaan menggunakan media sosial untuk mencari kandidat. Situs favorit adalah LinkedIn.

Dari semua perusahaan yang menggunakan sosial media tersebut, sekitar dua per tiga melaporkan bahwa mereka telah sukses mendapatkan kandidat yang bagus.

Media jejaring sosial memang memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dengan metode biasa. Pengguna Facebook bisa memasang background pendidikan, keahlian, pengalaman dan kapasitas mereka dalam profil dirinya di account-nya. Ini akan memudahkan pihak lain untuk mengetahuinya.

Sedangkan, pencari kerja juga akan mencari perusahaan spesifik yang kemungkinan membuka peluang kerja serta mengirimkan email kepada orang-orang yang mereka tahu bekerja di sana.

Perusahaan kemudian akan mengecek kandidat tersebut melalui karyawan yang mengenalnya. Jika kandidat memiliki blog dan account di facebook, maka mereka bisa mengetahui lebih dalam soal kapasitas calon tersebut.

Di Indonesia misalnya, ada komunitas yang sangat digemari oleh para pengguna Facebook untuk memburu kerja. Misalnya, Informasi Lowongan CPNS dan BUMN. Hingga saat ini fans komunitas ini sudah mencapai 387 ribu pengguna Facebook. • VIVAnews

One comment

  1. PEMBUKAAN:
    selamat pagi, om deltapapa. numpang izin baca baca dan berkomentar alakadarnya. yuk.

    ISI:
    kesannya kok paragraf pertama seolah menjudge kalo orang yang membaca tulisan ini adalah anti-facebook, ya ??
    saya sih netral netral saja.
    mungkin saya juga bisa nih untuk mencari lapangan kerja via facebook, belum pernah nyoba sih.

    PENUTUP:
    terima kasih dan mohon maaf😮
    minta izin buat membaca tulisan tulisan deltapapa yang lainnya. yuk

    jwb: saya juga netral, cuma gak mau dibilang promosiin facebook aja. ntar kayak MUI secara gak sengaja malah promosiin 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s