Cara Sholat Khusyu

15 11 2009

Posting ini tidak bermaksud menggurui namun sebagai catatatan buat saya karena saya sendiri merasa bahwa sulit sekali untuk sholat dengan khusyu. Sholat masih terburu-buru dan sepertinya sekedar membatalkan kewajiban. Itupun kadang masih bolong-bolong. Astaghfirullah, mohon ampunan-Mu Ya Rabbi.

Gerakan shalat

Banyak orang yang melakukan gerakan shalat dengan asal asalan. Berdiri, rukuk,sujud semua dilakukan dengan tergesa gesa karena ingin cepat selesai dari shalatnya. Rukuk asal rukuk, sujud demikian pula. Bacaan shalat dibaca dengan cepat, fikiran melayang tak tentu arah tidak mengikuti apa yang dibaca. Gerakan shalat jika dilakukan dengan benar dan tu’maninah sangat bermanfaat bagi metabolisme tubuh. Memperbaiki persendian dan melancarkan aliran darah diseluruh tubuh. Penelitian menunjukan bahwa gerakan shalat yang tepat dan benar, mirip dengan senam yoga. Pada saat rukuk dengan posisi 90 derajat ruas- ruas tulang punggung akan tertarik dan lebih panjang daripada ketika posisi berdiri. Sambungan tulang punggung jadi fleksibel mudah mudahan terpelihara dari penyakit pengapuran tulang punggung. Ketika sujud juga konon ada bagian penting diotak yang hanya bisa dialiri darah ketika dalam posisi sujud. Ini bisa meningkatkan kecerdasan dan kinerja otak. Gerakan shalat yang dilakukan dengan perlahan dan tu’maninah akan menimbulkan perasaan relaks, nyaman dan tentram pada hati dan fikiran.

Pengaturan nafas dalam shalat

Umumnya manusia dalam keadaan sehari hari hanya menggunakan kurang dari 20 % kapasitas paru parunya untuk bernafas. Nafasnya pendek, tidak dalam dan panjang, sehingga sebagian besar kapasitas paru parunya tidak terpakai. Didalam paru paru yang tidak terpakai terdapat udara basi. Dimana satu ketika ia pernah menarik nafas panjang kemudian pengeluaran udara tidak dilakukan sampai tuntas udara yang tersisa merupakan udara basi didalam paru paru. Dalam jangka panjang bagian paru paru yang tidak terpakai itu akan mengalami kerusakan. Orang yang selalu berolah raga, terutama olah raga pernafasan seperti Taichi, Waitankung, Yoga, Satria Nusantara , Mahatma, Silat tenaga dalam, dan lain lain Insya Allah paru parunya tetap sehat

Untuk meningkatkan konsentrasi dan mencegah kita dari ketergesaan dalam shalat perlu dilakukan pengaturan nafas dalam shalat. Pengaturan nafas ini hanya salah satu cara pengendalian diri, bukan termasuk rukun shalat. Ketika takbiratul Ihram angkat tangan sejajar telinga sambil menarik nafas hingga memenuhi paru paru, kemudian turunkan kedua tangan keatas dada sambil menghembuskan nafas perlahan lahan sampai udara diparu paru kosong. Selanjutnya tarik nafas perlahan lahan hingga penuh kemudian hembuskan perlahan lahan sambil membaca do’a iftitah. Jika nafas sudah habis sebelum pembacaan do’a iftitah selesai, tarik lagi hingga memenuhi rongga paru paru kemudian hembuskan nafas perlahan lahan sambil melanjutkan bacaan do’a iftitah yang belum selesai tersebut. Demikian seterusnya, hingga selesai shalat. Gerakan shalat yang betul dan diikuti dengan pengaturan nafas yang baik akan meningkatkan metabolisme tubuh,dan kadar oxigen dalam darah . Efek nyatanya selama mengerjakan shalat bahkan setelah selesai shalat badan terasa lebih segar.

Praktek shalat khusuk

Berikut ini saya sampaikan beberapa cara dan langkah untuk mendapatkan shalat yang khusuk dan benar sehingga didapat shalat yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah dan Al Qur’an.

  1. Siapkan hati dan fikiran untuk mengerjakan shalat, misalnya shalat Dhuhur, Asar atau Maghrib.
  2. Ambil wuduk untuk bersuci dari hadas kecil
  3. Persiapan segala sesuatu untuk melakukan shalat, ruangan, kondisi dan lain sebagainya.
  4. Berdiri tegak menghadap kiblat, kedua kaki agak diregangkan. Rasakan bahwa anda saat ini sedang berhadapan dengan Allah penguasa tertinggi dialam semesta. Bersikaplah tawadhu dihadapan Dia yang berkuasa penuh diseluruh jagat raya.
  5. Takbiratul ihram
    Ucapkan takbiratul Ihram sambil mengangkat kedua belah tangan sejajar telinga dan menarik nafas perlahan lahan hingga memenuhi ruang paru paru. Selanjutnya turunkan kedua belah tangan keatas dada sambil menghembuskan nafas perlahan lahan hingga paru paru kosong sempurna.. Letakan tangan kanan diatas tangan kiri diatas dada.
  6. Do’a Iftitah
    Selanjutnya tarik nafas kembali perlahan lahan hingga memenuhi ruang paru paru, hembuskan perlahan lahan sambil membaca do’a iftitah: ”Allahu Akbar kabiro, walhamdulilaahi katsiiro, wa subhanallahi bukhrataw wa ’ashiila . Allah maha besar yang maha sempurna kebesarannya, segala punji bagi Allah sebanyak banyaknya, dan maha suci Allah sepanjang pagi dan petang hari ” Inni wajjahtu wajhiya lilladzii fathorosshamaawaati wal ardho haniifan muslimaw wama ana minal musyrikiin. Sesungguhnya aku hadapkan hati dan fikiranku kepada yang menjadikan langit dan bumi , dengan lurus (ber-sungguh-sungguh) dan berserah diri , dan aku bukanlah termasuk orang yang mempersekutukanNya . Innas sholaati, wanusuki, wamahyaya, wama maati lillahi rabbil ’alamiin. Laa syariikalahuu wabidzaalika umirtu wa ana minal muslimin. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, matiku hanya bagi Allah Tuhan sekalian alam, Tiada sekutu bagiNya, dengan demikianlah aku diperintahkan, dan aku adalah orang yang berserah diri (muslim) .”

     

    Jika nafas yang dihembuskan perlahan sudah habis sedang bacaan iftitah belum selesai, maka tarik kembali nafas hingga memenuhi paru paru, kemudian hembuskan perlahan sambil melanjutkan bacaan yang belum selesai,demikian seterusnya. Konsentrasikan hati dan fikiran pada bacaan berikut maknanya. Mulut membaca do’a iftitah, fikiran menyebut terjemahannya, hati merasakan maksud kalimat yang dibaca. Rasakan kalimat yang dibaca dengan segenap perasaan dan penuh kekhusukan. Usahakan hembusan nafas berakhir bersamaan dengan selesainya bacaan do’a iftitah tersebut.

  7. Bacaan Al-fatihah
    Selanjutnya tarik nafas perlahan lahan hingga memenuhi ruang paru paru, hembuskan perlahan lahan sambil membaca surat Al Fatihah. Konsentrasikan fikiran dan perasaan pada bacaan Al Fatihah tersebut. Ucapkan dengan lisan, terjemahkan dengan fikiran, pahami dengan hati. Rasakan setiap ayat yang dibaca, ikuti dengan visualisasi. Baca surat Al Fatihah tersebut dengan tartil dan perlahan lahan.Ketika membaca Bismillahirrohmanirahiim…bayangkan dan rasakan betapa rasa kasih sayang Allah pada kita semua.

     

    Ketika membaca Alhamdulillahir robbil alamiin…. bayangkan betapa maha terpujinya Allah penguasa alam semesta.

    Ketika membaca Arohmaanirrohiim bayangkan sifat kasih sayang Allah yang meliputi alam semesta.

    Ketika membaca Maalikiyau middin ….bayangkan keadaan dihari berbangkit kelak , ketika kita dikumpulkan dipadang mahsyar yang kering dan tandus. Dihari yang tiada tempat bernaung selain naunganNya, dihari yang tidak ada tempat berlindung selain lindunganNya . Dialah penguasa tunggal dihari itu.

    Ketika membaca Iyya kana’budu wa iyyaka nasta’in tanamkan dalam hati bahwa hanya Dialah yang disembah, dan hanya kepadaNya tempat mohon pertolongan.

    Ketika membaca Ihdinas shiroothol mustaqiim bayangkan jalan yang lurus, jalan yang penuh rahmat dan berkahNya. Ketika membaca Shirothol ladziina an amta alaihim, ghoiril maghdu bi alaihim , waldhoolliin .bayangkan yang dimaksud jalan yang lurus adalah jalan yang ditempuh oleh orang yang telah mendapat rahmat dan nikmat dariNya , bukan jalan orang yang dimurkai dan bukan pula jalan orang yang sesat.

    Usahakan hembusan nafas berakhir bersamaan dengan selesainya bacaan Alfatihah.

  8. Bacaan surat dan ayat pilihan setelah Alfatihah
    Setelah selesai membaca Alfatihah tarik nafas hingga memenuhi ruang paru paru. Hembuskan nafas perlahan lahan sambil membaca ayat atau surat pilihan. Untuk menambah kekhusuan ayat pilihan bisa disesuaikan dengan kondisi dan keadaan yang sedang mempengaruhi kita. Misalnya menghadapi musibah dan cobaan baca surat al Ankabut 1 s/d 5. Atau Al baqarah 153-157. Untuk membangkitkan semangat perjuangan dan mendapatkan karir yang lebih baik, baca surat Ali Imran 26-27, An Nur 55-56 atau Al Fath 1-4. Mengenang kehidupan akhirat baca surat al Waqi’ah, surat Al Zalzalah dan Al Qori’ah, Tentu saja ayat atau surat yang dibaca sudah dihafal berikut terjemahannya, demikian seterusnya. Usahakan hembusan nafas berakhir bersamaan dengan selesainya bacaan ayat pilihan tersebut.
  9. Rukuk
    Tarik nafas perlahan lahan sambil rukuk dan membaca takbir. Selama ruku baca kalimat tasbih ” subhanarabbiyal adzim ….Maha suci Allah yang maha besar ” . Selama ruku dan membaca tasbih nafas dihembuskan perlahan lahan . Punggung dan pinggang membentuk sudut 90 derajat, tangan bertumpu pada lutut. Rasakan suasana relaks dan nyaman selama rukuk. Hembusan nafas berakhir bersamaan dengan selesainya bacaan tasbih.
  10. I’tidal
    Tarik nafas perlahan lahan sambil berdiri dan mengucapkan kalimat ” Samiallahu liman hamidah. telah mendengar Allah akan orang yang memujiNya. ”. Kedua belah tangan diangkat sampai sejajar telinga. Selanjutnya turunkan kedua belah tangan kesamping kiri dan kanan sambil menghembuskan nafas perlahan-lahan. Berdiri tegak dengan kedua belah tangan disamping kiri dan kanan, tarik nafas perlahan lahan hingga memenuhi paru paru, kemudian hembuskan dengan perlahan lahan sambil membaca : ”Robbana lakal hamdu, milussamawaati wamil ul ardhi, wamil umaasyi’ta, min syai’in ba’du…..Wahai Tuhan kami segala puji bagiMu sepenuh langit dan bumi,dan sepenuh barang yang Engkau kehendaki sesudah itu”. Puji Allah dengan tulus dan ikhlas, rasakan suasana relaks dan nyaman. Hadapkan hati dan fikiran seluruhnya kepada Allah penguasa alam semesta dengan ikhlas dan tawadhu. Hembusan nafas berakhir bersamaan dengan berakhirnya bacaan do’a .
  11. Sujud pertama
    Tarik nafas perlahan lahan sambil turun untuk sujud dan mengucapkan kalimat takbir ”Allahu akbar”. Selama sujud hembuskan nafas perlahan lahan sambil membaca kalimat tasbih : ”Subhana rabbiyal a’la …..Mahasuci Allah yang maha tinggi ” sebanyak yang bisa dibaca. Hembusan nafas berakhir bersamaan dengan berakhirnya kalimat tasbih.Ucapkan kalimat tasbih dengan tulus dan ikhlas, rasakan suasana relaks dan pasrah kepadaNya. Hembusan nafas berakhir bersamaan dengan berakhirnya ucapan tasbih. Lama sujud tergantung kekuatan nafas dan jumlah kalimat tasbih yang dapat diucapkan. Rasakan suasana yang betul betul relaks dan pasrah padaNya.
  12. Duduk Iftirash
    Tarik nafas perlahan lahan sambil duduk dari sujud dengan mengucapkan kalimat takbir. Ketika duduk Iftirash hembuskan nafas perlahan lahan sambil membaca do’a :” Robighfirli, warhamni, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii, wa’afinii, wa’fu’annii ….Ya Tuhanku , ampuni aku, rahmati aku, tutupi nkeburukanku, angkat derajatku, beri aku rezeki, beri aku petunjuk, sehatkan aku, ma’afkan aku…”. Ucapkan do’a dengan sungguh sunguh, ikuti dengan ikhlas dan penuh perasaan, jangan tergesa gesa. Nikmati kata demi kata dalam do’a ini, rasakan getaran dari setiap kalimat do’a yang diucapkan. Ini adalah do’a untuk kehidupan yang ideal. Jika Allah mengabulkan do”a ini anda tidak akan menderita, gelisah, tertekan, bingung, dan hidup dalam kemiskinan dan kekurangan. Anda akan mendapat ampunan, rahmat dan berkah, ditutupi keburukannya, diangkat derajatnya, mendapat bimbingan dalam menghadapi berbagai masalah, diberi badan yang sehat, dan ma’af dari Allah. Usahakan hembusan nafas berakhir bersamaan dengan berakhirnya bacaan do’a.
  13. Sujud kedua
    Tarik nafas perlahan lahan sambil sujud dan mengucapkan kalimat takbir. Selama sujud hembuskan nafas perlahan lahan sambil membaca kalimat tasbih : Subhana rabbiyal a’la..Maha suci Allah yang maha tinggi” . Lakukan seperti pada butir 11. Setelah selesai , lanjutkan ke rakaat kedua. Tarik nafas perlahan lahan sambil berdiri dan mengucapkan kalimat takbir untuk melanjutkan kerakaat kedua.
  14. Duduk tahiyyat
    Pada duduk tahiyat awal sambil menghembuskan nafas perlahan lahan baca do’a : Attahiyatul mubaarokatus shalawatut thoyyibatulillaah. Assalamu alaika ayyuhanabiyyu warahmatullahi wabarakatuhu, Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan, dan kebaikan bagi Allah, salam rahmat dan berkahNya kupanjatkan padamu wahai nabi Muhammad…….. assalamualaina wa ala ibadillahisshoolihiin , Asyhaduallaa ilaaha illallahu wa assyhadu anna muhammadarrasuulullah, Allahhumma sholli ala muhammad wa ala aali muhammad…..Salam kesalamatan semoga tetap bagi kami seluruh hamba hambaNya yang saleh. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah , dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan juga kepada keluarga nabi Muhammad ” . Pada tahiyyat akhir ditambahkan kalimat :….kama sholaita ala ibrahiim wa ala aali ibraahim , wa barik ala aali Muhammad wa aala ali Muhammad, Kama barakta ala aali Ibrahiim wa ala aali Ibrahiim fil alamiina innaka hamiidun maajiid.Sebagaimana Engkau pernah memberi rahmat kepada keluarga nabi Ibrahim, Berikanlah keberkahan kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah nmemberi keberkahan kepada Nabi Ibrahiim dan keluarga nya. Diseluruh alam semesta Engkaulah yang maha terpuji dan maha mulia ” . Jika hembusan nafas berakhir sebelum bacaan do’a selesai, tarik lagi nafas baru dan lanjutkan bacaan do’a sambil menghembuskan nafas perlahan lahan. Setelah selesai ucapkan salam sambil menoleh ke kanan dan kiri nsebagai penutup seluruh kegioatan shalat.
    Seluruh kegiatan shalat dilakukan dengan tenang, relaks dan tidak tergesa gesa. Resapi dan hayati setiap kalimat yang diucapkan dalam shalat. Insya Allah anda akan merasakan kenikmatan langsung dalam shalat ini. Jika gerakan shalat dan pengaturan nafas anda lakukan dengan betul, anda akan merasakan hawa hangat dan nyaman diseluruh tubuh. Badan terasa lebih segar selama shalat dan sesudah melakukan shalat. Jika anda mengidap tekanan darah tinggi, insya Allah shalat seperti ini akan menurunkan tekanan darah anda.

Efek nyata shalat khusuk dalam kehidupan sehari hari
Shalat yang dilakukan dengan benar dan khusuk akan menimbulkan efek yang nyata dalam kehidupan sehari hari. Beberapa indikator yang dapat anda rasakan dalam kehidupan sehari hari sebagai hasil dari shalat yang benar dan khusuk antara lain :

  1. Badan terasa lebih segar dan relaks selama dan sesudah mengerjakan shalat
  2. Anda bisa merasakan suatu perasan nikmat dan asyik ketika mengerjakan shalat, hati dan fikiran terasa relaks dan focus pada kalimat yang dibaca. Adakalanya perasaan anda terbawa hanyut oleh ayat yang dibaca hingga badan bergetar dan kadang kala anda menangis karena merasakan kedahysatan Allah , kasih sayang dan azab -Nya..
  3. Hati dan fikiran selalu merasa bahagia, nyaman, tentram, optimis dalam menjalankan kehidupan jauh dari perasaan sedih, duka, cemas, takut , putus asa, tertekan dan stress berkepanjangan.
  4. Memiliki daya tahan yang tinggi terhadap cobaan dan tekanan hidup. Berbagai musibah dan kesulitan yang menghadang tidak menyebabkan nya patah semangat dan berputus asa.
  5. Terpelihara dari melakukan perbuatan tercela dan perbuatan keji lainnya
  6. Memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi dalam menyelesaikan dan menghadapi berbagai masalah yang datang menghadang dalam kehidupan sehari hari.
  7. Tidak takut menghadapi ancaman dari manapun, ia hanya tunduk dan takut pada Allah Subhanahu wataala.Jika anda belum melaksanakan shalat dengan benar dan khusuk, anda akan mendapatkan efek yang berlawanan dari hal yang telah disebutkan diatas. Beberapa indikator yang bisa anda amati dan rasakan jika anda belum melakukan shalat dengan benar dan khusuk antara lain sebagai berikut.
  1. Shalat terasa sebagai beban dan dirasakan sebagai suatu kegiatan yang membosankan. Selama mengerjakan shalat fikiran melayang kemana mana . dan ada keinginan untuk segera selesai dari mengerjakan shalat
  2. Shalat tidak meninggalkan bekas yang nyata dalam kehidupan sehari hari. Hati dan fikiran sering dirongrong perasaan gelisah, sedih, cemas, kecewa, putus asa, tertekan dan stres berkepanjangan.
  3. Daya tahan terhadap cobaan dan tekanan hidup sangat lemah, mudah panik dan putus asa. Sehingga sering tergiur untuk mencari pertolongan alternatif seperti paranormal, dukun, ajimat dan perbuatan musyrik lainnya.
  4. Kecerdasan spiritual lemah sehingga mudah tergiur untuk melakukan perbuatan tercela dan keji lainnya demi mendapatkan apa yang diinginkan.
  5. Sangat takut terhadap acaman manusia dan lain sebagainya, rasa takut tersebut mengalahkan rasa takutnya pada Allah, hingga mudah tergelincir pada perbuatan tercela dan perbuatan musyrik lainnya.

Demikianlah, mari kita tingkatkan mutu shalat kita masing masing, dengan berusaha untuk mengerti dan memahami setiap ayat atau kalimat yang kita ucapkan dalam shalat kita sehari hari. Perhatikan perubahan yang terjadi setelah anda bisa melaksanakan shalat dengan benar dan khusuk.   fadhilza.com

About these ads

Actions

Information

55 responses

10 12 2013
rita

memang benar iblis bisa masuk dalam bentuk apapun. tapi insya allah dengan kekhusyuk’an, Allah akan memberi petunjuk untuk membedakan mana iblis mana rahmatNya. trimakasih atas pencerahannya.

4 12 2013
alqurank

Anda juga bisa lihat di sini
Alquran terjemah dengan tajwid blok warna alquranku
Antony 081331828237
alquranku
Info Interior gan…
plafon rumah

Thx

30 06 2013
celine trapeze bag

Enjoyed looking at this, very good stuff, thankyou . “Talk sense to a fool and he calls you foolish.” by Euripides.

20 04 2013
julai

Assalam……wr….wb

Syukur… Alhahdulilllah….

Mudahan kita semua serta saudara2 kita (muslimin/muslimat) akan mendapat keberkatan dari Nya diatas amalan yang dilakukan dan terima kasih kpd saudara/saudari yang berkongsi dan mengingati sesama saudara muslim, Amin Amin Ya Robbal Allamin.

SALAM

9 03 2013
ridwan

Assalamualaikum.wr.wb
TerimA kasih ..
sangat bermanfaat menambah ilmu mencari khusyunyA shalat..
Terus berkarya saudaraq,,,,,,

3 01 2013
Imam Bukhori

Matur nuwun Mas

16 08 2012
indra

sebuah pemaparan yang kompleks…

injin copy buat pembelajaran Pak

semoga bisa menjadi berkah

terimakasih sebelumnya

24 07 2012
mani

aku orang nya enda bisa betul sholat dng khusu ada aja kepikiran dlm sholat,bingun aku sudah,,,semua yng di ungkapkan mas yng tadi diatas aku kayak gtu ,,aku sudah coba beberapa cara tpi tetap aja ..kadang pertengahan sholat baru sdar klo sholat ,,apakah aku harus mengulang sholat aku itu???mohon bantuannya

14 07 2012
kitakitalagi

Alhamdulillah, semoga saya bisa. BISMILLAH TAWAKALTU ALALLAH.

11 06 2012
budi krc

assalamu alaikum wr.wb

pernafasan yg di sebutkan di atas sudah benar,
pada saat kita shalat, yg terlebih dahulu adalah harus ada hubungan batin kpada Allah swt. setelah itu lihat diri anda.. tdk boleh sama skali kt mengingat yg lain atau tdk boleh sama skali berwasila kpada nabi,wali atau siapapun itu. mengapa diri kita yg harus di ingat ?? di dalam al-quran Allah berfirman:sesungguhnya manusia itu aku ciptakan dari sari pati tanah,lalu aku proses menjadi setetes air mani,setetes air mani itu aku simpan di dalam kandungan,lalu menjadi segumpal darah,lalu aku proses lg mnjadi tulang sehingga sempurna bentukx, akan tetapi belum hidup. Allah berfirman :ingatlah ketika kandungan itu berumur 4 bulan. kutiupkan sebahagian ruh-ku.berarti anak bayi dalam kandungan ini sudah hidup… ruh yg di tiupkan Allah ke anak bayi itu bentuknya pasti menyerupai bentuk bayi tersebut.. lalu di jelaskan lg di dalam hadits : man arofah nafsahu faqot arofah rabbah= siapa yg mengenal dirinya pasti mengenal tuhannya… makanya sya katakan bahwa lihat diri anda.

11 07 2012
azwar

banyak yang hafal qur’an-hadits nya
suka mengkafirkan kepada lainnya
kafirnya diri sendiri tidak diperhatikan
kalau masih kotor hati dan akalnya

17 05 2012
Tary

Suwon . Mksh banyak info nya . Iya slma ini aQ bingung gmna sih cara ny sholat khusu itu . Alhmdulillah dpet jalan dari blog ini .

7 05 2012
phiant

lumayan nihhhh infonya

7 05 2012
phiant

sipppp sobbbb ;)

26 02 2012
yonnedi.m

memang susah mendapatkan shalat khusuk tapi kita harus berusaha sekuat tenaga….

19 02 2012
chaidir magenta

Saya senng sekli udh mmbca artikel ini mdhan anda yg menulis ini diksh pahala olh allah swt. amiin

5 01 2012
sarishea

Subahanallah.., terima kasih pencerahan di awal tahun, sudah lamaaa ingin rasanya sholat khusyu…, Alhamdulillah..Allah telah menggerakkan hatiku membaca artikel ini. Terima kasih semoga Allah menyertai anda dan kita semua..Aminn

26 12 2011
Roed

Assalam mualaikum wr wb
Insyaallah cara ato metode sholat khusuk yg di muat ini belum seperti sholat khusuk yg di maksudkan oleh Rasulluloh dan alquran. Jika anda ingin sholat khusuk yg benar, anda harus mengetahui dulu cara syahadat yg benar kemudian baru ke cara sholat khusuk yg benar. Kalo syahadat nya saja blm bisa, saya yakin sholat khusuk ga akan bisa. Sholat khusuk sangat erat dengan hakikat Ketuhanan, apa bila kita sudah makrifatullah baru kita bisa sholat khusuk yg benar. Kenal sama Tuhannya saja belum bgmn kita bisa sholat dgn khusuk ?.Kita bisa sholat khusuk jika kita mau mencari JALAN / METODE menuju hakekat KeTuhanan. Buat para pembaca saya mohon maaf, bukan maksud saya untuk menyombongkan diri tetapi saya cuman sharing. . . . jangan sampai kita sholat khusuk khusukan yg seolah olah itu sholat khusuk. Ingat !!! iblispun sanggup melalukan apa yg di lakukan Allah, yg seolah olah itu datangnya dari Allah Wasalam mualaikum . . .

14 12 2011
Nur hidayati

sy sholat paling ndak khususk kl baby sy nangis gmn caranya?

30 11 2011
Rizki rahmatin

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarrakatu, sodara sodari ku yang di Rahmati ALLAH S.W.T, ternyata untuk sholat secara khusu tidak mudah, saya rizki umur 14 tahun, ketika membaca ini saya yakin saya bisa melakukan sholat dengan khusu, tapi itu membutuhkan waktu yang agak lama.. Betul sekali, jika sholat tidak khusu, ada keinginan di hati untuk cepat selesai sholat, sama dengan saya, saya juga pernah seperti itu, sehingga gerakan sholat saya kerjakan buru buru, tapi sedikit demi sedikit aku akan mempelajari semua agar sholat ku khusu, terima kasih banyak , blog ini akan kusimpan dan akan dipelajari setiap hari, sekali lagi Terima Kasih Banyak , blog ini sangat bermanfaat bagi saya yang masih memerlukan ilmu sholat.
Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabbarakatu…

18 10 2011
fran

terima kasih tips nya,,,,semoga ALLAH memberikan pahala yang berlipat dari amal baik…

7 10 2011
hengky hf

Terima kasih ya Allah….
Engkau telah memberikan petunjuk yg sangat bermanfaat bagi Hambamu ini…
Alhamdulillah hirobil.alamin……

4 10 2011
alym

ok boz,,, insya allah ana coba…. mohon do’anya….

26 09 2011
acus

alhamdulillah….. sangat bermanfaat

24 09 2011
mer

maksh tipsnya yg bagian bernapas nya lbh ngebuat salat yg sya kerjakan 2 minute td khusuk

21 09 2011
hengkyangsyah serimbuanne

terima kasih banyak telah memberikan solusi cara mengerjakan sholat yang lebih khusyu, semoga bermanfaat bagi kita semua, amin.

12 09 2011
Micko (jupiterarch)

Nice Post .. Thankz for Sharing..
Semoga Allah SWT slalu mencurahkan rahmat bagi kita semua. amin Allhuma amin…. :)

27 08 2011
Heri Elijah

Terima kasih sangt berguna sekali dalam kehidupan sehari hari bertambah sedikit demi sedik ilmu kita tentang Sholat ,semoga Allah Membalas dengan Pahala dan Ridhonya amin amin amin

27 08 2011
heri dodo

ALhmdllh sedikit demi sedikit bertambahlah ilmu kita tetang Sholat..terima kasih sangat berguna sekli, semmoga ALLAH membalas nya dengan Pahala dan Ridhonya Amin AMin Amin..

11 08 2011
yusup permana

alhamdulillahhhhh

8 08 2011
hambaAllah

syukran yaa akhii :) slama ini saya sangat sulit shalat dengan khusyuk, semoga bermanfaat bagi saudara2 sesama muslim :)

20 07 2011
ANDRISON

sangat bagus, semua anggota DPR?DPRD dan pejabat pemerintah diwajibkan memahaminya, supaya di DPR nyak berantam lagi

20 07 2011
ANDRISON

Betul apay yg disampaikan, banyak kita lihat sekarang banyak org yg sholat tetapi tidak nampak inplementasinya dlm kehidupan sehari hari. sehingga banyak kita lihat sekarang korupsi, kelahi antar kampung , yg lebih parah lagi anggota dewan yg memiliki intelektual yg cukup tinggi sering kelahi dlm rapat, saya yakin dia sholat, tpi semakin menjadi jadi demi uang dan kesombongan, semua penuh dengan kebohongan. Mudah2an semua anggota dewan dan pejaban pemerintah membuka blok ini, dan kita berdoa ada perobahan walaupun sedikit demi sedikit, amin. Saya atas nama pribadi akan berusaha sesuai saran yg ditulis di blok ini, dan saya juga berharap pada ulama2 selalu mendoakan kami agar yg disampaikan ada dilaksanakan, khususnya yg pernah membuka dan membaca blok ini semoga jadi amal bagi yg mendoakan, dan hati kami lebih fokus dalam sholat, amin

13 07 2011
Tips Shilat Khusyu’ « PAKBOED

[...] : https://deltapapa.wordpress.com/2009/11/15/cara-sholat-khusyu/ « Bubur Manado, Tak Semanis Bibir orangnya SukaBe the first to like this [...]

7 07 2011
betsi

terima kasih atas semua infonya
akan aku coba…….

28 06 2011
ninchan

nice info, ijin share k FB yakz…. jzkllh…

28 06 2011
ninchan

nice info… ijin share k fb ya… jzkllh ^^

6 06 2011
dimas

terima kasih sudah memberikan kami pelajaran yang sangat berharga, semoga kebaikannya dibalas berlipat-lipat oleh Allah SWT

4 06 2011
ninoe trie

makasih untuk infonya semoga bermanfaat untuk saya dan semua yang membaca amin

28 05 2011
Rahmatin Fajri

makasih……….

25 05 2011
dede taufiq

terimakasih banyak atas ilmu nya yang sangat bermanfaat semoga allah membalasnya dengan kebaikan. maaf ya saya izin mengcopy untuk dipelajari

17 04 2011
rico

TERIMA KASIH BANYAK

21 03 2011
indra

segera saya jalankan masukkanya.trim’s

18 03 2011
rendy

kalau syaratnya harus ngatur napas mudah-mudah sja tpi kalau harus hafal terjemahan ayatx i2 yang sulit..
kan kalau kita mau sholat khusyu mempunyai syarat-syarat tertentu. ambil contoh do’a iftitah..Mulut membaca do’a iftitah,fikiran menyebut terjemahannya, hati merasakan maksud kalimat yang dibaca. jadi kalu kita tidak bisa hafal terjemahannya kita tidak bisa donk sholat dgn khusyu…?
huufff susah jga kalau mw sholat kita khusyu..!!!

8 12 2010
Bogeng

Sebenarnya arti khusyu yang sebenarnya apa sich? Dan yang khusyu itu seperti apa?

4 11 2010
Tuti sinaga

Ass…

Saya senang skali membaca tips di atas.
Slama ini,Di dlam shalat, Fikiran saya sring melayang layang ntah kmana. Anehny,d dlam shalat saya bsa menghayalkn hal yg lain.smpek2 kadang sya lupa ntah sudah brapa rekaat.
Smoga dgn tips d atas,shalat saya menjadi khusyuk. Mohon do’any y…

2 10 2010
Erkomp

Assalamualaikum Wr. Wb,

terimakasih artikelnya sangat bagus…. saya ingin sekali memahaminya… jujur belakangan ini saya dalam melakukan sholat selalu super cepat, tergesa-gesa dan semua itu sudah terjawab di sini…., Namun saat ini saya sedang berusaha untuk mendapatkan sholat yang khusuk… dan itu sulit sekali saya dapatkan … mohon do’a agar saya cepat mendapatkan ibadah yang seperti di ajarkan. di akhir ramadhan sampai saya menemukan yang namanya rindu sholat… namun sampai hari ini bila sedang solat pikiran saya masih dipenuhi oleh berbagai macam pikiran-pikiran di luar sholat (sulit untuk berkonsentrasi). Bagaimanakah caranya agar saya dapat dengan cepat berkonsentrasi dalam sholat … sehingga khusuk bisa didapatkan…
Terima Kasih…..
Wassalamualaikum Wr. wb,

4 08 2010
Liesty

assalamualaikum Wr. wb,

alhamdulilah terimakasih atas artikel diatas sangat bermanfaat,,,,memberikan keterangan yang jelas sekali. sekali lagi terimaksih semoga menjadi berkah bagi kita semua amien ya Robbalalamin…

26 06 2010
akhyar

ass,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,wr,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,wb,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
bisakah diriku ini melaksanakan sholat secara khusu,,,,,,,,,,,,,,,,,?????????
bagi kita yang sedang remaja gini apakah bisa melaksanakannya sedangkan pikiran dan perbuatan masih kebayakan salah di bandingkan benarxa,,,,,,,,,,,
apalagi pada jaman yang semakin moderen ini dan jaman yang semakin menutup mata kita untuk melakukan hal yang baik,,,,,,,,,,,,,,,,
saya mohon pendafat anda semua yang membaca ini karna itu sangat penting bagi saya peribadi dan mungkin untuk orang lain,,,,
terima kasih

jwb: pasti bisa

14 05 2010
abu aufa

mendirikan sholat secara khusyu’ adalah dambaan stiap muslim. mari kita selalu belajar dan belajar…

27 03 2010
yensri

Assalamualaikum … terima kasih telah memberi petunjuk kepada kami gimana cara melakukan sholat khusyuk , semoga bertambah amal ibadahnya amin amin ya robbalalamain,………….

jwb: amin, semoga bermanfaat

24 01 2010
Lukman

terimakasih udah ngasih cara shalat yang khusuk semoga bermanfaat bagi semua.

23 11 2009
Resa Blogs

mas/mba yang punya blog tukeran link yuk…
link saya taro di sini…
trus konfirmasi ke saya
tar linknya saya pasang di blog saya..gmn??
Terima kasih Sebelumnya

jwb: boleh resa, thanks

15 11 2009
alisnaik

saya kadang khusyuk, kadang terburu buru. aahhh

jwb: menurut saya itu manusiawi

15 11 2009
Badruz

mengerti semua arti yang kita baca dalam shalat, akan mendekatkan pada khusyuk. dan jika itu dilakukan, akan butuh waktu cukup lama dalam bershalat, karena menghayati bacaan2nya. syaratnya, tahu artinya.

saya sendiri, sulit sekali ke arah situ. masuk akal memang, hanya sekedar menjalankan kewjiban saja sudah di dapat ketenangan, apalagi lebih dari itu.

salam.

jwb: terima kasih kang atas endorsement-nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: