Bayi Usia 7-9 Bulan

Menjadi kewajiban bagi saya untuk mengetahui perkembangan seperti apa saja yang akan terjadi terjadi pada putri saya. Hari ini agak senggang browsing lagi. apalagi kalau bukan segala hal yang berhubungan dengan buah hati saya, putri matahari. Saat ini ia memasuki usia perkembangan 7-9 bulan. Tentu saja saya senang bukan main. Tak ada kegembiraan selain bercanda dan bersendau gurau dengan putri saya. Ia sudah mengenali ayah-ibunya dengan baik. Bahkan setiap saya hendak berangkat bekerja ia selalu saja menatap saya, tersenyum gembira, melambai-lambaikan tangan mendekatkan ke wajah saya, hingga kami berpisah setelah mengucapkan “Assalamu’aikum”.

Bayi usia 7- 9 bulan

Pada usia ini, bayi Ibu akan tertarik pada segala hal, termasuk yang tidak boleh dilakukan. Ini menjadi tugas tambahan Ibu untuk menjaganya.

Saat bayi mulai mejelajah rumah

Kemampuan merangkak bayi di usia ini makin meningkat. Dia makin aktif dan membutuhkan banyak ruang untuk menjelajah kesana kemari. Artinya, ada pekerjaan tambahan menanti Ibu, karena penjelajahan si kecil akan menjadi hal baru yang sangat penting. Hal lain yang penting Ibu lakukan juga adalah menyingkirkan perabot rumah yang mudah dijangkau si kecil. Beri pengaman pada setiap sudut meja, pengait laci atau pintu agar tidak bisa ia buka, dan tutup stop kontak listrik. Di usia 7 bulan ini , dia juga akan menemukan banyak hal baru yang bisa diambil dan dibuang, cobalah memberinya benda-benda ringan yang bisa dilemparnya, seperti boneka,bola atau bantal.

Memberi makanan pada bayi Ibu

Sejak usia bayi 6 bulan, Ibu mungkin mulai memperkenalkan makanan lunak secara bertahap pada bayi Ibu. Ibu juga bisa menambah variasi & rasa secara perlahan dalam makanan bayi Ibu. Seiring pertumbuhannya, beberapa rasa baru akan membuatnya tertarik untuk makan. Karena kamampuan mengunyahnya berkembang ia juga sudah siap merasakan makanan dengan tekstur lebih kasar.

Untuk membentuk pola makan dan kebiasaan makan yang baik, sebaiknya keluarga Ibu melakukan rutinitasu makan bersama – Latih ia duduk di kursi makannya. Pelajari lebih lanjut tentang tahap pemberian makanan tambahan di sini.Perhatikan juga bahasa tubuh bayi Ibu – ia mungkin ingin makan sendiri dengan mengambil makanan dengan tangan sendiri. Berikan makanan yang mudah dipegang. Makanan yang juga lembut untuk membantu belajar makan sendiri dan mengembangkan kemampuan tangannya. Meski Ibu akan sedikit repot dengan makanan yang berantakan, bayi Ibu bisa jadi makan lebih banyak bila ia makan sendiri.

Siap Bermain!

Saat ini, bayi Ibu mungkin sedang tertarik pada semua hal. Ia mungkin tampak tidak tertarik untuk merangkak, dan lebih suka bergerak kesana kemari dengan pantat, dan terkadang lebih banyak bergerak mundur.

Ubah rumah Ibu menjadi tempat bermain yang menyenangkan. Ciptakan rintangan dengan bantal dan selimut agar bayi Ibu bisa merangkak atau berguling-guling untuk memperkuat ototnya.

Bayi Ibu sudah mulai bisa menahan bobot kakinya, dia akan berusaha menendang-nendang dan melompat-lompat di pangkuan Ibu. Perkembangan otak dan kemampuan motoriknya membantunya mengontrol pergerakan leher, bahu, dada, dan punggung. Sehingga Ibu bisa melihatnya mencoba menahan tubuhnya saat ia dalam posisi akan merangkak.

Bagian atas tubuh bayi Ibu sudah cukup kuat untuk duduk tanpa bantuan. Jadi, ini saat yang tepat bila Ibu ingin mengajaknya makan di kursi makan bayi saat makan bersama.

Koordinasi dan Kesadaran

Jika bayi Ibu tiba-tiba mulai menjatuhkan dan melempar benda-benda ke seluruh ruangan, jangan cemas. Dia sedang belajar melepaskan benda dari tangan dan menikmati keterampilan yang baru diperolehnya.

Pada masa ini, bayi Ibu mungkin akan mengalami sedikit perasaan ‘takut berpisah’, saat Ibu meninggalkannya – meski hanya keluar sebentar dari ruang.

Tetap lakukan rutinitas harian secara teratur untuk mengurangi perasaan takut pada bayi Ibu.
Bermain ‘ci luk ba’ dengan bayi Ibu bisa membantu mengurangi perasaan takut berpisah ini. Atau cobalah sembunyikan salah satu mainan favorit bayi Ibu dan minta dia mencarinya.

Ocehan dan Kata-Kata

Bayi Ibu, pada tahap ini mulai tumbuh kepribadiannya. Dia mulai mengenal namanya sendiri dan menoleh bila Ibu memanggilnya. Gumaman acaknya juga mulai terdengar seperti kata-kata karena dia mengulangi suara yang telah dikuasainya.

Ketika bayi Ibu bilang ‘mama’atau ‘dada,’ dia menyebut dua orang paling istimewa dalam hidupnya, yaitu Ibu, orangtuanya. Dia mulai paham makna kata ‘jangan’ – meski dia tidak selalu mematuhi larangan itu!

Belajar

Rangsangan yang Ibu bisa berikan si usia ini makin beragam. Ketika Ibu memberikan buku bacaannya, dia mencoba membalik-balik halaman. Ia mendengarkan suara Ibu dengan seksama dan mengikuti gambar berwarna. Buku tentang hewan bagus sekali pada tahap ini, karena ia bisa mengenal banyak suara baru yang menarik yang bisa dipelajari walau ia belum bisa menghubungkan gambar dengan kata-kata yang Ibu bacakan.

Kegiatan sehari-hari juga bisa menjadi permainan yang menyenangkan bagi bayi Ibu. Merangkak di bawah meja, membuka dan menutup pintu dan melihat keluar jendela sambil menyebutkan nama segala yang Ibu lihat akan membantu mendorong keingintahuannya.

Dr. Rini
Konsultan Tumbuh Kembang
Ibu dari 3 anak

club nutricia

3 comments

  1. selamat sore..terimakasih sebelumnya. ada beberapa pertanyaan yang mau saya tanyakan, sekarang anak saya udh masuk 7 bulan 3 minggu.tapi sampai sekarang baru bisa tengkurap, namun untuk membalikkan badan waktu tengkurap masih belum bisa.ketika dalam posisi tengkurap pun putri saya tidak bertahan lama alias tidak betah..setelah itu menangis. merangkak juga belum bisa.apakah hal itu wajar? beberapa hari yang lalu putri saya udah belajar berjalan dan berhasil jalan 6 langkah. namun itu hanya 1 hari, kemudian di hari berikutnya putri saya juga bisa duduk sendiri ( dari posisi berbaring kemudian mengangkat badansambil tangan berpegangan bantal )itupun juga cuma 1 hari.apa yang harus saya lakukan untuk merangsang pertumbahannya.oiya untuk ngoceh sudah sering dan ketika diajarkan sesuatu dia berusaha untuk menirukannya.
    terimakasih

    jwb: wah, tanya ke dokter aja bunda saya takut salah jawab krn saya bukan ahlinya. Dulu setiap ada kesempatan ke dokter saya selalu tanya perkembangan putri saya. Usia sekian harus bisa apa. Atau kadang saya sering tanya lewat S. Saya sebutkan usia anak, ketrampilan saat ini dan pertanyaan.

  2. ass…terimakasih sebelumnya…ada beberapa pertanyaan yg mau Fefi tanyakan,sekarang anak saya udah masuk 9bulan 1minggu.tapi belum ada respon telungkup,merngakak apalagi.dan apakah itu berarti ada masalah diperkembangan bayi saya.Tetapi dia sudah bisa menendang-nendang kakinya sambil ngoceh papa…n mama.Dan apa bener kalau ada duluan tumbuh gigi lama jalannya.

    jwb: bunda, tidak semua bayi sama dan sesuai standard buku. it kondisi wajar, barangkali cuma perlu dilatih, diberikan stimulasi, https://deltapapa.wordpress.com/2009/05/22/stimulasi-pada-bayi/. Ah, pasti putranya lagi lucu-lucunya ya, cepet besar ya sayang …..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s