Terpenjara Oleh Internet

Posting ini berkaitan dengan semakin banyaknya orang yang mengakses internet, berlama-lama di depan komputer.

Mulai dari ibu rumah tangga, karyawan, pengangguran, karyawan toko, karyawan kantor, eksekutif, politisi, hampir semua kelompok soasial masyarakat. Mereka juga punya keasyikan masing-masing: ngeblog, pesbukan, jualan, iseng-iseng browsing cari kerjaan baru karena udah bosen di tempat sekarang, dll.

Namun jangan lupa bahwa kita adalah manusia yang perlu bersosialisasi, bertemu muka, berjabat tangan, saling sapa, mencium mesra dengan kasih sayang.

Saya sering melihat, dua atau tiga orang waitress. Mungkin karena daganganya sepi, mereka asyik dengan HP masing-masing. Saya tanya latanya; ” Lagi pesbukan”. Mereka bukanya ngobrol satu sama lain tapi malah asyik dengan pesbuk-nya.

Boss google aja bilang begitu masak kita yang “cuma” pakai terus mau nongkrong terus di depan komputer? Gak percaya, lihat tulisan di detikinet.com berikut ini:

CEO Google: Matikan Komputermu dan Jadilah Manusia!

Makin banyak orang memakai komputer dan mengakses internet tentunya akan kian menguntungkan Google selaku raksasa bisnis internet. Namun demikian, CEO Google Eric Schmidt justru menyarankan pada para lulusan universitas untuk menjauhi komputer dan mematikan ponsel mereka.

Memang banyak kaum muda terpaku pada dunia virtual di internet dan seakan tak peduli untuk berelasi dengan orang lain. Itu sebabnya Schmidt menyarankan agar mereka sejenak berhenti melakukannya dan kembali pada ‘habitatnya’ sebagai makhluk sosial.

Dikutip detikINET dari PCAuthority, Rabu (20/5/2009), Schmidt mengungkapkan hal itu dalam sebuah pidato kelulusan 6000 wisudawan di University of Pennsylvania, Amerika Serikat.

Orang yang turut membesarkan Google ini menasehati para lulusan ini agar tidak melupakan kehidupan di luar layar komputer. Sebab manusia perlu terus berhubungan dengan dunia sekitarnya.

“Tidak ada yang bisa mengalahkan perasaan memegangi tangan cucumu saat dia berjalan untuk kali pertama,” demikian Shmidt memberi contoh. “Matikan komputermu. Matikan juga ponselmu dan perhatikan manusia di sekelilingmu,” pungkasnya.

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s