Teringat Akan Bunda

Siang ini saya membaca postingan Ninta, I Love You Mama. Lalu saya post sebuah komentar:

Aku Jadi teringat ibu (alm). Beliau pada saat-saat terakhir menanti kedatanganku dari Jakarta. Namun waktu itu aku tidak punya ongkos buat pulang kampung, duit di dompet tinggal 25ribu. Waktu itu saya janjikan: “Tiga hari lagi ya bu, tunggu gajian”. Benar, 3 hari kemudian aku pulang untuk memandikan jenazah ibu. Menangis, sedih, marah, menyesal, protes pada Alllah, semuanya menjadi satu. Astaghfirullah …..

Sekarang setiap aku rindu pada ibu dan teringat saat itu, aku hanya berdoa, mengirim al-fatihah. sesekali aku menyanyi memetik gitar, sambil meneteskan air mata, menyanyikan lagu ini:

Nyanyi Rindu Untuk Ibu
oleh: Ebiet G. Ade

Tubuhmu yang terbungkuk, tersandar lemah di kursi kayu tua
Jemari kurus terkulai menggenggam pena engkau goreskan sajak
Sisa rambutmu perak, tinggal segenggam
Terbaca pahit, kerasnya perjalanan
Nampaknya ingin kautumpahkan seluruhnya di dalam puisi

Dari alis matamu terbentuk garis guratan kokoh jiwa
Angin yang deras menghempas tak kau hiraukan batinmu kuat bertahan
Meskipun raga semakin rapuh tak pernah risau, selalu tersimpul senyum
Sepantasnyalah kujadikan suri teladan, potret perjuangan

Oh, oh, oh, ibu, ada yang ingin kutanyakan padamu
Hasil panenan kemarau ini sesubur panen yang kita petik bersama
Oh, oh, oh, ibu, apa kabar sawah kita sepetak?
Masih bisakah kita tanami? atau terendam ditelan zaman?

Setelah cucumu lahir aku lebih faham betapa beratnya
membesarkan dan setia melindungi semua anak-anakmu
Kita yang s’lalu hidup sederhana kau sanggup mengasuh hingga kami dewasa
Dengarkanlah nyanyian yang aku peruntukkan buatmu, ibu

Oh, oh, oh, ibu, ada yang ingin kutanyakan padamu
Hasil panenan kemarau ini sesubur panen yang kita petik bersama
Oh, oh, oh, ibu, apa kabar sawah kita sepetak?
Masih bisakah kita tanami? atau terendam ditelan zaman?

One comment

  1. Semoga Allah menjaga Ibu mas ya… aamiin🙂

    setiap kali bicara ttg ibu, mama, bunda, amak, umi…Subhanallah…manusia2 mulia ciptaan Allah yang terindah…Semoga allah merahmati semua ibu di bumi ciptaannya ini..aamiin…

    thanks komennya, mas…🙂

Leave a Reply

