Teknik Service Badminton

Banyak memang teknik dan cara yang digunakan orang untuk melakukan service pada badminton.

Berikut ini adalah teknik service yang biasa digunakan oleh anton.

Diantara banyak teknik badminton, yang paling gw kuasai adalah teknik service. Tidak sedikit lawan maen gwa yang langsung `mati langkah` seketika abis gw service. Intinya gw berfilosofi bahwa kalo kita bisa dapet angka dari service doang, maka pastinya gak perlu ngeluarin tenaga banyak2 untuk pukul2an. Setidaknya ketika service, buatlah supaya lawanmu kesulitan semaksimal mungkin, minimal dia gak bisa balikin bola secara sempurna.

Kira-kira begini cara gwa mengambil service. Ini khususnya berlaku untuk maen ganda. Lo boleh ngambil secara forehand ataupun backhand, tergantung prefernya gmana. Tapi kalo mo service forehand, pastikan bola lu terukur matang.

Untuk ngambil forehand, sebaiknya lo ambil service di posisi 9 pada gambar lapangan di atas. Lihat kedudukan musuh lo :

  • * kalo terlalu depan, buat bolanya tinggi dan cepat (lob semi drive, tapi jangan terlalu pendek kalo ga mau di-smash) ke arah nomor 1.

* kalo agak ke depan tengah atau samping kiri, buat bola drop shot lambat jatuh ke arah nomor 3, biasanya untuk mengambil service cara ini, bola jatuh (ketika mo service) di samping kanan badan (dan kedudukan badan agak condong ke kanan). Biasanya dengan teknik ini, musuh akan mengira bola salah kamar ataupun out belakang. Padahal kalo cara ngambil lo bener, itu bakal masuk secara sempurna.

* kalo dia agak ke belakang, ATAU lo ngeliat kalo dia lagi lengah posisinya, buat bola drop shot cepat jatuh dan pendek (pastikan bola-nya tidak tinggi, sebisa mungkin hanya selisih beberapa cm ketika melewati net) ke arah nomor 4. Dengan bola ini, hampir bisa dipastikan musuh akan off-side dan kelabakan, tentunya dengan syarat bahwa bola kamu tidak melayang jauh dan akhirnya out.

* JANGAN pernah mengambil service forehand ke arah nomor 2, kecuali kalo kamu bisa menahan smash cambuk kuda

Untuk mengambil service backhand, pastikan posisimu di nomor 8. Kombinasikan bola yang ke arah 4 atau 2. Buat beberapa bola masuk ke arah 1. Kombinasi ini dimaksudkan agar service-mu tidak mudah ditebak.

Pada service backhand, ataupun forehand, jika kamu memberikan bola ke arah 4, bersiap-siaplah untuk membalas netting lawan (karena hampir bisa dipastikan jika musuh bisa membalikkannya, maka ia akan mengambil netting).

Sekian. Selamat mencoba !!!

Sumber

Author: deltapapa

Saya adalah manusia biasa yang menjalani hidup dengan sederhana dan membuat prasasti keberadaan saya dengan blog ini. Selamat membaca dan terima kasih telah singgah, meski hanya sejenak.

8 thoughts on “Teknik Service Badminton”

  1. Halo, anak saya usianya 9 th bln Juli 2012 nanti, bol minta infonya untuk kursus badminton sekitar Jakarta Barat. Saya sdh search di internet ngak dapat.
    Makasih

  2. lam knal nih….kmrn ada acara undang tamu dilapang badminton daerahku. pas gw maen baru kali ni gw ngeliat ada servis begittu hebat, servis diambil backhand kayanya bola mu mengarah ke arah no 2 tapi pas di terima laju bola jadi ke arah no 4 dan datangnya bola tipis dan muter ke arah no 4 ampe pengembalian gw tu bola kena gagang raket tadinya gw munyerobot tapi ketipu,,, bener2 indah tu servis ampe sekarang gw belum nemuin servis yang kayak gt, proses pemukulan bola klihatanya kayadikeset gt tp dah gw coba gk spt tu,,,,bos kira2 bisa gk jelasin gmn caranya servis yang gw maksud dan cara penerimaannya….????thanks

    1. Mengenai service itu gw biasa gunakan. Tehniknya si.. seperti service biasa ketika sampai pada sentuhan bola kepala raket di miringkan ke arah kiri atau pada posisi 4. Jadi seperti melintir. Itu si..yang biasa aku lakukan. Coba aja atau latih terus pasiti bisa.

  3. gw tipe pemain menyerang bos,cm bola drive gw kurang datar bagaimana cr melatih agar gw dapat pukulan drive yang lbh keras lg tq

    jwb: saya kalo drive, pegang raket agak maju ke depan

  4. waduh bos gw sering banget tuh kasih servis ke no 2 wkwkwkw… denger kata2 smash cambuk kuda gw ngakak abis…panjang umur dah gw

    jwb: yup. paanjaaaaaaang umur

  5. Bagaimana mengatasi lawan yang suka nyrobot service kita bos?

    jwb: mungkin harus lihat posisi lawan sebelum service. tipis atau lambung/tipu-2 aja

Leave a comment