Banyak memang teknik dan cara yang digunakan orang untuk melakukan service pada badminton.

Berikut ini adalah teknik service yang biasa digunakan oleh anton.

Diantara banyak teknik badminton, yang paling gw kuasai adalah teknik service. Tidak sedikit lawan maen gwa yang langsung `mati langkah` seketika abis gw service. Intinya gw berfilosofi bahwa kalo kita bisa dapet angka dari service doang, maka pastinya gak perlu ngeluarin tenaga banyak2 untuk pukul2an. Setidaknya ketika service, buatlah supaya lawanmu kesulitan semaksimal mungkin, minimal dia gak bisa balikin bola secara sempurna.

Kira-kira begini cara gwa mengambil service. Ini khususnya berlaku untuk maen ganda. Lo boleh ngambil secara forehand ataupun backhand, tergantung prefernya gmana. Tapi kalo mo service forehand, pastikan bola lu terukur matang.

Untuk ngambil forehand, sebaiknya lo ambil service di posisi 9 pada gambar lapangan di atas. Lihat kedudukan musuh lo :

  • * kalo terlalu depan, buat bolanya tinggi dan cepat (lob semi drive, tapi jangan terlalu pendek kalo ga mau di-smash) ke arah nomor 1.

* kalo agak ke depan tengah atau samping kiri, buat bola drop shot lambat jatuh ke arah nomor 3, biasanya untuk mengambil service cara ini, bola jatuh (ketika mo service) di samping kanan badan (dan kedudukan badan agak condong ke kanan). Biasanya dengan teknik ini, musuh akan mengira bola salah kamar ataupun out belakang. Padahal kalo cara ngambil lo bener, itu bakal masuk secara sempurna.

* kalo dia agak ke belakang, ATAU lo ngeliat kalo dia lagi lengah posisinya, buat bola drop shot cepat jatuh dan pendek (pastikan bola-nya tidak tinggi, sebisa mungkin hanya selisih beberapa cm ketika melewati net) ke arah nomor 4. Dengan bola ini, hampir bisa dipastikan musuh akan off-side dan kelabakan, tentunya dengan syarat bahwa bola kamu tidak melayang jauh dan akhirnya out.

* JANGAN pernah mengambil service forehand ke arah nomor 2, kecuali kalo kamu bisa menahan smash cambuk kuda

Untuk mengambil service backhand, pastikan posisimu di nomor 8. Kombinasikan bola yang ke arah 4 atau 2. Buat beberapa bola masuk ke arah 1. Kombinasi ini dimaksudkan agar service-mu tidak mudah ditebak.

Pada service backhand, ataupun forehand, jika kamu memberikan bola ke arah 4, bersiap-siaplah untuk membalas netting lawan (karena hampir bisa dipastikan jika musuh bisa membalikkannya, maka ia akan mengambil netting).

Sekian. Selamat mencoba !!!

Sumber

About these ads