Menunggu Matahari: Behind the name

Indahnya. Setelah subuh sani tiba saya menatap keluar jendela. Hanya ada embun di sana. Sayup terdegar tadarrus hamba-hamba yang rindu bertemu dengan-Nya. Memanggil nama-Nya, meyerukan kebesaran-Nya, mengakui ketidakberdayaan mereka sebagai makhluk ciptaan. Lalu ketika matahari menyapa bumi, hati mereka terisi semangat dan keyakinan akan hari yang lebih baik. Segar dalam naungan Illahi.

Barangkali keindahan seperti itulah yang tengah saya rasakan saat ini. Saya menunggu datangnya matahari, sebagai buah cinta kasih atas nama pernikahan. Dia adalah ADARA KAILA NARESWARI.


ADARA, adalah sebuah nama sangat langka (baca: bukan nama pasaran). Ada beberapa varian untuk nama ini; virgin (dalam terminologi Arab), cantik (dalam terminologi Yunani) dan rupawan (dalam terminologi Ibrani). Mohon koreksi jika saya keliru karena saya bukanlah seorang ahli bahasa.

KAILA, berasal dari bahasa Yunani artinya Mahkota

NARESWARI, adalah terminologi bahasa Sansekerta yang berarti permaisuri, the first lady, panutan rakyat, yang sering menjadi rujukan para wanita sebuh negeri.

Matahariku, ayahmu yang menjalani hidup sederhana ini menaruh harapan besar agar kelak engkau menjadi seorang wanita yang cantik tidak hanya wujud lahiriyahmu, namun lebih utama adalah kecantikan hati dan prilakumu. Asuh dan bimbinglah anak cucumu kelak dengan penuh kasih sayang sebagaimana Az-Zahra mengasuh dan membimbing putranya. Jadilah engkau permaisuri bagi suamimu kelak, yang mendampingi belahan hidupmu dengan segenap jiwa raga atas ridho Illahi. Berbakti kepada suami dengan niat beribadah.

Matahariku, Adara Kaila Nareswari, lekaslah engkau lahir nak. Ayahandamu sudah semakin renta. Peluh telah kering mengucur sepanjang perjalanan hidup yang berliku. Menanggung beban batin, jiwa dan raga dalam perjalanan menuju senja.

Ya Allah Maha segala Maha, berilah hamba kekuatan dan kesempatan untuk menimang dan membesarkan matahari. Berilah iman dan bimbinglah hamba dalam menjaga amanah-Mu yang suci ini. Amien.

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s