Bertasbih Bersama Embun

Di tengah gulita malam aku terhenyak dari tidur. Aku berpikir pasti hari masih gulita. Benar jam menunjukkan pukul 2:50 dini hari. Hatiku tiba-tiba gelisah. Entah gerangan ada apa yang sedang terjadi atau sedang terjadi dengan diriku atau mungkin dengan kerabat atau orang-orang di dekatku. Aku tak tahu pasti. Aku tak ampu mengurai isyarat ini.

Aku sejenak berpikir, lalu kuputuskan untuk menyapa yang Maha Mengetahu lewat tahajudku. Semula terasaberat untuk mengambil air wudhu. Namun kemudian setelah aku sentuh embun, semuanya menjadi terasa ringan. Sulit untuk khusu’, namun aku teruskan sholatku. Biarlah Yang Maha Hidup yang menentukannya.

Selepas sholat aku teruskan berdzikir, terbayang jelas di depan mata orang-orang yang selama ini mewarnai hidupku, terutama yang tercinta almarhum ayahanda dan almarhumah ibunda. Masya Allah, kenapa justru perasaan bersalahku yang jelas tergambar seolah seumur hidup aku tak pernah berbuat baik untuk beliau. Astaghfirullah, ya Allah, ampunkan hamba jika memang itu yang ada dalam catatan langitmu. Tunjukkan kepada hamba bagaimana caranya agar hamba dapat menebus segala dosa dan kesalahan hamba.

Bimbingan ayah bunda bahkan mendewasakan aku justru pada saat aku menanti kelahiran anakku yang pertama. Mungkin sudah agak terlambat jika aku merasakannya saat ini. Kasih orang tua memang sepanjang jalan. Kapanpun itu akann selalu ada bahkan saat orangtua sudah tiada. Setidak-tidaknya itulah yang aku rasakan.

Dan ketika embun menetes kali pertama hari ini, aku menyapa Illahi lewat subuhku yang sani. Teriring doa buat orang-orang tercinta dalam sanubari.

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s