Berbagai macam Blogger, jenis dan habitatnya

Dari pada suntuk, ini saya copy-kan ulasan tentang blogger, ragam jenis, aliran dan habitatnya yang saya temukan disebuah milis.

Blogger Sejati

Blogger yang memang gemar menulis buku harian. Sebelum adanya teknologi blog, orang – orang yang termasuk aliran Blogger Sejati adalah orang – orang yang punya buku diary dan rajin mengisinya tiap hari. Blogger aliran ini biasanya tidak perduli akan SEO, Page Rank, Alexa Rank, Hit Pengunjung, apalagi online earning. Pokoke apa pun yang terjadi, nge-blog jalan terus. Tidak aneh bila kita membaca blog jenis ini biasanya terbawa arus mengikuti [baca:mengamati] kehidupan pribadi sang blogger.


Blogger Selebriti

Blogger aliran ini umumnya berasal dari orang yang memiliki potensi untuk terkenal tetapi tidak mendapat kesempatan terkenal di dunia offline sehingga banting setir jadi blogger dengan harapan bisa jadi selebriti di dunia blogger. Kalau ditanya kenapa mereka banting setir, jawabannya mudah, karena blogger di Indonesia jumlah masih sedikit, sehingga mudah untuk menjadi selebriti di dunia blog daripada bersaing jadi selebriti beneran.

Blogger aliran ini biasanya agak idealis, suka menonjolkan profil pribadi, tidak suka berbicara masalah uang, online earning, dll hingga rata – rata blognya bersih dari iklan ( tapi kalau sekali – sekali diundang jadi pembicara seminar, tidak pernah nolak ). Lebih suka berbicara tentang kegiatan – kegiatan yang bersifat sosial. Sering memberikan pencerahan – pencerahan dan nasihat – nasihat yang bijak.

Blog Maker

Sebenarnya aliran ini tidak termasuk Blogger penuh, karena tidak selalu nge-blog. Nge-blog bila ada order

Aliran ini memang sangat memperhatikan hal – hal teknis seperti code – code html, script php, design, Hosting Server, SEO, Alexa Rank, Visitor, dll karena memang pekerjaan blogger seperti ini adalah tukang buat blog atau web buat orang lain.

Blogger aliran ini biasanya akan merasa puas lahir dan bathin bila blog/web yang dibangun cantik, SEO friendly, SERP tinggi di google, apalagi bila yang order web / blog merasa puas, walau tak jarang menjadi kecewa di kemudian hari karena bayaran yang murah dan tidak seimbang dengan capeknya bergadang.

Blogger aliran ini sangat rentan ( baca:gatal ) ingin menguji kemampuannya. Apalagi bila melihat blog buatan orang lain lebih bagus dari karyanya, biasanya meraka akan habis-habisan menambah ilmu agar bisa membangun blog yang lebih baik.

Bila ada kesempatan, mereka tak sungkan saling TEST kemampuan ( walah bahasanya ), misalnya mengikuti kontes blog, kontes SEO macam Busby SEO Test ( ini kontes tingkat dunia lho… ), atau kejar mengejar keyword tertentu di google.com misalnya keyword SEO, Konsultan SEO, Tukang SEO, dll.

Ada yang unik dari blogger jenis ini. Bila blog pribadinya sering diupdate, sering gonta ganti design, SERP nya tinggi, dll artinya mereka lagi sepi order

Blogger Komersil

Blogger aliran ini adalah blogger yang punya intuisi bisnis yang tinggi, memiliki kemampuan advertising yang handal dan tentunya memilki kemampuan teknis per-SEO-an juga karena umumnya mereka sangat memperhatikan hal – hal yang berkaitan dengan SEO, SERP, Visitor Traffic karena bisa berdampak langsung terhadap earning ( baca:uang ) yang dihasilkan.

Blogger komersil juga terbagi menjadi beberapa sub jenis :

Full Online Earning

Murni mendapat penghasilan dari online seperti iklan, membership, dll. Mereka akan membuat sebuah web yang bisa menarik banyak pengunjung dan berharap iklan yang dipasang ada yang nge-klik atau membuat sebuah web yang mengharuskan pengunjungnya membayar iuran anggota.

Semi Online / Offline

Blogger jenis ini adalah memadukan advertising online dari blog untuk sebuah produk atau layanan yang bersifat offline. Misalnya blog yang berbentuk toko online ( e-commerce ), travel online, dll.

Namun ada juga blogger yang melakukan promosi berapi – api secara online tapi tidak jelas produk atau jasa yang dijual. Biasanya mereka menawarkan cara cepat untuk menjadi kaya dari dunia online.

Biasanya mereka akan membentuk sebuah komunitas dengan membership berbayar. Anggota komunitas biasanya mendapat panduan atau tips – tips cara cepat menjadi kaya dari dunia online. Tapi anehnya, tidak jarang mereka menjadi kaya justru dari membership fee downline yang mereka rekrut.

akhirnya…. anda termasuk yang mana ? we ke ke ke

( it is just kidding kok, mohon maaf bila ada yang tersinggung )

copy-paste dari sini

One comment

  1. Good post. I learn something totally new and challenging on sites I stumbleupon every day.

    It will always be exciting to read through content from other authors and practice a little something from other web sites.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s