Koneksi Internet Menggunakan HP

Sony Ericsson K 630i dan Simpati Pra Bayar

Untuk koneksi internet menggunakan HP cara yang saya lakukan pertama-tama banget adalah membaca buku panduan secara jelas dan dimengerti (jangan males membaca). Lalu:

1. Siapkan HP dan kartu SIM yang sudah di setting (GPRS, MMS, 3G).
2. Setting parameter-nya.

Setting mobile network. Caranya: masuk menu, setting, connetivity, mobile network pilih “GSM and 3G”


Internet Setting. Caranya: masuk menu, setting, connectivity, pilih internet setting, masuk connect using, pilih “Telkomsel“

Lihat Paramater-nya di sana. Jika kolom “APN” isinya “Flash“, ganti (edit) dengan “internet“, selebihnya biarkan tetap sama.

Coba dulu buat browsing dari HP kalo udah bisa berarti setting udah bener.

3. Siapkan Laptop atau notebook atau Komputer biasa

4. Install komputer dengan PC suit yang kita dapet saat kita beli HP-nya.

5. Hubungkan HP dan notebook pake kabel data atau buntut (bluetooth). Tunggu sebentar biarkan loading otomatis.

6. Jika sudah terhubung dengan benar di HP akan akan muncul beberapa pilihan (pilihan bisa dipelajari belakangan). Saat ini pilih “phone mode” untuk koneksi internet.

7. Buka Sony Ericsson PC Suit. Jika belum terhubung PC akan bilang “No phone is connected“. Artinya mungkin masang kabel datanya gak pas atau bluetooth-nya belum jalan. Benerin dulu. Jika PC sudah terhubung dengan HP pilih dan reception very good pilih “Internet Connetion” dan ikuti perintah selanjutnya.

8. Jika PC minta jenis connection, pilih Telkomsel.

9. Terus punya saya secara otomatis muncul pilihan “Telkomsel Broadband” dan “Telkomsel GPRS“.

10. Pilih salah satu. Jika pilih “Telkomsel Broadband”, koneksi cepet banget, tapi pasti diarahkan ke websitenya telkomsel flas dan diminta beli pulsa lagi disana. (saya gak pilih ini). Biar bisa bisa browsing normal pilih “Telkomsel GPRS”. Caranya klik kanan di situ terus pilih connect.

11. Jika sudah ada koneksi baru kita buka browsernya. Mau Mozilla, Opera, Explorer gak masalah.

Selamat mencoba berinternetan. Kalau belum bisa mungkin saya ada yang terlewat atau kurang jelas. Silahkan tinggalkan pesan. Atau ada yang mau memperjelas, dengan senang hati. Saya tadinya ingin naruh screen shot di sini, tapi belum bisa caranya, belum sempet browsing buat cari tahu, ya udahlah, tulisan aja. Mungkin ini malah bisa jadi bahan posting selanjutnya, Cara memasukkan screen shot dalam posting.

Sumber: asli tulisan sendiri berdasarkan langkah-langkah yang saya lakukan.

2 comments

  1. thanx banget buat infonya…ak appreciate banget. ak udah coba2 setting internet k630 selama seminggu ne ga berhasil. ampe marah2 ama grapari telkomsel ama SE center…infonya sangat membantu. thanx banget.

    jwb: sekarang udah bisa belum?

  2. ada contact ke saya seperti ini:
    saya merasa tertolong sekali membaca artikel seting internet dengan hp sony ericsson k630. langkah-langkah yang seperti saudara sarankan sudah saya ikuti. Hanya saja saya tidak bisa menemukan dimana ngelihat parameternya. sehingga sampai saat ini hp saya belum bisa konek dengan internet. mohon penjelasannya lebih lanjut. matur nuwun.

    jawab:
    setting parameter: di hp pilih menu setting, terus pilih connectivity, pilih internet setting. Ada muncul connect using, maka pilih telkomsel, terus edit. Sesudah masuk menu edit itulah semua parameternya. Yang paling penting APN diisi/ganti/edit dengan internet. jangan lupa di save semua perubahan yang telah dilakukan. selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s