Internetan Menggunakan HP

Posting ini ditujukan khususnya untuk para pengguna internet dengan HP pemula. Sekali lagi untuk pemula seperti saya ini.

1. Sony Ericsson K630i. Saya saat ini hanya menggunakan Sony Ericsson K630i yang saya beli seharga 1,5 juta rupiah menjelang Lebaran yang baru lalu (September 2008 di Jakarta). Dengan harga segitu saya mendapatkan isi lengkap, terdiri dari: HP, kabel data, charger, headset, CD untuk PC, external memori dan buku panduan. Saya hanya ingin punya HP yang bisa browsing, ada kamera, bisa buat chatting (Instant Messaging), push mail (yang ini tidak saya gunakan), ada musik, radio, video, dan yang penting sesuai dengan isi kantong saya. Wah, terminologi yang saya gunakan bukanlah terminologi teknik komputer tapi terminologi orang awam ya? Biarin deh, yang penting bisa bagi-bagi pengalaman.


2. Kartu Simpati Pra Bayar. Kartu yang saya gunakan adalah kartu simpati (bukan promosi lho, tapi karena memang nomer itu gak ganti-ganti bertahun-tahun, dan kalau nomernya saya ganti wah, bisa-bisa kehilangan relasi dan dapur gak ngebul). Kebetulan sekarang ini lagi ada hot promo untuk koneksi internet dengan Telkomsel Flash dengan diskon 50% dari harga bandrol. Pertama buat coba-coba saya beli “pulsa internet” Telkomsel Flash (www.telkomsel.com) seharga 5 ribu (jadi 2500 saja sesudah diskon) untuk 5 MB. (Flash menggunakan volume base bukan time based, artinya berdasarkan data-data yang kita download bukan berdasarkan waktu lamanya berinternet). Pulsa itu saya beli dari pulsa yang ada di HP. Caranya kirim SMS ke 3636 dengan pesan “Flash spasi On”, terus ikuti petunjuk dari reply-nya. Kalo mau yang lebih detail lihat di www.telkomsel.com. Tapi sebelumnya aktifkan dulu GPRS, MMS, WAP (untuk datanya). Caranya tergantung operator masing-masing. Dulu banget sih saya telpon aja ke bebas pulsa 116 simpati minta di setting dari sono. Jadi termasuk international roaming juga diaktifin sekalian. Belakangan setelah muncul teknologi 3G, saya juga aktifkan 3G-nya. Biasa sebagai orang awam saya telpon lagi ke operator, namanya veronica, nomor telponya 116. Jadi deh.

3. Setting Parameter. Sebelum bisa mulai browsing HP kita setting dulu parameternya. Semua operator punya parameter yang berbeda, bisa dilihat di situsnya masing-masing operator atau yang gampang ya nelpon operator minta disteeting dari sono.

4. Opera Mini. Saat browsing saya tidak menggunakan browser bawaan HP karena jatuhnya mahal. Terus saya download Opera Mini (www.operamini.com) melalui www.GetJar.com dan terus diarahkan untuk download langsung menggunakan browser bawaan di situs wap.GetJar.com. Jangan salah lho, wap bukan www Harus dengan browser bawaan agar si opera mini bisa langsung mendeteksi jenis HP yang kita gunakan. Kenapa saya pake opera mini, karena katanya, kalau browsing pake opera mini data yang kita download semua dikompress secara otomatis oleh opera mini jadi volume yang kita download menjadi jauh lebih kecil dibandingkan menggunakan browser bawaan.

5. ebuddy (www.ebuddy.com) . Nah, terus untuk chatting, saya download juga freeware ini karena saya punya beberapa account, ada yahoo, ada gtalk, ada MSN, ada facebook, ada ICQ. Di yahoo, tidak hanya satu account, tapi beberapa account dengan beberapa nama alias. Ebuddy ini bisa nampung semuanya. Maksud saya gini, dengan sekali login ke ebuddy, semua account yang saya punya bisa online secara bersamaan dalam waktu yang sama, detik yang sama, status yang sama. Cara dapetnya ebuddy, sama dengan opera mini. Saya dapat dari wap.GetJar.com download pake broser bawaan. Alasanya sama, dengan browser bawaan agar di ebuddy juga dapat langsung mendeteksi HP yang kita gunakan. Tapi sebelumnya baca-baca dulu pake PC di www.GetJar.com buat cari-cari.

6. GetJar www.GetJar.com. Buat Anda yang ingin download aplikasi untuk HP gratis, buka aja situs ini, pilih yang disuka, terus download dan install.

Ngomongin koneksi internet kok jadi ngelantur begini ya, biarin deh. Tapi singkatnya begini, untuk internetan di HP langkah-langkah yang pernah saya lakukan dan berhasil adalah:

  • HP yang ada internetnya dan IM, syukur udah 3G
  • Aktifkan GPRS, MMS, 3G
  • Setting parameter sesuai operator
  • Klik gambar internet di HP
  • Untuk browsing saya pake opera mini
  • Untuk chatting saya pake ebuddy

Koneksi Internet Menggunakan HP (Sony Ericsson K 630i dan Simpati Pra Bayar)

Untuk koneksi internet menggunakan HP cara yang saya lakukan pertama-tama banget adalah membaca buku panduan secara jelas dan dimengerti (jangan males membaca). Lalu:

1. Siapkan HP dan kartu SIM yang sudah di setting (GPRS, MMS, 3G).

2. Setting parameter-nya.

  • Setting mobile network. Caranya: masuk menu, setting, connetivity, mobile network pilih “GSM and 3G”
  • Internet Setting. Caranya: masuk menu, setting, connectivity, pilih internet setting, masuk connect using, pilih “Telkomsel
  • Lihat Paramater-nya di sana. Jika kolom “APN” isinya “Flash“, ganti (edit) dengan “internet“, selebihnya biarkan tetap sama.
  • Coba dulu buat browsing dari HP kalo udah bisa berarti setting udah bener.

3. Siapkan Laptop atau notebook atau Komputer biasa

4. Install komputer dengan PC suit yang kita dapet saat kita beli HP-nya.

5. Hubungkan HP dan notebook pake kabel data atau buntut (bluetooth). Tunggu sebentar biarkan loading otomatis.

6. Jika sudah terhubung dengan benar di HP akan akan muncul beberapa pilihan (pilihan bisa dipelajari belakangan). Saat ini pilih “phone mode” untuk koneksi internet.

7. Buka Sony Ericsson PC Suit. Jika belum terhubung PC akan bilang “No phone is connected“. Artinya mungkin masang kabel datanya gak pas atau bluetooth-nya belum jalan. Benerin dulu. Jika PC sudah terhubung dengan HP pilih dan reception very good pilih “Internet Connetion” dan ikuti perintah selanjutnya.

8. Jika PC minta jenis connection, pilih Telkomsel.

9. Terus punya saya secara otomatis muncul pilihan “Telkomsel Broadband” dan “Telkomsel GPRS“.

10. Pilih salah satu. Jika pilih “Telkomsel Broadband”, koneksi cepet banget, tapi pasti diarahkan ke websitenya telkomsel flas dan diminta beli pulsa lagi disana. (saya gak pilih ini). Biar bisa bisa browsing normal pilih “Telkomsel GPRS”. Caranya klik kanan di situ terus pilih connect.

11. Jika sudah ada koneksi baru kita buka browsernya. Mau Mozilla, Opera, Explorer gak masalah.

Selamat mencoba berinternetan. Kalau belum bisa mungkin saya ada yang terlewat atau kurang jelas. Silahkan tinggalkan pesan. Atau ada yang mau memperjelas, dengan senang hati. Saya tadinya ingin naruh screen shot di sini, tapi belum bisa caranya, belum sempet browsing buat cari tahu, ya udahlah, tulisan aja. Mungkin ini malah bisa jadi bahan posting selanjutnya, Cara memasukkan screen shot dalam posting.

Sumber: asli tulisan sendiri berdasarkan langkah-langkah yang saya lakukan.

4 comments

  1. Mas ko k630i saya ga bisa buat milih koneksi internet y mas,,,saya sudah masuk ke,,stting-konektivitas-setting internet-sambung dengan,,,nah,,,saya uda pilih gprs indosat,,,uda saya ok,,,ttp aja ga bisa ke pilih,,,pas saya coba pake browser biasa,,,sama aja mas,,,saya uda milih gprs mlh dpt pesan ”account data tidak ada harap periksa setting,,,mohon pencerahan,,,tolong jawab di email y mas

  2. Sy udah nyoba to tp tdk bsa mungkin ,ad yg salah tlong ajarin dong laptop sya axio hp sony w880i kartu as ,,stlah cd pc suite d msukin k laptot ap yg d kerjakan slanjutx . .tlong blz k email sya ya mkacih

  3. Saya mau tanya, gimana ya saya udah instal ebuddy,palringo,mig33, dan udah ndaftar awal2nya si bisa tapi cuma 1 kali, skarang kalo mbuka aplikasi tsb ko tidak bisa, malah loding terus lama banget. Gimana ya apa harus saya hapus dan download ulang. Mohon bantuan’y, thx..

    jwb: mungkin itu aplikasi saaling bertabrakan. jadi menurut saya hapus semua, tinggalin ebuddy-nya aja. saya juga pernah begitu, sekarang saya pake ebuddy dan yamee, semuanya jalan di satu hp.

  4. mas mau nanya, saya install e buddy di SE K 630i terus ada warning internet setting must be activated for java application, nyettingnya di mana ya?? mohon bantuannya…. kalo bisa jawab lewat email saya, hehehe makasih

    Jawab: mas, biasanya muncul seperti itu kalau koneksi internetnya gak ada. close/exit aja, nanti memang ditanya activated java, begitu keluar seperti itu, muncul menu, connect with, pilih sesuai kartunya, kalau saya telkomsel. Asal data account-nya udah ada, itu otomatis ngeset sendiri buat java. Selamat mencoba. sampai hari ini saya tidak ada masalah internetan dengan hp SE k630i. thanks.

Leave a Reply

