SMS Lebaran

Sudah cukup lama tidak posting karena keterbatasan akses internet. Terus apa yang mau diposting? Sudah pasti SMS Lebaran yang masuk ke inbox dan offline message.

Ada yang forward dari orang lain (ketahuan karena gak di edit dulu sebelum dikirim), ada juga yang mungkin asli bikinan sendiri. Tapi itu semua tidak penting, yang utama adalah niat baik untuk meminta maaf atas segala kesalahan yang pernah dibuat seseorang.

Sayang sekali bahwa sedikit orang yang berani meminta maaf atas kesalahannya langsung pada saat itu juga atau langsung pada saat ia menyadarinya. Kebanyakan, diborong pas Lebaran.

Nah berikut ini adalah SMS Lebaran yang masuk ke inbox saya dan diposting berdasarkan urutan masuk:

  1. Ass. Wr. Wb. Dari lubuk hati yang dalam, dari kata hati yang tulus, kami sekeluarga mengucapkan SELAMAT IDUL FITRI 1 SYAWAL 1429 H. MHN MAAF LAHIR & BATIN. Wass. (dari Pak S)
  2. Kuring neda dihapuntensamudaya kalepatan, manusa mah teu tiasa lumpat tina kalepatan. Taqobalallahu Minna Wa Minkum. (dari Zaenal Iin)
  3. Taqobbal robby minna wa minkum. Afwan katsiro ilayka wa alayna. Minal aidina wal faizin wal maqbulin. Amin ya Rabb. (dari padal)
  4. Ass. Wr. Wb. Perhatian2… Diberitahukan kepada para penumpang “RAMADHAN AIR” dg no penerbangan 1429 H bawha perjalanan akan ditempuh dlm wkt 1 hr lagi. Ketinggian jelajah amal DILIPAT GANDAKAN, dg 7an TAQWA.Pr penumpang dihrpkan tetap mengenakan sabuk AMANAH & mengenakan kursi IMAN & IKHLAS. Penerbangan ini bebas dari asap DENGKI & PERSELISIHAN. (dari Yoes)
  5. Sucikan hati bersihkan diri. KEL Asepmenghaturkan: Mohon Maaf Lahir dan Batin Minal Aidzin wal Faizin 1 Syawal 1429 H. (dari Asep)
  6. Saat wajah tak mampu bersua, Tgan tak mampu menjabat, smg pesan mampu menjadi jembatan dlm Idul Fitri. Dr lubuk hati& snubari, Mohon Maaf Lahir Batin. (dari Wita)
  7. Ass. Ramadhan telah meninggalkan kita, kami mengucapkan Taqobalallahu Minna Wa Minkum Mohon Maaf Lahir Batin atas sgl khilaf dan salah. Smg tahun depan menjadi SYAFA’AT buat kita semua. Amin. (dari C di http://www.syafaatadvertising.net )
  8. Indah purnama krn CAHAYA, Indah manusia krn AKHLAQ, indah ibadah krn IMAN, indah wajah krn SENYUMAN, indah hati karena KEIHKLASAN, Taqobalallahu Minna Wa Minkum Kullu’am wa antum toyyib. Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1429 H Mohon maaf lahir dan batin. (dari JCD and Vidi girls)
  9. Sepenuh ikhlas kami sampaikan. Selamat hari raya iedul fitri1429 H, mohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan tindakan dan kata-kata. (dari Bur)
  10. Setitik embun laksana daun, jatuh ke bumilaksana hujan, dosa bertimbun mohon diampun, sedetik khilaf mohonndimaafkan, kami sekeluarga mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429 H MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN (dari Fer Indosat)
  11. Untk temen2 jg sahabtku, kami sekel mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429 H MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN (dari Revty)
  12. “Minal Aidin walFaizin”. Lebaran is a wonderful opportunity: 2care, 2love, 2smile, 2pray, 2forgive, etc. Happy Idul Fitri 1429 H. (dari Putri)
  13. Genderang takbir kembali berkumandang seiring datangnya hari kemenangan. Kami sekeluargamengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H Mohon Maaf Lahir & Batin. Wass (dari Mei)
  14. Aku tahu jiwaku tak sebening mutiara yang berlinang dalam keindahan. Akupun tahu ragaku berlumur akan lumpur kotor yang menyelimuti akal dan sikapku Dan akupun sadar khilaf adalah akau dan salah adalah rupaku. Untuk itu di bulan yang penuh suci ini dan untuk hari yang kembali ke fitrah ini aku mengucapkan maaf lahir batin. (dari Iie)
  15. Ass. Taqobalallohu Minna wa Minkum. Minal Aidin Wal Faizin MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN (dari Heri)
  16. Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin (dari Sigit)
  17. Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin. Wishing you and your family a veru happy idul fitri. Eid Mubarak. Best Wishes Harry & Family.
  18. Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin (Petrus)
  19. Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin (dari Boy)
  20. Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin (dari Hendri)
  21. Taqobalallohu Mina wa Minkum. Dari Hati yang bersih, tebarkan maaf dalam keikhlasan. Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin (dari Jo)
  22. Pada hari yang fitri ini, dengan penuh kerendagan hati kami memohon maaf dari hati yang terdalam atas segala kesalahan dan keikhilafan, baik perkataan maupun perbuatan. Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin (dari Anastasia)
  23. Taqobalallohu Mina wa Minkum. Wa antum bi khairin. Minal aidin wal faizin. Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin (dari Siman)
  24. Jalan-jalan ke cibarusa, baliknya mampir ke banyumas, setelah sebulan berpuasa marilah kita keramas.
  25. Orang ganteng orang jelek, gue ganteng elo jelek. Maafin gue ya jelek
  26. Selamat anda mendapatkan maaf dari saya, untuk memberi maaf dan THR silahkan menghubungi no ini, bebas pulsa
  27. Aruming pangruwating jiwo, winahyo lekasing ati suci, samusul lumunturing jatining sedya, kula ngaturaken sugeng riyadi 1 Syawal 1429 H, nyuwun gunging pangaksami lahir tuwin batos. Taqobalallohu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum kullu’amin wa antum bi khoirin. Minal aidin wal faizin. (dari Thole)
  28. Berbuat khilaf adalah sifat, meminta maaf adalah kewajiban. Kami mohon maaf atas semua kehilafan. Taqobalallohuminna wa minkum.
  29. Taqobalallahu minna wa minkum Selamat hari raya idul fitri 1 Syawal 1429 H. (dari Diani)
  30. Ass. Terselip khilaf dalam canda, tergores luka dalam tawa, terbersit pilu dalam tingkah laku, tersinggung rasa dalambicara, di hari yang suci ini kami mohon maaf walau langkah tak bertemu, tangan tak berjabatan, ucapan tak terdengar, izinkan kami mengucapkan “selamat hari raya idul fitri 1429 H, mohon maaf lahir dan batin”. Wassalam (dari Doel)
  31. Ya Allah, limpahkanlah senantiasa kepada saudaraku yang baik ini, rahmat dan kebahagiaan. Menghaturkan “Selamat idul fitri, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir batin. (dari P. Heri)
  32. Mohon maaf lahir dan batin. Segala akan terasa indah jika semua salah & khilaf dapat dimaafkan dengan ikhlas. SELAMAT LEBARAN 1 SYAWAL 1429 H, TETAP SENYUM DAN HIDUP PENUH CINTA. Minal aidin wal faizin. (dari Sinta)
  33. Tiada hari seindah hari ketika pintu hati dibuka tuk saling memaafkan wakaupun tanpa jabat tangan walaupun tanpa senyum dan tatapan mata tapi kita saling ikhlas memaafkan. Teriring ucapan “Taqoballahu minna wa minkum, kullu’ amin wa antum bikhoir, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir batin.” (dari Giyana)
  34. Menghaturkan permohonan maaf lahir dan bathin, semoga Allah memberikan rahmat, hidayah, perlindungan, ridho-Nya. amin. Salam hormat Santi.
  35. Ass. Ja’alanallahu waiyyakum minal aidin wal faizin, taqobbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kullu amin wa antum bikhair. (dari Bu Haji)

Masih banyak lagi deh kebanyakan mirip-mirip atau bahkan ada yang sama persis, jadi ya …… gak usah ditulis semuanya.

Terus ada juga nih koleksi SMS Idul Fitri yang pake bahasa daerah, tidak semua daerah tentu saja karena kalau harus begitu berarti ada sekitar 500 bahasa untuk 500 suku bangsa di Indonesia:

  1. Aturang titiang rahajeng Idul Fitri 1429 H, titiang nunas ampura lahir batin. (Bahasa Bali)
  2. Horas, Selamat Idul Fitri 14291429 H, molo adong pe na sala panghatai on dohot pangalaho nami, mangido ma’af ma hami, sian bagasan roha nami Pauk pauk hudali ma pago pago tarugi, Na tading taulahi, na sala ta pauli…. (Bahasa Batak)
  3. Selamat Idul Fitri 1429 H Mani maafu lahir te bathin tomo bari-baria kesalahanku. (Bahasa Buton)
  4. Sucining ati, tumatining laku, ngaturaken SUGENG RIYADI bilih wonten kalepatan nyuwun agungi samudro pangaksami. Kulo nyuwun gunging pangapunten sedanten kalepaten lahir dumugi ning batos mboten langkung ngaturaken sugeng Iedul Fitri, mugi Gusti Allah Ingkang Kuoso paring ridho lan rahmatipun dumateng kito sedoyo. (Bahasa Jawa)
  5. Selamat Idul Fitri 1429 H, mohon maaf lahir & batin atas samua kita pe kesalahan. (Bahasa Manado)
  6. Salamaik Hari Rayo Idul Fitri 1429 H, Mohon Maaf Laia Jo Bathin Jiko Ado Salah (Bahasa Padang)
  7. Selamet idul fitri 1429 H tunas ampun lahir dan batin. (Bahasa Sasak, Lombok)
  8. Kedaling rasa nu pinuh ku bangbaluh hate, urang lubarkeun, ngawengku pinuh ku nyuuh, meungpeung wanci can mustari. Taqabalallahu Minna Wa Minkum
  9. Wilujeng Idul Fitri 1429 H, sim kuring neda dihapunten samudaya kalepatan.
  10. Kuring neda dihapunten kana samudaya kalepatan, boh bilih aya cariosan anu matak ngarahetkeun kana manah, da sadayana oge mung saukur heureuy, manusa mah teu tiasa lumpat tina kalepatan jeung kakhilafan (Bahasa Sunda)

Sumber : Jamaah Ar Royyan, A. Yahya Sjarifuddin

Ada lagi SMS lebaran yang diintip dari inbox lain:

  1. HALO FREN Walaupun hati tidak sebening XL dan secerah MENTARI. Banyak khilaf yang buat FREN kecewa, kuminta SIMPATI-mu untuk BEBAS-kan dari ROAMING dosa dan kita semua hanya bisa mengangkat JEMPOL kepadaNYA yang selalu membuat kita HOKI dalam mencari kartu AS selama kita hidup karena kita harus SMART dan FLEXI-bel untuk menerima semua pemberianNYA dan menjadi MATRIX kehidupan ini.. Dan semoga amal kita tidak eSIA² .
  2. Bila Idul Fitri adalah lentera, izinkan membuka tabirnya dengan maaf agar cahayanya menembus jiwa fitrah dari tiap khilaf.
  3. Walau Hati `gak sebening XL dan secerah MENTARI. Banyak khilaf yang buat FREN kecewa, kuminta SIMPATI-mu untuk BEBAS-kan diri dari ROAMING dosa, kita hanya bisa angkat JEMPOL padaNya yang selalu buat kita HOKI dalam mencari kartu AS dan STAR ONE selama hidup, kita harus FLEXI-bel untuk menerima semua pemberianNYA dan menjalani MATRIX kehidupan ini… dan semoga amal kita tidak ESIA-ESIA. MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN. *****
  4. Ramadhan membasuh hati yang berjelaga Saatnya meraih rahmat dan ampunan-Nya. Untuk lisan dan sikap yang tak terjaga. Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Sekalian saya mau mengucapkan Selamat Iedul Fitri 1429 H Taqobalallahu minna wa minkum. Mohon Maaf Lahir Dan Bathin
    *****
  5. Sayup terdengar takbir berkumandang Tanda Ramadhan akan lewat
    Ampunan diharap, barokah didapat Taqobalallahu minna wa minkum
    Mohon maaf lahir dan bathin
    *****
  6. Bryan Adams said “Please Forgive Me..”
    Rio Febrian said “Ooo.. Maaf, maafkan diriku..”
    Ruben Studdard said “Well this is my sorry for 2004.”
    Yuni Shara said “Mengapa tiada maaf bagiku.”
    Elton John said “Sorry seems to be the hardest word.”
    Mpok Minah said “Maaf.. bukannya saya ngak ngerti.. bukannya saya nggak sopan..”
    I said “Minal Aidin wal faizin..”
    *****
  7. Bila ada langkah membekas lara, Ada kata merangkai dusta, Ada tingkah menoreh luka, Mohon maaf lahir dan bathin, Selamat hari raya Idul Fitri****
  8. Ketupat udah dipotong, Opor udah dibikin, Nastar udah dimeja, Kacang udah digaremin, Gak afdhol kalo gak Minal Aidin wal Faizin, Taqobalallahu minna wa minkum. *****
  9. Sebelum takbir berkumandang, Sebelum ajal menjemput, Sebelum jaringan over load, Ijinkan kami memohon maaf lahir dan bathin
  10. The holy and beautiful Syawal will come soon, There is no word proper to welcome it, Except the word of pray and forgiveness, My Majesty if you forgive all my fault, And hope your worship accepted by Allah The God of Merciful and the Beneficent *****
  11. Orang yang paling mulia adalah orang yang mau memaafkan kesalahan orang lain Bersihkan diri, sucikan hati Di hari yang Fitri ini.*****
  12. Bulan Ramadhan telah berlalu Dan hari Kemenangan telah datang Untuk itu mari kita bersihkan hati dan jiwa kita Dari gelimang dosa Mohon Maaf Lahir dan Bathin****
  13. Berbuat khilaf adalah sifat, Meminta maaf adalah kewajiban, Dan kembalinya Fitrah adalah tujuan, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN*****
  14. Ramadhan telah surut, Hari yang Fitri telah terbit, Maaf kumohonkan Agar hati bersih dari dosa, Minal Aidin wal Faizin *****
  15. Let’s write all the mistakes down in the sand, And let the wind of forgiveness erase it away, Happy Idul Fitri, Minal Aidin wal Faizin*****
  16. MATA kadang salah melihat MULUT kadang salah mengucap HATI kadang salah menduga Dengan niat tulus suci dengan ikhlas Mohon Maaf Lahir dan Bathin *****
  17. Jika langkahku membekas lara, Kataku merangkai dusta; Lakuku menoreh luka; Dari jeritan lubuk bathinku, Dengan ketulusan hatiku Komohonkan maaf lahir bathinku. Taqobalallahu minna wa minkum. Minal Aidin wal Faizin. Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1429 H *****
  18. Andai tangan tak kuasa menjabat, Setidaknya kata masih dapat terungkap.
    Setulus hati mengucapkan Selamat Idul Fitri, Mohon maaf lahir & batin Ridho Allah dan berkahNya
  19. Menyertai hambanya, Yang saling ucapkan maaf, Dan memberi maaf, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H, Maaf Lahir Bathin *****
  20. Ijinkan saya bersajak, Untuk LISAN yang tak terJAGA, Untuk JANJI yang terABAIKAN, Untuk HATI yang berPRASANGKA, Untuk SIKAP yang meNYAKITKAN, Di hari yang FITRI ini, dengan TULUS HATI, Saya mengucapkan mohon MAAF LAHIR & BATHIN, Semoga ALLAH selalu membimbing kita Bersama di jalanNYA *****
  21. Sepuluh jari kutangkupkan, Maaf Lahir Bathin kupohonkan. Taqobalallahu minna wa minkum Minal Aidin wal Faizin *****
    Gema takbir bergumpal didalam dada
    Idul Fitri seratus meter lagi *****
  22. Semoga kesucian hati, Tidak hanya untuk Idul Fitri, Selamat Idul Fitri 1429 H
    Mohon maaf atas kesalahan dan kekhilafan kami selama ini *****
  23. Ramadhan akan berlalu, Jiwa bersih membalut kalbu, Dengan kerendahan hati, Mohon diberi maaf yang suci, Selamat idul fitri 1429 H, Minal aidin wal faizin *****
  24. Sejalan dengan berlalunya Ramadhan tahun ini Kemenangan akan kita gapai
    Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa Dalam kesempatan hidup ada keluasan ilmu Hidup ini indah jika segala karena ALLAH SWT Kami sekeluarga menghaturkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H Taqobalallahu minna wa minkum Mohon maaf lahir dan bathin *****
  25. Tiada embun yang lebih bening selain beningnya hati, Tulusnya jiwa membuka pintu maaf, Minal Aidin wal faizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin *****
  26. Suminten wonten pinggir margi sadean kupat bumbune santen
    Puniko dinten Riyadi sadaya kalepatan nyuwun pangapunten
    Taqobalallahu minna wa minkum *****
  27. Mata bisa salah lihat, Kuping bisa salah dengar, Mulut bisa salah bicara, Hati bisa salah sangka, hari yang fitri ini, mohon maaf lahir dan bathin *****
  28. Jika aku tak memberi maaf, Bukan karena aku tak mau memberi maaf, Tetapi engkau tak punya salah, Maaf apa yang harus kuberikan? *****
  29. Jika aku memberi maaf, Bukan karena engkau meminta maaf, Tetapi karena sepenuh maaf aku berikan, Setulus hati, seikhlas niatku, Meski tanpa kau minta *****
  30. Jika aku meminta maaf, Bukan karena hari ini Lebaran, Tetapi karena Ridho Allah SWT, Yang telah membukakan pintu kejujuran hati nurani, Untuk mengakui segala khilaf dan alpa, Dengan segenap cemas dan sesal, Aku memohon maaf ****
  31. Mangan sate sak gulene, sego megono bumbu kemiri
    kapan wae lebarane, sugeng riyoyo idul fitri
    tumbar merico kecap asing
    Nyuwun ngapuro lahir lan batin
    ***
  32. Kapanpun lebarannya, ucapannya: Taqaballahu minna wa minkum minal aidzin wal faizin mohon maaf lahir dan bathin. ******
  33. Sayup terdengar takbir berkumandang, Tanda Ramadhan akan lewat, Ampunan diharap, barokah didapat, Taqobalallahu minna wa minkum, Mohon maaf lahir dan bathin
  34. The holy and beautiful Syawal will come soon
    There is no word proper to welcome it
    Except the word of pray and forgiveness
    My Majesty if you forgive all my fault
    And hope your worship accepted by Allah
    The God of Merciful and the Beneficent
  35. Orang yang paling mulia adalah, Orang yang mau memaafkan kesalahan orang lain, Bersihkan diri, sucikan hati, Di hari yang Fitri ini.

Yang lain lagi yang penuh nuansa religius:

1. Ridho Allah dan berkahNya Menyertai hambanya Yang saling ucapkan maaf Dan memberi maaf Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H Maaf Lahir Bathin

2. Ramadhan akan berlalu
Jiwa bersih membalut kalbu
Dengan kerendahan hati
Mohon diberi maaf yang suci
Selamat idul fitri 1429 H
Minal aidin wal faizin

3. Sejalan dengan berlalunya Ramadhan tahun ini
Kemenangan akan kita gapai
Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi
Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa
Dalam kesempatan hidup ada keluasan ilmu
Hidup ini indah jika segala karena ALLAH SWT
Kami sekeluarga menghaturkan
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H
Taqobalallahu minna wa minkum
Mohon maaf lahir dan bathin

4. Tiada embun yang lebih bening selain beningnya hati
Tulusnya jiwa membuka pintu maaf
Minal Aidin wal faizin
Mohon Maaf Lahir dan Bathin

5. Selamat jalan duhai bulan Ramadhan
Kau temani kami dengan kesetianmu
Kau dampingi kami dengan kemuliaan dan keberkahanmu
Kini Kau tinggalkan kami
selamat tinggal duhai kekasihku
Sampaikan salam kami kepada Rasulullah saw dan keluarganya.
Semoga kita berjumpa lagi di tahun yang akan datang
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
******

6. Selamat jalan duhai bulan Ramadhan
perpisahanmu menyedihkan kami,
memilukan kami kepergiannya.
Sampaikan salam kami kepada Rasulullah saw dan keluarganya.
Semoga kita berjumpa lagi di tahun yang akan datang
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
******

7. Selamat jalan duhai kekasihku, bulan Ramadhan
bulan harapan didekatkan, amal disebarkan, keberkahan dialirkan
dosa-dosa dimaafkan. Salam kepada Rasulullah saw dan keluarganya.
Semoga kita berjumpa lagi di tahun depan.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
*******

8. Selamat jalan duhai kekasihku, bulan Ramadhan
Kedatanganmu membahagian kami
Kepergianmu menyedihkan kami
Denganmu Allah swt mengampuni dosa-dosa, memaafkan segala kesalahan
Mengalirkan keberkahan, membuka semua pintu surga dan menutup semua pintu neraka.
Sampaikan salam kami kepada Rasulullah saw dan keluarganya.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
*******

9. Salam bagimu, duhai bulan Ramadhan
Sahabat yang paling bernilai ketika dijumpai
paling menyedihkan ketika ditinggalkan
Kekasih yang ditunggu, yang menyedihkan perpisahannya
Selamat jalan, duhai kekasihku.
Sampaikan salam kami kepada Rasulullah saw dan keluarganya.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
*******

10. Salam bagimu, duhai bulan Ramadhan
Kekasih yang datang membuat gembira dan bahagia
yang meninggalkan kesepian dan dukacita.
Tetangga yang bersamanya hati melembut dan dosa berkurang
Selamat jalan, duhai kekasihku.
Sampaikan salam kami kepada Rasulullah saw dan keluarganya.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
*******

11. Salam bagimu, duhai bulan Ramadhan
Penolong yang membantu kami menghadapi setan
Yang memudahkan kami jalan-jalan kebaikan
Selamat jalan, duhai bulan kekasihku.
Sampaikan salam kami kepada Rasulullah saw dan keluarganya.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
*******

12. Salam bagimu, duhai bulan Ramadhan
betapa banyaknya orang yang terbebas di dalammu
betapa bahagianya orang yang menjaga kesucianmu
betapa banyak dosa yang kau hapuskan
betapa banyak aib yang kau tutupi
Selamat jalan duhai bulan Ramadhan.
Sampaikan salam kami kepada Rasulullah saw dan keluarganya.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
*******

13. Salam bagimu, duhai bulan Ramadhan
betapa banyak dosa yang kau hapuskan
betapa banyak aib yang kau tutupi
betapa panjang hari-harimu bagi pedosa
betapa agung kamu bagi orang beriman.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
*******

14. Salam bagimu, bulan yang sejahtera segalanya
duhai yang persahabatannya tidak dibenci
duhai yang pergaulannya tidak tercela
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
*******

15. Salam bagimu, bulan yang penuh berkah
kau datang kepada kami membawa berkah
dan kau bersihkan kami dari noda kesalahan
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
*******

16. Salam bagimu, duhai bulan Ramadhan
duhai yang dicari sebelum waktunya
duhai yang ditangisi sebelum kepergiannya
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
*******

17. Salam bagimu, duhai bulan Ramadhan
betapa banyak kejelekan dipalingkan karenamu
betapa banyak kebaikan dilimpahkan kepada kami karenamu
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
*******

18. Salam bagimu dan bagi malam Al-Qadar yang lebih baik dari seribu bulan
betapa senangnya kami kepadamu kemarin
betapa rindunya kami kepadamu esok
kini keutamaanmu ditepiskan dari kami
keberkahan dilepaskan dari kami
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
*******

19. Ya Allah, kami pecinta bulan Ramadhan
Dengannya Kau muliakan kami
Kau untungkan kami
ketika orang durhaka tidak mengetahui waktunya
ketika orang celaka dijauhkan dari keutamaannya
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
*******

20. Ya Allah, bulanmu yang mulia meninggalkan kami
Anugerah-Mu permulaan, ampunan-Mu kebaikan
siksa-Mu keadilan dan ketentuan-Mu sebaik-baiknya pilihan
Selamat jalan duhai bulan Allah yang paling mulia
Sampaikan salam kami kepada Rasulullah saw dan keluarganya.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
*******

21. Ya Allah,
Kausambut orang yang menentang-Mu dengan santun
Kaubiarkan orang yang berbuat zalim pada dirinya
Kautunggu mereka dengan sabar sampai kembali kepada-Mu
Kautahan mereka untuk tidak segera bertaubat
supaya yang binasa tidak binasa karena-Mu
yang celaka tidak celaka karena nikmat-Mu
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
*******

22. Ya Allah,
bagi-Mu segala pujian dengan pengakuan akan keburukan
dan kesadaran akan kelalaian bagi-Mu
dari lubuk hati kami penyesalan yang paling dalam
dari lidah kami permohonan maaf yang paling tulus
Berilah kami pahala dengan segala kekurangan yang menimpa kami di bulan ini pahala yang menyampaikan pada kemuliaan yang diharapkan
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
*******

23. Ya Allah, teriring shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya
Lepaskan kami musibah dengan bulan ini
Berkahi kami pada hari raya kami dan saat berbuka kami
Jadikanlah ia hari yang terbaik yang melewati kami
yang paling dapat menarik ampunan-Mu
yang paling cepat menghapus dosaku
Ampuni dosa-dosa kami yang tampak dan tersembunyi.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
*******

24. Ya Allah, dengan berlalunya bulan ini lepaskan kami dari kesalahan kami dengan keluarnya bulan ini keluarkan kami dari kesalahan kami
Jadikan kami dengan bulan ini
orang yang paling bahagia
orang yang besar memperoleh bagian
orang yang paling tinggi mendapat keuntungan
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
*******

25. Ya Allah, dengan berlalunya bulan yang mulia ini
Ampuni dosa-dosa kami
Ampuni ayah dan ibu kami dan kaum mukminin dari dahulu hingga hari kiamat
wahai Yang Maha Pengasih dari segala yang mengasihi
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin
*******

Doa ini secara lengkap dapat dicopi dari website:
http://www.alfusalam.web.id/
http://groups.google.co.id/group/keluarga-bahagia

Wada’an Ya Ramadhan
Selamat tinggal duhai Ramadhan
Kami sedih dan berduka atas kepergianmu
Kau temani kami sebulan penuh dengan kesetiaan
Kau alirkan kepada kami keberkahan
Kau gantikan noda dosa dengan maghfirah dan rahmat Ilahi
Kau gantikan penderitaan dengan keindahan dan kedamaian
Semoga kita berjumpa kembali di tahun yang akan datang.
Ya Allah, dengan Ramadhan
Selamatkan kami dari segala musibah dan penderitaan
Shalawat dan salam bagi kekasih kami Rasulullah saw dan keluarganya
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H.
Mohon Maaf lahir dan batin.
********

Ya Allah, bagi-Mu segala pujian dengan pengakuan akan keburukan dan kesadaran akan kelalaian. Dari lubuk hati kami penyesalan yang paling dalam dari lidah kami permohonan maaf yang paling tulus. Karuniakan kepada kami dengan segala kekurangan kami di bulan-Mu yang agung ini Maghfirah, rahmat, keberkahan dan kedamaian yang menyampaikan kami pada kemuliaan dan ridha-Mu. Shalawat dan salam dari kami untuk Rasul yang agung dan keluarganya yang suci (sa) Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon Maaf lahir dan batin.
********

Di Penghujung bulan yang agung ini Sayangi tangisan dan rintihan kami
Pastikan bagi kami ampunan-Mu. Sampaikan dengan sisa umur kami kepada bulan Ramadhan yang akan datang. Bantulah kami untuk beribadah kepada-Mu. Bimbinglah kami untuk mentaati-Mu. Bimbinglah kami untuk mencintai Rasulullah saw dan keluarganya serta para kekasih-Mu. Shalawat dan salam dari kami untuk Rasul yang agung dan keluarganya yang suci (sa)
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429H.
Mohon Maaf lahir dan batin.
********

Ya Allah
Apa saja dosa besar dan kecil yang kami lakukan di bulan yang mulia ini
atau kedurhakaan atau kesalahan yang kami langgar dengan sengaja atau lupa Maafkan kami dengan dengan maaf-Mu
Ampuni kami dengan ampunan-Mu
Alirkan pada kami keberkahan dan kedamaian dari sisi-Mu
Lindungi kami dari segala musibah
Selamatkan kami dari siksa dan azab-Mu
Shalawat dan salam untuk kekasih kami Rasulullah saw dan keluarganya (sa) Selamat Hari Raya Idul Fitri 1420 H.
Mohon Maaf lahir dan batin.
********

Ya Allah, dengan berlalunya bulan yang mulia ini
Lepaskan kami dari segala dosa kami
Keluarkan kami dari segala kesalahan kami
Selamatkan kami dari segala musibah
Jadikan kami
orang yang paling bahagia
orang yang besar memperoleh bagian
orang yang paling tinggi mendapat keuntungan dari sisi-Mu
Shalawat dan salam untuk kekasih kami Rasulullah saw dan keluarganya (sa)
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1428 H.
Mohon Maaf lahir dan batin.
********

Ya Allah, orang yang memelihara bulan ini dengan sebenarnya
menjaga kehormatannya dengan sebenarnya
menegakkan hukum-hukumnya dengan sebenarnya
menjaga diri dari dosa-dosanya dengan sebenarnya
mendekatkan diri kepada-Mu dengan sedekat-dekatnya
tentu ia akan memcapai ridha-Mu dan meraih kasih-Mu
Berilah kami yang seperti itu dari kekayaan-Mu
Karuniakan kepada kami anugrah-Mu yang berlipat-ganda
karena anugrah-Mu tidak pernah berkurang
perbendaharaan-Mu tidak pernah menghilang
dan pemberian-Mu penuh kebahagiaan
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1428 H.
Mohon Maaf lahir dan batin.
********

(Iqtibas dan disarikan dari doa Imam Ali Zainal Abidin sa1), Ash-Shahifah As-Sajjadiyah, doa ke 45, doa berpisah dengan bulan Ramadhan)
Imam Ali Zainal Abidin adalah salah seorang cucu Rasulullah saw yaitu putera Al-Husein bin Fatimah binti Rasulillah saw.
********

Untuk lebih lengkap Mutiara Hikmah ini …
Saya sarikan dari doa Imam Ali Zainal Abidin (sa), doa ke 46, doa Sesudah shalat Idul Fitri, Ash-Shahifah As-Sajjadiyah.
Silahkan akses dan copi di:
http://groups.google.co.id/group/keluarga-bahagia
http://www.alfusalam.web.id

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s