Google Trends: Jakarta Terbanyak Memasukkan Kata “Islam” Dalam Mesin Pencari

Mungkin ada sebagian dari Anda yang belum mengetahui, ada fasilitas baru di google yang menyediakan informasi trend kata apa yang paling banyak dimasukkan dalam mesin pencari milik mereka. Hasil penghitungannya, bahkan telah tersedia dalam kategori negara, kota dan bahasa.

Dari data inilah, sedikit banyak, kita bisa memperoleh informasi kira-kira pengguna internet di negara tertentu banyak mencari informasi kategori apa. Jika kita ketik kata “microsoft” misalnya, fasilitas google trends akan menampilkan negara pengguna internet terbanyak yang mencari kata itu adalah India. Di bawah India ada sekitar sembilang negara lain yang termasuk negara terbanyak yang memasukan asal kata microsoft, di mana hasil pencarian itu bisa dalam bentuk artikel, analisa, program, software dan semacamnya.

Yang unik, ketika kita memasukkan kata “sex”, ternyata jumlah netters terbanyak yang mencari kata itu dalam search engine google, adalah negara-negara Arab, dan menggunakan bahasa Arab. Setidaknya ada tujuh negara Arab yang termasuk dalam list 10 negara terbanyak mencari informasi yang berasal dari akar kata “sex”. Tentu saja, hal ini tidak otomatis menggambarkan bahwa para netters itu pasti mencari sesuatu yang negatif dari kata tersebut, karena ada banyak informasi yang bisa disajikan tentangnya.

Jika kita memasukkan kata “Islam”, ini juga unik tapi menyejukkan. Ternyata, jumlah pengguna media maya di seluruh dunia yang paling banyak mencari kata tersebut, adalah Indonesia. Di bawahnya, ada Malaysia, Pakistan, Maroko, Uni Emirat Arab, Mesir dan Turki. Lebih spesifik kota yang paling banyak mencari kata “Islam” dari seluruh kota di dunia, adalah Jakarta. Namun dalam lingkup Indonesia, propinsi yang paling banyak mencari kata tersebut adalah Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta, dan Sumatera.

Anda bisa mencoba melihat sendiri trend kata apa yang ingin Anda lihat perbandingan penggunaannya di media maya dengan mengunjungi GoogleTrend

Pasted from eramuslim.com

sumber saya: dari sini

Technorati Profile

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s