Heboh: Zaskia Adya Mecca Merokok

rokok di tanganku

rokok di tanganku

Anda Penggemar Zaskia Adya Mecca? Betul, Zaskia belakang lebih identik dengan peran seorang “muslimah yang baik hati” melalui sinetron-sinetron dan film-film berlatar belakang agama yang ia bintangi. Tapi apakah keseharianya Zaskia memang begitu? Tengoklah photo-photo di bawah ini yang diambil di sela-sela break shooting sinetron Munajat Cinta dan kemudian menjadi heboh dan perbincangan seluruh masyarakat.

Memang dalam sinetron atau film seseorang hanya sebagai seorang aktor yang kerjanya memang berakting dan tidak memerankan dirinya sendiri, tetapi memerankan karakter dan tokoh sebagai orang lain. Tapi bagaimanapun juga, masyarakat akan tetap menganggap bahwa si aktor memang begitulah orangnya. Terbukti dengan cerita-cerita bahwa seorang tokoh antagonis yang kemudian “dicaci-maki” dan diteriakin yang “kurang bagus” ketika bertemu dengan penontonya. Menurut saya memang figur mewakili sinetron atau filmnya begitu juga sebaliknya.

Tengoklah tentang Mama Dahlia ibunda Kiki Farel yang kemudian menjadi dikenal orang karena penampilannya yang lugu, polos dan betawi banget. memang keseharianya Mama Dahlia ya seperti itu.

Harapan saya, semoga Rianti Cartwright yang cantik dan kalem banget saat berjilbab dalam sinetron dan filmnya (Munajat Cinta, Ayat-Ayat Cinta), akan menjadi Rianti yang baru dengan penampilan dan citra yang baru sehingga dapat menjadi icon “wanita muslimah” di Indonesia. Semoga.

seger rokoknya

seger rokoknya

ngrokok dulu ah ....

ngrokok dulu ah ....

zaskia adya mecca, santai dulu ah ...

zaskia adya mecca, santai dulu ah ...

sumber photo: dari sini

Sebagai tambahan, di suara warga ada seorang warga yang memberikan komentarnya dengan judul Zaskia dan Aib Sinetron Religi

Jilbab warna biru yang membalut paras manis Zaskia Adya Mecca tampak kontras dengan sebatang rokok yang menancap dibibirnya. Ini bukan adegan dalam sinetron, tapi justru dilakukan di sela-sela syuting sinetron Munajat Cinta.

Munajat Cinta adalah salah satu judul sinetron yang dibintangi dara manis mantan pacar Syahrul Gunawan yang kini dikabarkan dekat dengan sutradara muda Hanung Bramantyo itu. Selain Munajat Cinta, masih berderet sinetron dan filmlayar lebar yang telah melibatkan perannya. Menyebut diantaranya “Kun Fayakun”, “Ayat-Ayat Cinta”, akan menyusul “Ketika Cinta Bertasbih” dan yang pertama kali melejitkan namanya sinetron “Kiamat Sudah Dekat” arahan sutradara Deddy Mizawar.

Berkat perannya di sejumlah tayangan bernuansa religi itu, para pemirsa dan pengagum mengenal Zaskia sebagai sosok perempuan salehah. Penilaian itu wajar ketika kita menghubungkan dengan perannya di “Kiamat Sudah Dekat” sebagai “Sarah” yang pandai mengaji. Para fans pun tentunya menduga dan berharap bahwa apa yang diperankan idolanya dalam sinetron sejalan dengan perilaku kesehariannya.

Tapi image Zaskia kemudian justru dibantah sendiri oleh infotaiment yang selama ini telah turut serta membesarkan namanya. Dalam Bibir Plus pagi di SCTV dikabarkan Zaskia tengah pesta rokok di lokasi Syuting ditemani kekasihnya Hanung Bramantyo dan teman syutingnya, Baim Wong. Foto-foto Zaskia yang tengah merokok pun kini telah beredar luas di internet.

Demam Simbol
Kabar miring Zaskia itu akan mengejutkan siapa saja yang selama ini mengenalnya lewat layar kaca. Anda barangkali akan bilang, Zaskia ternyata tak ubahnya sejumlah selebritis lain yang manis di depan kamera tapi perilakunya liar ketika di luar tuntutan perannya. Lepas dari kesahihan gosip infotainment dan gambar yang beredar di internet, masyarakat tak perlu memberikan reaksi yang berlebihan. Dalam dunia peran, siapapun bisa menjadi apa yang diinginkan oleh sang sutradara. Dan kebetulan saja Zaskia dianggap lebih pas, atau dalam istilah pasar lebih marketable, untuk memerankan sosok muslimah yang salehah. Di luar itu, Zaskia punya otoritas penuh untuk menjalani kehidupannya sendiri.

Sikap semacam itu penting untuk menghindarkan sentimen kita terhadap simbol agama dan perilaku –kalau merokok bagi perempuan, apalagi dia berjilbab dianggap– menyimpang sang penyandang atribut. Saya tidak sedang mempermasalahkan Zaskia yang mengenakan jilbab dan oleh karenanya ia tak boleh merokok. Tapi ingin menunjukkan betapa hebatnya media membangun citra seseorang, dalam hal ini Zaskia Adya Mecca.

Jika karena ulah FPI yang mengenakan pakaian jubah putih dan menggunakan nama Islam, namun dalam aksinya kerap melakukan kekerasan, lantas kita mencurigai setiap orang yang kita jumpai berpenampilan layaknya FPI sebagai ancaman. Jika demikian halnya, maka efek dari Zaskia yang kedapatan merokok itu akan menjadikan kita menanam curiga kepada setiap perempuan yang berjilbab dengan anggapan negatif.

Kondisi yang sama, sikap sejumlah negara barat yang demam terhadap islam sebagai akibat gerakan sejumlah kalangan muslim –yang disebut barat- fundamentalis yang dianggap akan mengancam perdamaian dunia. Meski dalam satu pihak kalangan muslim itu menganjurkan kekerasan dalam perjuangannya, namun kekerasan itu sebenarnya juga sebagai reaksi atas sikap barat sendiri yang banyak mencampuri negara lain, termasuk negara muslim.

Sikap kita yang mencurigai setiap orang yang berjubah, dan juga negara barat yang demam terhadap Islam, sebagai akibat cara pandang yang menempatkan simbol dan atribut di atas perilaku orang perorangnya. Yang kita pandang adalah jubahnya, yang membuat demam adalah orang islam yang melakukan kekerasan. Padahal jubah itu putih, islam itu damai.

Efek Pencitraan
Kembali ke Zaskia, pembangunan citra bagi seorang aktris itu penting. Ia menjadi semacam bumbu penglaris untuk menguatkan image yang diperankan. Sebagian masyarakat kita tampaknya tak menyadari hal itu. Mereka berharap banyak bahwa sang idola yang mereka kenal lewat layar kaca demikian adanya dalam dunia keseharian. Ekspektasi para fans terhadap idolanya akhirnya berujung dengan kekecewaan ketika mereka mengetahui jika sang idola Cuma tampil manis di layar kaca, tapi tidak demikian halnya dalam dunia nyata. Zaskia tak salah. Mau merokok atau menjadi pelacur sekalipun itu adalah haknya. Tapi tentu ia akan menyadari bahwa dengan terkuaknya aib itu akan menjadi batu sandungan bagi karirnya. Bisa saja ia akan dengan sekuat tenaga menutupi, mengelak, tapi tampaknya juga akan percuma. Ibarat barang dangangan, brand bernama Zaskia telah cacat. Kelalailan atau kecolongan dalam menjaga citra produk yang dijualnya sungguh sebuah kesalahan yang fatal, tentu saja jika dilihat dari sisi pemasaran.

Segmen pasar yang telah dibidik selama ini telah keruh. Jika pun fans akhirnya menghujat dan memilih meninggalkan Zaskia, itu bukan salah mereka. Tidak bijak juga kita menyebut mereka sebagai penonton tidak dewasa. Audiens film dan sinetron di negeri ini sebagain besar tampaknya masih melihat figur di belakang aktor, bukan semata karena kematangan berakting. Tapi jangan lupa, mereka juga yang telah turut melariskan sinetron dan film bercorak religius yang booming belakangan ini. Meski ada juga yang menikmati akting Zaskia dan aktor lainnya dalam film tanpa peduli kesehariannya.

Zaskia punya pilihan untuk meraih kembali simpati dan kepercayaan dari para fans dengan membuktikan bahwa gambar itu tidak benar adanya, bahwa gambar itu dalam rangka tuntutan peran, atau mengundang pakar spesialis dalam soal ini Roy Suryo untuk bersaksi bahwa gambar itu palsu.

Tapi jika itu benar, dan Zaskia berbohong untuk menutupi kenyataan itu, maka akan percuma saja. Jika kabar miring itu benar, katakan saja apa adanya. Pengakuan Zaskia meski pahit akan membantu publik penikmat sinetron dan film di negeri ini menempatkan posisinya. Dari kejadian ini, setidaknya masyakat kita bisa belajar banyak untuk menjadi lebih kritis dan lebih arif dalam menyikapi setiap tayangan atau peristiwa yang disampaikan lewat media. Bagi saya pribadi, apapun yang terjadi pada Zaskia, selama dia bisa menunjukkan aktingnya dengan baik, tidak sekadar bintang karbitan yang dipoles untuk memenuhi keinginan pasar, Zaskia akan tetap anggun dengan jilbabnya.

Zaskia Adya Mecca, Jakarta, 8 September 1987

Zaskia Adya Mecca, Jakarta, 8 September 1987

Nah, apa komentar Anda sekarang?

Terus apa yang terjadi setelah Zaskia ketahuan merokok?

Foto Merokok, Zaskia Dipandang Sinis

Foto Merokok Beredar, Zaskia Mecca Mengaku Khilaf

Akibat Foto Merokok, Zaskia Kehilangan Peran

Begitulah manusia, tidak peduli siapapun dia, selama ia masih termasuk dalam katagori manusia, ada-ada saja yang akan dialaminya. Kalau kata seorang politisi yang berkampanye “Hidup itu adalah perbuatan”.

Advertisements

12 comments

  1. “kita smua manusia biasa jd gak lepas dari ihlaf & salah,dan mungkin apa yg dialami oleh zaskia mungkin suatu kesalahan dari pergaulan.jadi bagi zaskia cepatlah sadar dan bangun karna kita mengasihi anda.apa sih enaknya jd pembicaraan orang?gunakanlah hidup mu penuh dgn sgala yg bermanfaat bagi orang lain & dirimu oke “GBU

  2. HALLO SAUDARE SEKALIAN……
    MEROKOK TU UDAH HARAM … !!! cume masalah izinnye jak, sesunggohnye ijtihad ulama udah diketok palu. tinggal pribadi masing-masing mau patuh atau tadak, yang namenye kebudayaan islami tadak bise di moderen kan, seperti mem BOLEH kan rokok dsb, lagi pulak, merokok tu banyak efek tadak bagusnye, 1. GIGI KUNING, 2. NAFAS BAU, 3. BIBIR BIRU, 4. BATUK ‘PASTI’, 5. LIUR CEPAT BASI, 6. MENGGANGGU KOMUNIKASI, 7. NGURAS DUIT, 8. TIDAK BEBAS, 9. WALAU PUN BELI PAKAI DUIT HALAL, ROKOK ITU TIDAK THOYYIB. sedangkan makanan yang diharuskan HALAL & THOYIB.
    Saran untok Zaskia, Mumpung masih muda, masih cantik, masih lajang, masih ber umur…. Cobe lah berhenti mulai sekarang. kasihan janinmu. JANGAN SAMPAI MENYESAL karena menyesal pasti datangnya BELAKANGAN. Saudara seiman – Penggemarmu (Film Kiamat Sudah Dekat)

  3. ya tiap orang punya hak, dan sebaiknya kita jangan mudah men”judge” orang lain sebelum yakin ibadah kita, perilaku kita sudah dalam rule agama atau belum. jangan mudah mem-vonis orang sedangkan kita sendiri tidak tahu dalam setiap ibadah kita diterima atau tidak.G’d luck

  4. biasa saja itu. merokok tidak haram. dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan pakai jilbab atau tidaknya seseorang. jangan berpikiran sempitlah. bukan dunia yag terbalik, tetapi otak-otak Anda yang butuh disegarkan. belajarlah agak lebih bijak memandang sesuatu. jangan melap-lap kebudayaan lama yang telah usang juga. tinggal di kota-kota besar semuanya, tetapi berpikiran kolot. tak ada yang salah dengan Zakia. Anda-anda pasti adalah orang pencemburu terhadap pasangan. Anda-anda hanya angkat topi pada kehebatan seseorang, tetapi tak mau terima jika ada yang tidak Anda senangi dari mereka.

  5. Saya nggak nyangka ZASKIA merokok dalam keadaan berjilbab.Padahal yang saya kenal ZASKIA anggun dan cantik kalau sedang berjilbab.Memang dunia ini sudah terbalik.Sekarang ngomong khilaf,besok diulangi lagi yaa…..!?

  6. Kami, sebg keluarga muslim yg selama ini senang nonton sinetron yg dibintangi Zaskia sgt kecewa, sejak heboh foto tsb keluarga jarang dan tidak lagi nonton sinetron yg ada “Zaskia” nya, ternyata selama ini kita diboongin dg balutan jilbab yg anggun & cantik .,,, moga-moga qta tdk diboongin oleh artis yg sok pake jilbab

  7. assalamu’alikum .

    saiiah sbagae remaja muslim yangg berjilbab . sangadh kecewa melihad icon reamja berjilbab inii merokok dalam keadaan mengenakann jilbab.

    memalukann citraa seorangg yangg muslimah .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s