Musholla: Pasaraya Blok M — Gedung MPX Grande

Musholla ini merupakan satu diantara sekian banyak musholla kecil yang tersebar letaknya di pertokoan besar ini dan bisa dianggap yang paling laik.

Terletak di dekat pintu keluar kearah parkiran lantai 3 (daerah sepatu pria), satu gedung dengan Pasaraya Grande Theatre, kondisinya berbeda dengan lingkungan tempat parkir umumnya karena digedung ini areal parkir hanya menggunakan tembok setengah tinggi untuk sisi-sisinya sehingga aliran udara cukup lancar. Ditambah lagi jarangnya terjadi antrean kendaraan, maka udara ditempat ini cenderung masih aman untuk dihirup.

Mushollanya sendiri cukup sederhana dan bersifat tempelan, tapi terdapat pemisahan antara ruang sholat pria dan wanita sehingga faktor risih dan bersentuhan lawan jenis bisa dikurangi. Musholla berukuran kecil, tanpa bantuan penghawaan mekanik (baik AC maupun kipas), namun di dinding luar musholla terdapat kisi-kisi berukuran besar yang membantu pertukaran udara dalam ruangan. Lantai yang terbuat dari ubin keramik ini membantu memberikan rasa sejuk, namun kerasnya lantai akan membuat tidak nyaman bagi mereka yang memiliki masalah sendi, terutama bagi yang telah berusia agak lanjut. Lantai semacam ini juga walaupun mudah dibersihkan namun tidak menyerap air sehingga seringkali berada dalam kondisi becek akibat terlalu berdekatannya dan tidak adanya keset antara ruang wudhu dan ruang musholla.

Untuk berwudhu disediakan beberapa deretan keran di area pintu masuk musholla, dengan kondisi yang bersih dan penghawaan serta pencahayaan yang baik. Agaknya musholla Pasaraya Grande ini merupakan salahsatu contoh musholla yang diciptakan dengan sekedar memanfaatkan ruang lebih, namun digarap dan dipelihara dengan cukup baik.

Di beberapa bagian lain gedung terdapat pula beberapa musholla, namun kondisinya rata-rata lebih sederhana. Satu lantai di bawahnya (parkiran lantai 2), malah kadang terjadi juga kasus kehilangan alas kaki.

Kebersihan: B- (kadang bau lembab)
Kerapian: B
Luas: D (kecil)
Kenyamanan: C
Keamanan: C (tak ada penitipan alas kaki, tapi mudah dipantau)
Ruang Tunggu: D (tak ada bangku tempat duduk)
Look & Feel: C++

Tulisan aslinya ada di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s