Tips isi Bensin agar hemat

Bahan Bakar Minyak (BBM) makin mahal. Tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Nah, untuk itu kita perlu punya cara untuk hemat BBM. Salah satu penghematan yang dapat dilakukan adalah menyiasati pada saat pengisian bensin untuk mobil atau motor kita.

1. Usahakan untuk mengisi bensin di pagi hari.
Saat suhu permukaan tanah masih dingin. Setiap pom bensin menyimpan bensinnya di ruang penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin suhunya, maka bensin akan semakin “padat”, sedangkan saat suhu menghangat, bensin akan memuai. Jika pengisian bensin dilakukan pada sore atau malam hari saat suhu tanah masih panas, bensin akan memuai, artinya VOLUME yang terbaca oleh meteran akan menjadi lebih besar dari VOLUME sebenarnya. Penambahan suhu 1 derajat besar bedanya lho.

2. Jangan mengatur buaan NOZZLE jadi FAST MODE.
Ini untuk pengisian bensin yang dilakukan sendiri alias self-service. Kalau di sini ungkin kita bisa memberitahu ”tukang” isi bensin untuk mengatur pengisian dengan setting slow mode saja. Pada trigger terdapat 3 level: low, medium, high. Pada slow mode, kita memasukkan bensin secara perlahan, dan akibatnya adalah meminimalisasi terciptanya vapor (uap) dari bensin tsb. Semua selang di pom bensin punya vapor return (artinya kira2: jalan kembali bagi uap bensin). Kalau kita setting ke FAST mode, maka sebagian dari bensin (yang berbentuk cair) akan berubah menjadi vapor (uap) dan akan tersedot balik ke tangki penyimpanan, jadinya bensin yang masuk ke mobil/motor kita lebih sedikit dari yang tertera di meteran. Jika di slow mode mungkin bensin akan lebih lambat menjadi uan, dengan demikian bensin kita lebih ”padat”.

3. Isi bensin saat tangki masih berisi setengah.

Karena semakin banyak tangki bensin kita berisi bensin, semakin sedikit udara yang ada di sana. Petrol (bensin) menguap jauh lebih cepat dari yang kita bayangkan. Tangki penyimpan bensin punya atap yang mengapung di dalamnya (internal floating roof), yang berfungsi sebagai pemisah antara bensin dan udara di dalam tangki. Pom bensin punya “internal floating roof”, jadi mereka tidak akan mengalami pengurangan bensin karena menguap, sedangkan di mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita yang atur sendiri.

4. Jangan mengisi bensin saat Pom Bensin sedang diisi (ada mobil tangki di situ).
Kemungkinan besar isi bensin di ruang penyimpanan (storage tank) sedang teraduk sehingga kotoran (yang biasanya ada di dasar) akan terangkat dan bisa terbawa masuk ke tangki bensin mobil/motor kita. Akibatnya tangki bensin jadi kotor.

Nah, tips yang singkat berdasarkan logika sederhana ini semoga dapat membantu Anda untuk hemat BBM. Meskipun tampaknya jumlah yang tidak berarti (apa lagi buat orang kaya), tapi jika jumlah ini terakumulasi banyak, maka banyak pula yang bisa kita hemat. Selamat berhemat !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s