Surat Tilang Warna Biru | Bayar Di Bank Denda Maksimal

Ini adalah penjelasan resmi dari TMC Polda Metro:

Mengenai beredarnya fenomena di SMS 1717 maupun Website TMC tentang Polisi menolak memberikan slip biru terhadap pelanggar. Agar diketahui dalam Surat Keputusan Kapolri No Pol: SKEP/443/IV/1998, tanggal 17 April 1998 penggunaan blanko biru bisa dilakukan.

Jika pelanggar meminta blanko biru maka pelanggar tidak perlu lagi mengikuti sidang di pengadilan, bisa membayar langsung di Bank BRI, namun Slip warna Biru ini dikenai denda Maksimal (sesuai Undang-Undang No. 22 Tahun 2009).

Hal ini disebabkan agar pelanggar memiliki efek jera untuk tidak melakukan pelanggaran lagi.

Contoh : Tidak memiliki SIM
Mengemudikan kendaraan bermotor di jalan,tidak memiliki Surat Izin Mengemudi Pasal 281 jo Pasal 77 ayat (1).  Denda Maksimal : Rp 1.000.000

Ket: Dengan Blanko Tilang warna biru melanggar pasal ini, pelanggar diwajibkan untuk membayar denda maksimal yaitu Rp 1.000.000
Hal ini berbeda jika pelanggar ditilang menggunakan Blanko warna merah, karena denda untuk Blanko warna merah ditentukan berdasarkan keputusan Hakim Pengadilan.

Dengan klarifikasi ini memungkinkan pelanggar lalu lintas yang ditilang polisi dapat meminta kepada petugas dilapangan untuk ditilang dengan menggunakan blanko warna biru atau bisa juga blanko warna merah .

Perihal Petugas kami yang melakukan pelanggaran mohon diinformasikan kepada kami identitasnya. Karena selama ini upaya – upaya pembinaan perilaku petugas sudah rutin dilakukan sehingga apabila ada yang melakukan pelanggaran, Institusi akan tegas memberikan sanksi. Dan dalam rangka upaya membangun postur polri yang bersih dan akuntable kami mohon tidak memberikan sesuatu dalam belum bentuk apapun ( Uang / Barang) terhadap petugas, apabila melakukan pelanggaran lalu lintas silahkan tidak mengambil jalan pintas dengan memberikan uang/ barang.

(TMC Polda Metro on facebook)
14 comments

  1. apakah boleh minta tuker surat tilang biru ama yang warna merah??
    terus apa boleh yang udah terlanjur ngambil warna biru ikut sidang aja??
    karna saat dilakukan tilang pihak polisi katanya kalo sudah minta biru tidak bisa dituker.
    apa itu benar???

  2. menurut ane pggunaan form tilang warna biru tu malah rawan korupsi.ketika kita bayar d BRI dkasih slip tabungan biasa n atas nama pejabat kepolisian daerah,,,

  3. di tingkat POLSEK aja masih banyak KKN apalagi di MABES,….!! janji2 boleh2 aja tp bukti dilapangan semua POLISI ga da perubahan.
    klo mank adakan Razia kenapa sekarang ada bahasa titip dan itu Uangnya masuk kemana??? apa masih belum kenyang dng gaji yg sudah kalian terima!! sudah gaji dpt dari rakyat masih saja memalak rakyat dng dalih operasi / razia,…..ujung2nya “nitip apa tilang” klo mank mau jadi Polisi yg tegas klo mank rakyat salah ya sudah kasih surat tilang ga usah ditawari “Titip”.
    makasih.

  4. KAlo punya sim,,tpi masa berlakunya mati,,apakah pada saat ada razia akn kena tilang jgak ???
    karan sesuatu hal blom bisa diperpanjang atw buat baru lagi ?
    mohon infonya?
    thx

  5. Ini jadi senjata polisi untuk melakukan negosiasi dari denda maksimal. Jadi kalian semua bullshit…. Kami berhak meminta tabel pelanggaran dan dendanya. Oknum polisi R baru melakukannya di perapatan s.parman, tomang, tgl 10 /12/2011 yl. Jadi memang lembaga korup mendidik pamong2 yang korup , bukan pamong yang menjadikan lembaga itu korup

  6. Beberapa waktu yg lalu saya ditilang karena saya melanggar peraturan lalu lintas, sim saya ditahan, dan sampai saat ini belum saya tebus. Siang tadi saya kena tilang lagi sewaktu ada razia kepolisian didaerah arcamanik bandung, saya dikenakan pasal 281 uu no.22 thn 2009 karena saya dianggap tidak memiliki sim, padahal saya sudah bilang pada polisi yg nilang saya bahwa beberapa waktu yg lalu saya ditilang dan sim saya ditahan jadi saya tidak bisa menunjukan sim saya. Namun polisi itu tetap keukeuh dengan dugaannya, saya tetap ditilang dan kini stnk motor saya yg ditahan.

    1. Nahh.. Itu mah salah kamu.. Udah tau gak pegang SiM kok bawa2 motor? Ya tebus dulu SIM nya.. Baru bawa motor lg.. Kalo polisi dengerin smua alasan saat mau nangkap org ya penjahat aman2 aja mah kalo gitu atuh.. :D

Leave a Reply

