Puisi Ramadhan

Ada sekuntum hari
Dimana wanginya mengharumi bumi sepanjang waktu
Karena saat itulah kemahamurahan sang Khaliq berlimpah
Menyatu pada segala inti hidup

Adalah Ramadhan
Ia bertelaga bening
Airnya mutiara maghfiroh
Gericiknya dzikir dan tadarrus
Tepianya doa lemah lembut, lirih dan berpasrah hati
Siapa tak ingin jadi ikannya?
Mari berenang dengan kesunyian nafsu
Agar setiap sirip kita tak patah sia-sia

Ia rahasia
Tak sekedar lapar dahaga
Tapi sesungguhnya itulah hakekat cinta
Dan salah satu cara bertegur sapa dengan Alloh
Karena dengan lapar dan haus
Kita bisa lebih menyadari bahwa kita tak berpunya
Bisa lebih memahami
Bahwa kita tak lebih dari sebutir debu
Di antara kemahaluasan-Nya

Ia sepantasnya dirindukan
Karena ia lebih

Di cakrawala bertebar pengampunan, rakhmat
Dan segala kebaikan
Juga nuzulul qur’an dan lailatur qodar

(RH-DP)
About these ads

124 comments

  1. subhanallah…bgus bgt puisinya jd trharu…
    q mnt izin nyalin puisi nie ya…
    untk tugs d skolh,.
    before and after i say so thank you….^_^

  2. suhanallah…..puisinya bgus bgt…..jd trhru,.
    q mnt izin nyalin puisi nie ya…
    untk tugas q d skolh,.
    before and after i say so thank you….^_^

  3. alhamdullilah ya… ALLAH ramadhan telah datang aku ucapkan kepada engkau yang telah menciptakan malam bulam ramadhan yang begitu indah dan tiada tandingannya

  4. apa maksud x ha nggak jlks tau nggak sih loh
    kalau tau tuh nulis yg jls dong nggak ngeri apa maksud x puisi ramadhon apa maksudx ha
    kau ni nggak jls bah di ajak ngomong sama orang nggak jls btl be mls kita sudah ngomong sama dia ya mls aku tau nggak sih loh itu kalau tau knp kau bilang puisi ramadhon buat apa aku aja sudah dapat ayo lah kau blm ngerjain tugas puisi padahal dari hari jumat itu berapa hari ada 3 harian lah kalau nggak salah ya

  5. Semoga puisimu tak sekedar kata-kata indah, tapi jadi langkah pasti tuk raih surga abadi yang disediakan Allah bagi hamba_nya yang taat beribadah. amiiin.

    jwb: Amien untuk doa’nya. saya juga ingin begitu.

  6. Semoga Allah SWT menjadikan kita semua para mujahid&mujahidahnya di bulan romadon ini,,,,,,,,,,,,aamiin boleh gak artikelnya di pasang di facebook sebagai dakwah untuk semua rekan facebook
    JZK

    jwb: silahkah, saya juga sudah buat note puisi ini di fb saya.

    1. innnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnndah bgt puisinya,lh g’q bwt nd’mading q.mga2 ja lh

      jwb: lhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh banget

  7. terima kasih buat teman-teman yang sudah mengcopy puisi saya:

    http://hilmanmuchsin.blogspot.com/2009/08/puisi-ramadhan.html?showComment=1252046797686#c845958348905924750

    http://dhinicoz.blogdetik.com/2009/08/30/puisi-ramandahn/

    http://profiles.friendster.com/27144829

    http://cyberwap.net/blog/view.php?id=95852&prev_p=2

    http://www.mypulau.com/dewi_h/blog/738559/

    http://dwipo2.blogspot.com/2009/08/puisi-ramadhan.html

    http://jizdan.blog.friendster.com/2008/08/ramadhan/

    http://profiles.friendster.com/29373120

    http://rakadeanku.blogspot.com/2009/08/padamu-ramadhan.html

    http://poemforchildren.wordpress.com/2009/08/22/puisi-ramadhan/

    http://74.125.153.132/search?q=cache:U-3LtlpJLzoJ:vupload.new.facebook.com/wall.php%3Fid%3D23813837037%26page%3D19%26hash%3D09b1cbbdd309d54f91ba4359acebfe1e%26_fb_noscript%3D1+Ia+rahasia+Tak+sekedar+lapar+dahaga+Tapi+sesungguhnya+itulah+hakekat+cinta+Dan+salah+satu+cara+bertegur+sapa+dengan+Alloh+Karena+dengan+lapar+dan+haus+Kita+bisa+lebih+menyadari+bahwa+kita+tak+berpunya+Bisa+lebih+memahami+Bahwa+kita+tak+lebih+dari+sebutir+debu+Di+antara+kemahaluasan-Nya&cd=16&hl=en&ct=clnk&client=opera

    http://ummimoet.wordpress.com/home/#comment-6

    http://kendiantik.blog.friendster.com/2008/09/marhaban-ya-ramdhan/#comment-49

    http://wentizakiah.blogspot.com/2008/08/situs-sastra-populer-indonesia.html

    http://satap2cibuaya.wordpress.com/2009/08/20/marhaban-yaa-ramadhan/

    http://tio.blog.friendster.com/2008/09/marhaban-ya-ramadhan/

    http://almasgitu.blogspot.com/2009/08/met-puasa-for-all.html

    http://tikuskecilnisya.blogspot.com/2009/08/1-ramadhan-1430-h.html

    http://whitenext.blogspot.com/

    http://wwwchabiboy.blogspot.com/

    http://n032.blogspot.com/2009/08/ramadhan-memo.html

    http://74.125.153.132/search?q=cache:npUudtw2_kEJ:roelciptakreasindo.blogspot.com/2009/08/marhaban-yaa-ramadhan.html+Ia+rahasia+Tak+sekedar+lapar+dahaga+Tapi+sesungguhnya+itulah+hakekat+cinta+Dan+salah+satu+cara+bertegur+sapa+dengan+Alloh+Karena+dengan+lapar+dan+haus+Kita+bisa+lebih+menyadari+bahwa+kita+tak+berpunya+Bisa+lebih+memahami+Bahwa+kita+tak+lebih+dari+sebutir+debu+Di+antara+kemahaluasan-Nya&cd=32&hl=en&ct=clnk&client=opera

    http://melz-cute.blogspot.com/2008/09/selamat-menunaikan-ibadah-puasa.html

  8. subhanallah semoga kt smua termasuk orang2 yang bruntung
    ………Ia rahasia
    Tak sekedar lapar dahaga
    Tapi sesungguhnya itulah hakekat cinta
    Dan salah satu cara bertegur sapa dengan Alloh
    Karena dengan lapar dan haus
    Kita bisa lebih menyadari bahwa kita tak berpunya
    Bisa lebih memahami
    Bahwa kita tak lebih dari sebutir debu
    Di antara kemahaluasan-Nya

  9. subhanalloh dengan kekuasan MU seorang manusia bisa bikin kata kata semanis dan seindah itu ya Alloh berikanlah aku seperti oranglain bisabikin puisi yang bagus.kawan gimana caranya

  10. subhanalloh dengan kekuasan MU YA ALLOH SEORANG MANUSIA BISA BERKATA SEINDAH DAN SEMANIS INI ,berikan lah aku bisa berkata seperti itu aliasbisa bikin puisi

  11. subhanalloh atas kebesaran MU YA ALLOH seorang manusia bisa berkata semanis dan seindah itu maka tunjukanlah ke padaku agar aku bisa seperti itu aku sangat berharap menjadi seorang penyair yang agamis.kawan bagai mana caranya bisa seperti itu

  12. ^o^……….subhannAllah………….^o^
    ramadhan memang bulan yang pantas untuk dirindukan
    setiap detik waktu terasa lembut berjalan
    di bulan ramadhan pun semua terasa begitu spesial
    alunan merdu adzan dinantikan setiap orang
    bukan karena ingin segera berbuka tentu saja…hehehe..
    tapi karena begitu syahdunya lirik gubahan iman yang diserukan ke antero dunia yang disibuki masalah duniawinya..

    ehm..maaf ya, prolognya agak panjang..^O^.. puisinya benar-benar menggugah.. tetap semANgat yak… selamat berpuasa di bulan ramadhan..

  13. Assml…Bagus Puisiny
    Aq Jga Punya Ni Puisi Tukeran Ya…

    Pengampunan – MU Tuhan…
    Karya : Ccp. ZM : Email : cecepzenalmustakim@ymail.com

    Sepercik asa di diri ini
    Sepenggal do’a yang dipanjatkan
    Selangkah kaki yang dipijakan
    Tiada lain hanyalah menuju pengampunan – Mu Tuhan

    Ya… Robbi
    Tunjukan Cahayamu yang kekal dan abadi
    Bimbinglah kami menuju jalan – Mu
    Berilah kekuatan agar kami tak jemu melangkah dijalan – Mu

    Ya…Robbi
    Walau diri ini hina dihadapan – Mu
    Ijinkanlah diri ini menengadahkan jemari ini
    tuk memohon ampunan- Mu
    Demi menuju Ridlo dan Ampunan – Mu

  14. Tak sekedar lapar dahaga
    Tapi sesungguhnya itulah hakekat cinta
    Dan salah satu cara bertegur sapa dengan Alloh
    Karena dengan lapar dan haus
    Kita bisa lebih menyadari bahwa kita tak berpunya

    bagus banget!!!!!
    ngopi sepenggal ya, mau saya edit dan pasang….
    nanti saya kasih linknya ‘klo dah jadi’ hehehehehe

  15. Marhaban Yaa Ramadhan

    Selamat datang ya bulanku
    bulan yang suci mulia, bulan penguji umat islam.
    penguji iman dan taqwa.
    mari kita sambut gembira, datangnya bulan puasa. bulan yang suci mulia bagi umat islam sedunia.
    pintu neraka telah di kunci dengan datangnya bulan suci
    dan pintu surga telah di buka untuk manusia yang bertaqwa.
    banyak2lah kita ibadah supaya mendapat berkah.
    marhaban marhaban marhaban yaa syahru ramadhan.
    selamat menunaikan ibadah puasa.

    ne kak puisinya.

  16. Ya Allah….
    Puisi yang sangat indah menurut saya….
    Maknanya benar-benar bisa saya rasakan….

    untuk itu, saya ijin untuk bisa mengcopynya dan akan saya bacakan di depan teman2 kantor ^_^

    siapa tau dengan begitu, mereka juga bisa merasakan kenikmatan seperti apa yang saya rasakan setelh membaca puisi ini….

  17. Ass.
    Subahanallah puisinya bagus banget dan menyejukkan hati.
    Kalau boleh tahu judulnya apa yach………..?????
    Dan saya boleh copy nggak buat pesantren kilat nanti…..????????

    Ass.
    salam kenal Bunga.
    balas ke email saya ych………

    JWB: judulnya RAMADHAN. Silahkan dicopy. salam kenal kembali buat bunga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s