Ilmu Ikhlas

Ada “definisi” ilmu ikhlas yang sangat sederhana namun menarik untuk dicermati.

Definisi ikhlas menurut sinetron KSD (Kiamat Sudah Dekat) adalah tahu mengukur kemampuan diri.

Kesimpulan tersebut diambil dari rangkaian cerita KSD sebagai berikut:

Ada dua perjaka (Fandy dan Farid) yang mencintai seorang gadis berjilbab (Sarah) anak seorang haji. Untuk menentukan siapa yang berhak untuk meminang anaknya, pak haji memberikan 2 syarat, yaitu semua keputusan tergantung anaknya (Sarah) dan harus memiliki ilmu ikhlas (untuk Fandy dan Farid).

Setelah melalui perjuangan untuk memiliki ilmu ikhlas maka sampailah pada hari audisi yang ditentukan. Sebelum audisi dimulai, Fandy minta waktu untuk menyatakan keputusannya mengundurkan diri dari audisi dengan pertimbangan bahwa Farid lebih pantas karena Farid adalah seorang muslim yang bakal menyandang gelas S2 dari universitas Al Azhar Mesir, karena Fandy sangat mencintai Sarah maka kebahagian Sarah menjadi bagian dari kebahagiannya juga meskipun ia tidak menikahinya, dan Fandy sudah cukup bersyukur karena dengan mengenal Sarah dan pak haji ia menjadi seorang muslim yang taat.

Keputusan beserta alasan-alasan pengunduran diri tersebut justru merupakan kriteria ilmu ikhlas yang telah dimiliki oleh Fandy sehingga ia dinyatakan lulus audisi dan diterima, namun masih harus menunggu keputusan dari Sarah.

Makna ikhlas yang disimpulkan tadi tidak datang begitu saja, tetapi melalui sebuah proses yang panjang meliputi niat, motivasi, tolok ukur, transparansi, dan akuntabilitas.

Fandy dan Farid jatuh cinta kepada Sarah dan berniat menikahinya setelah mereka bertemu dengan Sarah. Pertemuan dengan Sarah telah memotivasi munculnya niat mencintai dan menikahi Sarah. Niat tersebut diperjuangkan melalui tindakan, ucapan, dan doa secara transparan dan betanggungjawab.

Setelah sampai pada tolok ukur maka Fandy merasa tak pantas untuk memiliki Sarah, sehingga ia memutuskan untuk mengundurkan diri, namun justru keputusan beserta alasan-alasan pengunduran diri tersebut merupakan makna ikhlas yang dimaui oleh pak haji.

Dengan demikian makna ikhlas adalah suatu proses mengukur kemampuan diri dalam mencapai tujuan yang dilandasi oleh niat, motivasi, tolok ukur, transparansi, dan akuntabilitas.

Makna ikhlas tersebut tentunya tidak hanya terkait dengan masalah cinta kasih asmara antara 2 insan yang berbeda namun dapat diterapkan dalam segala aspek kehidupan.

sumber

About these ads

22 comments

  1. kalau ilmu iklas sudh tertanam dalam hati kita insyallah akan selalu ada jalan keluar di setiap masalah yg kita hadapi yg pentig kita ikhlas tuk mghadapinya,,,,,

  2. ikhlas itu indah.memank pertama memulai suli & berat.tp stiap kt menjlnkan subhanallah luar biasa hati jd plong,lega,ktny jg gak berburuk sangka.pkokny MANTAP BEUUUGHHHHHH

  3. susungguhnya hidup ini sangat indah di kala musibah datang kita bisa mengambil keindahan didalamnya,begitupun kebahagian datang maka nikmatnya dua kali lipat apabila kita menikmatinya dengan penuh hayat, sedih, senang, dan menangis pun sangat indah kalau kita menagis dengan ikhlas.
    kita harus rela meninggalkan pergaulan menyendiri bukan berarti tidak bergaul.

  4. susungguhnya hidup ini sangat indah di kala musibah datang kita bisa mengambil keindahan didalamnya,begitupun kebahagian datang maka nikmatnya dua kali lipat apabila kita menikmatinya dengan penuh hayat, sedih, senang, dan menangis pun sangat indah kalua kita menagis dengan ikhlas.
    kita harus rela meninggalkan pergaulan menyendiri bukan berarti tidak bergaul.

  5. sulit skali menjalani ikhlas,
    harus menrima knyataan, hrus mengikuti kata org tua, hrus mengikuti ajaran agama, harus mengikuti kodrat..
    hati seperti dikekang, mgkin sudah tidak punya hati lagi untuk dibagi, krn sudah habis dgn btasan2 yg ada..
    -sperti singa dalam sangkar-

  6. indahnya tampak makna keikhlasan . . . indahnya pula dalam kehidupan . . . Jejak jejak orang2 budiman . . . . Rela bersakit demi yang di sayang . . . . Apalah lagi makna keikhlasan . . . jika berela sakit tanpa niat hanya semata2 karena tuhan (ALLAH SWT) yang maha penyayang . . . .

  7. walau kita lebih sering lupa bersyukur tapi setidaknya kisah tsb utk mengingatkan kita, secuil rasa syukur tentu akan bermakna di mata tuhan drpd tdk sama sekali

  8. Mudah2han kita bisa belajar, jika kita mau mengumbar nafsu, ingatlah makna iklas, yang mestinya kita jalan kan, krn iklas dr hati bru bisa terealisasikan. amin..

  9. ikhlas memang kalimat yang mudah diucapkan tp sulit di realisasikan.fandi termasuk yang bs merealisasikannya.dg ikhlas smua menjadi indah, hidup bs dinikmati,damai akan mengalir ke dalam tubuh.di dalamnya ada sbuah syukur, dan jarang orang yang pandai untuk bersyukur.maka mari kita mensyukuri smua yang terjadi saat ini dan inilah yang terbaik untk kita saat ini.allah pasti akan menambah nikmat-Nya kala hamba mau bersyukur, tp sebaliknya Allah akan murka dan mencabut nikmat seorang hamba yang tdk mau bersyukur dan memindahkannya pd orang lain yang tentunya mau bersyukur. semoga kita termasuk orang yang pandai bersyukur, amin.

  10. bagus juga komentar tentang ilmu ikhlas itu…….analogi yg digunakan untuk menyampaikan pesan, arti dan tujuan dari ikhlas saya sangat sepakat…. bsa

    jwb: sederhana dan jelas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s