Posisi Tidur Ibu Hamil (Pertanyaan Istri Saya)

14 10 2008

gambar dari panduankesehatan.blogspotHari ini kandungan istri saya berusia 20 minggu, tadi pagi ke dokter sebelum berangkat kerja. Yang bikin saya pusing menjawab adalah pertanyaan-pertanyaannya yang susah buat saya, tapi namanya juga lelaki, gak kurang akal, browsing adalah jawaban yang cepet dan gampang (sebelum ke dokter) dan hasil browsing sekalian bisa dikonfirmasikan ke dokter.

Posisi Tidur adalah salah satu pertanyaan istri saya seputar kehamilan anak kami yang pertama tapi kedua (bingung kan?). Ya, karena sebelumnya istri saya pernah hamil dan mengalami keguguran pada usia kandungan sekitar 3 bulan. Mohon doa restu semuanya, mudah-mudahan semuanya berjalan lancar ya.

Pa, gak bisa tidur, serba salah. Gimana nih?. Bagaimana posisi tidur yang paling dianjurkan bagi ibu hamil?

Posisi tidur yang paling baik selama hamil adalah miring ke kiri karena dapat membantu melancarkan aliran darah dari ibu ke janinnya. Posisi terbaik kedua adalah miring ke kanan. Tidur telentang tak dianjurkan, terutama setelah kehamilan memasuki usia kehamilan tri-mester ketiga. Sebab, rahim akan menekan pembuluh aorta dan pembuluh vena di tulang belakang sehingga mengurangi aliran darah dari ibu ke janin. Sementara kalau tidur telungkup pada umumnya hanya bisa dilakukan ketika rahim belum terlampau besar (kurang dari 4 bulan). Bila ibu hamil mengalami sulit tidur, bolehkan mengonsumsi obat tidur? Ibu hamil memang memerlukan istirahat yang cukup. Sering kali ibu hamil sukar tidur di malam hari, namun mengantuk dan tertidur di siang hari. Kondisi kurang tidur tak akan mengganggu janinnya, namun dapat memengaruhi daya tahan (stamina) ibu hamil. Umumnya, wanita hamil sulit tidur di waktu malam dikarenakan kram tungkai bawah, sering berkemih, janin terlampau aktif, cemas mengenai kondisi kehamilan dan cara persalinan, dan sebagainya. Namun, untuk mengatasi sulit tidur ini, tak dianjurkan minum obat tidur. Membaca, mendengarkanmusik lembut, menjahit atau menonton televisi dapat membuat ibu hamil lebih santai. Sumber: www.hypno-birthing

Sedangkan kata www.hanyawanita.com untuk mendapatkan posisi yang nyaman saat tidur, banyak cara yang bisa digunakan untuk memberikan kualitas tidur yang baik untuk wanita hamil, sekaligus memberikan kenyamanan terhadap jabang bayi. Beberapa wanita hamil biasanya memanfaatkan bantal sebagai cara yang simple untuk memberikan menyangga beberapa bagian tubuh, seperti dibagian bawah perut atau diantara kedua betis.

Sebelum tidur ada baiknya sempatkan diri untuk berendam di air hangat selama 15 menit, untuk memberikan rasa rileks ditubuh dan mengendorkan otot-otot yang kaku. Atau bisa juga dengan meminum segelas susu yang dicampur dengan madu atau segelas the herbal.

Sleep tight sweet dream, I will be watching over you.

Photo janin usia 20 minggu dari panduankesehatan.blogspot.com di situ ada juga photo janin usia-usia lainnya yang digambarkan berdasarkan usia perminggu, misalnya minggu ke 16, minggu ke 18, dst.

About these ads

Actions

Information

2 responses

29 12 2008
Deltapapa

Itu wajar, tp kalo berlebihan coba tanya ke dokter saat periksa rutin. Btw, selamat ya.

26 12 2008
jairah

asalamualaikum wr wb saya mengalami gangguan dalam kandungan saya kenapa saya jika habis makan selalu mengalami sakit punggung dan susah tidur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: