Gambaran Surga

Surga itu seperti apa? Tidak ada yang tahu kecuali Allah Yang Maha Tahu. Adas tulisan menarik di sufinews.com anekdot tentang surga:

Surga Allah Ibarat “Puncak”

Dalam sebuah pengajian, Ustadz Madun membahas soal balasan orang-orang yang beramal saleh.

“Kalian harus tahu, orang yang banyak beramal saleh dan selalu taat pada perintah Allah akan dibalas dengan surga,” ujar sang Ustadz.
“Bagaimana gambaran surga menurut Pak Ustadz?” tanya seorang jamaah.
“Sungguh, saya sendiri sebenarnya tidak tahu, karena saya belum pernah menikmati surga.”

“Apakah benar surga Allah seperti banyak diceritakan dalam al-Qur’an?” tanya yang lain.
“Wah, itu juga saya tak tahu. Tapi saya punya gambaran surga itu mungkin ibarat kawasan Puncak di Bogor sana.”
“Kok bisa begitu?”
“Lha, al-Qur’an mengatakan bahwa surga itu yang banyak pohon rindang dan di bawahnya ada air yang mengalir. Kira-kira begitu, kan?”
“Iya, tapi masak cuma begitu?” jamaah tambah penasaran.

“Surga yang diceritakan dalam al-Qur’an itu menurut saya hanyalah sebuah metafor, bukan gambaran surga yang sebenarnya. Sementara surga yang sesungguhnya hanya Allah yang tahu. Jadi saya mengibaratkan surga itu kira-kira sama seperti kawasan Puncak yang indah, dingin, sejuk, dan banyak kedamaian di dalamnya. Kenapa Allah menggambarkan surga seperti (dalam al-Qur’an) itu, karena turunnya ayat tersebut di daerah gurun pasir yang tandus dan gersang. Jadi Allah mengimingi-imingi kepada Nabi Muhammad Saw dan umatnya bahwa surga itu kira-kira demikian,” papar sang Ustadz. Para jamaah tampak lega sekalipun masih diliputi tanda tanya.

Temen saya nyleneh juga, sambil bercanda mealah mengatakan bahwa surga itu seperti “kulkas”: sejuk, ada makanan, buah-buahan segar, ikan, air dingin dan macem-macem.

Kita ini memang aneh. Maunya surga, tapi mau tahu dulu surga itu seperti apa. Wah, emang mau beli sepatu. Dicoba dulu, cocok pas baru beli !!!!.

Gak penting surga itu seperti apa yang pasti bahwa kita diwajibkan untuk beribadah, berbuat baik, beramal sholih, dan melakukan kebajikan lain, kerjakan itu. Tidak seharusnya mengerjakan sesuatu amal tetapi menghitung-hitung balasannya.

About these ads

67 comments

  1. ya allah apakah allah itu adil knp hdup qu slalu kesepian qu ingin hidup qu bahagia dgn pasangan qu……………………………………………………?????????????????

  2. friedns kita semua jgn mlakukan perbuatan yang kita tidak tahu itu haram atau tidak jadi jgn dilakukan nanti kalo kita gk tau misalnya ada orang jualan daging tapi kita tidk tau itu daging halal atau tidak siapa tau itu gk halal jadi jgn makan minum sembarangan ok

  3. Surga itu tidak seperti apa yang kita bayangin……tidak ada manusia yang bisa menggambarkan seperti apa surga itu…..hanya ALLAH swt..yang mengetahuinya…….yang pasti disurga itu enak ..banyak bidadarinya..

  4. masuk surga itu murah banget harga’a .. Tiket’a cm beragama islam ,dan ta’at kepada Allah swt dn apa yg d perintahkanNYA .. Menjauhi sgla laranganNYA ..

    buruan beli tiket’a skrg jg..
    .

  5. asssalamualaikum….
    betapa untungnya orang yang masuk surga…
    namun betapa ruginya pula orang yang masuk neraka….
    apakah kita ahli jannah ataukah kita ahli naar….
    hanya allah lah yang maha mengetahui apa yang kita tidak di ketahui…..

    al-fanyi31
    03maylvng.Z,A

  6. Didalam Hadits qudsinya Allah Swt Menjelaskan
    Aku sediakan untuk Hamba-hambaku yang Sholeh, Suatu kenikmatan yang belum terlihat oleh mata, belum terdengar oleh telingah dan belum terbesik dalam hati manusia.
    jadi kalo di dalam Al-Qur’an ato Hadits digambarkan ada Sungai yang mengalir sejuknya melebihi Es dan wanginya melebihi minyak kasturi, jangan di samakan dengan es yang ada di kulkas saudara, jangan disamakan dengan minyak wangi yang di jual orang2.
    Kalo di gambarkan bidadari/wanita cantik, jangan di samakan dengan lina maya ato julia Perez.
    Kalo di gambarkan ada buah2an, jangan di samakan dengan buah2an yang ada di supermarket atao di kebun Saudara.
    sekali lagi belum perna lihat oleh mata, belum pernah di dengar oleh telingah dan belum pernah terbesik oleh hati manusia.

  7. YA AALOH AMPUNI DOSA YANG TERUS MENYELIMUTI DIRI INI DAN GOLONGKANLAH AKU MENJADI ORANG YANG BERUNTUNG SEHINGGA DAPAT MASUK KE SYURGAMU… AMIN,,,,,,

  8. Semoga kita semua selalu doberikan ridho dan rahmat Allah, serta diberikanj pula keselamatan dunia dan akhirat . . . Amiin

  9. Penghuni surga adalah orang-orang miskin, orang-orang yang selama di dunianya selalu teraniaya dan dikalahkan, orang-orang yang tidak menikmati kesenangan-kesenangan dunia, orang-orang yang selalu menahan hawa nafsunya sedangkan mereka dalam keadaan beriman dan bertakwa.

  10. “ya ALLAH surga itu lebih pas untuk di tempati orang-orang muslim, aku dan semua ingin melihat syrga karena aku juga ingin masuk surga”

    jwb: amien

  11. ceptlah qta bertaubat sebelum ajal menjemput kita,agar qtq mua masuk k surga.
    ya allah mudah”an orang yang da di bumi ini masuk surga

    “AMIN”

    jwb: amin ya Allah

  12. betul betul betul,
    ketika surga digambarkan secara duniawi,
    maka saya sendiri bisa berasumsi bahwa dunia ini surga,
    dan hampir semua yang ditawarkan surga bisa saya dapatkan didunia ini.

    tapi sungguh, sejatinya, surga tidak dapat digambarkan.
    karena disana, yang merasakan itu jiwa dan raga sekaligus.
    serta tidak putus putusnya.
    apalagi anugerah yang tiada terbersit di dunia ini
    wajah Tuhan.

    sungguh.
    Gak penting surga itu seperti apa yang pasti bahwa kita diwajibkan untuk beribadah, berbuat baik, beramal sholih, dan melakukan kebajikan lain, kerjakan itu. Tidak seharusnya mengerjakan sesuatu amal tetapi menghitung-hitung balasannya.

    salam hangat :-)

    jwb: setuju banget mas

  13. sebelum nya q marhabanan nih kan lagi puasa ya gag

    oiia………….menurud gw cieh ya banyakin aja ibadah coz itulah jalan terbaik yg qta miliki kalo masuph surga

    okokzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

  14. subhanallah
    banyak-banyaklah kita beramal, jadilah orang yg sholeh . .
    kita akan di balas oleh ALLAH SWT, dengan surga nya yg indah …
    di surga apa yg kita inginkan akan dikasih misal, bidadari cantik, wanita berjilbab, buah-buahan yg segar apalah yg kita inginkan pasti akan di penuhi
    semoga kita semua bisa nikmatin surga nya ALLAH SWT,
    nikmatin surga dunia dulu ea wkowkowkowk

  15. mana gambarnya saya mau liat gambarnya

    jwb: judulnya aja “gambaran” bukan “gambar”. Mungkin bahasa Indonesia salah sehingga ada pertanyaan seperti ini?

  16. Subhanallah maha suci allah yang telah menciptakan langit dan bumi.semua umat manusia psti menginginkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.dan kebahagiaan diakhiratlah yang kekal dan abadi selamanya.

    Dan gambaran surga tak pernah terlintas dalam benak manusia.dan untuk mendapatkan itu semua jalannya tidaklah semudah yang dibayangkan.

    Wahai saudaraku muslimin dan muslimah mari berlomba-lomba untuk menggapai surga allah . . . ! ! !
    ! ! !

    jwb: setuju

    1. Surga itu tempatnya bagi orang-orang yang banyak beramal baik,dan jika sebaliknya maka akan terkirim keneraka. berhati-hatilah untuk menjalani kehidupan agar tidak terjebak dalam perangkap syetan.

      jwb: amien

  17. Ya Allah, kalau kita nampak dan tahu apa itu shurga, neraka, pahala dan dosa,,,nescaya dunia ini bukan dunia yang sekarang ini lagi…munkin apa ya??? Itu lah betapa bijak dan handal nya Allah..pandai menyembunyikan kata nafsu manusia..Kalau kita nampak dan pernah merasai itu shurga,,,Allah jadikan dunia ini tidak ada gunanya lagi…lebih baik Allah tak jadi kan manusia…ya,,ini lah pilihan yang memang sabenar nya kita kena pilih dengan secara sukarela…tanpa ada paksaan..neraka atau pun shurga…Allah itu bijaksana…

    jwb: pak hassan, terima kasih ata komentar-komentarnya. salam kenal.

  18. kita harus bisa membedakan surga dan neraka kalau surga itu tempatnya sejuk enak nyaman kita harus bersukur kita dikasih mata tangan kaki kulit jantung otak oleh allah swt sedangkan neraka tempatnya panas disiksa mulu tidak bisa enak gak enak karena itu kamu jangan suka bohong pencuri nakal karena itu tempatnya di neraka

  19. kalo mw gambaran tentang surga baca aja al qur’an.
    bukankah al qur’an itu sebaik-baik kitab yang menjelaskan surga.
    kalo kenikmatanya baca aja surat al waqiah

  20. Suatu keajaiban apabila ada hamba Allah yang dengan kuasa-Nya menurunkan Ciptaanya untuk mengabarkan kepada umatnya diseluruh dunia
    Bahwa, Jika semua hambanya melakukan apa yang diperintahkan-Nya dan apa yang menjadi larangan-NYa semasa hidup. Dan senantiasa Ciptaan itu selalu mengabarkan “Seperti Apa Surga itu dan Apa kenikmatan di Surga itu”
    Agar Seluruh Umat ALLAH seutuhnya menjadi orang BENAR, SHALEH, dan TAQWA serta alagkah indanya dan bahagianya jika Hal itu terwujud. AMIEN….

    jawab: amien

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s