Tips Ringan Untuk Keluarga

Air Kunyit Obat Lelah

Ingin tetap sehat dan segar? Ikuti tips berikut ini, haluskan 6 bonggol kunyit ambil airnya dan campurkan dengan 3 sendok madu asli. Aduk sampai rata dan minumlah setiap hari secara rutin selama satu bulan. Pasti tubuh anda terasa segar dan tidak mudah lelah .

Bayam Obat Kurang Darah
Sediakan 3 genggam daun bayam merah, cuci bersih lalu tumbuk sampai halus, tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis, kemudian disaring. Tambahkan 1 sdm dan 1 butir kuning telur ayam kampung kedalam air daun bayam tadi. Minum 1 kali sehari selama seminggu. Untuk pengobatan berikutnya, minum ramuan ini 2 x seminggu sampai sembuh.


Obat Sakit Tenggorokan
Ambil 15 gr sambiloto, 25 gr kunyit, 2 buah mengkudu yang telah matang, kemudian rebus semua bahan tersebut dalam 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring, tambahkan madu dan air jeruk nipis secukupnya, minum selagi hangat 1 kali sehari.

Obat Darah Tinggi
Ambil 7 lembar daun salam yang masih hijau dan segar, cuci dan rebuslah dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih dan hanya tersisa 1 gelas, minumlah secara ruti setiap hari sebanyak 2 gelas niscaya penyakit darah tinggi anda akan segera sembuh.

Atasi Gusi Bengkak Dengan Daun Sirih
Rasanya tentu tak nyaman saat gusi kita bengkak, apalagi sampai mengeluarkan darah. Makan dan minum rasanya pasti tak nikmat. Untuk mengatasinya, cobalah resep tradisional berikut. Ambil 5-6 lembar daun sirih, cuci bersih kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih.angkat air rebusan, lalu saring dan tambahkan sedikit garam. Selanjutnya gunakan air rebusan sirih itu untuk berkumur-kumur secara rutin, 3 kali sehari. Dengan demikian, gusi yang bengkak berangsur-angsur akan membaik.

Daun Jati Langsingkan Tubuh
Tubuh langsing nan seksi tentu jadi idaman semua kaum wanita. Tak jarang untuk mendapatkannya mereka rela menempuh berbagai cara, termasuk membeli obat-obatan pelangsing yang mahal dan belum tentu aman dikonsumsi. Sebenarnya tak perlu repot-repot, sebab ternyata daun jati punya khasiat mengurangi penimbunan lemak. Caranya mudah saja, ambil dua puluh lembar daun jati, cuci bersih, potong-potong lalu rebus dengan tiga gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, saring dan minum 2-3 kali sehari. Agar rasanya enak. Anda bisa menambahkan sedikit gula jawa. Selamat mencoba.

Obat Sakit Ginjal
Ambil minyak jaitun sekitar 15 sendok makan, air tapai 2 sendok makan, minyak kayu putih 1 sendok makan dan dua butir kuning telur, campur dan aduk rata. Minumlah setiap hari selama sepuluh hari, niscaya penyakit diabetes anda akan sembuh.

Khasiat Lain Buah Apel

Olahragawan atau pekerja aktif sangat memerlukan ketahan fisik atau tubuh agar senantaisa segar dan sehat. Untuk menjaganya lakukan resep berikut, masukanlah 2 sendok the penuh cuka sari buah apel ke dalam segelas air. Minimlah sekali atau dua kali sehari. Dengan rajin meminumnya anda akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih tinggi.

Manfaat Lain Daun Sereh
Bila gunting anda tumpul mungkin karena karatan dan sebagainya, jangan keburu di buang, cara mengasahnya amat mudah. Ambil beberapa batang daun sereh, guntinglah batang-batang daun sereh itu dengan gunting anda yang tumpul tadi. Lakukan berulang-ulang sampai akhirnya gunting anda tajam kembali. Selamat mencoba.

Khasiat Daun Alpokat
Penyakit Ginjal (Berbatu atau ginjal kotor), dapat disembuhkan oleh daun alpokat. Ambil tujuh lembar daun alpokat dan renus dengan air 1½ gelas. Parutlah satu ruas jahe, kunyit sebesar ibu jari lalu beri sedikit garam dan air. Peraslah parutan tersebut lantas campurkan dengan air rebusan daun apokat. Minum secara rutin selam 7 hari, ginjal anda akan bersih dan normal kembali.

Agar Stenlies Tetap Berkilau
Peralatan kita yang terbuat dari stenlies terkadang bernoda sehingga kurang terlihat cantik. Agar peralatan dari stenlies itu berkilau kembali, ikuti resep berikut ini : Ambil lap yang bersih, basahi sebagian lap tersebut dengan cuka, gosok-gosokan lap tersebut ke stenlies yang bernoda, lakukan hal ini berulang-ulang sampai nda tersebut hilang. Niscaya stenlies anda akan berilau kembali.

Menghilangkan Bau Saat Menggoreng Ikan Asin
Seringkali seluruh rumah akan terasa bau khas ikan asin jika anda sedang menggorengnya, untuk menghindari hal tersebut lakukanlah hal mudah berikut ini. Panaskan minyak diatas wajan, setelah minyak panas masukkan satu sendok ketumbarkemudian gorenglah ikan asin anda, segera anada akan terbebas dari bau khas ikan asin.

Mengupas Bawang merah Agar Tidak Pedas Dimata
Jika anda mengupas bawang merah yang banyak, biasanya mata akan menjadi perih dan berair seperti orang sedang menangis. Agar mata anda tak perih ketika mengupan bawang merah, lakukan cara mudah berikut ini. Tusukkan satu buah bawang merah diujing pisau, dan selama anda mengupas bawang, biarkan bawang tersebut tetap tertancap ditempatnya hingga anda selesai mengupas bawang merah.

Khasiat Lidah Buaya
Ambil beberapa batang lidah buaya (aloe vera), cuci hingga bersih. Lalu ambil bagian dalamnya tempelkan pada bagian tubuh yang terkena air panas.

Obat Luka Bakar
Ambilah beberapa lembar daun sirih yang masih segar, peras airnya dan tambahkan sedikit madu lalu bubuhkan ke tempat luka baker, dengan cara ini luka bakar anda akan segera sembuh.

Cengkeh Pengusir Semut
Ambil 3 samapi empat buah cengkeh (yang masih berwarna hijau lebih baik), letakan cengkeh tersebut pada gula anda yang di rubungi semut, secara perlahan semut-semuttersebut akan menghindar dan gula andapun kembali bersih.

Obat Biduran/ Kaligata
Balurkan tubuh dengan minyak telon, minyak kayu putih atau minyak tawon. Untuk ramuan minum: 1 jari temulawak dipotong-potong, beri sedikit gula merah, dan garam direbus dengan 1 gelas air. Saring dan bila sudah dingin diminumkan 3 kali sehari 1/4 gelas.

Tips Atasi Diare Anak
Sediakan 1/2 jari kunyit yang sudah bersih dibakar, dipotong-potong, 7 pucuk daun jambu biji, air 2 gelas, dan garam 1/4 sendok teh, rebus dengan api kecil. Minum airnya, 1 sendok teh satu jam sekali. Untuk mengusir gas, maka pusarnya ditapeli dengan parutan bawang merah yang sudah diberi minyak telon. Untuk anak yang sudah agak besar, boleh juga dengan mengunyah halus pucuk daun jambu klutuk yang sudah bersih ditambah garam lalu ditelan.

Agar Bayi Cepat Berjalan
Ambil air embun yang masih segar di pagi hari, usapkan pada lutut bayi berulang kali, lakukan selama 1 bulan berturut-turut, niscaya bayi anda kan cepat berjalan.

Daun Bambu Pembersih Kulit ikan
Kulit ikan basah sulit dibersihkan karena licin. Untuk mengatasi keluhan tersebut, ambil beberapa daun bambu yang masih hijau. Masukan ikan dan potongan daun bambu kedalam sebuah wadah. Remas-remas ikan dengan daun bambu seperti mencuci beras. Bilas dengan air bersih beberapa kali. Hasilnya kulit ikan menjadi kesat (tidak berlendir)dan bau anyirnya berkurang.

Mengeluarkan Duri dari Kulit
Jika anda tertusuk duri dan tertinggal di dalam kulit, jangan anda coba keluarkan dengan jarum atau peniti karena bisa mengakibatkan infeksi.. ambil sebutir bawang merah, potong menjadi dua bagian. Olesi bawang merah dengan minyak kelapa, kemudian bakar sampai hangus, tempelkan bawang merah tersebut di atas kulit yang tertusuk, dan duri tersebut akan keluar secara perlahan.

Mengatasi Bau Tengik Toples
Meskipun sudah di cuci, sering kali toples atau kaleng yang sudah lama tak diipakai akan tetap berbeu tengik. Ada cara untuk mengatasinya. Bakar kertas koran, kemudian masukan kedalam toples atau kaleng tadi. Tutplah sebentar kira-kira lima menit, setelah itu buanglah kertas koran bakaran tadi dan bersihkan. Bau tengik itu niscaya hilang.

Sabun Colek Pengobat Tersiram Air Panas
Air panas memang sangat berguna untuk kehidupan manusia. Namun jika kita tidak hati-hati, air panas dapat menjadi bencana. Ada beberapa contoh jika tersiram air panas akan meninggalkan bekas luka ditubuh kita hingga lama. Jika anda tersiram air panas sebelum dibawa kedokter, cobalah penanggulangan utamanya dengan cara mengoleskan sabun colek atau sabun krim pada bagian yang tersiram tadi. Semoga lukanya akan sembuh tanpa meninggalkan bekas.

Bawang Merah Dan Madu Penghilang Batuk
Jika anda terserang batuk yang membandel berikut ada cara tradisional untuk melenyapkan batuk dari tenggorokan anda. Caranya adalah ambil satu suing bawang merah setelah itu campurkan dengan satu sendok makan madu, aduk hingga rata dan minumlah tiga kali dalam sehari. Niscaya batuk yang membandel akan lenyap dari tenggorokan anda.

Khasiat Darah kambing Untuk Gatal
Eksim adalah sejenis penyakit yang menyebabkan bagian dari tubuh kita gatal. Biasanya penyakit ini menyerang disela-sela jari tangan hingga jari kaki, terkadang jugamenyerang sudut bibir. Memang tak mudah mengobatinya, tapi berikut adalah cara yang mujarab untuk menhilangkan penyakit tersebut, namun aturannya anda harus melakukan secara teratur. Caranya: Oleskan darah kambing segar ketempat penyakit gatal/eksim melanda. Biarkan hingga kering kemudian basuhlah maka penyakit tersebut akan lenyap dari tubuh anda. Percayalah.

Mencegah rambut Rontok
Rambut adalah mahkota, untuk itu anda diharapkan dapat menjaga rambut anda dengan maksimal, agar mahkota anda akan selalu mempesona. Carnyapun tak sulit dan mudah didapat, berikut adalah resep mencegah mahkota anda rontok. Jika anda makan semangka, jangan buang kulitnya dan lapisan putih disemangka, kemudian parutlah hingga menjadi bubur dan gosokkan dikepala selama 15 menit, setelah itu baru dikeramas. Lakukan secara teratur, maka kerontokan rambut akan terhindar.

Menyembuhkan Sakit Pinggang
Sakit pinggang memang sangat menyiksa diri penderitanya, untuk mengatasi hal tersebut anda dapat melakukan cara sebagai berikut. Ambillah 10 lembar daun alpukat yang tidak terlalu tua dan rebuslah dengan menggunakan 2 gelas air. Didihkan hingga air tinggal ½ gelas, lalu didinginkan. Minumlah air tadi dan lakukan hal seperti di atas secara teratur, niscaya sakit pinggang anda akan sembuh sama sekali.

Menghilangkan Bau Minyak tanah
Bau minyak tanah memang tidak mudah hilang, walaupun sudah dicuci dengan sabun beberapa kali namun baunya tetap menempel di tangan kita. Untuk mengatasinya, lakukan dengan cara berikut : ambil sedikit minyak goreng, usapkan ke seluruh telapak tangan, gosok-gosok sebentar kemudian cuci dengan sabun hingga bersih, niscaya tangan anda terbebas dari bau minyak tanah.

Mengobati Darah Rendah
Ambil kaldu ayam yang baru mendidih sebanyak 1 gelas dan sebutir kuning telur serta garam sedikit. Minum ramuan ini 1x sehari hingga seminggu berturut turut, niscaya lesu badan karena darah rendah akan lenyap dari tubuh anda.

Menyembuhkan Darah Tinggi
Buah mengkudu atau bisa disebut pace ternyata mampu digunakan untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi. Caranya: Ambil beberapa buah mengkudu secukupnya, lumatkan hingga keluar airnya, saringlah air tersebut kemudian minum. Hal ini sebaiknya dilakukan secara teratur sewaktu bangun tidur pagi hari sebelum anda makan apapun. Niscaya tekanan darah tinggi akan sembuh.

Mengatasi Kebiasaan Mendengkur
Banyak orang saat tidur mendengkur. Kebiasaan ini kerap kali membuat orang lain yang ada di sekitarnya terganggu. Jika anda mempunyai kebiasaan ini tak perlu cemas, atasi dengan resep sederhana berikut ini : ambil 2 ruas kunyit, cuci bersih, memarkan hingga pipih, masukkan kedalam gelas, beri sedikit air hangat masukkan 2 sendok madu, aduk hingga rata, minumlah. Lakukan hal ini selama seminggu berturut turut, jika anda melakukan dengan tekun, niscaya kebiasaan mengorok akan hilang.

Memperbaiki Kaset Rusak
Mulai sekarang jika anda mempunyai kaset yang suaranya tidak bagus lagi, jangan buru buru dibuang, apalagi jika pita kaset tersebut berisi lagu lagu kesayangan anda. Berikut ada cara mudah memperbaiki kaset yang demikian, caranya : simpan kaset kedalam kulkas selama 24 jam, selama disimpan kaset jangan dihidupkan dalam tape recorder, setelah 24 jam kaset boleh diambil dan dicoba dalam tape recorder. Niscaya kaset anda suaranya akan bagus kembali.

Abu Gosok Penghilang Karat
Jika anda mempunyai barang barang tetapi terkena karat, ada cara mudah menghilangkannya. Caranya: ambil abu gosok, lalu dengan menggunakan kain lap, gosok-gosokanlah pada barang-barang yang terkena karat. Niscaya barang-barang anda akan mengkilat kembali, lakukanlah.

Mengobati Gigitan Binatang Berbisa
Jika anda digigit binatang berbisa, semacam lipan, kalajengking dan sejenisnya, anda tak perlu cemas, atasilah dengan cara sederhana berikut ini. Caranya : tangkaplah seekor ayam, ambil ludah atau air liurnya. Gosokkan alir liur ayam tersebut pada bagian yang tergigit secara rata dan menyeluruh. Bila anda lakukan hal ini segera setelah anda digigit, maka pembengkakan dan rasa nyeri gigitan akan segera lenyap.

Hilangkan Bau Mulut Setelah Makan Petai
Bau mulut setelah makan jengkol atau petai tentu akan merisaukan anda jika anda penggemar makanan tersebut, untuk mengatasinya ikutilah cara mudah dibawah ini. Setelah anda menikmati petai atau jengkol favorit anda, segera makanlah brem, langsung aroma jengkol dan petai akan hilang. Maka simpanlah selalu brem di rumah.

Atasi Bau Keringat
Bau keringat yang tak sedap tentunya akan mengganggu pergaulan anda sehari-hari, untuk mengatasi itu lakukanlah cara tradisional berikut. Ambil 10 gram daun bluntas yang masih muda dan segar, ditambahkan daun kecombrang. Kedua bahan ini ditumbuk, kemudian direbus dengan air sebanyak 1 gelas, jangan lupa bubuhi sedikit garam. Minum ramuan ini 1x sehari secara teratur, dijamin bau keringat akan hilang dari tubuh anda.

Atasi Anyang-anyangan
Jika anda atau anak anda terkena anyang-anyangan, maka saat buang air kecil akan terasa sakit dan air seni yang keluarpun hanya sedikit. Berikut ada cara untuk mengobati agar anyang-anyangan tersebut segera hilang. Caranya : ambil karet gelang, ikatkan pada ibu jari kaki sebelah kiri kemudian tahan selama beberapa saat keinginan buang air kecil. Berbaringlah selama 30 menit, niscaya anyang-anyangan akan hilang dengan sendirinya.

Menghilangkan Amandel Secara Alami
Ambil 1 siung bawang merah, kupas kulitnya, kemudian cuci dengan air bersih. Kunyahlah bawang merah tersebut sampai lembut, setelah itu telanlah, lakukan rutin sehari 3 – 4 kali sehari, niscaya amandel anda akan mengecil dan kemudian menghilang. Dan jangan lupa berdoa agar segera sembuh dari amandel yang mengganggu.

Mengatasi bau Mulut
Bau mulut tak sedap memang sangat menganggu dalam pergaulan. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa menggunakan daun sirih. Ambil kurang lebih 7 lembar daun sirih, cuci bersih dan rebuslah dengan 1 gelas air hingga mendidih. Kemudian kumurlah dengan air rebusan sirih ini, lakukan 3 kali seminggu, maka anda akan terhindar dari bau mulut yang menganggu.

Membersihkan Kaca rumah
Kita terkadang dibuat malas membersihkan kaca rumah. Sebab meski kaca sudah dibersihkan, terkadang masih saja terlihat kusam dan kotor. Jika anda mengalami hal seperti ini, jangan khawatir, ikuti resep sederhana berikut ini : siapkan air teh kental, percikkan air teh sedikit demi sedikit ke kaca yang akan dibersihkan, diamkan sebentar, gosok dengan kain kering dan bersih. Niscaya kaca rumah anda akan bersih cemerlang.

Cara Melunakkan Daging
Agar daging yang anda masak tidak terlalu keras dan lebih enak, cobalah cara berikut ini. Ambil daun papaya dua lembar, cuci bersih, kemudian bungkus daging yang sudah dipotong dengan aun papaya selama 15-20 menit. Selanjutnya silakan anda memasak daging tersebut sesuai selera anda.

Mengurang Rasa Pahit Saat Minum Obat
Ketika kita sedang minum obat, kadang rasa pahit obat membuat mulut kita terasa tak enak, bahkan membuat kita hampir muntah. Untuk mengurangi rasa itu ikutilah petunjuk dibawah ini. Ambil es batu secukupnya, letakkan pada lidah selama beberapa saat, setelah itu baru obat kita minum. Es tersebut akan membekukan syaraf pengecap lidah untuk rasa pahit sementara waktu, dengan demikian, obat atau jamu yang diminum tak terasa pahitnya.

Obat Batuk Alami Untuk Anak
Anak-anak memang sering sekali terserang batuk. Jika anak anda mengalami batuk tak usah khawatir, atasi dengan resep sederhana berikut ini. Ambil sebatang wortel ukuran besar, parut, campur dengan dua sendok makan air matang, tambah sedikit madu berikanlah dua kali sehari sampai benar-benar sembuh. Niscaya batuk pada anak anda akan segera sembuh.

Sayuran Agar Awet Segar
Untuk menjaga sayuran yang kita beli agar awet segar bisa dimasukkan dalam lemari es. Jika anda tidak mempnyai lemari es, ada cara sederhana agar sayuran tersebut tetap awet segar. Caranya sebagai berikut : Siangi sayuran tersebut, cuci bersih, bungkus dengan selembar koran masukkan dalam kantong plastik, letakkan di tempat sejuk. Niscaya sayuran anda akan awet segar.

Menghilangkan Bau Pedas Cabe
Ketika kita sedang menggoreng cabe, aromanya sangat menyengat dan menganggu penciuman. Untuk menghilangkan bau yang tajam tersebut, lakukan dengan cara berikut ini. Ambil gula pasir sebanyak setengah sendok, taburkan kedalam minyak yang telah dipanaskan, kemudian masukkan cabe, Niscaya cabe yang anda goring tidak menngeluarkan bau menyengat.

Jagung/ Singkong Rebus Lebih Gurih
Anda menginginkan jagung/ singkong yang anda rebus terasa lezat ? Jika jawabannya iya, maka ikuti resep berikut ini. Ambil air kelapa secukupnya, masukkan singkong/ jagung ke dalamnya, lantas rebus hingga setengah matang. Kemudian tambahkan garam secukupnya dan terus rebus hingga masak benar. Niscaya anda akan mendapatkan jagung/ singkong yang gurih nan istimewa.

Jahe Untuk Mencegah Mabuk Perjalanan
Anda mabuk ketika naik kendaraan dalam perjalanan jauh? Jika jawabannya iya, jangan khawatir, cegahlah dengan cara sederhana berikut ini. Ambil sedikit jahe, bakar sebentar tapi jangan sampai hangus, kupas bersih, cuci, keprak hingga pecah dan masukkan kedalam gelas ukuran sedang, beri gula pasir secukupnya, tuangi air mendidih hingga gelas mendekati penuh, aduk-aduk, diamkan dan minum sedikit-sedikit saat air hangat kuku hingga habis. Lakukan hal ini satu atau dua jam sebelum anda bepergian. Niscaya anda tidak akan mabuk lagi dalam perjalanan.

Mengusir Tikus Dengan Buah Mengkudu
Bila anda sering dibuat jengkel dengan ulah tikus di rumah anda, ada cara praktis untuk mengusirnya. Ambillah buah mengkudu yang telah masak (yang telah mengeluarkan bau khas). Potong menjadi beberapa bagian dan letakkan di tempat-tempat yang sering dilalui tikus. Ganti buah mengkudu tersebut tiap dua hari sekali. Niscaya tikus tidak akan berani datang dan berkeliaran di rumah anda.

Nasi Dalam Magic Jar Tetap Sedap
Nasi yang disimpan dalam magic jar lebih dari sehari, biasanya akan berbau kurang sedap dan berwarna agak kuning. Untuk mengatasi hal ini lakukan seperti petunjuk berikut ini : waktu menanak nasi, masukkan beberapa helai pandan, setelah nasi matang angkatlah, dinginkan sambil diaru sebentar. Masukkan sehelai kain lap bersih kedalam dasar magic jar, setelah itu masukkan nasi kedalam magic jar, tutup rapat. Niscaya nasi yang anda simpan dalam magic jar tetap sedap dan tahan lama.

Membedakan Madu Asli Dan Palsu
Jika anda ingin membeli madu, hati-hati jangan sampai tertipu mendapatkan madu tiruan, untuk mengetahuinya dapat dilakukan dengan cara yang sederhana saja. Coba cara berikut ini : teteskan madu tersebut di atas kertas koran, jika setelah selesai ditetesi dan ternyata lapisan bawah Koran tidak basah berarti madu tersebut asli, sebaliknya jika lapisan bawah kertas koran basah maka madu tersebut tidak asli.

Kulit muka Kering ?
Campur telur ayam kampung dengan madu satu sendok, campur secara merata telur dan madu tersebut, kemudian oleskan di wajah dan biarkan mengering selama 15 menit. Hapus dengan air hangat, kemudian hapus kembali kembali dengan air suhu biasa. Cobalah dan setelah beberapa kali anda akan melihat hasilnya.

Teh Menyuburkan Rambut
Rambut sering rontok ? Jarang tumbuhnya serta agak kemerah merahan warnanya? Jangan khawatir, ada cara mudah mengatasinya. Setelah keramas seperti biasa, gunakanlah teh pahit sisa kemarin/ yang telah diinapkan untuk dioleskan pada rambut anda. Sebaiknya sebelum digunakan saringlah teh terlebih dahulu. Setelah selesai keringkan rambut anda dengan handuk kering. Dalam beberapa bulan kemudian rambut anda akan tampak lebih tebal dan hitam.

Asam Jawa Untuk Haluskan Kulit
Semua orang pasti menginginkan kulit wajahnya halus, meski demikian tak jarang ditemukan orang dengan kulit wajah kusam dan kasar. Jika kebetulan anda mempunyai kulit seperti itu dan menginginkan kulit wajah yang halus, maka lakukan cara berikut ini. Ambil asam jawa secukupnya, lumatkan, kemudian gunakan sebagai masker, diamkan sekitar 10 menit, kemudian bersihkanlah dengan menggunakan air bersih. Lakukan hal ini rutin setiap hari sekali, niscaya kulit wajah anda akan menjadi lebih halus dan segar.

Tomat Untuk Obat Sakit Gigi
Sakit gigi rasanya bukan main. Jika anda sering sakit gigi, atasi dengan cara yang berikut ini. Ambil buah tomat, cari yang ukuran kecil. Panaskan tomat diatas kompor dengan api kecil sampai tomat layu. Lantas, letakkan pada gigi yang sakit, lalu gigitlah tomat itu. Setelah rasa sakit hilang, segeralah sikat gigi anda sampai bersih. Niscaya, sakit gigi anda akan sembuh.

Wortel Untuk Sembuhkan Batuk
Anak-anak memang seringkali terserang batuk. Jika anak anda mengalami batuk, tak usah khawatir, atasi dengan resep sederhana berikut ini. Ambil sebatang wortel ukuran besar lalu parut dan campurlah dengan dua sendok makan air matang, tambahkanlah sedikit madu. Berikanlah dua kali sehari sampai benar-benar sembuh. Niscaya batuk anak anda akan segera sembuh.

Wajah Bersih dengan Lobak
Semua perempuan tentulah menginginkan wajah yang bersih. Untuk itu, hal berikut ini bisa dijadikan pegangan bagi kalangan peempuan. Ambil lobak lalu kupas dan cuci bersih. Blenderlah dan gunakan sebagai masker, setelah didiamkan selama beberapa saat lalu bilaslah dengan air sampai bersih. Lakukanlah hal ini satu kali sehari. Niscaya, wajah Anda akan tampak halus dan bersih.

Emping Harum
Emping memang berbau khas dan sedap. Namun, agar emping berbau lebih sedap lagi, ikutilah cara-cara berikut ini. Ambil beberapa siung bawang putih lalu kupas dan cuci. Tumbuk halus, beri segelas air dan sedikit garam. Aduk rata, lumuri emping dengan larutan itu lalu jemur sampai kering. Gorenglah dalam minyak yang cukup, niscaya emping anda akan berbau harum dan menggugah selera.

Manfaat Madu bagi Anak
Anak mudah mengalami gangguan seperti batuk, pilek, diare dan panas. Hal ini disebabkan daya tahan tubuh anak yang masih rendah. Ketika daya tahan tubuh anak masih drop, penyakit mudah sekali masuk ke dalam tubuh anak kita. Agar anak selalu tampak sehat, berikanlah satu sendok teh madu pada pagi hari, siang dan sore hari. Madu mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan tubuh anak anda. Pemberian madu yang rutin akan membuat anak menjadi sehat dan energik.

Menghilangkan Noda Keringat
Bila kaos sering dipakai, bisa mengakibatkan warnanya pudar dan berubah. Anda bisa mencegahnya dengan cara mencucinya dibalik (bagian dalam diluar) dan gunakan air hangat. Kemudian keringkan di tempat agak teduh, dan jangan memakai mesin pengering. Jika terdapat noda keringat di bawah ketiak membentuk noda pada area bawah lengan kaos. Olesi bagian dalam kaos yang bernoda dengan deterjen dan pemutih yang non-klorin. Kucek dalam air panas, lalu keringkan. Namun jika noda tersebut sudah menguning lebih baik anda beli kaos yang baru.

Teh Pahit Untuk Tebalkan Rambut
Anda memiliki masalah dengan rambut yang sering rontok, kurang lebat dan agak kemerahan, janganlah khawatir. Ada cara mudah untuk mengatasinya. Setelah anda keramas seperti biasa, gunakanlah teh pahit yang telah digunakan kemarin atau yang sudah tidak digunakan pada rambut anda. Akan tetapi sebelum digunakan saringlah terlebih dahulu. Setelah selesai, keringkan rambut anda dengan handuk. Dalam beberapabulan, rambut anda akan terlihat lebat dan hitam.

Bayi Baru Lahir Berbau Harum
Anda ingin bayi anda yang baru lahir berbau harum dan segar? Ikutilah resep berikut ini. Ambil ketumbar kira-kira satu genggam, lalu cuci bersih. Setelah itu, goreng tanpa minyak (sangrai) sambil membalik-balikkannya sampai berwarna kekuningan. Setelah diangkat dan didinginkan, kemudian ibu hamil dapat memakannya dua atau tiga biji, tanpa campuran apa-apa. Sedangkan sisa ketumbar yang tidak dimakan bisa disimpan di dalam botol tertutup rapat. Dengan cara demikian, bayi yang baru lahir akan berbau harum dan segar.

Agar Santan Tidak Pecah
Saat anda memasak dan memerlukan santan, pasti anda melakukan pengadukan secara rutin. Sebab bila tidak, santan akan pecah dan masakan anda terlihat kurang sedap dipandang mata. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada cara sederhana agar santan tidak pecah meski jarang anda aduk. Caranya, ambil satu lembar kecil daun pisang yang sudah dibersihkan. Masukkan dalam masakan yang sudah diberi santan, panasi dengan api kecil hingga mendidih. Niscaya santan anda tidak akan pecah meski jarang anda aduk.

Agar Nasi Tahan Lama
Sayang rasanya harus membuang nasi kemarin yang ternyata sudah tidak dapat dimakan lagi. Terkadang nasi yang anda masak cepat kuning dan basi. Untuk mengatasi masalah ini, lakukan dengan cara berikut. Cobalah untuk mentetesi air jeruk nipis dan berikan 3 lembar daun pandan ke dalam wadah yang akan digunakan memasak nasi. Lalu beri air secukupnya, masukkan beras, rebus hingga nasi benar-benar masak. Dengan begitu nasi akan pulen, wangi dan tidak mudah basi.

Bye-bye Jerawat….
Jerawat memang suatu hal yang sering kali dan membuat anda kesal. Sehingga timbul ketidakpercayaan diri anda karena penampilan terlihat kurang sempurna. Sekarang anda tak perlu khawatir lagi, cobalah gunakan es batu lalu usapkan pada daerah yang berjerawat. Lakukan hal ini pada malam hari sebelum anda tidur. Cara tersebut untuk mengurangi jerawat yang memerah/ meradang sehingga saat anda bangun pagi jerawat akan berkurang. Jika jerawat anda masih tampak banyak, sebaiknya anda lakukan setiap hari agar tidak timbul kembali jerawat yang baru.

Trik Mengurangi Percikan Minyak
Minyak yang sangat panas cenderung memercik ketika menggoreng makanan di wajan. Anda sering terkena percikkan minyak saat menggoreng ayam atau ikan? Ada cara jitu untuk menghindarinya. Sebelum anda menggoreng, sebaiknya masukkan dulu dua atau tiga iris jahe ke dalam wajan yang telah terisi minyak. Minyak akan berhenti memercik secara perlahan dan memberikan aroma sedap untuk masakan anda.

Trik Bersihkan Serpihan Kaca
Serpihan kaca sering membuat anda kesal karena susah dibersihkan. Saat membersihkan anda bisa saja terluka karena terkena serpihan tersebut. Cobalah membersihkan serpihan pecahan kaca dengan menggunakan potongan kentang. Caranya, belahlah kentang menjadi 2 bagian lalu tempelkan potongan tersebut pada serpihan pecahan kaca. Dengan begitu tangan anda tidak akan terluka.

Menghilangkan Minyak Pada Pakaian
Jika busana anda terkena minyak, cobalah membersihkannya dengan menggunakan minuman yang bersoda tanpa pewarna. Caranya sangat mudah, masukkan satu kaleng minuman soda seperti 7up ke dalam ember yang sudah terisi air. Lalu masukkan pakaian yang terkena minyak, tambahkan deterjen, rendam selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, anda kucek tapi jangan menggunakan sikat. Bilas hingga bersih dan anda akan lihat hasilnya, noda serta bau minyak akan hilang. Kemampuan menghilangkan noda tersebut dikarenakan adanya kandungan citric acid dari soda yang mampu memecahkan minyak sehingga noda yang menempel pada pakaian dapat terlepas.

Menghilangkan Bau Amis
Setelah membersihkan ikan, udang dan lainnya, terkadang bau amis masih saja melekat di tangan anda. Anda kesal karena bau amis di tangan tidak kunjung hilang, kendati anda sudah mencucinya dengan sabun. Anda bisa coba cuci dengan menggunakan pasta gigi sebanyak yang anda gunakan untuk menggosok gigi. Karena senyawa di dalam pasta gigi yang mengharumkan nafas juga bisa menghilangkan bau dari kulit. Caranya, oleskan pasta gigi lalu diamkan selama 5 menit. Cuci bersih dan bau amis akan hilang.

Rawat Perhiasan Anda
Bagi anda yang menggunakan perhiasan emas sebagai aksesoris untuk mempercantik diri. Ada beberapa tips agar perhiasan tetap terlihat indah dan berkilau. Emas merupakan logam mulia yang cenderung tidak menjadi kotor, kusam dan berubah warna. Hal tersebut disebabkan perhiasan emas yang sudah lama dipakai bisa menjadi kusam. Perawatan sederhana bisa mengembalikan kilau perhiasan emas anda. Bila anda sedang di rumah, sebaiknya copot dan simpan di kotak perhiasan. Sehingga perhiasan anda terhindar dari kontak langsung dengan minyak, sabun dan krim. Sebelum anda menyimpannya, sebaiknya cuci dengan deterjen lunak serta sikat lembut. Gunakan sikat bekas untuk membersihkan kotoran. Lalu keringkan dengan lap khusus dari bahan katun. Setelah itu bungkus rapi dengan tissue untuk melindungi kilau orisinalnya dan masukkan dalam kotak perhiasan.

Atasi Sendiri Kram Menstruasi
Saat tamu bulanan datang, anda mungkin sering mengalami kram di daerah perut. Sebaiknya atasi sendiri rasa nyerinya dengan minum teh panas, karena kandungan zat dalam teh bisa mengurangi peradangan. Lalu berbaringlah dan tahan bagian bawah lutut dengan batal untuk mengurangi sakit kram. Tempelkan botol berisi air hangat pada bagian perut yang sakit. Pijat dengan gerakan memutar bagian perut selama beberapa saat. Lakukan peregangan otot secara teratur seperti berjalan atau bersepeda. Sebaiknya kurangi konsumsi garam pada saat haid. Buatlah ramuan kunyit asem sendiri, caranya gampang kok. Cuci bersih kunyit, jangan dikupas lalu iris tipis-tipis. Masukkan dalam panci yang sudah terisi air, tambahkan gula merah dan asem secukupnya, rebus kurang lebih selama 30 menit. Tuang ke dalam gelas, lalu minum.

Menghilangkan Noda Nikotin di Gigi
Gigi para perokok berat yang berwarna kecoklatan sungguh tidak sedap dipandang. Ada cara sederhana untuk membuat gigi anda putih berseri kembali. Caranya : ambil beberapa lembar daun kelapa kering yang telah dibuang lidinya. Bakarlah daun tadi sampai menjadi abu. Gosoklah gigi anda dengan menggunakan abu dari daun kelapa tersebut. Nisacaya gigi anda akan putih berseri.

Menghilangkan Bau Kulkas
Untuk menghilangkan bau dalam kulkas (or Refrigerator) ambil lemon, potong ujungnya hingga mengeluarkan aromanya dan simpan di dalam peti sejuk.
Ok lagi satu tips untuk mengilangkan bau didalam peti sejuk anda ialah meletakkan arang di dalam peti sejuk… ( taruh arang dalam plastik tapi jangan ikat) dan letak di ujung penjuru dalam peti sejuk tersebut… insyallah ia akan menyesaikan masalah bau peti sejuk anda ( bau yg kurang enak e.g bau basi, bau udang…dan bau bangkai..)

Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing
Daging kambing terkenal dengan bau prengusnya. Bau prengus daging kambing bisa dihilangkan dengan cara didihkan air, lalu masukkan daging kambing. Biarkan hingga berbuih, lalu buang buihnya hingga habis. Selain itu, gunakan bumbu rempah-rempah yang banyak.

Menghilangkan Bau Sangit
Karena sesuatu hal, nasi yang Anda masak gosong dan berbau sangit. Bau yang kurang sedap ini bisa dihiliangkan dengan tetap membiarkan nasi pada tempatnya, tetapi sebelum ditutup kembali masukkanlah selembar daun pisang. Tunggu beberapa saat , baru kemudian Anda pindahkan ke tempat nasi sebagaimana biasa.

About these ads

5 comments

  1. Website yg menarik. Saya juga mau tanya dong ..

    Saya tiap hari bekerja di pabrik ikan Haring. Sebelum kerja, kami diharuskan mengenakan baju dan celana putih khusus yg sudah mereka siapkan untuk kerja. Jadi pakaian yg dipakai double 2. Setiap pulang kerja, baju yg saya kenakan dibagian dalam ( sudah dipakai dari rumah )selalu berbau amis ikan yg sangat keras, bahkan setelah 2 kali cuci tetap saja baunya nempel.

    Apa yg harus saya lakukan untuk menghilangkan bau amis ikan yg sangat keras pada pakaian ?

    Terima kasih

  2. tolong beri tips untuk menghilangkan bekas noda akibat terkena minyak panas………..makacih sebelumnya

    jwb: Menghilangkan Minyak Pada Pakaian
    Jika busana anda terkena minyak, cobalah membersihkannya dengan menggunakan minuman yang bersoda tanpa pewarna. Caranya sangat mudah, masukkan satu kaleng minuman soda seperti 7up ke dalam ember yang sudah terisi air. Lalu masukkan pakaian yang terkena minyak, tambahkan deterjen, rendam selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, anda kucek tapi jangan menggunakan sikat. Bilas hingga bersih dan anda akan lihat hasilnya, noda serta bau minyak akan hilang. Kemampuan menghilangkan noda tersebut dikarenakan adanya kandungan citric acid dari soda yang mampu memecahkan minyak sehingga noda yang menempel pada pakaian dapat terlepas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s