Manfaat Daun Sirih

DAUN SIRIH MEMILIKI KHASIAT SERBA GUNA MULAI DARI HILANGKAN BAU MULUT HINGGA OBAT BATUK

Anda tentunya sudah mengenal sirih bukan ? Daun sirih sering dikunyah oleh nenek-nenek kita buat nginang (bhs. Jawa ) .

Konon untuk menguatkan gigi.Tanaman yang bisa tumbuh suburdi pekarangan dan mudah dijumpai pada penjual bunga ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk mencegah gangguan kesehatan dan mengobati penyakit, di antaranya untuk menghilangkan bau mulut .keputihan dan sebagainya. Sayang sekali belum dibudidayakan secara optimal di pekarangan dan dimanfaatkan untuk obat. Untuk itu , ada baiknya anda mengetahui multi khasiat Daun sirih.


Sirih yang nama latinnya Piper betle L mempunya kandungan kimia minyak atsiri (kadinen, kavikol, sineol, eugenol, karvakol),zat samak. Bagian yang digunakan daun,getah dan minyaknya. Manfaatnya untuk obat bisul,hidung berdarah, radang selaput lendir mata, trachoma,mulut berbau,keputihan, gigi goyah,gusi bengkak, radang tenggorokan, encok,jantung berdebar-debar,kepala pusing, terlalu banyak keluar air susu,batuk kering,demam nifas, sariawan. (Ir.Arif Aliadi et.al ,1996 ) Pemanfaatan sirih bisa tunggal atau dikombinasikan dengan tanaman obat lainnya. Berikut ini beberapa ramuan dari sirih.

Hilangkan bau mulut dan cegah kerusakan gigi :
Satu lembar daun sirih setelah dicuci bersih dikunyah-kunyah ,ditahan bebearapa menit dalam mulut ,lalu diludahkan. Kerjakan hal itu 2-3 kali sehari. Cara lainnya : rebus 5-6 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih.Dinginkan dan saring dan setelah itu untuk kumur-kumur setiap pagi dan sore.

Pembengkakan gusi/mulut :
Ambil daun sirih 5-6 l embar Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Angkat dan saring, tambahkan garam. Selanjutnya untuk kumur-kumur 3 kali sehari.

Perdarahan geraham
Sehabis cabut gigi (geraham biasanya ) selalu mengalami perdarahan yang banyak. Untuk menghentikan perdarahan, gunakan ramuan ini. Ambil daun sirih 10 lembar . Setelah dicuci rebus dengan air sebanyak 5 gelas sampai mendidih. Angkatsaring. Selanjutnya kumur dengan ramuan tersebut setiap 1jam satu kali. Ramuan tersebut juga dapat menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh kerusakan gigi yang sudah banyak berlubang.

Menghilangkan bau badan
Ambil daun sirih 2-3 lembar direndam dalam air panas 1/2gelas.ditambah satu sendok teh gula putih. Biarkan sampai air suam-suam kuku. Setelah sirihnya diambil,airnya diminum

Untuk menghilangkan bau pada ketiak :
Ambil selembar daun sirih beri kapur sedikit,lantas diremas-remas,lumatannya dioleskan pada ketiak,agar baunya hilang.

Obat batuk :
Daun sirih 5 lembar
Cengkeh,kapulaga,kemukus, masing-masing 11 biji
Kayumanis 1 jari tangan

Cara membuat:
Semua bahan setelah dicuci direbus dengan air sebanyak 2 gelas hingga airnya tinggal 1 ½ gelas Angkat dan saring
Aturan minum :
Anak umur 1 s.d. 3 tahun 3 kali sehari 1 sendok makan.
Anak umur 4 s.d. 5 tahun 3 kali sehari 3 sendok makan
Anak umur 6 s.d. 11 tahun 3 kali sehari 5 sendok makan
Dewasa 3 kali sehari

Keputihan :
Untuk mencegah atau mengatasi keputihan,mengurang gatal-gatal pada vagina gunakan rebusan daun sirih buat cebok. Sedangkan ramuan untuk diminum biasanya dikombinasi dengan kumis kucing, kunyit,tapak liman atau sambiloto, Bahkan sekarang sudah ada yang membuat dalam bentuk instan diberi gula berupa ramuan kunir dan sirih. ASTRINI –WS 01

sumber tulisan dari geocities.com

About these ads

12 thoughts on “Manfaat Daun Sirih”

  1. katanya daun sirih bisa juga untuk sembuhkan sakit magh ya ? ada ngak yang tau obat sakit magh herbal selain kunyit ? soalnya kalo kunyit udah saya gunakan tapi tidak sembuh juga.

  2. tapi kalau dipakai untuk ‘nginang’ mengapa berwarna merah,tidak bisa hilang lagi?terimakasih..

    jwb: wah, lupa. mesti buka buku biologi SMP lagi nih….. btw, makasih udah mampir blog saya. salam

  3. Halo, saya tinggal di Australia, seminggu y.l saya mendapat potongan batang (daun) sirih dari teman. Katanya saya bisa memperbanyak dengan cara menaruh batangnya di dalam air selam 3 minggu sampai keluar akar baru bisa ditanam di pot (tanah). Tapi saya ragu, dan takut kalo nggak jadi.

    Apakah pernah mencoba memperbanyak dengan cara ini? Apa airnya harus diganti setiap minggu? Dimana /cuaca yang paling baik buat tanaman ini?

    Terima Kasih,
    Yennie.

    jwb: Halo juga Yennie, terima kasih for dropping by my blog.
    Betul memang bisa dilakukan dengan cara ini. asal jangan kebalik mata tunasnya. kalo bisa yang masih ada daunnya biar tahu kebalik atau tidaknya. Tingkat keberhasilanya 1:5 kalo hanya dengan batang. coba dilihat di sini cara stek sirih.

    1. kalau hanya batang posisi batang di tidurkan dan ditutp tanah,kalau bisa batangnya itu ada akarnya,tanah hrs selalu lembab dan di kasih pupuk jangan banyak banyak.di taruh tempat yang teduh.kalau yg blm ada akrnya belum tentu berhasil.slamat mencoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s