Teknik Dasar Badminton

Buat yang suka Badminton, seperti saya, di bawah ini adalah Teknik-Teknik Dasar Badminton yang dikeluarkan oleh PBSI:

1. Pegangan Raket (Grip)

Bulutangkis dikenal sebagai olahraga yang banyak menggunakan pergelangan tangan. Karena itu, benar tidaknya cara memegang raket akan sangat menentukan kualitas pukulan seseorang. Salah satu teknik dasar bulutangkis yang sangat penting dikuasai secara benar oleh setiap calon pebulutangkis adalah pegangan raket. Menguasai cara dan teknik pegangan raket yang betul, merupakan modal penting untuk dapat bermain bulutangkis dengan baik pula. Oleh karena itu, apabila teknik pegangan raket salah dari sejak awal, sulit sekali meningkatkan kualitas permainan. Pegangan raket yang benar adalah dasar untuk mengembangkan dan meningkatkan semua jenis pukulan dalam permainan bulutangkis.

Cara pegangan raket yang benar adalah raket harus dipegang dengan menggunakan jari-jari tangan (ruas jari tangan) dengan luwes, rileks, namun harus tetap bertenaga pada saat memukul kok. Hindari memegang raket dengan cara menggunakan telapak tangan (seperti memegang golok).

Jenis Pegangan Raket

gripping

Pada dasarnya, dikenal beberapa cara pegangan raket. Namun, hanya dua bentuk pegangan yang sering digunakan dalam praktek, yaitu cara memegang raket forehand dan backhand. Semua jenis pukulan dalam bulutangkis dilakukan dengan kedua jenis pegangan ini. Dua macam cara memegang raket di atas, pada kenyataannya digunakan secara bergantian sesuai situasi dan kondisi permainan. Untuk tahap awal para pemula biasanya diajarkan cara memegang forehand terlebih dahulu, kemudian baru backhand. Pada akhirnya untuk pemain yang sudah terampil akan terlihat pegangan raketnya hanya satu grip. Ini terjadi karena pergeseran pegangan tangan dari forehand ke backhand dan sebaliknya hanya sedikit dan terjadi secara otomatis.

Pegangan raket yang benar, dan memanfaatkan tenaga pergelangan tangan pada saat memukul kok, dapat meningkatkan mutu pukulan dan mempercepat laju jalannya kok. ini berarti, telah menggunakan tenaga secara lebih efisien namun efektif. ltulah sebabnya, sejak dini peserta latih harus membiasakan memukul kok dengan menggunakan tenaga pergelangan tangan (tenaga pecut).

Cara Memegang Raket Forehand

1. Pegang raket dengan tangan kiri, kepala raket menyamping. Pegang raket dengan cara seperti “jabat tangan”. Bentuk “V” tangan diletakkan pada bagian gagang raket.

2. Tiga jari, yaitu jari tengan, manis dan kelingking menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk agak terpisah.

3. Letakkan ibu jari diantara tiga jari dan telunjuk.

Cara Memegang Raket Backhand

Untuk backhand griop, geser “V” tangan ke arah dalam. Letaknya di samping dalam. bantalan jempol berada pada pegangan raket yang lebar.

Cara Latihan

Sebelum praktek melakukan latihan pukulan, perlu dilakukan latihan untuk adaptasi menggerak-gerakkan pergelangan tangan dengan tetap memegang raket dengan benar.

1. Peserta latih dibiasakan selalu memegang raket dengan jari-jari tangan, luwes, dan tetap rileks, tetapi tetap mempunyai tenaga.

2. Lakukan gerakan raket ke arah kanan dan kiri, dengan menggunakan tenaga pergelangan tangan. Begitu juga gerakan ke depan dan ke belakang, sehingga terasa betul terjadinya tekukan pada pergelangan tangan.

3. Gerakkan pergelangan tangan ke atas dan ke bawah.

4. Memukul bola (kok) ke tembok.

5. Bouncing ball.

Kesalahan Yang Terjadi

a. Memegang raket dengan menggenggam, jari-jari rapat dan sejajar.

b. Posisi “V” tangan berada pada bagian grip raket yang lebar.

2. Footwork

Footwork merupakan dasar untuk bisa menghasilkan pukulan berkualitas, yaitu apabila dilakukan dalam posisi baik. Untuk bisa memukul dengan posisi balk, seorang atlet harus memiliki kecepatan gerak. Kecepatan gerak kaki tidak bisa dicapai kalau footwork-nya tidak teratur.

3. Sikap dan Posisi

Sikap dan Posisi Berdiri di Lapangan

Sikap dan posisi berdiri di lapangan harus sedemikian rupa, sehingga dengan sikap yang baik dan sempurna itu, dapat secara cepat bergerak ke segala penjuru lapangan permainan.

Beberapa faktor yang harus diperhatikan:

1. Harus berdiri sedemikian rupa, sehingga berat badan tetap berada pada kedua kaki dan tetap menjaga keseimbangan tubuh.

2. Tekuk kedua lutut, berdiri pada ujung kaki, sehingga posisi pinggang tetap tegak dan rileks. Kedua kaki terbuka selebar bahu dengan posisi kaki sejajar atau salah satu kaki diletakkan di depan kaki lainnya.

3. Kedua lengan dengan siku bengkok pada posisi di samping badan, sehingga lengan bagian atas yang memegang raket tetap bebas bergerak.

4. Raket harus dipegang sedemikian rupa, sehingga kepala (daunnya) raket berada lebih tinggi dari kepala.

5. Senantiasa waspada dan perhatikan jalannya kok selama permainan berlangsung.

Sikap dan Tahap Kerja Langkah Kaki

Sikap dan langkah kaki yang benar dalam permainan bulutangkis, sangat penting dikuasai secara benar oleh setiap pemain. Ini sebagai syarat untuk meningkatkan kualitas ketrampilan memukul kok. Beberapa faktor yang harus diperhatikan:

1. Senantiasa berdiri dengan sikap dan posisi yang tepat di atas Iapangan.

2. Lakukan gerak Iangkah ke depan, ke belakang, ke samping kanan dan kiri pada saat memukul kok, sambil tetap memperhatikan keseimbangan tubuh.

3. Gerak Iangkah sambil meluncur cepat, sangat efektif sebagai upaya untuk memukul kok.

4. Hindari berdiri dengan telapak kaki di lantai (bertapak) pada saat menunggu datangnya kok, atau pada saat bergerak untuk memukul kok.

4. Hitting Position

Posisi memukul bola atau kerap disebut preparation. Waktu sekian detik yang ada pada masa persiapan ini juga dipakai untuk menentukan pukulan apa yang akan dilakukan. Karena itu posisi persiapan ini sangat penting dilakukan dengan balk dalam upaya menghasilkan pukulan berkualitas.

Hal yang perlu diperhatikan:

a. Overhead (atas) untuk right handed

- Posisi badan menyamping dengan arah net. Posisi kaki kanan berada di belakang kaki kid. Pada saat memukul bola harus terjadi perpindahan beban berat badan dari kaki kanan ke kaki kiri.

- Posisi badan harus selalu berada di belakang bola yang akan dipukul.

b.Untuk pukulan underhand(bawah)/net

- Posisi memukul adalah kaki kanan selalu berada di depan dan kaki kiri di belakang.

- Lutut kaki kanan dibengkokkan, sehingga paha bagian bawah agak turun. Kerendahannya sesuai dengan ketinggian bola yang akan dipukul. Sedangkan saat bola dipukul posisi kaki kid harus tetap berada di belakang dan hanya bergeser ke depan sedikit.

c. Untuk footwork maju-mundur

Cara Latihan

1. Dari tengah ke depan; sebagai langkah dasar hanya dua langkah dimulai dengan kaki kiri kemudian kanan.

2. Dari tengah ke belakang.

3. Dari depan ke belakang dan sebaliknya.

Kesalahan yang Terjadi

1. Pada ready position, tumpuan kaki tidak berada di bagian depan atas kaki. Akibatnya reaksi menjadi lambat.

2. Posisi lutut lurus, tidak bengkok.

3. Pada posisi memukul kaki dan badan sejajar dengan net. Akibatnya pukulan tidak kuat.

4. Pada posisi underhand, kaki kiri berada di depan, keseimbangan kaki tidak ada dan sulit mengarahakan bola dengan tepat.

5. Lutut/paha tidak turun, jangkauan kurang, lambat kembali ke bagian tengah lapangan.

5. Service (Service)

Dalam aturan permainan bulutangkis, servis merupakan modal awal untuk bisa memenangkan pertandingan. Dengan kata lain, seorang pemain tidak bisa mendapatkan angka apabila tidak bisa melakukan servis dengan baik.

Namun, banyak pelatih, juga pemain tidak memberikan perhatian khusus untuk melatih dan menguasai teknik dasar ini. Oleh karena itu, sikap tersebut merupakan kekeliruan besar. Kita mengetahui bahwa angka/poin dalam permainan bulutangkis tidak akan tercipta, apabila pemain tidak mahir melakukan servis dengan benar.

Dalam permainan bulutangkis, ada tiga jenis servis, yaitu servis pendek, servis tinggi, dan flick atau servis setengah tinggi. Namun, biasanya servis digabungkan ke dalam jenis atau bentuk yaitu servis forehand dan backhand. Masing-masing jenis ini bervariasi pelaksanaanya sesuai dengan situasi permainan di lapangan.

Servis Forehand

a. Servis Forehand Pendek

- Tujuan servis pendek ini untuk memaksa lawan agar tidak bisa melakukan serangan. Selain itu lawan dipaksa berada dalam posisi bertahan.

- Variasi arah dan sasaran servis pendek ini dapat dilatih secara serius dan sistematis.

- Kok harus dipukul dengan ayunan raket yang relatif pendek.

- Pada saat perkenaan dengan kepala (daun) raket dan kok, siku dalam keadaan bengkok, untuk menghindari penggunaan tenaga pergelangan tangan, dan perhatikan peralihan titik berat badan Anda.

- Cara latihannya adalah menggunakan sejumlah kok dan dilakukan secara berulang-ulang.

b. Servis Forehand Tinggi

- Jenis servis ini terutama digunakan dalam permainan tunggal.

- Kok harus dipukul dengan menggunakan tenaga penuh agar kok melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapangan lawan.

- Saat memukul kok, kedua kaki terbuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki senantiasa kontak dengan lantai.

- Perhatikan gerakan ayunan raket. Ke belakang, ke depan dan setelah melakukan pukulan, harus dilakukan dengan sempurna serta diikuti gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang kekaki depan yang harus be langsung kontinu dan harmonis.

- Biasakan selalu berkonsentrasi sebelum memukul kok.

- Hanya dengan berlatih tekun dan berulang-ulang tanpa mengenal lelah, dapat mengusai teknik servis forehand tinggi dengan sebalik-baiknya.

Servis Backhand

Jenis servis ini pada umumnya, arah dan jatuhnya kok sedekat mungkin dengan garis serang pemain lawan. Dan kok sedapat mungkin melayang retatif dekat di atas jaring (net). Oleh karena itu, jenis servis ini kerap digunakan oleh pemain ganda.

1. Sikap berdiri adalah kaki kanan di depan kaki kiri, dengan ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan. Kedua kaki terbuka selebar pinggul, lutut dibengkokkan, sehingga dengan sikap seperti ini, titik berat badan berada di antara kedua kaki. Jangan lupa, sikap badan tetap rileks dan penuh konsentrasi.

2. Ayunan raket relatif pendek, sehingga kok hanya didorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan, dengan irama gerak kontinu dan harmonis. Hindari menggunakan tenaga pergelangan tangan yang berlebihan, karena akan mempengaruhi arah dan akurasi pukulan.

3. Sebelum melakukan servis, perhatikan posisi dan sikap berdiri lawan, sehingga dapat mengarahkan kok ke sasaran yang tepat dan sesuai perkiraan.

4. Biasakan berlatih dengan jumlah kok yang banyak dan berulang-ulang tanpa mengenal rasa bosan, sampai dapat menguasai gerakan dan ketrampilan servis ini dengan utuh dan baik/sempurna.

Servis yang Salah :

1. Pada saat memukul bola, kepala (daun) raket lebih tinggi atau sejajar dengan grip raket.

2. Titik perkenaan kok, kepala (daun) raket lebih tinggi dari pinggang.

3. Posisi kaki menginjak garis tengah atau depan.

4. Kaki kiri melakukan langkah.

5. Kaki kanan melangkah sebelum kok dipukul.

6. Rangkaian mengayun raket dan memukul kok tidak boleh terputus.

7. Penerima servis bergerak sebelum kok servis dipukul.

Servis yang Benar :

1. Pada saat memukul, tigngi kepala (daun) raket harus berada dibawah pegangan raket.

2. Perkanaan kok harus berada di bawah pinggang.

3. Kaki kiri statis.

4. Kaki hanya bergeser, tetapi tidak lepas dari tanah.

5. Rangkaian mengayun raket, harus dalam satu rangkaian.

6. Penerima servis bergerak sesaat setelah servis dipukul.

6. Pengembalian Service

Teknik pengembalian servis, sangat penting dikuasai dengan benar oleh setiap pemain bulutangkis. Arahkan kok ke daerah sisi kanan dan kiri lapangan lawan atau ke sudut depan atau belakang lapangan lawan. Prinsipnya, dengan penempatan kok yang tepat, lawan akan bergerak untuk memukul kok itu, sehingga is terpaksa meninggalkan posisi strategisnya di titik tengah lapangannya.

1. Dalam permainan tunggal, sebaiknya servis lob lawan dikembalikan dengan teknik pukulan keras dan tinggi ke salah satu sudut bagian belakang lapangan lawan, atau dengan teknik “pukulan pendek” (drop pendek) ke sudut depan lapangan lawan.

2. Hindari melakukan “smes keras”, tatkala berdiri pada posisi di bagian belakang lapangan sendiri. Oleh karena, posisi pada saat itu kurang menguntungkan, apabila smes dapat dikembalikan dengan penempatan yang akurat atau terarah oleh pemain lawan.

3. Dalam permainan ganda, seharusnya kok dipukul terarah cepat, dan arah pukulan senantiasa menukik jatuh ke lapangan lawan atau ke bagian tubuh lawan.

7. Underhand (Pukulan dari Bawah)

Jenis pukulan ini dominant digunakan dalam permainan bulutangkis. Seperti halnya teknik dasar “pukulan dari atas kepala”, untuk menguasai teknik dasar ini, pertama-tama, harus trampil berlari sambil melakukan langkah lebar, dengan kaki kanan berada di depan kaki kiri untuk menjangkau jatuhnya kok. Sikap menjangkau ini, hendaknya siku dalam keadaan bengkok dan pertahankan sikap tubuh tetap tegak, sehingga lutut kanan dalam keadaan tertekuk.

Pada saat memukul kok, gunakan tenaga kekuatan siku dan pergelangan tangan, hingga gerakan lanjut dari pukulan ini berakhir di atas bahu kiri. Perhatikan, agar telapak kaki kanan tetap kontak dengan lantai sambil menjangkau kok. Jangan sampai gerak langkah terhambat karena kaki kiri tertahan gerakannya.

Fungsi pukulan dasar ini antara lain:

- Untuk mengembalikan pukulan pendek atau permainan net lawan.

- Sebagai cara bertahan akibat pukulan serang lawan. Dalam situasi tertekan dalam permainan, harus melakukan pukulan penyelamatan dengan cara mengangkat kok tinggi ke daerah belakang lapangan lawan.

- Pukulan dasar ini dapat dilakukan dengan teknik pukulan forehand dan backhand.

Cara berlatih yang efektif untuk menguasai teknik dasar ini, adalah menciptakan suasana berlatih bersama tim dengan memukul kok yang diarahkan relatif jauh dari jangkauan. Berlatihlah dengan tekun dan selalu mengevaluasi sendiri kesalahan yang dilakukan, agar tidak diulangi lagi.

Ada dua jenis pukulan underhand:

1. Clear Underhand, pukulan atau dorongan yang diarah kan tinggi ke belakang.

2. Flick Underhand, pukulan atau dorongan mendatar ke arah belakang.

Hal yang Perlu Diperhatikan

1. Pegangan raket forehand untuk underhand forehand, dan pegangan backhand untuk underhand backhand.

2. Pergelangan tangan agak bengkok ke belakang, siku juga agak bengkok.

3. Sambil melangkahkan kaki kanan ke depan, ayunkan raket ke belakang lalu pukul bola dan pada saat perkenaan bola, posisi tangan lurus.

4. Bola dipukul kira-kira dekat kaki kanan bagian luar.

5. Posisi akhir raket sesuai arah bola.

Cara Latihan

Untuk tahap pemula, umpan dengan lemparkan banyak bola. Untuk koordinasi pukul bola sambil melangkah kaki kanan.

8. Overhead Clear/Lob

Pusatkan perhatian lebih untuk menguasai pukulan overhead lob ini, karena teknik pukulan lob ini banyak kesamaannya dengan teknik smes dan dropshort. Pukulan overhead lob adalah bola yang dipukul dari atas kepala, posisinya biasanya dari belakang lapangan dan diarahkan keatas pada bagian belakang lapangan.

Ada dua jenis overhead lob :

1. Deep lob/Clear, bolanya tinggi ke belakang.

2. Attacking lob/Clear, bolanya tidak terlalu tinggi.

Hal yang Perlu Diperhatikan

1. Pergunakan pegangan forehand, pegang raket dan posisinya di samping bahu.

2. Posisi badan menyamping (vertikal) dengan arah net. Posisi kaki kanan berada di belakang kaki kiri dan pada saat memukul bola, harus terjadi perpindahan beban badan dari kaki kanan ke kaki kiri.

3. Posisi badan harus diupayakan selalu bera di belakang bola.

4. Bola dipukul seperti gerakan melempar.

5. Pada saat perkenaan bola, tangan harus lurus. Posisi akhir raket mengikuti arah bola, Ialu dilepas, sedang raket jatuh di depan badan.

6. Lecutkan pergelangan (raket) saat kena bola.

Cara Latihan

1. Untuk para pemula yang baru belajar, sebaiknya pertama-tama latihan dengan cara mengumpan mereka dengan lemparan bola. Tujuannya supaya timing memukul bisa diperoleh. Untuk mempermudah, bisa digunakan hitungan (1. Posisi siap; 2. Ayunkan; 3. Pukul).

2. Untuk alat bantu guna membiasakan gerakan dan memperoleh timing memukul yang pas, gunakan gantungan kok yang bisa diatur ketinggiannya.

Hal yang Perlu Diperhatikan

1. Posisi preparation sama dengan overhead biasa.

2. Karena, biasanya bola berada jauh di belakang kepala kita, untuk menjangkaunya, pertama badan diputar yaitu dengan melangkahkan kaki kanan ke belakang, lalu lompatkan kaki kanan sambil badan dan raket diputar untuk menjangkau kok yang berada di belakang kepala, sehingga terjadi perpindahan berat badan.

3. Setelah memukul, kaki kiri mendarat lebih dulu, di bagian depan kaki (agak berjingkat), badan harus condong ke depan.

9. Round The Head Clear/Lob/Drop/Smash

Adalah bola overhead (di atas) yang dipukul di bagian belakang kepala (samping telinga sebelah kih). Dibanding dengan overhead yang biasa, pukulan di belakang kepala ini relatif lebih sulit. Karena untuk bisa melakukan pukulan (teknik) ini diperlukan ekstra kekuatan kaki, kelenturan, footwork yang balk, dan koordinasi. Biasanya pukulan ini dilakukan secara terpaksa karena untuk melakukannya harus dengan pukulan backhand.

10. Smash

Yaitu pukulan overhead (atas) yang diarahkan ke bawah dan dilakukan dengan tenaga penuh. Pukulan ini identik sebagai pukulan menyerang. Karena itu tujuan utamanya untuk mematikan lawan. Pukulan smes adalah bentuk pukulan keras yang sering digunakan dalam permainan bulutangkis. Karakteristik pukulan ini adalah; keras, laju jalannya kok cepat menuju Iantai Iapangan, sehingga pukulan ini membutuhkan aspek kekuatan otot tungkai, bahu, lengan, dan fleksibilitas pergelangan tangan serta koordinasi gerak tubuh yang harmonis.

Dalam praktek permainan, pukulan smes dapat dilakukan dalam sikap diam/berdiri atau sambil loncat (King Smash).Oleh karena itu pukulan smes dapat berbentuk:

- Pukulan smes penuh

- Pukulan smes potong

- Pukulan sines backhand

- Pukulan smes melingkar atas kepala

Teknik pukulan smes tersebut secara bertahap setiap pemain harus menguasainya dengan sempurna. Manfaatnya sangat besar untuk meningkatkan kualitas permainan.

Hal yang Perlu Diperhatikan

1. Biasakan bergerak cepat untuk mengambil posisi pukul yang tepat.

2. Perhatikan pegangan raket.

3. Sikap badan harus tetap lentur, kedua lutut dibengkokkan dan tetap berkonsentrasi pada kok.

4. Perkenaan raket dan kok di atas kepala dengan cara meluruskan lengan untuk menjangkau kok itu setinggi mungkin dan pergunakan tenaga pergelangan tangan pada saat memukul kok.

5. Akhiri rangkaian gerakan pukul itu dengan gerak Ian-jut ayunan raket yang sempurna ke depan badan.

11. Dropshot (Pukulan Potong)

Adalah pukulan yang dilakukan seperti smes. Perbedaannya pada posisi raket saat perkenaan dengan kok. Bola dipukul dengan dorongan dan sentuhan yang halus. Dropshot (pukulan potong) yang balk adalah apabila jatuhnya bola dekat dengan net dan tidak melewati garis ganda.

Karakteristik pukulan potong ini adalah, kok sentiasa jatuh dekat jaring di daerah lapangan lawan. Oleh karena itu harus mampu melakukan pukulan yang sempurna dengan berbagai sikap dan posisi badan dari sudut-sudut lapangan permainan. Faktor pegangan raket, gerak kaki yang cepat, posisi badan dan proses perpindahan berat badan yang harmonis pada saat memukul merupakan faktor penentu keberhasilan pukulan ini.

Sikap persiapan awal dan gerak memukul tidak berbeda dengan pukulan smes. Dalam pelaksanaan pukulan potong ini, adalah menempatkan kok pada sudut-sudut lapangan lawan sedekat mungkin jaring/net, dengan variasi gerak tipu badan dan raket sebelum perkenaan raket dan kok, yang menyebabkan lawan terlambat mengatisipasi dan bereaksi atas datangnya kok secara mendadak.

Hal yang Perlu Diperhatikan

1. Pergunakan pegangan forehand. Pegang raket dan posisinya di samping bahu.

2. Posisi badan menyamping (vertikal) dengan arah net, posisi kaki kanan berada dibelakang kaki kiri. Pada saat memukul bola, harus terjadi perpindahan beban badan dari kaki kanan ke kaki kiri.

3. Posisi badan harus selalu diupayakan berada di belakang bola.

4. Pada saat perkenaan bola, tangan harus lurus, menjangkau bola dan dorong dengan sentuhan halus.

5. Untuk arah forehand lawan, pukul bagian Iengkungan bola sebelah kanan dan lengkung kiri bola untuk tujuan backhand.

6. Posisi akhir raket mengikuti arah bola.Biasakan bergerak cepat mengambil posisi pukul yang tepat di belakang kok.

7. Perhatikan gerak langkah dan keseimbangan badan pada saat dan setelah memukul kok.

8. Kok harus dipukul dengan sikap lengan lurus dan hanya menggunakan tenaga kecil.

9. Pukulan potong ini mengandung aspek kehalusan gerak dan gerak tipu.

12. Netting

Adalah pukulan yang dilakukan dekat net, diarahkan sedekat mungkin ke net, dipukul dengan sentuhan tenaga halus sekali. Pukulan netting yang baik yaitu apabila bolanya dipukul halus dan melintir tipis dekat sekali dengan net.

Karakteristik teknik dasar ini adalah kok senantiasa jatuh bergulir sedekat mungkin dengan jaring/net di daerah lapangan lawan. Koordinasi gerak kaki, lengan, keseimbangan tubuh, posisi raket dan kok saat perkenaan, serta daya konsentrasi adalah faktor-faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan pukulan ini.

Pegang raket dengan jari-jari tangan (ruas jari tangan), pergelangan tangan tetap rileks, posisi kepala (daun) raket sejajar dengan Iantai pada saat perkenaan raket dan kok yang harus diperhatikan selama proses pukulan jaring berlangsung. Di samping itu sikap dan posisi kaki tumpu harus tetap kokoh menapak di Iantai, dengan lutut kanan dibengkokkan, sehingga tidak terjadi gerakan tambahan yang dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh.

Hal yang Perlu Diperhatikan

1. Pegangan raket forehand untuk forehand net dan backhand untuk backhand samping net.

2. Siku agak bengkok dan pergelangan ditekuk sedikit ke belakang.

3. Pada saat memukul, kaki kanan berada di depan dan bola dipukul pada posisi setinggi mungkin.

4. Sesaat sebelum perkenaan bola, buat tarikan kecil dan pergelangan tangan. Pukul bola pada bagian lengkung kanan dan kiri sampai pada bagian bawah bola. Akhir kepala raket menghadap atau sejajar dengan langit-langit.

Cara Latihan

1. Berdiri kira-kira dua langkah dari jaring sambil memegang raket.

2. Penyaji melemparkan kok berturut-turut ke daerah jaring dan Anda berusaha memukul kok itu.

3. Lakukan latihan ini di sisi kanan dan kiri secara bergantian.

4. Tingkatkan faktor intensitas dan kesulitan latihan dengan cara sambil bergerak.

5. Arah dan sasaran pukulan dapat berbentuk lurus, silang atau dengan cara mendorong kok itu ke berbagai arah.

13. Return Smash

Adalah pukulan yang lebih identik dengan pola pertahanan. Namun demikian pengembalian smash yang baik bisa menjadi serangan balik.

Jenis-jenis pengembalian smash:

1. Pengembalian pendek, yaitu pengembalian dimana bolanya jatuh dekat net. Banyak terjadi pada permainan tunggal. Tujuannya untuk memaksa lawan berlari jauh.

2. Pengembalian drive (mendatar),lebih banyak dilakukan pada permainan ganda. Tujuannya untuk tidak memberi kesempatan lawan melakukan serangan.

3. Pengembalian panjang, yaitu pengembalian bola ke arah belakang lagi. Pukulan ini blasanya hanya bisa dilakukan oleh pemain yang sudah trampil dan mempunyai pergelangan tangan kuat.

Hal yang Perlu Diperhatikan

1. Posisi siap (stand), lihat keterangan dibagian footwork.

2. Untuk pengembalian dari forehand, apabila dekat biosa dilakukan dengan satu langkah kaki kanan, tatapi apabila jauh, mungkin perlu dilakukan dulu langkah kecil dari kaki kiri.

3. Untuk pengembalian backhand, apabila dekat bisa dilakukan dulu langkah kecil dari kaki kiri. Tetapi , aapbila jauh mungkin perlu dilakukan dulu langkah kecil dari kaki kanan.

14. Backhand Overhead

Pukulan ini bisa dlkategorikan paling sulit, terutama bagi pemain pemula. Karena secara biomekanik teknik pukulan ini selain menuntut koordinasi anggota badan yang sempurna, juga penguasaan grip dan timing yang tepat. Tanpa ketiga hal tersebut, tenaga besar sekalipun tidak bisa menghasilkan kualitas pukulan yang baik.

Hal yang Perlu Diperhatikan

1. Lakukan posisi slap dengan posisi raket di tangan.

2. Putar badan, dengan melangkahkan kaki kanan ke belakang kiri. Lutut dan siku kanan agak bengkok.

3. Rangkaian memukul mulai dari mengayunkan raket (siku ke dekat ketiak) dorong dengan pinggang dan siku menjadi lurus. Gerakan diakhiri dengan lecutan pergelangan tangan.

4. Cara kedua, rangkaian pukulan di atas (No.3) bisa dilakukan sambil melangkahkan kaki kanan, lalu ayun raket. Kaki kanan sudah mendarat pada saat bola dipukul.

Cara Latihan

Latih dahulu gerakan tanpa bola . Untuk mempermudah bisa digunakan alat bantu, yaitu gantuingan kok setinggi timing seorang atlit

15. Drive

Adalah pukulan cepat dan mendatar banyak digunakan dalam permaianan ganda. Tujuannya untuk menghindari lawan menyerang atau sebaliknya memaksa lawan mengangkat bola dan berada pada posisi bertahan. Pukulan ini menuntut ketrampilan grip, reflek yang sepat dan kekuatan pergelangan tangan. Pukulan ini akan diajarkan lebih jauh pada tahap selanjutnya.

Sebagai Dasar Hal yang Perlu Diperhatikan

1. Pegangan raket dengan satu grip/cepat berpindah.

2. Selain kekuatan bahu, gunakan “lecutan” pergelangan pada saat bola dipukul.

Cara Latihan

1. Gunakan raket yang lebih berat atau botol berisi pasir untuk melatih kekuatan pergelangan tangan.

2. Latih reflek pukulan drive kiri/kanan ke tembok.

16. Variasi Stroke/Taktik Permainan

Setelah seorang atlit berhasil menguasai cara memegang raket, menguasai footwork, dan seluruh tekni dasar (basic stroke) dengan baik, maka selanjutnya dapat membuat variasi pukulan. Dengan kata lain, pada satu jenis posisi yang baik dapat melakukan beberapa pilihan pukulan. Misalnya pukulan overhead, selain lob dengan sedikit mengubah grip dan arah raket/putaran raket, bisa melakukan pada posisi underhand yang baik, selain melalukan netting bisa juga melakukan flick.

Penguasaan pukulan dasar dan variasi akan terasa sekali manfaatnya pada saat mulai bermain dalam game (hitungan). Berpikirlah menggunakan taktik apa agar bisa mematikan lawan dan memenangkan pertandingan. Berikit adalah beberapa tips dan taktik permainan.

Tunggal

Pada permainan tunggal, bisa dikatakan berada di atas angin apabila selalu bisa:

1. Melakukan pukulan dengan posisi selalu berada di belakang bola.

2. Sudah berada di tengah lapangan sebelum lawan memukul bola.

3. Sebaliknya berusaha untuk cepat berada pada posisi memukul sebelum lawan kembali ke tengah. Dalam posisi ini artinya siap melakukan serangan yang mematikan.

Untuk bisa melakukan ketiga hal di atas, Pemain harus memillki footwork yang teratur dan cepat. Dan gerakan-gerakan yang cepat itu bisa berlangsung untuk jangka waktu lama maka diperlukan stamina yang memadai. Karenanya, footwork yang cepat, teratur, dan stamina yang kuat menjadi faktor yang dominan diperlukan seorang pemain tunggal.

Ganda

Permainan ganda memllikl tuntutan yang agak berbeda dengan tunggal. Seorang pemain yang footwork-nya kurang baik tetapi memiliki kecepatan dan reflek pukulan serta power yang besar, bisa menjadi pemain ganda yang baik.

Walaupun penguasaan pukulan dasarnya sama dengan tunggal, tetapi seorang pemain tunggal yang baik belum tentu bisa menjadi pemain ganda yang baik. Karena permainan ganda memiliki jenis pukulan yang khusus. Pukulan cepat seperti drive, smash, return smash, serve, dan wiping (menyapu) adalah jenis pukulan yang wajlb dan harus dikuasi dengan trampll.

Dalam permainan ganda ada filosofi yang berbunyi “Siapa yang bisa menyerang lebih dahulu dia akan menang”. Filosofi Ini rata-rata dipegang oleh setiap pemain ganda. Ini terlihat dalam karakter permainan ganda sekarang ini yang menganggap bahwa pertahanan yang baik adalah dengan menyerang.

Selain itu ganda adalah permainan yang mengandalkan kerja sama. Pukulan harus dirancang, kemudian mematikan lawan dengan pukulan hasil kerja sama.

Model, Variasi Gerak serta Penampilan

Pemain Bulutangkis Elite Indonesia

Kunggulan dan pencapaian prestasi puncak dalam olahraga bulutangkis, harus melalui proses pelatihan dalam kurun waktu lama. Aspek kontinuitas, aplikasi pelatihan yang sistematis, program pelatihan yang dirancang dengan baik, adanya dukungan sarana pelatihan yang memadai serta terciptanya suasana pelatihan yang menyenangkan, merupakan laktor-faktor pendukung yang selama ini tercipta di lembaga bulutangkis Indonesia.

Sejarah perbulutangkisan Indonesia mencatat, banyak pemain yang memiliki ketrampilan yang baik dan satu dengan lainnya saling berbeda.

Tipe dan karakteristik serta gaya permainan Rudy Hartono, Lim Swie King, Icuk Sugiarto, Lius Pongoh, Tjun Tjun, Johan Wahyudi, Christian Hadinata, Ade Chandra, Tony Gunawan, Candra Wijaya, Iie Sumirat, Ricky Soebagdja, Rexy Mainakai, Minarti Timur, Susy Susanti, dll, masing-masing kaya dengan varlasi pukulan yang berbeda. Ketrampilan itu diperoleh lewat proses pelatihan yang ketat.

Jangan berpikir tentang hasil akhir yang dicapai, akan tetapi berpikirlah tentang proses latihan yang benar”.

Variasi pukulan dalam pembinaan bulutangkis, sarat dengan penampilan gerak yang atraktif, konsentrasi dan ketrampilan teknik yang memukau.

Sumber: “PEDOMAN PRAKTIS BERMAIN BULUTANGKIS”, Oleh: PB PBSI

JANGAN:

takut salah, takut out, takut bola pukulannya tanggung” dan sebagainya, maka kemungkinan terjadi akan lebih besar. Karena itu cobalah dan biasakan untuk selalu berpikir positif, hindari yang negatif.

lebih baik mengatakannya dengan cara yang positif: “Ayo, coba lagi pelan-pelan, kamu pasti bisa melakukannya. Perhatikan, tangannya, begini… langkahnya, ke sini… kena bolanya, di sini… ayo dicoba.

illustrasi photo dan gambar diambil dari berbagai sumber di dunia maya

Tulisan lain yang berhubungan dengan badminton ada di sini

Website Badminton:
PB.PBSI
PB. DJARUM
BULUTANGKIS INDONESIA
PB. TANGKIS
PB. CIPTA PRIMA UTAMA
BADMINTON INDONESIA

About these ads

242 thoughts on “Teknik Dasar Badminton”

  1. Eh jangan salah skrg Sma se kecamatan juara 1 pengen.a mzuk pbdjarum tpi kata ortu kalo biaya.a 150 ke atas g di izinin saya ikut skolah bdminton dh 2 g da beasiswa wat mzuk pbdjarum..

  2. Gan sya prima di tangrang. Sya pgen mzuk skolah bdminton dmna ya.? Sya bdminton dri Smp kls 2 skrg sya klz 2 Sma.bru 2 thun lbih sya udh jdi jagoan Rt tpi sya blum puas akn itu sya kesel kalo liat indonesia kalah sama cina.

  3. ak pengen bnget bisa bermain di kejuaraan dunia cmn ak gak pnya jam terbang yg bnyak lgian ak msih ltihan dan berusaha keras karena skrang umurku udah 17 thun,apakah mngki ak bisa ya???ak jga mau tanya dngan umur 18 thun apakah bsa ikut klub pb djarum???

  4. ak sih hobi bngt ma bl tkis tpi gak ada yg nglatih jd pake akal sndiri2 pngenya sic ada yg nglatih……dan tekhnik dasar jg penting

  5. maksih ya,, untuk yang nulis ini. aku jadi tau bagaimana caranya bermain badminton yang benar.
    tadinya aku ikut club badminton, tapi aku sudah keluar karena tabakan sama jam sekolah. aku jadi ingin ikut club lagi

  6. kk saya mo tanya saya dh sering latihan di sklh tpi ko ttp ja ya gx bsa ngalahin senior ku pa untuk bsa menjadi pemain yg baik harus latihan yg lama n klo blh tau dmna tmpat les bulu tangkis yg da di daerah bekasi

  7. saya maen bulu tangkis dari umur 12 tahun tpi stelah 2 tahun perkembangan saya cukup pesat., tapi koq saya tidak bisa mengalahkan rival saya yg maen badminton lbih awal 6 tahun>>???
    pertanyaan sesunguhnya ( apakah untuk menjadi hebat dikarenakan lama bermain??)
    tolong di jawab ya ……….

  8. kk,sy klo mw tanding atau latian keringat sy banyak banget,baru sebentar main dah kayak mandi,gimana y cara mengurangi keringat yg banyak n theks infox

    semangat.

  9. Mas umur q 14th, q blm mhr brmn bultang & q jg blm prnh iktan lomba, q ingn skli mnjd atlit bultang, q bs gk ikt sekolah bultang/club kr2 d mn y q tnggl d susukan, kab cirebon & byaya’y brp y tlng donk d jwb ortu q br menyetujuinya klo bs blz’y lwt email ja y mas……

  10. saya suka bnget main bulu tangkis.. tp saya tinggal dpekampungan,, dsini ga ada platihnya.. hnya mengandalkan pmikiran dan latihan sndiri agar bisa lebih maju,, saya mulai megang raket pd umur 24 thun,, ga isa berprestasi c.. tp saya ttap brusaha untuk menigkatkan permainan saya.. teknik dasar spertinya uda saya kuasai,, cma saya nga bisa pelajari trick shot aja… susa bnget mmpelajarinya… kepada mas deltapa tolong ajarin saya ya.. pleeeeaaassseeee… saya uda mncari2 website tntang badminton.. akhrnya saya tmukan jga… jd pleeeaasseeee kasi saya petunjuk… trima kasih…

  11. pasti yg hobi puengennnn…skali jago main ..tpi gmana caranya ya…udah 4than main rutin ngk pintar pintar padahal saya kuat mukul kok ..

  12. hallo…salam kenal dulu lah,, mudahan ntar bisa kompak….!!!!
    sy pingin advice-nya nich…
    sy penggemar bulutangkis dan rutin bermain/berlatih di club sendiri tp bukan pemain prof lho…. cuma tarkam aja…
    dikarenakan tidak kuat lg bermain single maka sy bermain double, tp kalo lg bermain kenapa ya sy selalu mengembalikan bola ke lawan cendrung ke arah lawan, padahal sy sudah berusaha supaya pengembalian cock jauh dari jangkauan lawan, agar lawan keluar dr posisi strtegisnya….
    trus gmana ya solusinya…. trims jawabannya!!

    jwb: kalo saya ngintip posisi lawan sebelum pukul bola

    1. itu sih sma bgt sma qu.qu jg pgn bgt jd atlit bulu tangkis indonesia,tp bapak ku nyaranin qu supaya ikut sekolah bulu tngkis,tp suruh ikut nya d club.oh y kmu tw g tmpt sekolah /les bulu tngkis d daerah tangerang.tlng kasih tw y klo kmu tw beserta biaya nya.dari pecinta bulu tangkis tanah air

  13. bagaimana caranya supaya kita dapat menjaga stamina dlm bertanding badminton. . .

    tlong beri jwaban dong. . . . !!!!

    jwb: latihan fisik, terus kalo pas main pinter2 aja ngatur bola

    1. jaga pola makan, pada saat maen jangan makan pedas, yang berminyak, dan es. untuk makanan pedas dapat mempengaruhi nafas, berminyak dan es akanmempengaruhi tenggorokan yang mengakibatkan air ludah cepat mengental. akibatnya kita akan sring cepat minum

  14. KK…. saya Mau Tanya…??? Gimana y Caranya Mengatur Stamina Pada Saat Bermain / Pertandingan Badminton agr stamina tidk cepat Habis…??

    Tlng y kk…??
    Thnks

  15. Saya mau banget jadi pemain bulutangkis, yaaaa kayak Firdasari gitu deh.hehe. Tapi kata orang tua saya, saya udah terlambat dan saya gak bisa jadi pemain bulutangkis lagi. Emang bener ya kalo umur nya udah 13 tahun ke atas, gak bisa jadi pemain bulutangkis lagi? Terus biaya les bulutangkis per bulan itu berapa sih?

    1. tidak ada kata terlambat untuk belajar. untuk umur 13 tahun ga masalah kok. memang pelatihanya akan sedikit lebih berat, karena harus mengejar ketertinggalan teknik dan teori (kalo memang dari nol). klo memang pgn lebih maju, harus dimulai dari diri sendiri. dari latihan Shadow, shuttle run, fisik, footwork, sampe pola makan. semoga membantu…. :)

  16. Saya mau banget jadi pemain bulutangkis, ya kayak Firdasari gitu deh.hehe. Tapi kata ortu saya, saya udah terlambat karna umur saya udah 13 tahun. Emang bener ya kalo umurnya nya udah 13 thn ke atas saya udah terlambat dan saya gak bisa jadi pemanin bulutangkis? Terus biaya buat les bulutangkis di Jakarta itu berapa sih?

    1. posisi pengambilan seperti mau melakukan netting, tapi ambil bola dari bawah dengan teknik backhand diiringi gerakan voles (pergelangan tangan) yang agak menyentak dengan meperkirakan tinggi net. mngkin gak akan langsung berhasil, tapi itu semua mulai dari kebiasaan kok. semoga bisa bermanfaat

    1. pola latihan atlit nasional dengan kamu sebenarnya ga tll berbeda. hanya mereka dilatih dengan fokus yang ekstra setiap harinya. kalo km latihan dengan fokus penuh, dengan hati dan niat, bukan ga mungkinkamu bisa lebih dari sony

  17. syukurlah ada panduan dlm teori teknik dlm bermain badminton..sehingga sy bisa mempraktekkannya untuk mendapatkan hasil permainan yg sempurna..krna sebelum mengetahui teori tersebut msh bnyk kesalahan-kesalahan yg terjadi d lapangan..jgn pernah menyerah dn jgn pernah takut untuk mencoba…krna kt belajar dr kesalahan
    thanks for all..


    semoga bermanfaat

  18. all,,1 hal yg saya sesali,,saya sejak kelas 6 SD sudah mahir badminton karena saya di les in sama bokap saya badminton dari kelas 3 SD,,bokap saya dulunya pernah juara harapan 1 di Bogor tahun 80 an,,dia yang kasih semangat ke saya,,seminggu 3-4 x latihan,,@3jam..untuk anak seumuran saya dulu kelas 6 SD,,saya dapat dikatakan anak ajaib..
    karena itu saya sering dipaksa bermain dengan orang yang jauh lebih tua dari saya..
    setelah itu saya fakum sampai kuliah dan permainan saya drop banget..jgn brhenti lthan

  19. Saya prnah brtanding dlm badminton..di acara POPDA (RIAU),tapi pas saya mw brtnding saya jrg main..pas seleksi pemain..sya klah..klah sya dlm servis.ingt lah. Kwan2 hal trpntg dlm badminton adlah servis..tdak mahir servis maka gk dpt Angka.dan jgn prnh mnyrah jika klah atau gmn..truslah smngt..dan jgn ska emosi pas main..giat ltihan.psti bs jdi pmain profesional.Salam olahraga. :)

  20. wah thanks bgt bwt info’y ya.. sy akan berusaha bermain sbaik mngkin spaya bisa mnjadi pemain yg bagus….

    jwb: ayo terus smangat mas!

  21. sangat menarik..tapi alangkah baiknya seandainya dilampirkan dengan gambar yg lebih detail…thanks berat ya info…nya, sangat bermanfaat nih!!!

    jwb: maaf, gak punya gambar detailnya mas

  22. Wah……..saya mau coba…teknik dasarnya…….saya sangat suka badminton……
    dan umur saya…juga….hampir 15 tahun..masih cukup muda….saya akan mencoba…untuk menjadi……atlet badminton…..nice artikel……….
    I LOVE BADMINTON……

  23. makasih atas teknik dasar bulu tangkisnya ya… kebetulan anak saya lagi suka kali belajar bulutankis, tolong kasih teknik2 yang lainnya. trims

    jwb: teknik dasar ini kalo bener diterapkan juga bagus mas, btw, anaknya disekolahin bulutangkis aja sekalian

  24. Website ni memang baik untuk bertanya cara dan teknik untuk maju dalam Badminton…tapi sejak kebelakangan ini,semua pertanyaan tidak di JAWAB,tetapi background website ini..selalu berubah…jadi mustahil,ownernya tidak membaca semua pertanyaan daripada pengunjung…harap dijelaskan..

    jwb: terima kasih atas komentar-komentarnya boss. saya bukan expert bulutangkis, jadi tidak bisa menjawab semua pertanyaan. bukankah tidak harus saya yang boleh menjawab?? boleh jadi orang lain yang lebih faham. Saya hanya sekedar hobbu main bulutangkis

    1. Ya..saya tahu kamu bukan expert dalam bulu tangkis,tapi sekurang-kurangnya,kamu sebagai owner,perlu memberi komentar dalam apa2 bentuk,supaya pengunjung tidak merasa disisihkan dalam website ini..tq

    2. Hehe sabar wae Kang.. itulah dukanya punya blog yg banyak pengunjungnya :D
      Makanya klo bikin content jangan yg menarik hehe

      jwb: begitu ya mat, rasanya tidak mungkin kalo harus merespon semua kometar/pertanyaan yang masuk. terima kasih atas dukunganya, anyway.

  25. Salam kepada semua….saya ingin bertanya..apakah benar seorang pemain tidak perlu ke dym untuk fitness kerana dikhuatiri kepantasan bergerak agak lambat…tapi jika boleh ke gym..apakah latihan yang perlu dilakukan digym untuk membantu kepantasan dan kecergasan dalam Badminton..tq

  26. wah, komplit banget nih … kebetulan sedang cari artikel buat referensi teman-teman yang mau latihan ..
    terima kasih banyak atas informasinya ..
    salam – tetap semangat ..

    jwb: siip, semoga bermanfaat, salam

  27. wah terimakasih banyak atas ilmunya mas…sangat bermanfaat..ni lagi saya kopiin ke temen2 main badminton saya, maklum kami amatir semua…
    trus mau tanya ada nggak tips cara latian fisik supaya smash bisa kenceng keras?
    thanks before

    1. biasanya saya pake botol bekas kecap (ato apapun deh) untuk melatih voles (pergelangan tangan). asal botolnya jangan tll berat, soalnya bisa menciderai pergelangan tangan, yg sedang saja beratnya.
      caranya: pegang bagian leher botol seperti klo pegang grip raket, kemudian ayun2kan seperti klo kita melambaikan tangan. lakukan itu secara continue dan bertahap
      (batasan untuk bertahap adalah saat bagian di bawah siku sudah terasa panas atau mengeras lebih baik berhenti sejenak untuk mengistirahatkan tangan. karena jika di teruskan akan mengakibatkan kram otot tangan. jiaka tangan sudh lebih baik bisa dilanjutkan kembali.)

  28. saya pengen jdi pemain bulutangkis, tpi umur saya dah 13 tahun? msh bsa g9? truz biaya pendaftaran’a mahal tau g9? saya pernah ikut Lomba dua kali, tpi sya kalah… truz kpn lgi ada lomba2 bulutangkis lgi?

    jwb: olyn, kalah lomba itu biasa, kalo menang itu baru luar biasa. umur 13 thn masih bisa. biaya kursus gak mahal cari yg deket rumah kamu aja. lomba bulutangkis sering banget diadain kamu harus rajin cari informasi. terus berlatih.

    1. sebentar lg ada turnamen klo gk salah namanya vio apen..
      saya udah 3 tahun latihan kursus..alhamdullilah jadi bisa…
      asala kamu berniat pasti kamu bisa..

  29. saya pengen jadi pemain tuggal , tetapi langkah saya masih kaku untuk mengejar bola,dan umur saya 17 apakah saya bisa mengejar prestasi untuk mnjadi pmain profesional …….y ALLAH mudah -mudahan saya bisa seandainya saya menjadi pemain profesional alangkah bangganya kedua ortu

  30. saya pengen jadi pemain tunggal ,tetapi umurnya saya bru 17 bsa nggk ya ,dari kecil saya udah cinta nma nya permainan badminton , saya pengen sekali masuk pb djarum .apakah se umuran saya ni nggk bsa untuk menjadi pemain provesional ?????????? ya ALLAH mudah mudahan saya bsa seperti pemain profesional alangkah bangga nya kedua orang tua saya?

    jwb: coba hub djarum, kayaknya di sana mulai yang masih muda-muda (anak-anak). terus latihan

    1. Post dari asriel sama kayak saya. saya main badminton dari 11 tahun sampai skrng di ajarin om. masalahnya faktor biaya yang gak bisa sy keluarin. saya bukan sombong, tapi yakin kalau saya ini bisa untuk lolos jadi atlet. tapi MIMPI ! DANA DANA DANA

  31. bgaimana cara memegang rket pada wkt jmping smash??dan bgaimna cranya agr puklan smsah sngat keras dan menukik??? thanks, b4…..

    jwb: pegangan raket lihat teknik gripping, agar smash kenceng dan menukik, yang dimainin pergelangan tangan dan perlu latihan. selamat berlatih

  32. Ini yang lama sy cari… Terima kasih deltapapa. Saya sekedar hobi,namun ingin menularkan ke anak saya. Saya ada pertanyaan Pak:
    Setiap kali melakukan smash keras pangkal jempol tangan saya terasa sakit tertarik, apakah karena ada cedera atau karena salah gripping?
    Terima kasih banyak…

    jwb: salah gripping pak, smash seharusnya tidak ada pengaruhnya ke jempol. Coba baca lagi teknik pegangan raketnya ya. thanks.

    1. Salam…Saya bukan pemain handalan tapi jika inginkan back hand yang keras..harus memperbetulkan footwork..dan cuba belatih memukul back hand dengan bebanan seberat 3kg..(baik yang diperbuat daripada besi)..tq..

  33. Pingback: Buy Cheap Nasonex
    1. begini kiraannya …disebelah kanan untuk kiraan genap dan di sebelah kiri untuk kiraan ganjil..jadi kiraan dimulai di sebelah kanan..gitu..

  34. posisi siap menunggu bola dari lawan ketika menyerang bagaimana mas!!!!!membuka kedua kaki,atau salah satu kaki knan didepan.karena saya bermain dengan tangan kanan.
    thank’s

    1. untuk mas Upin…pada kebiasaan yang selalu saya buat…pada posisi ketika menunggu serangan..kaki dibuka dan posisi badan berhadapan dengan net..kaki jangan diluruskan dan tunduk sedikit kira2 bawah paras net..ok..kalau terkurang sila betul kan mas deltapapa…thanks..

  35. menyimak dan mempraktekan apa yang sudah saya baca ditehnik dasar badminton, banyak membuat permainan saya berkembang.terima kasih.

    jwb: ok, semoha bermanfaat ditunggu knjunganya kembali. salam.

  36. posisi siap untuk mengambil bola dari lawan itu bagaimana sich?apakah harus membuka kadua kaki atau kaki kanan didepan.saya sering melakukan kesalahan karena mati langkah.tanks

    jwb: posisi terima service kaki kiri di depan, kecuali Anda pemain kidal, kaki kanan di depan. kalo ke balik sudah dapat dipastikan banyak mati langkah.

  37. pukulan beckhen smash biasanya dilakukan dengan tehnik dasar pengepitan dibagian ketiak.apa benar…!!!!!!!!

    jwb: ada yang begitu memang, mana yang diraa enak dan optimal aja boss

  38. tehnik dasar badminton untuk melatih fisik biasanya dilakukan dengan cara apa ya?thanks jwbnya

    jwb: berita terbaru atlit pelatnas mau dilatih fisik oleh tentara.

  39. bagaimana posisi raket untuk bertahan ketika musuh menyerang.

    jwb: kalo posisi terima smash saya lebih enak siap-siap di posisi backhand raket di bawah. orang lain mungkin berbeda.

  40. Thank’s atas info Teknik2 dasar badminton ini banyak
    membantu saya sebagai pemula untuk dapat meningkatkan
    lagi teknik2 yang lebih baik dalam bermain badminton
    walaupun hanya untuk sekedar mengisi waktu luang dan
    berolah raga.

    http://www.berlistin.blogspot.com

    jwb: siip. btw saya sudah kunjungi balik blog mas Berto. bagus mas, salut banget

  41. saya sering melakukan kesalahan untuk bertahan.setiap diserang pasti bola kembali tanggung.dismash kembali, mati dah!!!!!!
    saya minta tips dasarnya dunk.saya sudah berusaha semaksimal mungkin,tetapi masih sering aja bola kembali tanggung.saya tunggu jawabannya…..thanks deltappa

  42. salamzz…pukulan sya makin terarah berkat dr website ini..tapi saya masih mau nanyain..gi mana caranya lawan ganda yang suka bermain cara realy..kan biasanya saya maen dengan cara orang depan pancing bola terus orang belakang yang smash..tapi ganda kami sering tewas dengan orang yang suka maen secara really…tq.

    jwb: makasih dan semoga bermanfaat. jangan diikuti main rely, bola turunin terus taruh tipis depan net, silang-silang. selamat berlatih. omong-omong tinggal dimana mas?

    1. ambil pada posisi bola di atas (jadi masih deket dengan net) jangan di bawah net, terus pegangnya kalo mau dikembalikan jauh pegangnya agak maju, tapi kalo mau dikembalikan kecil (nett) pegang biasa aja. Itu yg biasa saya lakukan.

  43. minta tlg dikasih tau, tempat yang jual cd training badminton diaerah jakarta barat donk..so lg cari2 bt latih anak2,kebetulan saya jg pemain tp mslh tehnik dasar blm bgtu tau he he he…

    jwb: download aja, browsing, banyak kok. atau ini pas lagi ada Indonesia open di senayan, kali aja ada yang jual. saya blm sempet kesana, mungkin nanti pas mula babak final

  44. Wahh!! cantik sitenya Mas…gi mana mau guna sepatu yang baik untuk maen bultang…

    jwb: makasih, ganti theme biar kalo dibuka lebih cepet. kalo masalah sepatu apa aja asal sepatu badminton, jangan sepatu buat lari atau footsal.

  45. Hai,
    Putra pertama saya Alif skrg usia 10 thn kelas 4sd, kira2 sdh 2minggu ini dia bilang klo kepingin ikut atau masuk les badminton. Selama ini dia aktif ikut kegiatan olah raga renang dan basket tapi ya itu belakangan koq yang disebut2 kepingin ikut badminton… Tapi saya kesulitan kira2 kemana ya klo mau ikut badminton untuk anak saya itu, yang bisa menyalurkan keinginannya dan juga tidak jauh dari tempat tinggal kami di daerah pondok kopi jakarta timur, mungkin bisa kasih saran… Terimakasih…

    Jawab: kayaknya ada di:
    - GOR balai rakyat (jl.pahlawan revolusi, pondok bambu)
    - GOR pemuda jakarta timur (dekat dengan GOR balai rakyat, jaktim)
    - sekolah badminton Bina Pratama, di daerah dermaga, klender.. Coba ke sana aja pak

  46. Salamz…thanks infonya …mau nanyain lagi…kenapa lepas main badminton tumit kaki terasa sakit…pinggang sakit…tangan sakit..jadi gi mana caranya bosss…

  47. Dear Deltapapa

    Please info dong dimana ya tempat kursus/klub badminton yang ada di sekitaran daerah Surabaya dan Sidoarjo
    Thank You

    Jwb: Gudang Garam, Surya Naga

  48. Terima kasih boss..kamu memang baik..terima kasih…tapi saya mau nanyain lagi…gi mana caranya mau buat berat badan saya turun,soalnya saya ngak kuat lari saat bermain badminton..selalu ketinggalan,berat saya sekarang 80kg lebih..jadi mohon dijelasin boss..trimas..

    jwb: abis maen badminton jangan makan lagi om …..

    1. loh…jadi cara gi mana? sebelum main harus makan ya? kan ngak enak..nanti muntah…saya selalu nya makan saat abis main..jadi yang mana betul ni Boss…

      jwb: makan paling mepet 1 jam sebelum main

  49. bos..gina mana caranya mau smash yang kencang…

    jwb: yang berpengaruh mungkin power, tarikan senar, cara pegang raket. power harus cukup kuat, tarikan senar disesuaikan (kalo power kurang, jangan tarik kenceng-2), pegang raket diujung belakang kalo smash dari agak belakang.

  50. pak tolongin saya…… anak saya lahir november 1997, kelas V tinggi badan sekarang sekitar 130 cm, bisakah anak saya diprospekan ke atlit bulutangkis?
    Tolong dibalas

    jwb: bisa banget pak agus, coba mulai dari ikutan salah satu klub bulutangkis terdekat

  51. Terima kasih..atas jawabannya..saya mau nanyain lagi…saat bermain selalunya kaki kiri ku selalu kaku (kakikirikukaku)..gi mana caranya atasi masalah ini..thanks..(sorry ya pak selalu nanya)..

    jwb: apa sudah sukup pemanasan? kalau anda bukan pemain kidal seharusnya tidak kaku. Mungkin bisa dicoba, pada saat service kaki kiri berada di depan. (bukan kidal, kalo kidal sebaliknya), terus latihan gerakan kaki deh

  52. lagi satu gi mana caranya membaca strategi lawan…susah dong…

    jwb: saya biasanya pada awal-awal main perhatikan lawan dulu. kalo di lob, bagaimana reaksinya, di smash bagaimana, backhand bagaimana. begitu udah ketahuan, serang kelemahan lawan. memang gak mudah tapi bisa dicoba. tetep semangat

  53. saya sering bermain bulutangkis tapi sering kalah…semangat saya makin kurang,asal aja main kalah…dan pukulan saya sering tanggung ….gi mana caranya saya atasi permasalahan ini…thanks

    jwb: saya biasanya percaya diri. kalo kita yakin pukulan kita masuk ya masuk, tanggung ya tanggung jadinya. mungkin jangan cari menang-kalah, tapi anggap latihan penempatan dan pukulan. targetnya jangan kemenangan tapi bermain dengan penampilan terbaik kita. yuk …. tetep semangat. ini problem semua orasng kok, jadi jangan kecil hati. salam

  54. Hi.. umh,, dear all..aku punya temen cowo..
    dy pengen banget jadi atlet badminton..
    tpi.. dy bingung.. gk tw musti masuk mana,, sekolah,, atau kursus,, dan dia nggak tw harus dimana..
    mnurut kalian,, dia harus masuk mana ya??
    kmi tinggal di Jakarta Barat,, Tangerang… kalau bisa sih sekolah, haha..
    tq a lot u guys..

  55. umurku 15 tahun mau masuk 16 tahun,aku mau jadi atlet bulutangkis.apakah masih bisa?aku mau tanya giman ngasih tau orangtua klu pilihan aku ini serius untuk menjadi atlet bulutangkis.soalnya banyak yang bilang umur aku udah terlambat untuk menjadi atlet bulutamgkis.aku mau masuk club/sekolah bulutangkis,tapi apa club2 bulutangkis mau nerima seusia aku.PLEASE BALES YA,aku lg bingung,butuh jawaban.

    jwb: asal kamu sudah punya dasar-dasar-nya pasti bisa. maju terus, jangan putus asa. prestasi kan tidak harus jdi juara dunia so, tetep semangat.

  56. umur saya 16 tahun , saya mempunyai keinginan utk mnjd atlet bdmnton .
    apa msh bs ?
    tmpt tinggal saya d surabaya barat ,
    dimana ada kursus badminton yg biayany relatif murah ?

  57. Nyesel kayanya kata yang tepat buat w deh..
    W nyesel ngelewatin masa sekolah w dulu ga w pake buat memilih salah 1 jenis olahraga sebagai olahraga favorit..
    Setelah w umur 20 sekarang, w malah pengen banget bisa maen badminton di tengah2 kesibukan w.. Emang seh udah dari smp w pengen banget bisa maen badminton, syukur2 bisa jadi atlet, tapi dukungan dari keluarga ga ada.. Baru sekarang aja niat w itu muncul lagi..
    Buat para pebadminton, w minta tolong dong ajarin w maen, syukur2 w bisa diajak gabung di club kalian dan diajarin sama pelatih yang bisa ngajarin orang yang belum mahir maen badminton..
    Kira2 kalo ikut club gitu latihannya tiap seminggu berapa kali seh? Tiap weekend aja apa ada juga yang dihari kerja?
    Yah, w mohon bantuannya ya? Sekarang w tinggal di cipayung jaktim.. Buat para pebadminton yang punya niat bantu w jangan segan2 kontak w di email ashakuro_yan@yhaoo.com
    Besar harapan w ada dewa penolong yang mau ngegubris postingan w ini..

    Thanks ^_^

  58. saya cuma iseng2 aja browsing trus ketemu ini..terima kasih bgi yg memberikan motivasi2nya, saya umur 15 thn dan sedang dalam latihan, baru mulai latihan 1 bulan dan kemajuannya sudah lumayan =) semoga bisa terus maju jg bagi yang ingin serius ke dunia badminton

  59. Olahraga yang memerlukan tehnik dan akselerasi yang tinggi adalah bulutangkis.
    apabila kita sudah mengenal dan menjadi hoby main bulutangkis,maka sampai usia sdh tuapun tetap melakoninya.

  60. makasih ya………… aritikel ini cukup bagus untuk saya, artikel ini memberikan saya semangat untuk bermain badminton….. saya sering mengalami kesakitan bahu dan pergelangan tangan…. karna, saya ini adalah jenis pemain ganda yang suka penyerang….. apakah itu nggak apa-apa……. itu yang saya mau nnya….

  61. Tiap habis bermain badminton otot-otot tangan saya suka pegal
    Setelah baca artikelnya deltapapa saya jadi tahu, kalo ternyata selama ini cara saya salah dalam memegang raket :P
    Makasih infonya ya, bermanfaat banget!!!

    jwb: siip. semoga bermanfaat

  62. Nice article. Ini dikantor lagi di baca sama teman-teman…soalnya tiap jum’at malem ada acara maen bulutangkis bareng (memang kudu bareng ya…masak sendirian…heheheh)

    Jwb: he…. terima kasih. kapan kita sparing mas?

  63. Ada yang bisa bantu saya mendapatkan referensi atau bahan bacaan tentang bagaimana cara latihan agar dapat melakukan jumping smash dengan baik?

    Jawab: asal teknik dasar udah bener, hanya perlu latihan mas

  64. saya mau masuk sekolah bulutangkis Bima Pratama bisa gak?.Soalnya saya pengen banget jadi pemain bulu tangkis yang bisa menghaarumkan nama Indonesia di mata dunia.Tolong kirim balik jawaban dari permohonan saya ke alamat e-mail saya.
    Ini alamat e-mail saya khairulsyafri@yahoo.co.id

    Please bgt tolong ya…!

  65. saya mau masuk sekolah bulutangkis Bima Pratama bisa gak.Soalnya saya pengen banget jadi pemain bulu tangkis yang bisa menghaarumkan nama Indonesia di mata dunia.Tolong kirim balik jawaban dari permohonan saya ke alamat e-mail saya.
    Ini alamat e-mail saya khairulsyafri@yahoo.co.id

    Please bgt tolong ya…!

  66. saya mau masuk sekolah bulutangkis Bima Pratama bisa gak.Soalnya sya pengen banget jadi pemain bulu tangkis yang bisa menghaarumkan nama Indonesia di mata dunia.Tolong kirim balik jawaban dari permohonan saya ke alamat e-mail saya.
    Imi alamat e-mail saya khairulsyafri@yahoo.co.id

    Please bgt tolong ya…!

  67. thank’s so much …atas bantuannya, referensi ini dapat membantu ku dalam mempelajari badminton, doakan semoga ku diberi kemudahan untuk mempelajarinya, keep spirit for you!
    ” setiap amal kebaikan yang diberikan/ditanamkan oleh saudaramu yang lain maka ia akan menjadi benih yang terus tumbuh,dan tumbuh sehingga akan membuahkan hasil yang kita inginkan” “teruslah berkarya dgn karya terbaikmu”

  68. q PnGn tNyA dNG d’mn sh club blutngks yg da d’bintaro raya??????

    jwb: di daerah bintaro banyak, punya rexi mainaki kao gak salah ada juga yg di bintaro, ke arah BSD, sorry saya lupa alamatnya.

  69. kenapa ya kalo gw setiap lathn bultang,gw cepet baget letoy padahal gw baru maen sebentar,tenaga gw serng berkurg gtu…. malah kalo gw paksain ,konsen gw malah ilang.trus,jadinya gw gak bisa nerima pukulan2 pelatih gw,
    pelath gw nyuruh gw istiraht tapi bkannya tenaga gw kembali gw malh makin gak bener…
    gmana ya caranya supaya bsa fisik gw lebih tahan lama saat bermain???

  70. teknik latihan untuk meningkatkan stamina,kekuatan dan daya tahan dalam bermain. karena klo main badminton stamina sy cepat terkuras.makanan apa yg menunjang?

  71. sy ad masalh nih deltapapa…
    sy in orgnya ga ad mental bgt r…
    w mulai latihan dari SMP sampai sekarang SMA kls 2..
    w ud ad club lat badminton…
    kl w latihan w ga GR tapi …
    kl pelatih mengatakan ad tanding w bukan gemetar w happy bgt..
    tiba saat w tanding dan dilihat byk org w down deh..
    ap yg sudah saya pelajari ilang semua..
    tlong bantuannya y agar w ga demam lapangan lagi ^_^
    thanks
    blz di email w z ya sweet4joke@yahoo.com

    jawab: http://deltapapa.wordpress.com/category/badminton/

  72. sy ad masalh nih deltapapa…
    sy in orgnya ga ad mental bgt r…
    w ud ad club lat badminton…
    kl w latihan w ga GR tapi …
    kl pelatih mengatakan ad tanding w bukan gemetar w happy bgt..
    tiba saat w tanding dan dilihat byk org w don deh..
    ap yg sudah saya pelajari ilang semua..
    tlong bantuannya y agar w ga demam lapangan lagi ^_^
    thanks

  73. Debat publik sosok militer vs olahragawan untuk PBSI. Perlukah?

    Panglima TNI, Jenderal Djoko Santoso, Rabu 5 November 2008 akhirnya bersuara menyatakan kesediannya untuk dicalonkan memimpin PB PBSI periode 2008-2012.

    Sementara itu, Icuk Sugiarto dengan pengenalan dan kepeduliannya yang mendarah-daging akan bulutangkis tetap menyatakan tekadnya untuk berlaga dalam Munas PBSI yang akan berlangsung 14-15 November mendatang di Jakarta.

    Benarkah, PBSI tidak akan berjalan baik tanpa sentuhan militer? Benarkah dibutuhkan sosok militer yang kuat untuk ‘menggalang dana besar’ yang dibutuhkan PBSI? Benarkah, hanya militer yang mampu ‘memimpin’ sementara seorang olahragawan hanya mampu ‘mengolah raga’ dan tidak dapat ‘mengolah pemikiran’ untuk memimpin sebuah organisasi?

    Perlukah DEBAT PUBLIK agar masyarakat Indonesia menilai sosok mana yang tepat memimpin PBSI periode mendatang ?

    Sampaikan opini Anda di sini: http://icuk-badminton.com/blog/2008/11/debat-publik-sosok-militer-vs-olahragawan-untuk-pbsi-perlukah/

    Bulutangkis Indonesia, milik Indonesia!!!

    Fans berat Icuk

  74. Cara ngasih semangat adik saya biar rajin latihan gmn ya?Dia kelas 4,udah 2 bln ikut skolah badminton.Tp kayaknya akhir2 ni mulai boring..Thnk

    jawab: jangan-jangan males bukan karena badmintonya, tapi karena yang lain. cari tau dulu kali ya

  75. cara latihan badminton

    jawab: ya, latihan langkah, pukulan, dan sering main. kalau pas lagi matihan jangan cari menang, tapi kesempatan untuk mempraktekkan teori dan melatih langkah serta pukulan. jangan lawan sparing yang itu-itu melulu. ganti-ganti ya. selamat berlatih

  76. SEKARANG UMUR SAYA 12 THN,SEDANG MENGIKUTI LATIHAN DI SALAH SATU KLUB DI BEKASI UTARA.SAYA SUDAH MENGIKUTI BEBERAPA TURNAMEN.SAYA INGIN MENJADI PEMAIN BESAR SUATU SAAT NANTI.DOAIIIIIIN YA………………………….!!!!! SEMOGA CITA2X SAYA TERCAPAI

    jawab: amin. saya ikut berdoa. kalo udah juara dunia, jangan lupa mampir ke blog ini lagi ya. terus berlatih.

  77. SAYA PERNAH LATIHAN BULTANG KELAS 2 SMP UMUR 13THN SELAMA 8 BULAN,HASIL SANGAT LUMAYAN,SAYA DIKIRIM DARI SEKOLAH TUK MENGIKUTI TURNAMEN DAN SAYA MENAPAT JUARA 2, SKRNG SAYA DAH KELAS 3 SMP,SAYA INGIN MELANJUTINYA LAGI.APAKAH SAYA BISA?

    jawab: pasti bisa, belum lama ini di senayan jakarta ada turnamen junior hadiahnya 100 juta, peserta anak-anak smp. bagus-bagus. terus berlatih deh ya.

  78. saya sudah mempunyai sedikit kemampuan bakat alam yang saya miliki, tetapi saya belum bisa menguasai emosi dlam bermain. apa yang saya harus pelajari? thanks

    jawab: sabar, jangan buru-buru pengin matiin lawan. mainin dulu, enak baru hajar.

  79. saya maen bukutangkis dari SD, tpi sempet berenti wktu SMP..skarang umur saya baru aja 16th, saya mau ngelanjutin buat nekunin bulutangkis lagi.. kalo saya mau jadi atlet profesional uda telat blom c?? masalahnya saya sekolah reguler… bisa ga masuk klub setelah lulus SMA (+- 17th)?? dengan kondisi, teknik dan kemampuan saya masih perlu banyak latihan…

    jawab: sabrina, bisa banget tuh, latihan terus dan sering-sering ikut turnamen.

  80. Saya memulai karier saya sebagai pemain badminton sejak umur16 tahun. untuk ukuran tarkam dan pertandingan open saya kira masih belum terlambat. yang penting “Ada semangat kemajuan”.. hingga sekarang saya masih sekolah badminton di beberapa tempat.jangan malu untuk maju…

  81. saya minat dengan bulutangkis,tapi saya mempunyai berat badan 80kg apa bisa saya bermain lagi…

    jawab: bisa bos, niatin aja buat nurunin berat badan (kalo memang dirasa kurang ideal)

  82. saya adalah seorang pemain bulutangkis tapi sampai saat inisaya belum menemukan cara permainan yang bagus maka dari pada itu caya memohon di berikan panduan yang lebih jauh tentag permainan bulutangkis.

    jawab: ingat 3 hal paling mendasar: cara pegang raket, cara memukul bola dan langkah kaki. selebihnya lebih tergantung pada ketrampilan individu dan keadaan yang berkembang di lapangan. Terus Berlatih.

  83. Hi deltapapa.Saya mau nanya nih..Saya suka banget bulutangkis.Tapi yg jadi masalah saya mau & ingin banget jadi atlet bulutangkis daerah syukur2 kl jadi atlet bulutangkis nasional & umur saya sekarang 21 tahun.Apa bisa saya menjadi atlet mengenai umur saya yg sudah 21 tahun & apa yg harus saya lakukan.Bls di email ya(crazy_man_1718@yahoo.com
    Thanx deltapapa

    jawab: kalo sudah punya dasar badminton, pasti bisalah mulai pada umur segitu.

  84. Umur saya sekarang udah 21 tahun,masih bisa enggak jadi atlet badminton?Soalnya saya pengen banget jadi atlet badminton..Bls aja di email saya di ahmadmuhammadbahbel@yahoo.com
    thanx.

    Jawab: Bisa banget mas untuk menjadi atlet, tapi kalo menjadi atlet nasional yang bisa ikutan PON atau turnamen internasional lainya kayaknya agak berliku jalannya. Atlet-atlet bulutangkis nasional direkrut dari club-club bulu tangkis terbaik di Indonesia. Anda mungkin mesti ikutan gabung di club jadi nanti bisa di-orbitkan. Meski begitu kalo sekedar mau jadi altet “turnamen tarkam (antar kampung)” atau turnamen-turnamen lokal yang lingkupnya lebih kecil dari PON, misalnya Porda, asalkan berprestasi dan bermain bagus, pasti bisa. Selamat berlatih terus ! Salam.

  85. Berkat teknik dasar badminton deltapapa, dikit2 pukulanku makin terarah, tp spy lebih kncang gmn caranya? Ada yg blg kalo yg suka fitnes main badmintonnya kaku..

    jawab: halo lagi selma, itu semua memang cuma teknik dasar yang benar aja. tidak benar kalo suka fitness main badmintonya kaku, justru akan menambah daya tahan. pukulan yang kurang kenceng (kurang power) mungkin tali senar raket kamu terlalu tinggi sehingga terasa berat. Jika power kita kurang coba pakai raket dengan tarikan senar yang tidak terlalu tinggi. Coba dulu ya, selamat berlatih terusss.

  86. di mana beli DVD tutorial badminton(badminton Training) for kids or adult sekaligus pelatihan fisik.

    jawab: banyak pak. kalau mau gratis download aja dari internet. silahkan cari dengan kata kunci seperti bapak di atas. Atau kalo pas jalan-jalan ke toko sport, boleh tanya aja pak. Tapi toko sport yang besar atau di toko-toko buku juga ada. Selamat Berlatih, pak !!! Salam.

  87. dear Deltapapa,
    Saya tinggal di daerah bekadi Pondok ungu,dimana ya ada kursus Badminton utk anak di bawah 200 Ribu perbulan,Thanks.

    Jawab: kayaknya ada di:
    - GOR balai rakyat (jl.pahlawan revolusi, pondok bambu)
    - GOR pemuda jakarta timur (dekat dengan GOR balai rakyat, jaktim)
    - sekolah badminton Bina Pratama, di daerah dermaga, klender.. Coba ke sana aja pak

  88. cara mnjdi atlet badmnton kyk vita,natsir,pia,taufik susah g’ ?
    umur aq udh 14 thn, msh bisa g’ jd atlet bulu tangkis?
    cara masuk pelatnas gimana?

    jawab: dear ana, bisa saja kamu menjadi atlet nasional. mungkin cara terbaik saat ini adalah gabung di salah satu klub badminton yang sudah ada. Ini bisa dilakukan sekalian kamu ikut “sekolah badminton”. Kalo kamu rajin berlatih, dugaan saya saat kamu berumur 18 bisa menjadi pemain nasional. Selamat berlatih ya.

    1. Maaf kalau terkesan menjatuhkan semangat. Tapi umur 14 tahun itu sudah sangat terlambat untuk mulai berlatih bermain bulutangkis dengan tujuan menjadi atlet nasional. Mia Audina sudah jadi pemain level internasional di umur segitu. Usul saya, kalau Ana suka bulutangkis, berlatihlah supaya bisa bermain dengan benar dan menikmati bulutangkis sebagai olahraga rekreasi, bukan untuk menjadi pemain nasional.

  89. Untuk pemula,
    Fokus pada: pegangan raket yang benar, pukulan yang benar, langkah kaki yang benar dan kebugaran.

    Jangan fokus pada: trik pukulan, gaya pukulan yang aneh-aneh, latihan kekuatan, raket yang mahal.

  90. Pasti bisa. Untuk tahap awal yang penting adalah teknik gripping (pegang raket) dan cara memukul raketnya. Itu aja di pas-pasin betul, hasilnya pasti jauh berbeda dengan yang asal pegang dan asal pukul. Siiplah…..

  91. Makasih ya, teknik badminton Deltapapa yg dr PBSI bnyk membantu. Sdikit-sdikit dpelajari akhirnya tambah bisa.
    Selain itu jg lebih smangat karena tidak ada kata terlambat untuk belajar.

  92. untuk bad player, latihan serabutan tapi serius bisa jadi pemain handal. justru trik dan trik dari buku itulah yang banyak membantu karena itu pasti berdasarkan pengalaman penulisnya yang pasti juga pemain. Jangan kuatir boss, pasti bisa.

  93. untuk selma, latihan bisa dimulai kapan saja. tidak ada kata terlambat untuk belajar. Banyak teman saya yang mulai pegang raket pada usia 30 tahun, toh bisa juga, cuma bukan buat ngejat prestasi, hanya sekedar bisa main, buat cari keringet namun cukup disegani lawan. jangan kuatir mulai dari sma tetap bisa berprestasi, tapi musti ada pembimbingnya kalo mau jadi jago. sekolah/les badminton aja, murah kok, sebulan ada yang cuma 100-150 rb. yang penting teknik-teknik dasarnya, selanjutnya tergantung diri kita sendiri. OK? semalat berlatih !!!!

  94. kapan saja bisa mulai, usia sma juga merupakan usia yang bagus untuk mulai. saya sendiri main bulutangkis mulai sma dan sekarang, weh, lumayan lah, kalo untuk tanding antar kampung dengan ongkos jalan 150 ribu sekali main udah dapet. belum kali kalo menang, bisa 10 jt, lumayan ….. bis abeli handphone baru, raket baru, sepatu baru, dll. Buat selma terus latihan ya ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s